Connect with us

Kurang Darah

Waspadai Gejala Anemia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Published

on

ANDA sering merasa lelah, lesu, letih dan suka malas? Bisa jadi itu adalah gejala anemia. Sel darah merah (hemoglobin) pembawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda tidak cukup sehingga Anda terkena penyakit anemia.

Banyak faktor yang membuat mengapa sel darah merah Anda tidak cukup. Anda sebaiknya mengenali gejala anemia. Jika ternyata Anda menderita penyakit anemia, Anda bisa segera mengobatinya. Anda pun bisa segera kembali sehat dalam waktu cepat.

Ini adalah sangat penting. Sebab, sakit kurang darah atau anemia yang dibiarkan tanpa diobati bisa menyebabkan gangguan pada irama jantung, gagal jantung, bisa terkena penyakit dimensia, dsb. Ya, timbul penyakit lain yang lebih berat akibat penyakit anemia yang tidak segera diatasi.

Gejala Anemia – Banyak Orang Tidak Menyadari Tubuhnya Kena Anemia

Sebelum mengenali ciri-ciri atau gejala anemia, Anda sebaiknya memahami dulu apa penyakit anemia itu?

Penyakit anemia adalah suatu kondisi saat tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Akibat tidak tersedianya sel darah merah yang cukup, maka sel-sel dalam tubuh tidak bisa mendapatkan pasokan aksigen sesuai dengan kebutuhan.

Rendahnya pasokan oksigen oleh sel darah merah membuat tubuh mudah lesu, lelah, kurang semangat, dsb. Kondisi tubuh seperti inilah yang dinamakan kena sakit anemia atau kurang darah.

Orang dikatakan menderita penyakit anemia jika kadar darahnya kurang dari 13 mg/dl untuk pria. Untuk wanita, dinyatakan kurang darah (anemia) jika kadar darahnya 12 mg/dl.

Tentu saja, Anda perlu periksa di laboratorim untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda berkaitan dengan penyakit anemia. Atau, jika Anda memiliki alat ukur kurang darah sendiri, maka Anda mengukur kadar darah Hb Anda dengan alat ukur itu. Anda akan tahu apakah tubuh Anda menderita anemia atau tidak.

Ada banyak gejala anemia yang memberi tanda bahwa Anda kena penyakit kurang darah. Di atas sudah disebutkan beberapa gejala penyakit anemia. Tetapi, sering penderita sakit kurang darah ini tidak menyadari bahwa gejala itu pertanda adanya penyakit.

gejala anemia

ngantukan .. gejala anemia (sumber:hollykaw.alltop.com)

Banyak yang menganggap itu sebagai kelelahan biasa. Lelah akibat banyak kerja atau sebab lain yang bukan penyakit.

Akibatnya, saat seseorang dinyatakan terkena anemia oleh dokter, penyakitnya sudah kronis. Maka, cara yang paling praktis untuk mengetahui adanya penyakit anemia dengan periksa di laboratorium atau menggunakan alat cek kurang darah milik sendiri.

Jadi, cek kemungkinan Anda menderita anemia tidak perlu menunggu setelah sakit. Tetapi, Anda proaktif dengan cek kondisi kecukupan darah. Jika Anda dinyatakan sehat atau tidak kurang darah, ya alhamdulillah.

10 Gejala Penyakit Anemia yang Perlu Anda waspadai:

1. Mudah lelah, letih dan kurang energi.

2. Kulit tampak pucat.

3. Jantung berdetak cepat dan tidak teratur.

4. Napas sesak, khususnya ketika berolahraga

4. Sulit berkonsentrasi dan aoa saja.

6. Dada terasa nyeri

7. Rasa dingin pada kaki kiri dan terkadang mengalami kram.

8. Ada lingkaran di bawah mata dan mata tampak lebih cekung.

9. Nyeri di mulut. Ini berkaitan dengan kurangnya asupan zat besi.

10. Kepala pusing dan penglihatan agak kabur.

Jika Anda merasakan berbagai gejala seperti itu, maka Anda harus segera menyembuhkannya sehingga Anda bisa cepat kembali sehat. Anda bisa kembali beraktivitas sebagaimana layaknya orang sehat. Produktivitas Anda pun kembali tinggi atau normal.

Anda pun bisa bebas dari kemungkinan terkena penyakit yang lebih berat akibat kurang dara atau penyakit anemia.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari adanya gejala penyakit anemia pada tubuhnya. Atau tahu, tetapi itu dianggapnya sebagai masalah biasa dan nantinya akan sembuh sendiri.

16 Makanan dan Buah Kaya Zat Besi – Cara Efektif Mengobati Penyakit Anemia

Sebenarnya menyembuhkan anemia tidak sulit. Caranya, ya konsumsi saja makanan dan buah yang kaya zat besi, vitamin C, vitamin B12, dan asam folat. Beres ! Anda akan kembali sehat dengan penuh semangat.

Jika ingin yang praktis untuk mendapatkan semua itu sehingga tubuh Anda selalu sehat, ya konsumsi saja obat herbal anemia. Misalnya, Tiens Promo Suplemen Anemia (Obat Kurang Darah), Obat Herbal Untuk Anemia, Ace Maxs, dsb.

Selengkapnya Anda bisa baca artikel: 6 Obat Herbal Penambah Darah untuk Menyembuhkan Anemia Anda,

Anda bisa mendapatkan obat herbal anemia di toko-toko obat, termasuk di toko-toko online yang menjual obat kurang darah.

Siapa saja yang rawan terkena penyakit anemia? Mereka adalah ibu hamil, seseorang yang mengalami kecelakaan dan keluar banyak darah, wanita yang sedang menstruasi, wanita melahirkan, melakukan operasi, melakukan kemoterapi, dan orang yang kekurangan zat besi.

Tentu saja, penderita sakit anemia terbanyak adalah akibat kekurangan zat besi, termasuk ibu hamil. Maka, Anda yang mengalami sakit anemia tanpa sebab khusus haruslah banyak mengonsumsi makanan minuman yang kaya zat besi.

16 Daftar Makanan Kaya Zat Besi yang Bisa Anda Gunakan Menyembuhkan Anemia

Makanan dan minuman apa saja yang kaya zat besi?

Berikut ini daftar makanan minuman yang kaya zar besi dan perlu dikonsumsi oleh Anda yang mengalami sakit anemia akibat kekurangan zat besi.

1. Hati sapi (4,2 mg), tetapi kandungan kolesterolnya tinggi.

2. Tiram (3,3 mg), laut Indonesia kaya dengan tiram.

3. Kepiting (2,3 mg), kaya nutrisi yang sangat menyehatkan.

4. Daging bebek (1,8 mg) kaya zar besi, protein, vitamin B5 dan B12.

5. Sarden (1,7 mg) bagus untuk menjaga kepadan tulang

6. Daging sapi (1,4 mg) juga kaya protein, vitamin A, B dan D.

7. Ikan makarel (1,4 mg) juga kaya asam lemak omega 3 dan kalium.

8. Daging kambing muda (1,3 mg) zat besi tinggi dan sangat baik untuk wanita.

9. Telur (1,2 mg) bisa mengatasi berbagai penyakit akibat kurang zat besi.

10. Asparagu (2,2 mg) sebaiknya diolah dengan makanan tinggi vitamin C.

11. Bayam (2,01 mg) kaya zat besi dan vitamin A dan C.

12. Tomat (2 mg) juga bisa untuk mencegah kanker, jantung dan stroke.

13. Kedelai (6,5 mg) kandungan proteinnya juga bisa menurunkan kolesterol.

14. Kacang merah (2,3 mg) juga kaya zat antioksidan untuk melawan penyakit.

15. Kacang koro (2,2 mg) bagus untuk ibu hamil, mencegah bayinya cacat.

16. Buah markisa (3,7 mg) kaya zat besi, kalium dan magnesium.

Demikian artikel mengenai penyakit anemia dan berbagai jenis makanan dan buah yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi sakit anemia. Semoga Anda bisa bebas dari penyakit anemia atau kurang darah.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.