Connect with us

Herbal

Efek Samping Daun Sirsak bagi Penderita Maag? Ada Solusi Aman untuk Anda

Published

on

ADA efek samping daun sirsak bagi penderita maag? Daun sirsak punya khasiat obat sangat dikenal. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan minum rebusan daun sirsak. Bahkan, penyakit berat seperti stroke, kolesterol tinggi, dan diabetes bisa disembuhkan dengan minum ramuan daun sirsak.

Apalagi untuk penyakit kanker. Manfaat daun sirsak ini nyata dan telah terbukti. Banyak orang yang sukses menyembuhkan penyakit kankernya dengan mengonsumsi minuman atau rebusan daun sirsak.

Seorang penderita tumor payudara menceritakan, ia datang ke dokter untuk siap dioperasi sebagai upaya penyembuhan sakitnya. Ia memang sudah periksa dokter sejak satu bulan sebelumnya dan siap dioperasi.

Tetapi betapa terkejutnya dia. Sebab, setelah dilakukan USG, ternyata benjolan tumor di payudaranya sudah tidak ada lagi. Operasi payudara pun tidak jadi dilakukan.

Menurutnya, itu berkat minum rebusan daun sirsak secara rutin. Benjolan tumor di payudaranya tak lagi berbekas. Pemeriksaan USG tidak mendeteksi adanya benjolan tumor di payudaranya.

Tetapi, bagaimana dengan konsumsi rebusan daun sirsak untuk penyakit maag? Benarkah ada efek samping daun sirsak bagi penderita maag?

Adanya efek samping dari konsumsi rebusan daun sirsak untuk sakit maag diketahui berdasarkan beberapa penelitian. Intinya dari hasil penelitian ditemukan bahwa kandungan senyawa dalam daun sirsak justru membuat lambung memproduksi asam lambung berlebih.

Bahkan, asam lambung itu bisa naik sampai ke dada. Tentu saja, ini justru berpengaruh negatif terhadap sakit maag. Penyakit maag yang diminumi ramuan daun sirsak bukan makin sembuh,  justru makin meningkat.

efek samping daun sirsak bagi penderita maag
daunsirsakobatkanker.com

Efek Samping Daun Sirsak – Solusinya Minum Rebusan Daun Sirsak Setelah Makan

Tidak hanya berdasarkan penelitian. Dalam blog purwatiwidiastuti.com juga ada beberapa pembaca yang menulis efek samping daun sirsak bagi penderita maag yang mereka rasakan. Yakni, lambung mereka terasa perih setelah minum rebusan daun sirsak.

Eza, nama pembaca itu, misalnya menyatakan bahwa ia rutin minum rebusan daun sirsak. Dia akui pengaruh negatifnya minum rebusan daun sirsak sangat keras atau sangat cepat.

Kata dia, pertama kali minum rebusan daun sirsak, lambungnya langsung perih. Lantas ia coba minum setelah makan supaya lambung tidak kosong. Alhasil lambung aman, nggak perih lagi.

Tentu saja, ia merasa sangat senang. Tetapi, kalau minum rebusan daun sirsak untuk diet, lebih baik dipikir lagi. Sebab, semenjak rutin minum rebusan daun sirsak, nafsu makannya bertambah atau meningkat. Ini bisa membuat kegemukan dan berisiko kena penyakit baru.

Umar Fadloli, pembaca lain menyatakan dia sering minum rebusan daun sirsak 7 lembar. Ia rebus dengan tiga gelas air, lalu tinggal satu gelas. Ia minum rebusan daun sirsak sekali menjelang tidur malam.

“Tetapi kok sekarang asam lambung saya sering naik, gimana solusinya, ya??”

Dari keterangan dua peminum rebusan daun sirsak itu ada informasi baru yang sangat menarik. Efek samping daun sirsak bagi penderita maag itu benar ada seperti hasil beberapa penelitian.
Tetapi, Eza punya solusi. Minumnya setelah makan, yakni dalam kondisi perut tidak kosong.

Ternyata, menurut Eza, minum rebusan daun sirsak yang aman adalah setelah Anda makan. Efek samping daun sirsak bisa dihindarkan.

Minum Rebusan Daun Sirsak Membuat Berat Badan Meningkat

Hanya saja, minum rebusan daun sirsak bisa menambah nafsu makan. Tentu saja, ini membuat berat badan Anda bisa naik ketika dia minum rutin tiap hari.

Bagaimana kalau minumnya tidak tiap hari? Dua atau tiga hari sekali? Ya, ini perlu dicoba. Siapa tahu hasilnya lebih aman. Tidak membuat lambung terganggu, yang akhirnya kena sakit maag. Tetapi, juga tidak membuat badannya tambah gemuk.

Ya, ini juga efek samping daun sirsak. Membuat sakit lambung atau maag dan berat badan bertambah.

Dari keterangan Umar Fadloli, pengaruh negatif minum rebusan daun sirsak tidak seketika. Setelah minum beberapa kali baru terasa lambungnya perih dan ia ingin mendapatkan solusinya.

Tidak hanya daunnya. Buahnya juga memiliki banyak maanfaat kesehatan. Setidaknya ada 25 penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah sirsak.

Jus sirsak juga berkhasiat untuk kesehatan, selain rasanya segar dan nikmat.

Makan Malam Sebelum Pukul 19.00 Membuat Maag Saya Sembuh Total

Tentu saja, untuk menyembuhkan penyakit maag banyak cara lain bisa dilakukan jika Anda tidak bisa menghindari efek samping daun sirsak bagi penderita maag. Yakni, rebusan daun sirsak justru menambah perih lambung.

Tentu saja, tidak semua orang memiliki kondisi lambung yang sama. Mungkin ada yang tahan menerima minuman dari rebusan daun sirsak dan ada yang tidak. Atau kalau ingin minum rebusan daun sirsak, cara yang dilakukan oleh Eza perlu dicoba.

Yaitu, makan dulu dan setelah itu baru minum air rebusan daun sirsak. Jika cara itu aman untuk lambung Anda, ya bisa diteruskan.

Atau Anda bisa minum ramuan atau jamu kunyit (kunir). Ini sangat bagus untuk menyembuhkan sakit maag. Saya pun punya pengalaman menarik untuk penyembuhan sakit maag.

Penyakit maag timbul umumnya akibat pola makan yang buruk. Misalnya, waktu makan tidak teratur. Suka makan makanan pedas dan asam.

Saya berulangkali minum obat resep dokter. Tidak hanya dari satu dokter, tetapi tiga dokter. Tetapi, maag masih sering kambuh hingga belasan tahun.

Maag saya sembuh setelah saya minum ekstrak (jamu) kunyit. Saya membuat sendiri jamu kunyit itu. Caranya, ambil kunyit beberapa rimpang, lalu bersihkan dan dikupas kulitnya.

Setelah kunyit dilembutkan melalui alat parut, lalu diperas dengan air hangat atau air matang. Bisa ditambahkan kuning telur dan madu biar rasanya lebih segar dan khasiatnya lebih baik.

Tetapi, maag belum sembuh total atau hilang sama sekali. Tiap kali mengonsumsi makanan-minuman pedas atau asam, maka maag kembali kambuh. Rasa perih di lambung kembali muncul.

Maag sembuh total setelah saya mencoba makan malam sebelum pukul 19.00. Saya sering makam malam pukul 17.30 sebelum pergi ke masjid untuk shalat berjamaah. Eh, sejak itu maag saya tak kambuh lagi. Saya pun kembali bisa mengonsumsi makanan-minuman pedas dan asam. Lambung saya tetap aman.

Makan 5 – 6 Kali Sehari dengan Porsi Kecil

Dr Anissa Aulia Adjani dari alodokter.com menyarankan penderita maag untuk selalu mengelola stres dengan baik. Laksanakan pola makan teratur, hindari makanan bersifat asam dan pedas, dan makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Misalnya, satu hari bisa makan 5 – 6 kali dalam poresi separo dari biasanya.

Selain itu, beristirahat cukup, termasuk tidur cukup dan melakukan olahraga secara rutin. Setidaknya berolahraga empat hari setiap minggu. Tidak perlu olahraga berat. Pilih olahraga ringan tetapi rutin dan konsisten (terus-menerus).

Tambah lagi banyak minum air putih. Sekian dan semoga artikel mengenai efek samping rebusan daun sirsak bagi penderita maag ini bermanfaat untuk kesembuhan maag Anda.

Adakah efek samping daun sirsak untuk penyakit lain? Bukan hanya terhadap penyakit maag? Ya, sampai jumpa di artikel lain.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.