Cara Mudah Hidup Sehat https://sehatfisik.com Info Penting Cara Hidup Sehat Fri, 14 Sep 2018 03:15:02 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.8.7 https://sehatfisik.com/wp-content/uploads/2017/06/cropped-internet-security-icon-png-25-32x32.png Cara Mudah Hidup Sehat https://sehatfisik.com 32 32 Cara Membesarkan Bokong dengan Olahraga – Mudah dan Murah https://sehatfisik.com/cara-membesarkan-bokong-dengan-olahraga/ https://sehatfisik.com/cara-membesarkan-bokong-dengan-olahraga/#respond Tue, 11 Sep 2018 04:43:31 +0000 https://sehatfisik.com/?p=9280 CARA membesarkan bokong dengan olahraga. Anda tidak perlu menjalani olahraga yang berat. Pilih saja olahraga ringan dan mudah dilakukan. Anda […]

The post Cara Membesarkan Bokong dengan Olahraga – Mudah dan Murah appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
CARA membesarkan bokong dengan olahraga. Anda tidak perlu menjalani olahraga yang berat. Pilih saja olahraga ringan dan mudah dilakukan. Anda akan sukses membesarkan bokong. Yang penting, Anda rajin melakukan olahraga yang bisa memperbesar bokong setiap hari.

Punya bokong kecil (kerempeng) memang tidak nyaman. Apalagi wanita. Dengan bokong kerempeng (sangat kecil) tentu tidak bisa tampil cantik. Siapa pun yang punya bokong kerempeng atau tepos pasti ingin menjalani program apa saja. Pria atau wanita. Yang penting bisa memperbesar bokong.

Jika punya dana cukup, Anda bisa memperbesar bokong dengan cara medis. Proses operasi membesarkan bokong (gluteoplasty) berlangsung cepat dan Anda bisa segera menikmati hasilnya.

Tetapi, cara membesarkan bokong secara alami juga sangat baik. Banyak orang sukses membesarkan bokong atau pantat dengan cara tradisional. Tetapi, Anda harus bersabar. Lakukan olahraga tiap hari sampai Anda berhasil membesarkan bokong.

Ya, cara membesarkan bokong dengan olahraga atau secara alami memerlukan waktu yang cukup. Tidak bisa instan.

Anda juga bisa membesarkan bokong dengan ramuan tradisional. Ada 10 tanaman obat bisa Anda gunakan untuk mempersar bokong Anda.

Cara Membesarkan Bokong dengan Olahraga Squat Jump, Curtsy Lunges, dsb

cara membesarkan bokong dengan olahraga

Banyak olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membesarkan bokong. Anda tidak perlu menjalani olahraga berat. Cukup olahraga ringan tetapi dilakukan secara rutin tiap hari dengan sungguh-sungguh dan semangat.

Ini sangat penting. Tidak lain supaya usaha Anda membesarkan bokong dengan olahraga bisa sukses. Anda bisa tampil di lingkungan Anda dengan nyaman dan percaya diri.

Olahraga apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbesar bokong (pantat) wanita atau pria?

Ya, keinginan memiliki bokong besar sebenarnya bukan hanya monopoli wanita. Bapak-bapak atau kaum pria juga tidak sedikit yang punya kerempeng. Hanya saja, wanita dengan bokong kerempeng tidak bisa tampil. Mereka menjadi tidak PD.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk memperbesar bokong. Anda bisa memilih olahraga mana yang Anda suka dan mudah menjalankannya. Olahraga mengecilkan bokong ini juga bisa mengecilkan paha dan pinggul sekaligus karena ketiga organ tubuh itu berkaitan.

Kata dr. Satya Sueningrat:

Olahraga rutin adalah salah satu tindakan yang disarankan untuk membesarkan bokong. Sebab, cara ini tidak berbahaya.

1. Squat Jump untuk Mengencangkan Otot

Dengan olahraga squat jump, otot bokong Anda akan bertambah kencang. Bokong pun secara bertahap akan membesar. Bahkan, akhirnya Anda bisa memiliki bokong besar sekaligus bokong yang sehat.

Cara menjalankan olahraga ini tidak sulit. Squat jamp termasuk olahraga ringan. Gerakannya mudah. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Caranya, ya Anda berdiri. Lalu angkat tumit lalu jongkok 90% dan berdiri lagi. Itu saja. Anda bisa mengulangi gerakan itu beberapa kali.

Anda juga bisa melakukan beberapa variasi. Misalnya, dengan tangan mengangkat barbel yang tidak terlalu berat. Atau barbel yang beratnya sesuai kemampuan Anda membawa / mengangkatnya.

Tidak hanya membesarkan bokong. Squat jump juga bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh. Memperlancar pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, dsb.

2. Curtsy Lunges Akan Membuat Bokong Kencang Berisi

Curtsy Lunges juga bisa Anda pilih sebagai cara membesarkan bokong dengan olahraga. Caranya sangat mudah. Anda cukup bergerak ke kanan dan ke kiri sambil menyilangkan kaki ke belakang sehingga bokong Anda bergerak.

Dengan bokong bergerak, maka otot bokong atau disebut juga gluteus maximus, akan menguat. Otot bokong sering bersembunyi di bawah lemak. Ini membuat bokong tidak menonjol atau terlihat kerempeng.

Lakukan olahraga curtsy lunges rutin tiap hari. Tidak perlu lama. Cukup 10 menit tiap kali melakukan olahraga. Anda bisa sukses membesarkan bokong sehingga tampak besar dan padat berisi. Anda pun bisa tampil cantik, sehat dan percaya diri.

3. Kick Back, Memperbesar Bokong dan Melatih Keseimbangan

Olahraga lain untuk membesarkan bokong adalah kick back. Cara melakukan olahraga ini juga sangat mudah. Yang terpenting adalah Anda rutin melakukan olahraga ini tiap hari. Sampai kapan? Ya, sampai Anda sukses memperbesar bokong. Olahraga ini juga sekaligus melatih keseimbangan tubuh agar Anda selalu sehat.

Caranya, silakan Anda berdiri tegap dengan tangan di depan dada. Angkat salah satu kaki ke belakang hingga Anda merasakan bokong seolah mengalami tekanan dan berbentuk seperti balon.

Ulangi gerakan ini sampai 10 kali. Lalu, gantilah dengan mengangkat kaki yang lain. Anda juga bisa menambah beban di pergelangan kaki untuk menambah daya tahan.

4. Prisoner Squats Akan Menjaga Bokong Tetap Indah

Olahraga memperbesar bokong lainnya adalah prisoner squats. Olahraga ini akan membuat bokong Anda indah dan kencang. Anda bisa melakukan olahraga ini di rumah atau di mana saja.

Olahraga prisoner squats hampir sama dengan squat biasa. Yaitu membuka kaki selebar bahu lalu menurunkan badan serendah mungkin. Setelah itu kembali ke posisi semula. Bedanya, dalam olahraga prisoner squats, tangan diletakkan di kepala.

Sesungguhnya masih banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk membesarkan bokong atau pantat. Tetapi, hanya melakukan salah satu jenis olahraga seperti disebutkan dalam artikel ini, juga cukup. Yang penting Anda melakukan olahraga pilihan tiap hari dan bersungguh-sungguh.

Membesarkan Bokong Menggunakan Obat Herbal

Anda juga bisa menggunakan obat herbal membesarkan bokong. Ada beberapa herbal yang bisa Anda pilih. Antara lain:

1. Hip Up Pembesar Bokong dan Pantat

2. Buttoks Cream Pembesar Bokong

3. Brexelant – Obat Suplemen Krim  Pembesar Payudara Bokong.

Demikian artikel mengenai Cara Membesarkan Bokong dengan Olahraga. Cara ini mudah dan murah. Tetapi, hasilnya cepat tercapai. Anda mampu membesarkan bokong dengan olahraga.

NB: Jika ada pertanyaan, saran, pendapat, silakan tulis di kolom komentar.

The post Cara Membesarkan Bokong dengan Olahraga – Mudah dan Murah appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/cara-membesarkan-bokong-dengan-olahraga/feed/ 0
9 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami – Mudah dan Aman https://sehatfisik.com/cara-mengobati-asam-lambung-secara-alami/ https://sehatfisik.com/cara-mengobati-asam-lambung-secara-alami/#respond Sun, 09 Sep 2018 17:10:39 +0000 https://sehatfisik.com/?p=9267 CARA mengobati asam lambung secara alami. Anda pernah punya penyakit asam lambung? Penyakit asam lambung sering disamakan dengan penyakit maag. […]

The post 9 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami – Mudah dan Aman appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
CARA mengobati asam lambung secara alami. Anda pernah punya penyakit asam lambung? Penyakit asam lambung sering disamakan dengan penyakit maag. Sesungguhnya kedua penyakit itu berbeda. Meskipun keduanya berawal dari lambung.

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, dan bahkan ke mulut. Saat terjadi, penderita akan mendapatkan rasa asam dan pahit di lidah.

Gejala lain dari penyakit asam lambung adalah adanya sensasi terbakar di tulang dada atau rasa nyeri di ulu hati. Anda akan merasakan gejala ini di tulang dada akibat asam lambung naik ke esofagus.

Rasa nyeri akan lebih terasa kuat sehabis makan atau ketika Anda membungkuk. Batuk kering tanpa henti juga merupakan gejala asam lambung.

Atau sakit di dada, batuk kering terus-menerus, mengi dan sulit atau merasa nyeri ketika menelan, nafas bau, suara serak dan air liur berlebih.

Penyebabnya macam-macam. Antara lain sering berbaring setelah makan, makan sampai kekenyangan, suka ngemil sebelum tidur, minum alkohol, teh, soda, kopi, dsb.

Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami

cara mengobati asam lambung secara alami

(foto:klikdokter.com)

Jika penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) Anda belum berat, Anda bisa menyembuhkan sendiri penyakit itu dengan minum obat dan mengatur pola makan yang sehat.

Anda juga bisa memilih cara mengobati asam lambung secara alami. Caranya dengan memanfaatkan tanaman obat yang tumbuh di sekitar rumah Anda atau membeli bahannya di pasar, baik pasar tradisional atau di supermarket / swalayan. Tetapi, jika penyakit asam lambung sudah kronis dan akut, ya Anda perlu ke dokter.

Ada 9 cara mengobati asam lambung secara alami. Anda bisa memilih mana yang cocok untuk Anda. Misalnya, mudah menemukan bahannya, harga terjangkau dan Anda nyaman minum atau mengonsumsinya.

1. Konsumsi Sayur, Buah dan Makanan Lain

Sayur yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, selada, kembang kol, mentimun, jahe, lidah buaya, dan adas.

Buah penetral asam lambung yang perlu Anda konsumsi antara lain pir, semangka, apel, pisang dan melon.
Anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti oatmeal dan daging tanpa lemak.

2. Waktu Makan Teratur

Misalnya, waktu makan pagi (sarapan), makan siang dan makan malam. Jam makan perlu ditepati. Jangan sering makan terlambat. Anda bisa juga akan terkena penyakit maag.

3. Hindari Makan sebelum Tidur

Setidaknya, jangan makan dua jam sebelum tidur. Makan seperti itu bisa memicu terjadinya asam lambung. Bahkan, asam lambung bisa muncul ketika Anda sedang tidur. Yakni, asam lambung naik ke kerongkongan ketika tidur. Jika terpaksa makan malam, ya tunggu dua jam lebih baru tidur.

4. Banyak Ngemil di antara Waktu Makan

Ini bisa menyebabkan pencernaan akan sulit mencerna semua makanan yang Anda konsumsi. Pencernaan perlu waktu lama untuk memproses makanan yang Anda konsumsi. Maka, saat makan jangan sambil ngemil.

5. Makan Terlalu Kenyang

Cara ini bisa memicu refluks. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi sedang. Porsi makan besar hanya akan membuat Anda mengalami kegemukan, selain kena asam lambung. Lebih baik makan 5 – 6 kali sehari dengan porsi kecil atau sedang daripada makan 3 kali dengan porsi besar

.

6. Makan Tidak Dikunyah dengan Baik

Ini bisa membuat pencernaan bekerja lebih lama dan memicu munculnya asam lambung. Makanan yang dikunyah sampai lembut akan membantu enzim. Yakni, pengolahannya di pencernaan menjadi mudah dan cepat.

7. Hindari Sering Minum ketika Makan

Mengapa? Minum terlalu banyak ketika makan bisa menyebabkan asam di lambung dan makanan yang Anda konsumsi menjadi tidak mudah dicerna. Akhirnya terjadilah penyakit asam lambung.

8. Permen Karet

Anda juga bisa mencegah terjadinya asam lambung dengan mengonsumsi permen karet yang bebas gula sehingga bisa merangsang produksi air liur. Air liur bisa membantu menetralkan asam lambung. Anda sebaiknya mengonsumsi permen karet tanpa gula. Bukan permen karet dengan rasa mint. Permen ini justru bisa menyebabkan terjadinya asam lambung.

9. Minum Baking Soda Setelah Makan

Lakukan 4 kali sehari 1 – 2 jam setelah makan. Baking soda bisa membantu pencernaan untuk membuat asam lambung netral.

Demikian artikel mengenai 9 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

The post 9 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami – Mudah dan Aman appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/cara-mengobati-asam-lambung-secara-alami/feed/ 0
Buah-buahan yang Baik untuk Ibu Hamil – Cegah Bayi Catat https://sehatfisik.com/buah-buahan-yang-baik-untuk-ibu-hamil/ https://sehatfisik.com/buah-buahan-yang-baik-untuk-ibu-hamil/#respond Mon, 03 Sep 2018 06:21:46 +0000 https://sehatfisik.com/?p=9241 BUAH-BUAHAN yang baik untuk ibu hamil – Tidak hanya Bunda. Setiap orang tahu bahwa mengonsumsi buah itu sangat baik untuk […]

The post Buah-buahan yang Baik untuk Ibu Hamil – Cegah Bayi Catat appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
BUAH-BUAHAN yang baik untuk ibu hamil – Tidak hanya Bunda. Setiap orang tahu bahwa mengonsumsi buah itu sangat baik untuk kesehatan. Masalahnya, banyak di antara kita tidak menindaklanjutinya dengan mengonsumsi buah.

Alasan yang paling umum adalah biaya untuk membeli buah. Tetapi, penyebab utama adalah kesadaran untuk mengonsumsi buah masih kurang. Meskipun dibandingkan dengan 10 tahun lalu, misalnya, konsumsi buah kini sudah ada peningkatan.

Nah, mari kita membiasakan diri untuk sering mengonsumsi buah. Ya, buah apa saja. Tidak harus mahal. Buah murah juga tak masalah. Yang penting kandungan gizi pada buah bisa membantu membuat tubuh Anda sehat.

Syukur Anda bersedia menanam sendiri buah di sekitar rumah. Tidak ada pekarangan, bisa menanam tanaman buah di pot (hidroponik). Yang penting tanaman bisa tumbuh, terawat dan berbuah. Hasilnya dikonsumsi biar tubuh selalu sehat.

5 Jenis Buah-buahan yang Baik untuk Ibu Hamil

Bagi Bunda yang sedang hamil, buah sangat penting. Demikian pula Anda yang sedang sakit, mengonsumsi buah bisa membantu untuk membuat tubuh selalu segar dan berenergi.

Bagi Bunda yang sedang hamil, mengonsumsi buah tidak hanya untuk diri sendiri. Tetapi juga untuk kesehatan si calon bayi dalam kandungan. Untuk membantu pertumbuhannya biar menjadi anak yang sehat sejak dalam kandungan, Bunda perlu sering mengonsumsi buah.

buah-buahan yang baik untuk ibu hamil

(sumber:arterikesehatan.blogspot)

Pertanyaannya, buah apa saja yang terbaik untuk Bunda yang sedang hamil? Berapa kali sehari harus mengonsumsi buah?

1. Apel Hijau Menghindari Bengkak

Apel hijau sebaiknya dikonsumsi tiap hari. Sebab, buah ini mengandung banyak vitamin yang Bunda dan calon bayi butuhkan. Misalnya, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Berbagai vitamin itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan sang ibu dan bayinya dalam kandungan.

Apel hijau mengandung vitamin lebih banyak daripada apel merah. Selain itu, apel hijau juga mengandung serat yang tinggi. Serat sangat diperlukan untuk memperlancar pencernaan dan menghindari sembelit.

Khusus bagi ibu hamil, konsumsi buah apel juga bisa menghindarkan diri dari bengkak di bagian kaki, siku, dan lainnya. Juga menghindarkan Bunda dari muntah-muntah. Bagi ibu muda yang sedang hamil, konsumsi apel hijau jangan lupa.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda biar Janin Tidak Keguguran

Harga apel hijau dari Malang Rp 35.000/kg.

2. Manggis Mencegah Bayi Cacat

Buah manggis tidak mahal. Harga per kilogram sekitar Rp 10.000 kualitas sedang. Kualitas super bisa sampai Rp 25.000/kg dan super 2 harga Rp 16.000/kg.

Konsumsi manggis bisa mencegah bayi dalam kandungan menderita cacat. Manggis mengandung asam folat dan mangan. Asam folay juga diperlukan untuk pembentukan tulang rawan dan sistem tulang.

Mangan bisa melindungi si bayi dari kemungkinanan kena kanker. Konsumsi manggis juga bisa menghindarkan Bunda dari dari darah tinggi (preklamsia).

Apalagi, Bunda punya tensi darah tinggi sebelum hamil. Harus selalu mengonsumsi vitamin yang bisa mencegah darah tinggi kambuh.

3. Melon Mencegah Keguguran

Melon juga termasuk buah-buahan yang baik untuk ibu hamil. Bisa mencegah darah beku sehingga kemungkinan terjadi keguguran bisa dihindari. Demikian pula kemungkinan bayi lahir cacat. Bisa dihindari dengan mengonsumsi melon. Buah melon juga bisa mengatasi rasa mual, menormalkan tekanan darah, dsb.

Kandungan vitamin A dan B kompleks dari melon bisa membuat mata bayi tumbuh sehat. Tetapi, mengonsumsinya jangan banyak-banyak. Ada juga efek negatif jika mengonsumsi berlebihan. Melon hendaknya dicuci bersih sebelum dikonsumsi.

Melon produksi petani dalam negeri lebih murah harganya, Rp 10.000 – Rp 15.000/kg.

4. Buah Anggur Membuat Otak Bayi Cerdas

Buah anggur juga sangat baik bagi kesehatan Bunda dan bayinya. Rasanya segar dan manis sehingga siapa pun pasti suka. Buah anggur mengandung vitamin A, C, dan B1, beta karoten, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3, dan serat.

Sangat membantu perkembangan otak janin. Membantu pembentukan saraf di otak, pembentukan tabung di otak janin, mengurangi risiko cacat otak, dsb. Konsumsi anggur bisa membuat anak berotak cerdas.

Folat dan kalsium dari anggur juga bisa membantu pembentukan tulang dan gigi, selain memperkuat tulang Bunda. Tetapi, maksimal Bunda boleh mengonsumsi anggur 50 gram per hari. Sebab, ada kandungan alkohol pada buah anggur.

Harga anggur bervariasi. Anggur merah Rp 40-an ribu – Rp 50 ribu.

5. Buah Naga

Buah naga juga bagus dikonsumsi ibu hamil. Diantara kandungan yang bisa membantu kesehatan ibu hamil adalah zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat, dan lainnya.

Tidak hanya untuk Bunda. Buah naga bisa menyempurnakan indra penglihatan janin selama dalam kandungan. Konsumsi buah naga bisa menambah pembentukan sel darah merah yang mampu menghindarkan Bunda dari sakit anemia.

Harga per kilogram antara Rp 25.000 – Rp 30.000. Tetapi, juga ada yang lebih mahal atau lebih murah. Tergantung dari varian atau jenisnya.

Masih banyak buah lain yang juga sangat baik untuk Bunda konsumsi selama hamil.Buah bisa dikonsumsi langsung, dibuat jus atau diolah menjadi suatu makanan minuman.

Tentu saja, Bunda harus selalu mengonsumsi makanan sehat  buat ibu hamil ditambah sering melakukan senam hamil.

Demikian artikel mengenai buah-buahan yang baik untuk ibu hamil: bisa mencegah bayi lahir cacat. Semoga artikel ini bermanfaat.

The post Buah-buahan yang Baik untuk Ibu Hamil – Cegah Bayi Catat appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/buah-buahan-yang-baik-untuk-ibu-hamil/feed/ 0
4 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional https://sehatfisik.com/cara-mengecilkan-perut-setelah-melahirkan-dengan-ramuan-tradisional/ https://sehatfisik.com/cara-mengecilkan-perut-setelah-melahirkan-dengan-ramuan-tradisional/#respond Sat, 01 Sep 2018 02:58:30 +0000 https://sehatfisik.com/?p=9153 CARA mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional – Setelah melahirkan, banyak Bunda yang memiliki perut buncit, kendor atau menggelambir. […]

The post 4 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
CARA mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional – Setelah melahirkan, banyak Bunda yang memiliki perut buncit, kendor atau menggelambir. Tentu saja, Bunda tidak ingin kondisi seperti itu berlangsung lama.

Bunda ingin segera perutnya kembali kempis dan langsing seperti dulu. Yakni, saat belum hamil dan belum melahirkan. Mempunyai perut buncit, kendor atau menggelambir tentu tidak nyaman.

Bahkan, bisa membuat Bunda tidak PD, terutama jika Bunda pekerja kantoran. Tetapi, bagaimana cara mengatasi dan mengecilkan perut setelah melahirkan? Apa saja yang harus Bunda lakukan?

Daftar 4 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional

Sebenarnya banyak cara bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Tetapi, artikel ini tidak akan membahas semua cara itu. Yang akan dikupas hanyalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional.

Yang dimaksud dengan mengecilkan perut dengan ramuan tradisional adalah dengan menggunakan bahan tanaman obat yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Bunda dengan mudah bisa menemukan tanaman obat itu di pasar atau di kebun.

1. Minuman Beras Kencur

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional

ramuan beras kencur (foto:hello-pet.com)

Anda bisa membuat sendiri minuman sehat dan segar ini. Tetapi, Anda juga bisa membeli produk jadi, baik berupa minuman (cair) atau bahan bubuk dan Anda menyeduhnya sendiri.

Jika membeli minuman beras kencur jadi, banyak toko online melayaninya. Harganya pun sangat murah. Misalnya, Djogja Market Jamu Beras Kencur, Sari Kencur Hidayah, Beras Kencur Ibu Lia Ungaran, SidoMuncul Beras Kencur, dsb.

Banyak minuman tradisional beras kencur yang dijual dibawah Rp 50.000/botol. Jika Anda ingin membuat sendiri juga bisa. Tidak sulit kok.

Bahan-bahannya: 3 sendok makan (sdm) beras yang telah direndam 3 jam, 125 gr gula merah, 1 sdm asam jawa, 1 buah jeruk nipis, kencur, jahe, kunyit, daun pandan, garam secukupnya dan 3 gelas air untuk merebus.

Cara Membuat: Rebus dahulu gula merah, asam jawa, kunyit, jahe dan daun pandan sampai mendidih. Setelah airnya mendidih, kunyit dan jahe diambil untuk dihaluskan bersama kencur dan beras. Lalu tuangkan air rebusan pada kunyit dan jahe sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis, garam dan gula jika diperlukan. Kini, minuman beras kencur siap diminum. Minumlah ramuan tradisional beras kencur itu tiap hari sampai perut Bunda benar-benar kempis dan mengecil.

Anda bisa membuat variasi ramuan beras kencur yang semua bertujuan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan secara tradisional.

2. Ramuan Beras Kencur dan Madu

Bunda juga bisa membuat variasi ramuan beras kencur. Ya, biar tidak jenuh jika hanya ada satu ramuan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

Bahan-bahannya: jahe, kunyit, 10 rimpang kencur, 2 sendok makan madu, dan 1 butir telur ayam kampung. Beras sebaiknya direndam dahulu 3 jam sebelum dihaluskan atau dilembutkan.

Cara Membuat: Haluskan dulu beras, kunyit, jahe, dan kencur. Tentu saja, Bunda harus mengupas kulitnya lebih dahulu dan dibersihkan dengan air mengalir. Aduk rata dan siap diminum. Lakukan rutin tiap hari sampai perut Bunda langsing.

3. Minuman Jahe Merah

Cara membuat ramuan jahe merah untuk mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional tidak sulit. Jahe mengandung vitamin C yang bisa membakar banyak lemak dalam perut atau mengubah lemak menjadi energi sehingga perut buncit bisa kembali kempis (rata).

Bahan-bahannya: beras, kunyit, jahe, dan kencur setelah semua bahan dibersihkan kulitnya, lalu dihaluskan.

Cara Membuat: Campurkan 1 gelas air matang pada bahan-bahan tersebut. Lalu disaring untuk mendapatkan sarinya. Anda bisa menambahkan madu dan telur. Setelah diaduk rata, ramuan tradisional ini siap diminum.

Lakukan tiap hari sekali sampai perut Anda kembali kempis dan rata sehingga Anda bisa tamil langsing.

4. Ramuan Jahe dan Jeruk Nipis

Ramuan lain adalah ramuan yang dibuat dari bahan jahe dan jeruk nipis. Jahe bisa menekan nafsu makan sehingga perut buncit, termasuk perut buncit setelah melahirkan, bisa dikempiskan.

Kedua bahan itu dikenal bisa menekan nafsu makan sehingga timbunan lemak akibat makanan bisa diatasi. Lemak bisa dihancurkan dengan minuman jahe dan jeruk nipis.

Cara Membuatnya: Sediakan 1 rimpang jahe, kupas bersih kulitnya, bersihkan dengan air mengalir dan parut untuk diambil sari (air perasan). Tambahkan satu sendok air perasan jeruk nipis dan tambah air panas/hangat. Kini, ramuan jahe siap diminum.

Ada baiknya, Bunda juga mengenakan korset untuk mengecilkan perut setelah melahirkan, terutama melahirkan dengan operasi caesar. Ini penting untuk mempercepat usaha mengecilkan perut setelah melahirkan dengan cara operasi.

Demikian artikel mengenai 4 cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Sukses mengecilkan perut setelah melahirkan dan selalu sehat.

The post 4 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/cara-mengecilkan-perut-setelah-melahirkan-dengan-ramuan-tradisional/feed/ 0
6 Vitamin untuk Ibu Hamil dan Bayi yang Dikandungnya https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-ibu-hamil/ https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-ibu-hamil/#respond Fri, 24 Aug 2018 15:33:53 +0000 https://sehatfisik.com/?p=9129 Vitamin untuk ibu hamil sangat penting. Vitamin dan nutrisi yang cukup tidak hanya diperlukan oleh Bunda yang sedang hamil (Bumil). […]

The post 6 Vitamin untuk Ibu Hamil dan Bayi yang Dikandungnya appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
Vitamin untuk ibu hamil sangat penting. Vitamin dan nutrisi yang cukup tidak hanya diperlukan oleh Bunda yang sedang hamil (Bumil). Tetapi, juga untuk bayi yang dikandungnya. Bayi biar tumbuh sehat dan berotak cerdas nantinya.

Tiap ibu hamil memang harus selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan penuh vitamin dan gizi yang cukup. Tidak hanya untuk Bunda, makanan sehat juga untuk bayi dalam kandungan.

Dengan kehadiran bayi dalam kandungan, makanan minuman yang Bunda konsumsi sering belum mencukupi untuk kebutuhan nutrisi utama yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan si janin.

Suplemen atau vitamin untuk ibu hamil yang diperlukan harus mengandung asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium. Empat komponen dalam makanan sehat harus mendapatkan perhatian dari Bunda.

Asam folat perlu Bunda konsumsi untuk menghindarkan si bayi dari cacat pada sistem saraf. Kalsium dan vitamin D penting untuk membentuk tulang dan gigi bayi menjadi kuat.

Konsumsi zat besi penting untuk membuat sel darah merah yang bisa mencukupi kebutuhan Bunda dan bayi yang dikandungnya. Kekurangan zat besi bisa membuat Bunda dan bayinya sama-sama kena penyakit anemia.

Bahkan, kekurangan zat besi bisa membuat bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

6 Vitamin untuk Ibu Hamil Harga Murah yang Bisa Dipilih

vitamin untuk ibu hamil

Vitamin untuk ibu hamil bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan dan buah secara alami. Tetapi, bisa pula dengan membeli suplemen yang banyak dijual di apotek, toko obat, termasuk toko obat herbal online.

Berikut ini daftar 6 vitamin untuk ibu hamil yang bisa Anda pilih:

1. Afolat – Asam Folat 400 mcg – Isi 10 Strip

Bagi ibu hami, Afolat membantu menyuplai vitamin B9 untuk mencegah bayi cacat saat lahir. Suplemen atau multivitamin ini menyediakan asam folat 400mg untuk ibu hamil. Bentuknya tablet, bisa dikonsumsi tiap hari.
Sangat banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat oleh ibu hamil dengan mengonsumsi Afolat.

Antara lain, mengurangi risiko bayi mengalami cacat celah bibir, risiko cacat pada langit-langit bibir, lahir prematur, risiko berat badan rendah, risiko keguguran, dsb.

Harga vitamin ibu hamil ini Rp 35.000 satu boks. Isinya 10 strip dan tiap strip isi 10 tablet. Jadi, isi semua adalah 100 tablet.

2. Delin Store – Folamil Genio 1 Box / Vitamin Ibu Hamil dan Menyusui

Suplemen multivitamin dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan ibu menyusui. Tidak hanya asam folat. Vitamin ini juga mengandung DHS untuk nutrisi otak si bayi dan mineral penting lainnya.

Selain asam folat, suplemen ini juga mengandung vitami A, B2, B3, B4, B6, B12, D3, zat besi, DHA, dll. Satu (1) kapsul lunak per hari, dikonsumsi setelah makan. Harga Rp 119.880 untuk 1 box isi 30 kapsul.

3. Madu Ibu Hamil Al Mabruroh

Manfaat mengonsumsi mau Al Mabruroh bagi ibu hamil ini antara lain memperkuat kandungan, menyehatkan bayi dalam kandungan, menambah tenaga dalam proses persalinan, dan memperkuat daya tahan tubuh.
Madu ini dibuat dari sari kurma impor. madu pilihan. zaitun extra virgin olive oil, dan VCO (virgin coconut oil ).

Aturan Minum: Kocok terlebih dahulu sebelum diminum. Silakan minum 1 – 2 sendok makan dicampur dengan air 200 ml. Aduk rata dan siap diminum. Harga madu ini Rp 36.500/botol.

4. Kalsium Tiens untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kalsium sangat penting untuk tubuh supaya selalu dalam keadaan sehat. Kalsium diperlukan oleh tulang, jantung, untuk menyetabilkan tekanan darah. dsb.

Tulang keropos (osteoporosis) terjadi karena kekurangan kalsium. Ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen kalsium agar kebutuhan untuk kalsium bisa terpenuhi dengan baik.

Tiens Calsium bisa memenuhi kebutuhan protein untuk calon bayi atau janin dalam kandungan 3 kali lebih besar dari protein pada daging atau ikan. Sangat membantu pertumbuhan janin.

Tiens juga mengandung zat besi 58 kali dari zat besi pada bayam. Dengan mengonmsi Tiens, Bunda bisa terhindari dari penyakit anemia (kurang darah). Harga vitamin untuk ibu hamil ini Rp 345.000/ box isi 10 sacet.

5. Blackmores I-Folic Pregnancy BPOM Kalbe 150’s – I Folic Acid

Vitamin untuk ibu hamil ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil atau mereka yang ingin hamil. Mengurangi risiko cacat lahir pada otak atau sumsum tulang belakang bayi. Membantu perkembangan kesehatan otak, penglihatan dan pendengaran.

Suplemen Blackmores mengandung 8 nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Yakni, karbohidrat, protein, asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D, vitamin C, vitamin A (beta carotene), dan DHA. Harga vitamin Blackmores adalah Rp 153.000/150 kapsul.

6. Vitamin Bumil Folamil Genio

Vitamin untuk ibu hamil ini juga Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, baik buat Bunda atau bayi yang dikandungnya. Folamil Genio merupakan multivitamin yang mengandung DHA dan berbagai jenis vitamin lain.

Manfaat dari multivitamin ini untuk meningkatkan sistem saraf si kecil sekaligus membantu perkembangan otaknya. Selain itu, vitamin buat ibu hamil ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Bunda.

Manfaat lain dari konsumsi vitamin ini adalah menghindari cacat pada janin, membentuk otak bayi, memproduksi sel darah merah, mencegah sakit, menyerap kalsium, dsb. Harganya sangat beragam sesuai dengan isi, dari Rp 110.000 sampai Rp 300.000-an.

Demikian artikel mengenai vitamin untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat.

The post 6 Vitamin untuk Ibu Hamil dan Bayi yang Dikandungnya appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-ibu-hamil/feed/ 0
4 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-anak-1-tahun/ https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-anak-1-tahun/#respond Tue, 21 Aug 2018 09:59:07 +0000 https://sehatfisik.com/?p=9101 VITAMIN untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun. Semua Bunda atau orang tua pasti menginginkan anaknya seperti itu. Yaitu memiliki […]

The post 4 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
VITAMIN untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun. Semua Bunda atau orang tua pasti menginginkan anaknya seperti itu. Yaitu memiliki daya tahan tubuh yang baik dan selalu sehat. Tetapi, bagaimana caranya?

Bunda bisa menyediakan vitamin khusus untuk meningkatkan daya tahan anak. Apalagi, bagi Bunda yang tidak bisa memastikan apakah makanan minuman yang dikonsumsi anak sudah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ibu-ibu yang seharian bekerja di luar rumah.

Di sini, mengonsumsi vitamin untuk anak sangat penting. Anak perlu mendapatkan tambahan vitamin untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Fungsi vitamin akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang harus dikonsumsi anak sehingga mereka bisa tumbuh sehat. Apalagi, anak dalam usia dini.

Maka, Pemerintah menggalakkan adanya posyandu sampai ke pelosok-pelosok desa. Tujuannya untuk membantu pertumbuhan anak balita menjadi anak sehat dan bisa dihindari terjadinya kasus anak kurang gizi.

Cuma, posyandu hanya sebagai penggerak. Tidak bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin dan gizi anak sesuai dengan kebutuhan. Apalagi hanya diadakan sekali dalam satu bulan.

Nah, untuk itu Bunda perlu menambah vitamin bagi si kecil. Termasuk vitamin untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun.

Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun yang Perlu Bunda Siapkan

 

vitamin untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun

(foto:bacaterus.com)

Berikut ini beberapa produk vitamin untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun supaya selalu sehat. Vitamin anak 1 tahun ini sekaligus bisa membantu mencerdaskan otak si kecil.

1. Vitamin Anak Madu Antarikasa

Vitamin ini tidak khusus untuk anak usia 1 tahun. Bisa juga untuk anak usia 2 tahun, 3 tahun sampai 12 tahun. Dalam usia dini seperti itu, anak memerlukan tambahan vitamin yang cukup. Baik untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya, membuat anak memiliki otak cerdas, dan anak mudah menyerap berbagai ilmu atau informasi baru.

Vitamin Madu Ankarikasa ini juga bisa membuat mata selalu sehat, membantu sistem DHA, memenuhi kebutuhan vitamin A dan D. Vitamin akan membuat nafsu makan anak dalam kondisi yang baik.

Tidak ada efek samping dengan mengonsumsi madu ini. Vitamin anak ini dibuat dari herbal alami. Antara lain dari madu, temulawak, gamat emas, dan albumin.

Gimana Bunda? Bunda sudah menyediakan vitamin untuk si kecil tersayang? Harga madu ini bervariasi sesuai isinya. Yaitu, Rp 75.000, Rp 90.000 dan Rp 110.000.

2. Vege Fruit 18 JR

Anda juga bisa memilih Vege Fruit 18 JR, vitamin untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun. Bagi anak yang sulit  diminta mengonsumsi buah dan sayur, vitamin ini bisa membantu mengatasinya.

Vitamin ini berupa kapsul. Jika anak Bunda sulit diminta mengonsumsi kapsul, Bunda bisa membuka kapsul ini dan isinya dicampur dengan makanan yang disukai.

Vitamin ini juga bisa mencegah anak dari kena sakit batuk, flu atau sulit buang air besar. Problem kesehatan anak ini biasanya dialami oleh anak yang malas makan buah.

Vege Fruit 18 JR dibuat dari banyak buah. Antara lain buah nanas, jeruk, apel, anggur, cranberry, tangerin, pepaya, mangga, lemon, pear, aprikot, limau, cherry, strawberry, peach, raspberry, pisang dan billberry.

Harga Vege Fruit 18 JR adalah Rp 119.000 untuk isi 30 kapsul.

3. Sakatonik ABC

Vitamin untuk anak ini produk dari Kalbe. Tentu, nama Kalbe tidak asing bagi banyak orang Indonesia. Sakatonik ABC berfungsi untuk membantu meningkatkan kesehatan anak.

Produk ini mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, B, D, E dan zat besi. Kandungannya berupa kalsium dam mineral yang sangat dibutuhkan oleh anak sehingga mereka bisa tumbuh dengan baik.

Rasanya tentu saja sangat disukai oleh anak. Ada rasa strawberry, orange, grape, dan tutti fruity. Harga vitamin ini sangat murah. Harga satu botol Rp 12.500 sampai 16.500. Pilih mana yang Anda suka. Yang penting anak Anda tumbuh sehat dan berotak cerdas.

4. Multivitamin Biolysin Emulsion

Banyak vitamin terkandung dalam multivitamin untuk anak 1 tahun ini. Vitamin sangat penting untuk anak. Bunda bisa melihat bagaimana anak yang aktif dalam kesehariannya.

Anak yang aktif memerlukan asupan nutrisi yang lebih dibandingkan dengan anak yang tidak aktif bergerak. Anak yang aktif biasanya memiliki kecerdasan yang lebih baik daripada anak yang kurang aktif.

Bisa jadi, orang mengatakan anak itu nakal. Yang benar, anak itu aktif. Ingin serba tahu, ingin ini ingin itu, dsb.
Yang perlu diperhatikan adalah anak yang kurang aktif. Perlu ditambah mengonsumsi vitamin seperti Multivitamin Biolysin Emulsion. Vitamin ini akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan kesehatan otak anak.

Rasa jeruk dari vitamin ini tentu sangat disukai oleh anak. Harga vitamin ini sangat murah. Pilih harga yang Anda suka. Dari Rp 18.000 sampai Rp 35.000 per botol.

Demikian artikel mengenai 4 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun. Semoga anak Anda bisa selalu tumbuh sehat dan cerdas serta nantinya menjadi kebanggaan keluarga.

The post 4 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-anak-1-tahun/feed/ 0
Cara Mencegah dan Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat https://sehatfisik.com/kolesterol-tinggi/ https://sehatfisik.com/kolesterol-tinggi/#respond Thu, 09 Aug 2018 03:14:56 +0000 http://sehatfisik.com/?p=2251 BERAPA kolesterol Anda? Coba cek, apakah masih normal, agak tinggi atau pada posisi kolesterol tinggi? Cek kolesterol adalah sangat penting […]

The post Cara Mencegah dan Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
BERAPA kolesterol Anda? Coba cek, apakah masih normal, agak tinggi atau pada posisi kolesterol tinggi? Cek kolesterol adalah sangat penting untuk memastikan diri Anda sehat atau tidak. Jangan sampai Anda merasa sehat, ternyata sesungguhnya Anda sakit karena kolesterol tinggi.

Ya, periksa kadar kolesterol sangat penting karena tidak semua penyakit kolesterol memberi tanda-tanda atau gejala. Tahu – tahu, saat periksa di laboratorium, Anda menderita kolesterol tinggi.

Bahkan, seperti dialami adik ipar saya, tahu-tahu ia telah menderita kolesterol tinggi dan kolesterolnya telah menyebabkan ia juga menderita sakit jantung. Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati memang bisa menyebabkan sakit jantung dan stroke.

Karena tak ada gejala, banyak orang merasakan dirinya selalu sehat. Orang baru periksa dokter ketika kepala pusing, leher belakang (tengkuk) sakit atau punggung sakit seperti dialami adik ipar saya.

Cara terbaik memang cek kolesterol secara periodik. Kalau sampai sekarang Anda belum pernah cek kolesterol, coba cek di puskesmas, klinik atau rumah sakit.

Kalau dari hasil pemeriksaan dinyatakan kolesterol Anda normal, ya Anda perlu bersyukur. Tetapi, jika melebihi angka normal, ya Anda harus berusaha menurunkannya.

Jangan biarkan menjadi kolesterol tinggi. Ini berbahaya. Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung seperti dialami adik ipar saya atau penyakit stroke.

Saya sendiri, dulu pernah tiga kali periksa kolesterol dan selalu dinyatakan sehat. Eh, akhir 2014 lalu, kadar kolesterol saya naik hingga 253 mg/dL, yang berarti saya menderita kolesterol tinggi.

kolesterol tinggi alat cek kolesterol digital  (sumber: cekkolesterol.co.id)

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi?

Ya,  menghindari terjadinya sakit kolesterol seperti tidak mengonsumsi makanan pantangan atau larangan adalah sangat penting. Pepatah lama menyatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain caranya lebih mudah, biayanya juga lebih murah. Bahkan, bisa jadi mencegah tanpa memerlukan biaya.

Yang diperlukan hanya kemauan. Yakni, kemauan untuk hidup sehat. Hidup yang tanpa penyakit kolesterol tinggi.

Cara mencegah kolesterol tinggi bisa Anda lakukan dengan menjalankan cara hidup sehat. Ya, hidup sehat tidak selalu datang sendiri. Tetapi, perlu usaha tertentu sehingga Anda bisa mencapai hidup sehat sebaik mungkin.

Hindari Makanan yang Mengandung Zat Kolesterol Tinggi

Salah satu cara hidup sehat yang bisa mencegah Anda dari kolesterol tinggi adalah menghindari makanan penyebab kolesterol.

Ada banyak makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi jika Anda mengonsumsi makanan itu. Ini tidak lain karena makanan itu mengandung zat kolesterol tinggi.

Anda harus hindari, terutama Anda yang kolesterolnya pernah naik tinggi. Makanan ini harus Anda hindari, terutama yang kandungan kolesterolnya sangat tinggi.

Makanan yang kandungan kolesterolnya tinggi antara lain dari produk hewani seperti daging sapi, kambing, babi, dsb. Atau susu dan telur. Misalnya, telur puyuh. Ini kolesterolnya sangat tinggi dan harus Anda hindari.

Atau kuning telur ayam. Ya, sama dengan pantangan darah tinggi atau hipertensi. Kuning telur ayam dan telur puyuh harus Anda hindari.

Tempo hari kolesterol saya kembali naik juga gara-gara menikmati masakan daging sapi dari panitia kurban. Saya mengonsumsi agak banyak. Hasilnya, ya kolesterol saya naik.

Untuk darah tinggi sebenarnya masih aman. Eh, yang naik justru kadar kolesterol. Ya, saya sekarang harus menghindari konsumsi daging sapi demi kesehatan. Tak apa.

Anda hobi makan cumi-cumi? Kandungan kolesterolnya juga sangat tinggi. Walaupun sekarang Anda belum kena kolesterol, sebaiknya mulai dibatasi. Biar nantinya Anda selalu sehat, tak terkena kolesterol tinggi.

Makanan lain yang harus Anda hindari adalah kulit ayam, jeroan, santan, kerupuk, aneka gorengan, dan kerang.

Konsumsi Makanan dan Buah Penurun Kolesterol

Bagaimana dengan kolesterol Anda?

Jika ternyata kolesterol Anda normal, ya bersyukurlah. Makin bertambah usia, biasanya daya tahan menurun. Makanan pantangan makin bertambah. Itu alamiah. Sudah jadi ketentuan Tuhan. Kita tidak bisa menolaknya.

Tetapi, kini anak muda menderita kolesterol juga banyak. Ini sejalan dengan perubahan gaya hidup akibat kemajuan. Banyak anak muda yang suka mengonsumsi makanan cepat saji. Ini adalah sumber penyakit kolesterol yang sebaiknya Anda hindari.

Ya, kalau ingin mengonsumsi silakan. Tetapi, jangan berlebihan dan jangan tiap hari. Risikonya berat. Anda bisa kena penyakit kolesterol tinggi saat usia masih muda.

Saat makan jangan hanya berpikir gengsi. Tetapi, berpikirlah juga tentang kesehatan. Saya pun pernah ikut ramai-ramai makan masakan barat di hotel berbintang.

Walaupun, saya sudah berusaha hati-hati, tensi darah saya naik juga. Sakit kepala tak juga cepat sembuh. Terpaksa pergi ke dokter untuk penyembuhannya.

Ya, konsumsi saja makanan lain yang aman, terutama buah. Buah sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Saya pun kini memperbanyak konsumsi buah.

Ada beberapa buah yang punya khasiat tinggi untuk menurunkan kolesterol. Misalnya, semangka, apel, buah berry, delima, mangga, jambu merah, anggur, dsb.

Selain mengonsumsi buah-buahan penurun kolesterol, Anda juga perlu mengonsumsi makanan penurun kolesterol jahat (LDL) dan makanan yang mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan cara itu, penurunan kolesterol bisa berlangsung cepat.

Makanan yang mampu menurunkan kolesterol jahat Anda antara lain:

1. Bayam. Murah dan mudah didapatkan. Bayam mengandung zat lutein yang bisa bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan melindungi jantung. Anda bisa memasak apa saja dengan bayam. Juga bisa dibuat jus.

Konsumsi tiap hari satu mangkuk sup atau masakan lain dari bayam dan jus bayam. Bayam juga bagus untuk menurunkan darah tinggi.

2. Daun seledri. Tidak hanya menurunkan kolesterol, daun seledri juga sangat bagus untuk menurunkan darah tinggi. Daun seledri mengandung antioksidan dan mampu menurunkan risiko sakit jantung.

Seledri bisa dikonsumsi langsung, ditumis, dibuat sup, atau berbentuk jus. Pilih mana Anda suka.

3. Buncis. Ini adalah sayuran rendah lemak yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Bisa juga untuk penderita diabetes. Minum jus buncis satu gelas tiap hari bisa menurunkan kolesterol jahat dan trigleserida.

4. Tahu tempe. Makanan yang dibuat dengan bahan baku kedelai juga berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi. Misalnya, tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai. Semua itu adalah makanan penurun kolesterol yang sangat baik.

Kedelai mengandung isoflavin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Tetapi, sebaiknya makanan-makanan itu tidak dimasak menggunakan minyak biasa. Sebaiknya gunakan minyak zaitun.

5. Bawang putih. Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda. Selain itu, juga bisa Anda gunakan menjaga kesehatan jantung.

6. Kacang-kacangan. Kacang panjang, kacang mede, almond, dan kacang kenari juga bagus untuk penurun kolesterol. Kacang panjang dengan seratnya mampu memperlambat laju kolesterol. Anda perlu mengonsumsinya secara teratur.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis

15 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

7 Obat Penurun Kolesterol dengan Cepat

10 Obat Herbal Kolesterol yang Terbukti Manjur

Lakukan Olahraga dan Perbanyak Minum Air Putih

Itulah artikel tentang kolesterol tinggi dan beberapa makanan dan buah sebagai penurun kolesterol tinggi. Anda bisa memilih beberapa untuk Anda konsumsi biar kolesterol tinggi Anda kembali turun pada posisi kolesterol normal.

Selain memperbanyak konsumsi makanan dan buah untuk menurunkan kolesterol, Anda harus berolahraga setidaknya empat hari dalam seminggu. Bisa juga jalan kaki, senam, joging, bersepeda atau lainnya.

Yang terpenting ada gerakan fisik yang bisa membuat Anda lebih sehat. Konsumsi air putih, hindari merokok dan alkohol juga sama pentingnya untuk mendukung sukses penurunan kolesterol.

Tentu saja, konsumsi obat, baik obat farmasi atau obat herbal, juga sangat diperlukan. Terutama saat kolesterol masih sangat tinggi.

Cara Mencegah dan Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

The post Cara Mencegah dan Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/kolesterol-tinggi/feed/ 0
7 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak biar Selalu Sehat https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-anak/ https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-anak/#respond Mon, 06 Aug 2018 04:41:08 +0000 http://sehatfisik.com/?p=9036 MENYAKSIKAN anak sering sakit, tentu saja Anda sedih. Anak tidak bisa masuk sekolah, tidak bisa main dengan teman, dsb. Untuk […]

The post 7 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak biar Selalu Sehat appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
MENYAKSIKAN anak sering sakit, tentu saja Anda sedih. Anak tidak bisa masuk sekolah, tidak bisa main dengan teman, dsb. Untuk ini, Anda bisa memberikan vitamin untuk daya tahan tubuh anak sehingga anak selalu sehat.

Ya, membekali anak dengan vitamin sangat penting. Apalagi, Bunda bekerja seharian di kantor sehingga tidak bisa menyusui anaknya dengan baik. Atau makanan yang diberikan tidak bisa memenuhi gizi yang diperlukan.

Atau anak suka rewel dan agak susah makannya. Anak sering menolak untuk disuruh makan. Bahkan, disuapi pun tidak mau.

Untuk mengatasi kekurangan itu, vitamin bisa membantu sehingga anak selalu sehat. Anak tidak mudah kena penyakit. Beberapa penyakit yang menyerang anak antara lain flu, demam, radang tenggorokan, radang hidung akibat alergi, cacar air, diare, dsb.

7 Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Berikut ini 7 vitamin untuk daya tubuh anak biar mereka selalu sehat atau tidak mudah kena penyakit. Bunda perlu memilihkan vitamin anak mana yang cocok dengan si kecil.

vitamin untuk daya tahan tubuh anak
(foto:bacaterus.com)

1. Biolysin Emulsion Jeruk Suplemen (250mL)

Vitamin ini memang disiapkan untuk anak-anak yang susah makannya. Atau makan tetapi belum bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan. Tentu saja, vitamin ini juga akan membuat daya tahan anak makin tinggi sehingga tidak mudah kena penyakit.

Biolysin Emulsion ini mengandung minyak hati ikan cod, vitamin A, B, D, AA dan DHA yang sangat baik meningkatkan ketahanan tubuh anak. Vitamin ini juga bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi anak.

Harga vitamin anak ini adalah Rp 24.900/botol.

2. Biolysin Smart Syrup Suplemen (100mL)

Multivitamin ini mampu menyeimbangkan kebutuhan anak untuk mendapatkan nutrisi dan vitamin secara baik. Dengan cara itu, kekebalan tubuh anak makin tinggi sehingga tidak mudah kena penyakit.

Apalagi untuk anak yang susah makan. Biolysin Syrup mampu meningkatkan nafsu makan mereka. Mereka secara bertahap mau makan saat disuruh makan atau ketika disuapi tidak menolak.

Vitamin ini juga mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Suplemen anak ini mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D3, L-lysine HCl, niacinamide, D-panthenol. Harganya Rp 24.500/botol.

3. Cerebrofort Gold Multivitamin and Suplemen (200mL)

Bunda juga bisa memberikan Cerebrofort Gold untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Dengan vitamin ini, pertumbuhan anak bisa berjalan dengan baik. Anak selalu sehat dan ceria.

Cerebrofort Gold juga bisa membantu tubuh melewati proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Kekebalan tubuh anak selalu terjaga dengan baik sehingga anak selalu kuat dan sehat.

Vitamin anak ini juga bagus untuk memelihara kesehatan mata, tulang, dan gigi. Harga multivitamin ini adalah Rp 29.800 per botol.

4. Bio Strath Elixir Suplemen Herbal (250 mL)

Bio Strath juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kesehatan anak. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin ini, nafsu makan anak meningkat sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak, dsb.

Suplemen ini bisa dikonsumsi anak sejak usia 0 tahun. Ada produk suplemen kesehatan ini dalam bentuk tablet dan ada yang berbentuk cairan. Bunda bisa memilihkan vitamin mana yang anak suka meminumnya.

Penderita autisme juga sangat baik mengonsumsi vitamin ini. Vitamin ini juga sudah diekspor ke banyak negara.
Vitamin ini mengandung 61 nutrisi yang berbeda, 11 vitamin, 18 amino acids, 19 mineral, dan 13 zat pembangun lainnya. 11% dari bahan alami dan mudah diserap oleh tubuh. Harganya adalah Rp 487.500.

5. Curcuma Plus Imuns 60ml

Vitamin lain yang bisa Bunda berikan kepada anak yang susah makan adalah Curcuma Plus Imuns. Dengan mengonsumsi vitamin ini, nafsu makan anak bisa kembali meningkat.

Selain itu, anak akan memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga selalu sehat. Tidak mudah kena penyakit. Suplemen ini mengandung echinaceae dan ekstrak curcuma. Dapat dikonsumsi oleh anak usia 6 bulan ke atas.

Harganya hanya Rp 14.329 per botol.

6. Fruit 18 JR Multivitamin (30 Kapsul)

Vitamin anak ini diekstrak dari 18 jenis buah pilihan. Misalnya, apel, cranberi, cheri, jeruk lemon, strawberi, pisang, dsb. Khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka sehingga tidak mudah kena penyakit dan memperbaiki fungsi pencernaan.

Selain itu juga sekaligus memperlancar buang air besar. Frekuensi buang air besar anak lebih lancar. Mereka tidak akan mengalami sembelit lagi. Mereka bisa tumbuh sehat. Kapsulnya tidak vegan. Harganya adalah Rp 129.000/botol

7. Sakatonik ABC Orange Suplemen Makanan (30’s)

Vitamin Sakatonik ABC tentu akan disukai oleh anak-anak. Sebab, ada tiga rasa yang bisa dipilih dari vitamin untuk daya tahan tubuh anak yang bagus ini. Anak-anak pasti menyukai vitamin ini. Rasa yang bisa dipilih adalah rasa anggur, jeruk, dan strawberry.

Vitamin anak ini mampu menjaga kesehatan mereka, termasuk setelah anak sembuh dari sakit. Vitamin anak ini akan cepat mengembalikan kesehatan mereka. Harga vitamin anak ini sangat murah, yaitu Rp 12.400/botol.

Demikian artikel mengenai Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak biar Selalu Sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekeluarga.

The post 7 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak biar Selalu Sehat appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-anak/feed/ 0
Berikan Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak biar Anak Anda Selalu Juara https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-kecerdasan-otak-anak/ https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-kecerdasan-otak-anak/#respond Sun, 05 Aug 2018 03:46:02 +0000 http://sehatfisik.com/?p=1156 VITAMIN untuk kecerdasan otak anak – Menyiapkan anak cerdas sangat penting. Apalagi di zaman modern sekarang. Persaingan sangat tinggi. Kecerdasan […]

The post Berikan Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak biar Anak Anda Selalu Juara appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
VITAMIN untuk kecerdasan otak anak – Menyiapkan anak cerdas sangat penting. Apalagi di zaman modern sekarang. Persaingan sangat tinggi. Kecerdasan anak perlu disiapkan sejak dini supaya mereka mampu memenangi persaingan. Ya, mereka bisa selalu menjadi juara (pemenang) dalam bidang yang dipilihnya.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan vitamin otak yang mampu membuat anak-anak Anda cerdas. Atau, vitamin untuk kecerdasan otak anak. Anda bisa mendapatkan produk-produk khusus yang mampu membantu dan menyiapkan anak Anda menjadi yang paling cerdas.

Tidak hanya setelah anak kesayangan Anda memasuki dunia pendidikan. Anak cerdas harus disiapkan sejak dini. Ya, sejak anak usia di bawah lima tahun (balita).

Tidak hanya pendidikan informal di lingkungan keluarga. Kini, juga mulai marak pendidikan untuk anak balita seperti PAUD, TK, dsb, yang kian maju. Ya, macam-macam namanya. Ada yang berupa lembaga formal seperti sekolah PAUD dan TK.

Tetapi, tidak sedikit layanan informal seperti guru pembimbing khusus atau layanan sekolah di rumah (homeschooling).

Selain sebagai cara menyiapkan anak pintar yang mampu memasuki persaingan hidup yang sangat ketat di masa depan, orang tua juga merasa bangga jika anaknya cerdas dan lancar pendidikannya.

Bahkan, dengan anak cerdas, beban orang tua akan kelancaran pendidikannya bisa lebih ringan. Misalnya anak mendapatkan beasiswa, memenangi berbagai kejuaraan, dsb.

Mencari sekolah bagi anak-anak cerdas juga mudah. Tidak perlu ikut kursus mahal sebagai upaya meningkatkan prestasi anak, dsb, dsb. Atau setelah pendidikan selesai, mereka tidak akan menambah tinggi deretan jumlah pengangguran.

Pengalaman Membuat Anak Cerdas dengan Vitamin untuk Otak

Salah satu cara untuk menyiapkan anak Anda menjadi anak yang sehat dan cerdas adalah dengan memberikan nutrisi untuk kecerdasan otak anak atau vitamin untuk otak.

vitamin untuk kecerdasan otak anakbiasakan anak suka baca buku biar tumbuh cerdas (copy:kosongkosongdua.blogspot.co.id)

Tetangga saya, Pak Supriyadi, memiliki dua anak. Yang pertama kini duduk di bangku SMA negeri favorit di kotanya. Anak kedua masih duduk di bangku SD. Tetapi, keduanya sama-sama anak berprestasi atau anak cerdas.

Anak pertama lelaki agak pendiam. Tetapi, di sekolahnya ia sebagai pimpinan kelompok yang juga aktif dalam kegiatan keagamaan. Pendeknya, ia anak pintar tetapi pendiam. Tidak banyak kegiatan di luar sekolah dilakukan, kecuali suka belajar. Cita-citanya jadi dokter.

Mendengar sepenggal kisah kecerdasan anak Pak Supriyadi ini, Anda sebagai orang tua pasti segera bertanya, bagaimana cara menyiapkan anak menjadi anak cerdas atau anak pintar tetapi berperilaku atau berakhlak baik? Patuh orang tua, rajin belajar, rajin beribadah dan tidak pernah bikin aneh-aneh di luar?

Ketika saya tanya seperti itu, Pak Supriyadi menjawab ia berikan vitamin otak untuk anak. Baik untuk anak pertama atau anak kedua. Anak kedua Pak Supriyadi juga termasuk anak cerdas di sekolahnya. Ia selalu berada di ranking atas. Kini, ia sudah kelas 6 SD.

Selain itu, anak Pak Supriyadi juga rajin belajar mengaji dan berakhlak sangat baik. Siapa yang tidak senang dan bangga punya anak seperti itu?

Semua orang tua pasti bercita-cita sama. Mereka ingin anaknya cerdas, lancar pendidikannya, dan memiliki akhlak baik. Tetapi, sudahkah Anda menyiapkan anak Anda seperti yang Anda inginkan?

Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak yang Bisa Anda Pilih

Mengacu dengan apa yang dilakukan oleh tetangga saya, Pak Supriyadi, maka ada baiknya Anda juga menyiapkan vitamin untuk kecerdasan otak anak Anda.

Mengapa vitamin otak untuk anak diperlukan? Ya, ini diperlukan untuk menyempurnakan berbagai vitamin bagi anak yang belum bisa terpenuhi dari makanan yang mereka konsumsi setiap harinya.

Harga vitamin anak juga tidak mahal kok. Tetapi, fungsinya sangat membantu. Ya, contohnya adalah putra-putri Pak Supriyadi, tetangga saya. Saya sendiri sangat iri dengan prestasi Pak Supriyadi dalam mendidik anaknya.

Walaupun dia adalah seperti warga kebanyakan, tetapi perhatiannya untuk mencerdaskan anaknya sangat tinggi. Pekerjaan sehari-harinya sebagai penangkar burung ocehan. Sementara, istrinya bekerja di tempat praktek dokter.

Anda juga tertarik untuk menyiapkan anak Anda seperti putra Pak Supariyadi? Berikut ini beberapa produk vitamin untuk kecerdasan otak anak yang bisa Anda pilih.

1. Appeton Taurine, Vitamin untuk Anak Terlaris

Ini adalah salah satu produk nutrisi otak yang sangat laris. Banyak orang tua menyukai vitamin ini untuk anak-anak mereka. Multivitamin yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan intelektual anak Anda.

Appeton Taurine mengandung asam amino conditional yang bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta menjaga kesehatan mata. Ia memiliki kandungan vitamin A, D dan E.

Kekurangan taurine bisa menyebabkan lemahnya otak dan retina mata anak Anda.

Vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin D untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan penghancur bakteri serta virus. Vitamin E adalah antioksidan.

Vitamin untuk otak anak ini bisa dikonsumsi anak usia 1 tahun hingga 9 tahun dengan dosis yang berbeda-beda. Yang penting, anak tumbuh sehat dan cerdas.

2. Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak Vitabrain

Anda terkadang merasa kurang konsentrasi saat mengerjakan suatu pekerjaan atau sedang belajar?

Ya, bisa jadi. Saya pun terkadang merasakan tidak bisa konsentrasi untuk menyelesaikan suatu tugas. Bahkan, tak jarang pekerjaan atau cita-cita itu gagal karena kurang konsentrasi.

Kini, tersedia suplemen herbal Vitabrain. Suplemen ini diproduksi 100% dari bahan herbal alami, yakni dari daun centella asiatica dengan kualitas tinggi. Khasiatnya untuk memperlancar peredaran darah ke otak sehingga bisa membantu memperbarui sel-sel otak dan energi otak pun bertambah.

Vitamin untuk kecerdasan anak ini dijual dalam berbagai macam paket sehingga harganya berbeda-beda. Tersedia juga untuk anak remaja dan dewasa dengan dosis berbeda-beda.

3. Vidoran Total Care, Tersedia Banyak Sirup

Nama Vidoran sudah sangat akrab dengan ibu-ibu yang punya anak kecil. Banyak produk vitamin anak atau obat yang dihasilkan untuk anak-anak, termasuk untuk membantu membuat anak bisa cerdas.

Contohnya, ya, Vidoran Total Care. Sirup rasa jeruk 200 ml per botol itu mengandung formula untuk meningkatkan kecerdasan anak, meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan.

Di antaranya mengandung omega 3 yang terdiri dari DHA dan EPA yang bisa membantu si kecil Anda rajin belajar. Selain itu juga memiliki kandungan untuk pertumbuhan tubuh, gigi, dan tulang yang sehat, dsb.

Ada juga vidoran smart yang juga membantu pertumbuhan dan kecerdasan anak. Ya, Vidoran memiliki banyak produk berupa sirup ataupun tablet.

Demikian artikel mengenai Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak. Semoga artikel ini bisa membantu bapak-ibu yang ingin anaknya tumbuh sehat dan cerdas.

Anak harus disiapkan sejak dini, yakni sejak usia 0 tahun, supaya mereka menjadi aset Anda yang paling berharga di masa depan. Tak hanya di dunia, tetapi juga investasi di akhirat kelak. Okey?

NB: Jika artikel ini Anda anggap bermanfaat, silakan bagi ke teman-teman atau kenalan Anda. Terima kasih.

