Cara Sukses Lakukan Diet Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Advertisement

DIET sehat sangat penting bagi siapa pun yang ingin selalu hidup sehat. Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman diet sehat untuk menurunkan kolesterol tinggi atau diet kolesterol. Saya pernah menderita kolesterol tinggi hingga 253 mg/dL. Hanya dalam 3 pekan, saya sukses menurunkan kolesterol tinggi.

Selain diet sehat untuk kolesterol, artikel ini juga menyajikan diet sehat untuk menurunkan darah tinggi (hipertensi).

Ketika pertama kali periksa tentang kolesterol tinggi yang saya alami, dokter yang memeriksa saya meminta saya untuk melakukan diet sehat, selain minum obat anti-kolesterol dan melakukan olahraga atau senam. Tentu saja, saya siap untuk menjalankan semua sarannya.

Dua hari lalu, kenalan saya datang ke rumah. Pak Ir Sayuti namanya. Ia menyatakan baru saja dari periksa dokter. Ternyata, ia mengidap kolesterol tinggi dan dokter meminta ia supaya diet. Dia tanya saya, makanan apa saja yang harus dihindari.

Diet sehat sangat penting. Diet tidak hanya berkaitan dengan kegemukan sehingga diet diartikan sebagai upaya membatasi sejumlah makanan untuk menurunkan berat badan. Diet lebih luas dari itu. Supaya pemakaian kata diet tidak rancu, dalam artikel digunakan kata diet sehat.

Diet sehat bisa untuk menurunkan kadar kolesterol, diet untuk menurunkan darah tinggi, diet untuk menurunkan berat badan, dsb.

Dalam artikel ini, saya membicarakan pengalaman diet kolesterol. Ya, tujuannya supaya usaha menurunkan kadar kolesterol bisa berjalan cepat. Tentu saja, Anda juga harus minum obat penurun kolesterol.

Dokter biasanya juga meminta pasien untuk menjalani diet dan berolahraga. Hanya mengandalkan obat saja juga bisa. Tetapi, itu bukan cara terbaik (ideal).

Cara terbaik adalah minum obat, berolahraga, diet kolesterol, tidak stres, tidak merokok dan tidak minum alkohol. Jika Anda bisa menjalankan semua itu, Anda bisa menurunkan kolesterol dengan baik dan aman. Bahkan, juga berjalan cepat.

Kadar kolesterol tinggi harus segera diturunkan karena membiarkan kolesterol tanpa pengobatan bisa menyebabkan stroke atau sakit jantung.

Kalau sudah kena stroke atau jantung, waduhh… jangan sampai deh. Pengobatan stroke sangat sangat berat. Jangankan dengan stroke berat, penyembuhan stroke ringan pun sangat berat.

Saya punya tetangga, Pak Joko. Menurut dokter yang memeriksanya, ia kena stroke 20%. Kini, ia masih berusaha keras untuk menyembuhkan strokenya. Ia sudah mulai bisa berjalan sendiri dari rumah ke masjid sekitar 400 meter. Walau, harus dengan sangat hati-hati jalannya.

Sudah satu tahun ia menderita stroke. Banyak terapi dilakukan. Selain berobat ke dokter, juga terapi alternatif.

Semangatnya untuk sembuh sangat tinggi. Ia tipe pekerja tekun dengan motivasi tinggi. Ia terkadang memberi ceramah tentang motivasi kepada para remaja masjid.

Sesungguhnya, sebelum terkena stroke, saya sudah menyarankan dia untuk diet. Tetapi, ia keberatan dengan berbagai alasan. Ya, saya berdoa semoga dia bisa mencapai kemajuan untuk pengobatan strokenya.

babat gongsobabat gongso dengan jeroan kambing, ihh.. kolesterol tinggi (resepmasakan.info)

Diet Sehat Lebih Utama Dibandingkan Konsumsi Obat

Kini, saya lebih mengutamakan diet sehat untuk menjaga kolesterol dan tensi darah saya supaya tetap normal. Penggunaan obat nomor 2. Sebab, penggunaan obat farmasi memiliki efek samping yang tidak menguntungkan.

Ya, penggunaan obat untuk menurunkan kolesterol atau darah tinggi memang lebih mudah. Tetapi, jika Anda tidak menghindari makanan larangan, ya percuma saja Anda minum obat dari resep dokter. Sebab, saat obat habis, penyakit akan datang lagi. Penyakit bersumber dari makanan pantangan.

Diet harus dilakukan bersamaan dengan menghindari makanan penyebab kolesterol.

Sesunggunya 80% kebutuhan kolesterol Anda telah dipenuhi oleh zat yang diproduksi oleh hati. Sementara, 20% lainnya dipenuhi oleh makanan yang Anda konsumsi.

Tetapi, jika asupan makanan terlalu banyak mengandung kolesterol bisa membuat kadar kolesterol Anda tinggi.

Kolesterol sesungguhnya juga Anda butuhkan. Tetapi, ukuran kolesterol sehat/normal adalah 150 – 200 mg/dL. Jika kadar kolesterol Anda lebih dari itu, Anda harus segera menurunkannya.

Mengapa?

Karena kelebihan kolesterol bisa membuat Anda mudah terserang sakit jantung ataupun stroke. Apalagi, jika kolesterol Anda lebih dari  240 mg/dL. Wow… Anda harus cepat-cepat menurunkannya.

Adik ipar saya harus dirawat di rumah sakit karena kadar kolesterolnya 285 mg/dL. Saat cek jantung, ternyata jantungnya juga telah sakit akibat kolesterol tinggi yang tidak segera diturunkan atau diobati.

Ya, selain mengendalikan tensi darah, Anda juga harus mengendalikan kadar kolesterol. Darah tinggi dan kolesterol yang tidak diobati bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke.

Cara penyembuhan yang efektif terhadap dua penyakit itu adalah melakukan diet sehat. Atau diet kolesterol dan diet hipertensi. Diet untuk keduanya hampir sama atau miriplah.

Oleh karena itu, ketika Anda melakukan diet kolesterol otomatis Anda juga melakukan diet hipertensi. Ya, sekali dayung dua pulau terlampaui.

Daftar Makanan yang Harus Anda Hindari untuk Diet Kolesterol

Berikut ini daftar makanan yang harus Anda hindari untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol tinggi. Jika melanggar risikonya berat. Kolesterol langsung naik karena tingginya zat kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

Ya, jangan sepelekan kolesterol. Jika Anda belum tahu persis berapa kolesterol Anda, silakan cek di laboratorium. Atau, Anda beli alat cek kolesterol dan cek sendiri. Tidak sulit kok. Harga alat cek itu juga tidak mahal. Pilih alat ukur kolesterol harga Rp 100 ribu – Rp 1 juta.

 Makanan yang harus Anda hindari, kandungan kolesterolnya tinggi:

Nomor Makanan Pantangan Kolesterol
01 Cumi-cumi 1170
02 Kuning telur ayam 2000
03 Otak sapi 2300
04 Otak babi 3100
05 Telur burung puyuh 3640

Berikut ini makanan penyebab kolesterol yang sebaiknya Anda hindari. Apalagi ketika sakit kolesterol Anda masih tinggi.

Sama dengan darah tinggi, penyakit kolesterol juga sering tanpa gejala. Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya telah dihinggapi kolesterol tinggi.

Karena merasa dirinya sehat, maka mereka menganggap makanan sehat tidak penting. Yang penting adalah makan sesukanya sesuai dengan selera, demikian pikir mereka. Termasuk mengonsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi.

Cara terbaik adalah Anda cek darah tinggi dan cek kolesterol. Jangan sampai Anda “kecolongan”. Tahu dirinya kena kolesterol setelah kolesterolnya tinggi, bahkan telah menyebabkan sakit jantung seperti dialami adik ipar saya.

