Diet Tanpa Garam: Hindari 11 Makanan untuk Normalkan Tensi Anda

Posted on

TERNYATA, makanan yang harus Anda hindari ketika melakukan diet tanpa garam cukup banyak. Diet garam sangat penting bagi penderita darah tinggi. Mereka tak cukup hanya minum obat. Diet akan menurunkan darah tinggi dengan cepat, efektif dan aman.

Mengapa? Karena garam merupakan salah satu makanan penyebab terbesar untuk sakit darah tinggi atau hipertensi. Jika tidak diobati dengan serius, darah tinggi bisa membuat Anda sakit jantung, stroke, dsb.

Kalau sudah kena stroke, aduhh… repotnya bukan main.

Sebenarnya, tubuh kita memerlukan asupan garam. Tetapi, jumlah yang dibutuhkan tiap hari hanya 7 gr garam dapur. Ini setara dengan 3.000 mg sodium. Atau satu setengah sendok teh.

Yang jadi masalah adalah jika Anda mengonsumsi garam lebih banyak dari yang dibutuhkan. Maka, muncullah berbagai penyakit seperti darah tinggi, sakit jantung, kolesterol, ginjal, dsb.

Tentu saja, biar tubuh Anda tetap sehat, Anda perlu menghindari atau membatasi konsumsi makanan tinggi garam. Caranya dengan melakukan diet tanpa garam atau diet garam.

Lebih-lebih bagi Anda usia di atas 50 tahun atau penderita darah tinggi (hipertensi), stroke, sakit jantung, diabetes, dan ginjal. Asupan garam sebaiknya maksimal 1.500 mg. Ya, caranya dengan melakukan diet rendah garam.

Diet ini sangat penting karena ia adalah cara efektif untuk mengobati darah tinggi dan kolesterol. Selain itu, diet juga merupakan cara yang aman dari berbagai risiko negatif. Tidak ada efek samping yang akan timbul seperti halnya minum obat farmasi.

Sekali lagi, garam adalah salah satu makanan pemicu darah tinggi. Sehingga Anda perlu membatasi konsumsi garam hanya satu setengah sendok teh per hari. Garam juga ada di banyak makanan.

Berikut daftar makanan yang mengandung garam tinggi:

pantangan darah tinggi

 Diet Rendah Garam: Dari Roti, Pizza, Sandwich sampai Sup Ayam

Apa saja yang harus Anda lakukan dengan diet tanpa garam? Makanan apa saja yang harus Anda hindari supaya diet garam Anda sukses dan tensi Anda turun ke tingkat normal?

Berikut ada 11 makanan yang perlu Anda hindari ketika Anda melakukan diet garam. Ya, kalau ingin makan, cukup sedikit saja. Selain itu, jangan terlalu mengonsumsi makanan dengan tinggi garam. sering. Risikonya lebih besar dibandingkan dengan kelezatan makanan yang Anda konsumsi.

Ke-11 makanan pantangan darah tinggi itu adalah:

1. Roti dan 230 Miligram Sodium

Roti ternyata mengandung banyak garam. Satu potong roti bisa mengandung 230 miligram sodium/garam. Jika Anda makan dua potong roti berarti Anda mengonsumsi seperempat dari kebutuhan akan garam. Untuk itu, pilih roti yang mengandung sedikit garam. Misalnya roti dari gandum.

2. Pizza Ekstra Keju

Kandungan garam dan sodium pada pizza juga cukup tinggi. Anda sebaiknya mengonsumsi pizza sayur dibandingkan dengan pizza ditambah ekstra keju. Jika ingin aman, ya Anda buat pizza sendiri dengan bahan-bahan sehat di rumah. Aman sekaligus bisa melakukan diet rendah garam.

3. Daging Beku atau Daging Asinan

sosissosis, daging beku yang diasinkan, penyebab darah tinggi (sumber:produsenkebab.com)

Anda suka mengonsumsi sosis, bacon, atau potongan ayam kalkun yang dibekukan? Hati-hati. Umumnya daging beku dan daging yang diasinkan mengandung banyak garam. Daging ayam kalkun beku mengandung 1.050 mg sodium. Hindari konsumsi sosis cs biar tensi tidak tinggi.

4. Daging Ayam Potong

Hati-hati dengan membeli daging ayam yang dibekukan atau digoreng. Sering daging ayam mengandung banyak garam. Bahkan, ada pedagang yang menyemprot ayam dagangan dengan air garam supaya lebih awet. Ya, ayam gorengnya menjadi enak, gurih, dsb. Tetapi, itu “racun” bagi penderita darah tinggi. Jika ingin aman, ya potong ayam sendiri dan memasaknya dengan rendah garam.

5. Sup Ayam

Banyak ibu rumah tangga yang membuat sup ayam satu mangkuk dengan sodium hingga 930 mg. Mereka hanya menginginkan kelezatannya. Ternyata, itu menjadi sumber penyakit darah tinggi. Ini tidak cocok bagi Anda yang sedang diet tanpa garam. Jika Anda ingin sup yang Anda konsumsi sehat, maka perbanyak sayuran dan sedikit garam dan sedikit penyedap rasa.

6. Sandwich Sedikit Sayuran

Sandwich mengandung banyak sodium. Biasanya sandwich diisi dengan daging, ham, keju, saus tomat dan lain-lain. Itulah sumber tingginya sodium, yang bisa membuat Anda tidak sehat dan tensi darah Anda tetap tinggi. Supaya lebih aman, perbanyak konsumsi sayuran. Selain itu, hindari keju dan daging tambahan.