The post Berikan Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak biar Anak Anda Selalu Juara appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/vitamin-untuk-kecerdasan-otak-anak/feed/ 0
Gejala Kolesterol Tinggi, Penting Anda Ketahui Supaya Bebas dari Sakit Jantung https://sehatfisik.com/gejala-kolesterol-tinggi/ https://sehatfisik.com/gejala-kolesterol-tinggi/#comments Fri, 03 Aug 2018 02:26:11 +0000 http://sehatfisik.com/?p=2017 SANGAT penting mengenali gejala kolesterol tinggi. Mengapa? Karena penyakit kolesterol yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung koroner atau […]

The post Gejala Kolesterol Tinggi, Penting Anda Ketahui Supaya Bebas dari Sakit Jantung appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
SANGAT penting mengenali gejala kolesterol tinggi. Mengapa? Karena penyakit kolesterol yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung koroner atau stroke. Tentu saja, Anda tidak ingin kena sakit jantung seperti itu, apalagi stroke.

Penderitaan akibat kedua penyakit itu sangat berat, terutama jika harus melakukan operasi jantung. Penderitaan akibat sakit stroke juga sama beratnya. Ya, beban yang harus dipikul oleh penderita sakit jantung dan stroke adalah sama; sangat berat.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari kedua penyakit itu sejak dini. Ya, sejak dini atau sejak penyakit itu belum muncul ke permukaan.

Salah satu cara menghindari sakit jantung adalah mencegah terjadinya kolesterol tinggi pada diri Anda. Sayangnya, tidak semua kolesterol tinggi memberikan gejala. Artinya, tidak semua orang merasakan adanya tanda atau gejala kolesterol tinggi. Mereka merasa selalu sehat dan tidak pernah merasakan adanya gejala bahwa mereka akan kena sakit kolesterol.

Tahu-tahu, ia menderita sakit pada leher belakang (tengkuk), punggung atas, dsb. Ketika diperiksakan ke dokter, ternyata ia menderita kolesterol tinggi. Bahkan, ada juga yang sakit kolesterolnya telah menyebabkan ia menderita sakit jantung.

Kenyataan itu dialami oleh adik ipar saya, Trisjani (53). Ia tidak pernah merasakan gejala kolesterol. Tiba-tiba suatu saat ia merasakan sakit di leher belakang (tengkuk). Dipijat tidak sembuh, lalu ia periksa dokter.

Dari hasil pemeriksaan, ternyata ia menderita kolesterol tinggi. Bahkan, ia juga menderita sakit jantung akibat kolesterol tingginya tidak segera diobati (karena tidak tahu, tidak merasakan ada gejala sakit kolesterol).

Berapa kolesterolnya? Kadar kolesterolnya kala itu adalah 285 mg/dL. Jadi, sangat tinggi.

gejala kolesterol tinggijantungmu ikut sakit nggak, soalnya kolesterolmu tinggi (sumber: sehatalamiku.com)

Periksa Kadar Kolesterol, Cara Mengetahui Kesehatan Anda

Oleh karena itu, Anda sebaiknya periksa kolesterol sejak dini. Misalnya, sejak Anda berusia 35 tahun. Dengan cara itu, Anda bisa mengetahui dengan pasti apakah diri Anda sehat atau tidak. Punya penyakit kolesterol tinggi atau tidak.

Anda bisa datang ke puskesmas, rumah sakit atau klinik untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda. Biayanya tidak mahal, kok. Lakukan cek kolesterol 4 tahun sekali. Jika dari pemeriksaan itu diketahui kolesterol Anda normal berarti Anda sehat.

Kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dL. Anda bisa tenang. Cek lagi beberapa tahun kemudian. Siapa tahu kolesterol Anda naik menjadi kolesterol tinggi.

Saya pernah periksa kolesterol tiga kali dan selalu dinyatakan normal. Periksa keempat saat usia sudah berkepala 6, ternyata saya menderita kolesterol tinggi, yakni 253 mg/dL

Jika kolesterol Anda adalah 201 – 239 berarti Anda harus waspada (pra-kolesterol tinggi). Kolesterol 240 mg/dl lebih adalah kolesterol tinggi. Anda perlu segera menurunkannya supaya tidak lagi naik. Kadar kolesterol tinggi yang dibiarkan sangat berbahaya. Bisa menyebabkan sakit jantung seperti dialami adik ipar saya.

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Salah satunya adalah menghindari makanan dengan lemak dan kolesterol tinggi. Misalnya, daging berlemak, susu sapi cream, cumi-cumi, kuning telur ayam, otak sapi dan otak babi.

Minum Obat Kolesterol

Cara lain, Anda bisa minum obat kolesterol berdasarkan resep dokter, beli di apotek atau obat herbal kolesterol. Atau dengan membuat obat/jamu kolesterol sendiri dari tanaman obat.

Untuk membuat sendiri, Anda bisa memanfaatkan buah mengkudu (pacai), misalnya. Bisa direbus atau dibuat jus. Banyak tanaman obat yang bisa Anda gunakan untuk bahan obat kolesterol.

Satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan adalah olahraga, senam, jalan kaki, bersepeda, dsb. Ini juga sangat penting untuk Anda lakukan. Pilih salah satu dan lakukan setidaknya 30 menit perhari dan setidaknya 4 hari dalam satu minggu.

Kalau Anda belum biasa, ya lakukan senam semampunya. Bisa pagi, siang, sore, malam atau kapan pun Anda punya waktu luang, usahakan untuk melakukan senam. Tujuannya satu: Anda harus sehat dengan bebas dari kolesterol tinggi.

gejala kolesteroladuhhhh.. tengkukku sakit… (sumber: health.kompas.com)

11 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Waspadai

Berikut ini adalah beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu Anda waspadai. Sebagian gejala kolesterol tinggi hampir sama dengan gejala darah tinggi atau hipertensi.

Di antaranya sakit di leher belakang atau tengkuk. Atau bagian atas punggung dan sakit kepala. Ini yang saya rasakan ketika saya mengalami kolesterol tinggi.

Bagi Anda yang juga punya penyakit darah tinggi, akan sulit membedakan apakah itu gejala darah tinggi atau gejala kolesterol tinggi.

Ketika saya minum obat hipertensi karena menduga sebagai penyakit darah tinggi, eh, ternyata sakitnya tidak turun. Tengkuk saya tetap sakit (nggliyeng).

Akhirnya saya ganti dengan minum obat kolesterol. Barulah rasa kencang di tengkuk itu hilang. Alias kolesterol tinggi saya telah turun.

Daftar Gejala Kolesterol

Gejala kolesterol tinggi harus Anda waspadai. Segera cek kolesterol dan tekanan darah saat merasakan adanya gejala kolesterol berikut ini.

  1. Leher dan kaki sering merasa nyeri
  2. Kaki terasa nyeri dan otot kaki lemah
  3. Muka merah akibat pembuluh darah membesar
  4. Nyeri di dada akibat pasokan darah ke jantung tak lancar
  5. Sulit bernafas saat banyak kolesterol menumpuk di arteri
  6. Kram kaki
  7. Mual dan muntah akibat tubuh tak bisa menerima makanan dengan baik
  8. Sakit kepala akibat aliran darah di arteri terlalu kencang
  9. Kesemutan. Ini sering terjadi saat Anda duduk bersila
  10. Emosi tidak stabil atau mudah marah
  11. Mudah lelah akibat tubuh tak mendapatkan pasokan darah sehat yang cukup

Cara akurat untuk mengetahui kadar kolesterol Anda adalah periksa dengan alat ukur kolesterol. Anda bisa memiliki alat sendiri untuk cek kolesterol atau alat cek darah tinggi dan kolesterol.

Ya, Anda bisa pilih alat tes kolesterol mana yang Anda suka. Jika Anda punya sakit kolesterol tinggi dan darah tinggi,Anda perlu memiliki alat tes gula darah. Alat kesehatan ini berfungsi untuk mengukur kolesterol dan mengukur kadar darah tinggi.

Terbanyak adalah alat cek kolesterol digital dengan tiga fungsi, yaitu cek kolesterol, asam urat dan gula darah.

Baca Juga: 12 Buah Penurun Kolesterol Terbaik untuk Anda

Gejala Kolesterol Lain: Mual, Muntah, Muka Merah…

Gejala kolesterol lainnya adalah mual, muntah, muka merah, kram kaki, kesemutan, dsb. Tetapi, untuk memastikan apakah mual, muntah, dsb itu sebagai tanda sakit kolesterol tinggi atau sakit lain, Anda perlu cek dengan menggunakan alat pengukur kolesterol.

Saya sendiri tidak merasakan gejala kolesterol kelompok kedua. Saya hanya merasakan gejala kolesterol tinggi dengan sakit di tengkuk, bahu, dan punggung atas. Saya berharap semoga Anda bisa mengobati atau menurunkan sendiri kolesterol Anda sehingga cepat sehat.

Syukur, Anda sudah berusaha mencegah penyakit kolesterol sejak dini. Sejak sebelum penyakit itu tiba menggerogoti kesehatan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

The post Gejala Kolesterol Tinggi, Penting Anda Ketahui Supaya Bebas dari Sakit Jantung appeared first on Cara Mudah Hidup Sehat.

]]>
https://sehatfisik.com/gejala-kolesterol-tinggi/feed/ 1