Nomor Makanan Pantangan Kadar Kolesterol
01 Santan kelapa 185
02 Gajih babi 200
03 Susu sapi 250
04 Kream susu sapi 280
05 Cokelat 290
06 Margarin, mentega 300
07 Jeroan sapi 380
08 Jeroan babi 420
09 Kerang putih/tiram 450
10 Jeroan kambing 610

Demikian menu diet sehat untuk penderita kolesterol tinggi. Anda sebaiknya selalu menjalankan diet kolesterol ini dengan terus-menerus (kontinyu).

Tetapi, diet sehat ini seyogianya dilakukan dengan mengonsumsi banyak buah. Tentu saja, pilih buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Ya, program diet sebaiknya dilakukan terus-menerus sesuai dengan kebutuhan. Kualitas dan frekuensinya bisa divariasi supaya Anda tidak jenuh.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat herbal penurun kolesterol. Obat herbal umumnya bebas dari efek samping yang merugikan. Obat herbal adalah obat alami yang dibuat dari tumbuhan. Banyak obat herbal buatan pabrik yang didasarkan pada hasil penelitian.

Diet Hipertensi sejak Anak-anak/Remaja

hipertensi anak seorang anak sedang cek tensi darahnya, kena hipertensi atau tidak (sumber:pengobatanhipertensi info)

Apakah diet hipertensi itu?

Diet hipertensi adalah mengurangi makanan dan buah yang menyebabkan tekanan darah naik tinggi. Sebaliknya, Anda perlu memperbanyak makanan dan buah penurun darah tinggi.

Bahkan, ada baiknya untuk mencegah terjadinya sakit hipertensi atau darah tinggi, program diet sehat dilakukan sejak masa anak-anak atau remaja. Tentu saja, yang harus menyiapkan program diet sehat untuk anak-anak atau remaja adalah orang tuanya.

Ah, yang benar aja. Masak, anak-anak sudah disuruh diet sehat.

Ya, maksudnya gini. Sejak anak-anak atau remaja, biasakan mereka hidup sehat, termasuk makanan yang dikonsumsi. Artinya, mereka harus selalu mengonsumsi makanan sehat.

Misalnya, kebiasaan mengonsumsi jeroan (jeroan kambing, sapi, ayam, dsb). Jangan dibiarkan anak atau remaja punya hobi mengonsumsi jeroan.

Sebab, penyakit saat Anda telah dewasa atau usia 40 tahun ke atas itu hakikatnya akumulasi (penumpukan) bibit penyakit sejak muda. Jika sejak remaja suka makanan tidak sehat, ya di masa tuanya tidak sehat.

Ya, langkah preventif menjadi penting karena sekarang banyak dijual makanan cepat saji yang bisa membuat kebiasaan tidak sehat. Contohnya di Jawa Barat,  ada anak usia 10 tahun,  berat badannya hampir 1 kuintal.

Aduhhh, ini pasti salah pola makannya. Anak makan makanan tak sehat dibiarkan. Orang tua harus mewaspadai makanan anak-anak jika pola makannya tidak benar. Tiap makan, misalnya, anak hanya suka mi instan. Tak mau yang lain.

Ini harus dicegah karena bisa menyebabkan hipertensi pada anak.

Diet hipertensi terbagi dalam dua macam, yaitu:

1. diet rendah garam

2. diet tinggi kalium

Diet rendah garam dilakukan dengan mengonsumsi makanan rendah garam. Banyak makanan yang disajikan menggunakan kadar garam tinggi seperti masakan di rumah makan, termasuk roti.

Makanan tinggi garam yang dikonsumsi sejak usia anak sangat berpengaruh ketika Anda sudah dewasa atau lanjut usia.

Oleh karena itu, orang tua harus berhati-hati saat menyiapkan makanan untuk anak-anak. Pemberian makanan tinggi garam saat usia anak akan menyebabkan terjadinya resistensi rasa asin saat anak sudah dewasa.

Maksudnya, mereka akan meminta makanan yang lebih asin lagi akibat makanan asin yang dikonsumsinya sejak anak-anak. Kebiasaan seperti ini akan membawa risiko terkena penyakit darah tinggi.

Diet Tinggi Kalium, Apa itu?

Diet tinggi kalium artinya Anda harus mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung banyak kalium. Tujuannya untuk melawan kadar garam yang tinggi dalam diri Anda. Sebab, kadar garam yang tinggi bisa menyebabkan tekanan darah naik.

Tidak hanya menyebabkan tekanan darah naik, kekurangan kalium juga bisa memicu terjadinya stroke dan sakit jantung. Fungsi kalium untuk mengatur tekanan darah, jumlah air yang normal dalam tubuh, dan menciptakan keseimbangan pH dalam tubuh.

Selain itu, bekerja bersama magnesium, klorida dan natrium, kalium akan mengatur fungsi detak jantung, sistem kontraksi dan kerja otot tubuh dan menjaga sistem syaraf.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung kalium tinggi yang diperlukan untuk melawan kadar garam yang tinggi. Dengan kata lain, makanan, buah, dan sayur berikut ini adalah makanan penurun tensi tinggi. Anda perlu mengonsumsinya.

Saya benar-benar telah merasakan manfaat dari diet sehat dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi akibat kandungan kalium yang tinggi. Ketika sore hari saya mengonsumsi buah sukun rebus, pagi harinya saat bangun tidur merasakan fisik, khususnya tengkuk, sangat nyaman.

Saya agak terkejut, mengapa pagi ini saya merasa sangat nyaman? Oh, ternyata (dugaan saya) kondisi itu akibat saya mengonsumsi buah sukun rebus petang harinya. Meskipun terkejut, tetapi hati sangat senang. Saya merasa sangat nyaman dan sehat. Tidak dihantui oleh penyakit darah tinggi.

Seperti tabel di bawah ini, kandungan kalium pada buah sukun adalah tertinggi kedua setelah kedelai. Kandungan kalium pada sukun adalah 1065 mg. Silakan Anda yang punya kolesterol atau tensi tinggi mencoba beberapa buah dan makanan berikut ini.

No Kelompok Buah Kalium Per 100 gr No Kalium Per 100 gr
01 Sukun 1065 mg 17 Labu kuning  583 mg
02 Alpukat  975 mg 18 Seledri  456 mg
03 Kurma  956 mg 19 Lobak  420 mg
04 Markisa  854 mg 20 Sawi  278 mg
05 Jambu Merah  655 mg Kacang-kacangan
06 Srikaya  457 mg 21 Kedelai 1469 mg
07 Pisang  422 mg 22 Kacang merah   543 mg
08 Pir  322 mg 23 Edamame   489 mg
09 Kiwi  215 mg 24 Kacang hitam
10 Mangga  322 mg 25 Almond   234 mg
11 Semangka  320 mg 26 Kacang mete   187 mg
Kelompok Sayuran Daging & Lainnya
12 Kentang  945 mg 27 Ikan salmon   634 mg
13 Rebung  645 mg 28 Ikan sarden   392 mg
14 Buncis  658 mg 29 Susu   324 mg
15 Talas  620 mg 30 Ikan tuna   322 mg
16 Ubi jalar  550 mg 31 Ikan lele   320 mg

Makanan lain yang perlu dihindari oleh anak-anak supaya tidak terkena kolesterol tinggi adalah makanan yang mengandung kalori tinggi. Beberapa di antaranya memang disukai oleh anak-anak. Misalnya, kentang goreng, keripik kentang, minuman manis, permen, makanan yang digoreng, dan lain-lain.

Semoga artikel mengenai diet sehat untuk penderita kolesterol atau diet kolesterol ini bermanfaat.

Advertisement