7. Sayuran dalam Kaleng

Sayuran sangat baik untuk diet darah tinggi. Tetapi, sayuran beku perlu Anda teliti. Hindari sayuran dengan tambahan garam atau natrium. Sayuran kaleng juga tidak boleh Anda pilih karena kandungan garamnya 400 – 500 mg per setengah gelas. Ingat, efek mengonsumsi sayuran seperti ini sangat menyiksa. Anda harus diet garam.

8. Beras dalam Kemasan

Jualan beras ditambah garam? Wiihh.. ! Anda sebaiknya periksa jika beli beras dalam kemasan yang siap dimasak. Beras kemasan biasanya mengandung banyak garam. Demikian pula hidangan pasta beku. Anda sebaiknya membeli biji-bijian dalam bentuk alami.

9. Keju

keju keju juga harus dihindari karena rasanya asin (foto:ptdiahlestari.com)

Anda jangan mengonsumsi keju saat menjalani diet tanpa garam. Sebaiknya baca label pada setiap kemasan saat Anda membeli keju sehingga Anda bisa memastikan bahan makanan yang Anda konsumsi sehat. Setengah gelas keju mengandung natrium 455 gm. Keju cheddar dan mengandung 150-175 mg sodium per 29 gram.

10. Ikan dalam Kaleng

Ikan dalam kaleng, ayam dan ikan yang dilapisi dengan tepung juga mengandung natrium tinggi. Demikian pula ikan, daging, dan unggas yang disajikan dengan saus. Ya, hindari saja makanan yang tidak sehat seperti itu.

11. Garam Meja dan Laut

Garam meja dan garam laut adalah sama. Keduanya mengandung natrium dan klorida. Anda sebaiknya menggunakan bumbu dapur yang bebas dari sodium. Misalnya, mrica, cuka apel, dan rempah-rempah. Ya, natrium dan klorida penting untuk kesehatan. Tetapi tidak boleh berlebihan. Lebih-lebih bagi penderita darah tinggi. Tekanan darah tinggi Anda mudah naik dan itu berbahaya bagi kesehatan Anda.

HIMBAUAN: ya, ini himbauan saja. Jika berkenan, catat 11 makanan dengan banyak garam dan tempelkan di atas meja makan. Sehingga bisa menjadi pengingat bagi Anda untuk tetap hidup sehat dengan tensi darah normal. Okey??? 

Diet = Hanya Membatasi Kosumsi Garam, Bukan Menghindari Total

Diet garam hakikatnya bukan meniadakan konsumsi garam. Tetapi hanya membatasi konsumsi garam. Tujuannya supaya konsumsi garam Anda tidak berlebihan sehingga Anda tetap sehat. Bukan sebaliknya, terkena penyakit hipertensi, stroke, kolesterol tinggi, dsb.

Bagaimana dengan Anda? Sudah melakukan diet tanpa garam?

Banyak orang takut melakukan diet rendah garam. Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atas kesehatan diri mereka. Misalnya, badan agak lemah, kurang sehat, produktivitas turun, dsb.

Saya juga punya teman yang bulan lalu terkena stroke. Dua bulan sebelumnya saya menyarankan dia untuk diet. Tetapi, dia keberatan dengan alasan banyak pekerjaan di kantor. Kini, ia terpaksa harus istirahat di rumah karena belum bisa melakukan aktivitas kantor.

Ke mana-mana, ia harus menggunakan kursi roda dengan didampingi anak, istri atau siapa pun. Belum bisa jalan sendiri. Walaupun, dokter menyatakan ia menderita stroke 20%.

Pada kenyataannya, banyak orang yang melakukan diet garam merasa senang karena kini mereka lebih sehat. Walaupun, pada awalnya melakukan diet adalah sangat berat.

Tetapi, dengan tekad untuk hidup sehat dan terhindar dari stroke, sakit jantung, dsb, mereka bersungguh-sunggguh dalam dietnya. Mereka pun sukses membuat dirinya lebih sehat.

Atau, Anda bisa melakukan diet tanpa garam secara bertahap. Tidak langsung diet terhadap semuanya. Pilih makanan yang sehat, yang tidak menyebabkan darah tinggi Anda bertambah tinggi. Ini berbahaya.

Selain itu, Anda bisa menambah konsumsi buah penurun darah tinggi sebagai ganti makanan yang Anda hindari.

Baca Juga: 12 Makanan Penurun Darah Tinggi Favorit Saya

Yang terpenting adalah mengurangi porsi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Setelah itu, tingkatkan diet garam secara bertahap. Jadi, tidak akan berat bagi Anda. Tetapi, Anda sukses membuat diri Anda sehat.

Diet garam bisa diganti dengan memperbanyak makan buah penurun darah tinggi. Buah juga penguat energi sehingga Anda tak akan kehilangan apa-apa dengan diet tanpa garam. Anda justru lebih sehat dengan stamina dan produktivitas tetap tinggi.

Gimana? Anda siap untuk melaksanakan diet garam?

Ya, sepenuhnya hal ini menjadi hak Anda. Tetapi, lakukan yang terbaik untuk kesehatan Anda. Terima kasih atas kehadirannya untuk membaca artikel ini.

Ini tambahan. Anda juga bisa mengenakan kalung Ginsamyong untuk menurunkan darah tinggi. Ini memang bukan kalung biasa, tetapi kalung kesehatan Ginsamyong. Banyak orang sukses menurunkan darahnya tingginya dengan mengenakan kalung ini.

Terima kasih atas kesediaan Anda membaca artikel tentang perlunya diet tanpa garam untuk penderita sakit darah tinggi atau hipertensi. Semoga Anda selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *