13 Gejala Penyakit Jantung Koroner dan Pencegahannya

Posted on

KEMATIAN akibat jantung koroner cukup besar di Indonesia. Untuk menghindarinya, Anda perlu tahu gejala penyakit jantung koroner. Jika gejala itu terjadi, Anda bisa mengambil tindakan cepat untuk penyelamatannya.

Tentu saja, sebelum mengetahui gejala terjadinya serangan jantung koroner, Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan. Tujuannya supaya Anda bisa terhindar dari penyakit jantung koroner.

Langkah ini sangat penting. Banyak orang menderita sakit jantung koroner karena mereka kurang memberi perhatian pada kesehatan jantung mereka. Jika terjadi gangguan sakit, Anda harus berusaha menyembuhkannya. Atau setidaknya menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner terjadi saat aliran darah ke jantung terhenti. Di antara penyebabnya adalah timbunan lemak atau plak yang terjadi pada arteri jantung. Bahkan, timbunan lemak ini menjadi penyebab utama terjadinya penyakit jantung koroner.

Penimbunan lemak di arteri jantung dinamakan aterosklerosis. Tidak hanya menghambat aliran darah menuju jantung. Aterosklerosis juga bisa menyebabkan pasokan darah menuju jantung terhenti. Inilah yang disebut penyakit serangan jantung.

sakit jantung koroner cek jantung koroner… (sumber:medicalwordmeanings.com)

Jadi, serangan jantung terjadi akibat timbunan lemak pada pembuluh darah Anda benar-benar tinggi. Kondisi ini mengakibatkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Penggumpalan darah mengakibatkan aliran darah yang mengandung oksigen ke jantung Anda terhenti.

Kolesterol tinggi, darah tinggi, diabetes dan merokok adalah penyebab terjadinya penimbunan lemak pada pembuluh darah Anda.

Oleh karena itu, solusi utama untuk mencegah terjadinya penimbunan lemak di dinding arteri adalah menghindari terjadinya berbagai penyakit itu. Yaitu, Anda harus menurunkan kolesterol Anda, darah tinggi Anda, dan diabetes Anda.

13 Gejala Penyakit Jantung Koroner

Bagaimana dan seperti apa gejala sakit jantung koroner? Tindakan apa yang harus Anda lakukan jika diketahui Anda menderita sakit jantung koroner?

Ya, mengenali gejala penyakit, termasuk gejala penyakit jantung, adalah sangat penting. Dengan mengenali tanda-tanda atau gejala penyakit jantung koroner, Anda bisa bertindak cepat jika Anda atau keluarga Anda terkena serangan sakit jantung tiba-tiba.

Jika Anda mengetahui adanya gejala sakit jantung koroner, baik pada diri Anda atau orang lain, maka Anda harus segera melakukan penyelamatan. Misalnya, segera periksa dokter.

Gejala penyakit jantung koroner adalah:

1. Merasa nyeri di bagian dada seperti ada yang mengganjal

2. Merasa seperti terbakar di bagian dada. Atau, merasa sesak di bagian dada

3. Ada bagian perut yang membengkak

4. Detak jantung tidak teratur dan sering cepat sekali

5. Sesak nafas atau nafas terengah-engah

6. Merasa mual dan nafsu makan berkurang

7. Sering berkeringat, walaupun tidak beraktivitas

8. Merasa mudah lelah walaupun tidak beraktivitas berat

9. Jika Anda seorang wanita, Anda merasakan rasa sakit pada tangan kanan dan lengan kiri

10. Jika Anda pria, Anda merasa sakit sering terjadi pada lengan kiri

11. Sering merasa sakit di bagian tubuh lain seperti, bahu, leher, punggung, siku

12. Ada pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut.

13. Sering merasakan sakit kepala

Jika Anda mengetahui gejala sakit jantung koroner seperti tersebut di atas, baik pada diri Anda sendiri atau orang lain, Anda secepatnya mengambil tindakan sehingga peristiwa yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Misalnya, Anda segera periksa dokter untuk mendapatkan pengobatan. Sebab, keterlambatan pertolongan terhadap penderita sakit jantung koroner bisa menyebabkan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan seperti kematian atau sakit jantung yang lebih berat.

Berdasarkan pada hasil pemeriksaan, tentu saja dokter akan mengambil berbagai tindakan yang bisa menyembuhkan penyakit jantung koroner Anda. Antara lain melakukan tes darah, angiografi koroner, elektrokardiogram (EKG), CT scan, dan MRI scan.

Anda juga akan diminta mengonsumsi obat pengencer darah yang bisa mencegah pembekuan darah dan obat penurun kadar kolesterol sehingga bisa mengurangi penyumbatan di arteri.

Perbaiki Pola Hidup dan Pola Makan Anda

Untuk menyembuhkan sakit jantung Anda, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan pada obat, baik obat farmasi atau obat herbal. Tetapi, juga memperbaiki pola hidup Anda, termasuk pola makan Anda.

Misalnya, Anda harus melakukan olahraga secara rutin, tidak merokok, tidak minum minuman keras, selalu mengonsumsi makanan sehat untuk jantung Anda, dan tidak stres.

Ada beberapa model senam untuk penderita jantung koroner. Ini adalah aktivitas fisik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda seperti bisa Anda tonton di video di atas. Cara terbaik Anda melakukan senam rutin sesuai dengan jadwal Anda.

Perubahan pola hidup akan sangat membantu untuk mempercepat proses pengobatan sakit jantung Anda. Bahkan, juga bisa mempercepat kesembuhan Anda dari penyakit jantung koroner.

Tentu saja, menjalani pola hidup sehat harus terus-terus dilakukan dengan penuh kegembiraan. Tidak boleh merasa bosan, tetapi dengan penuh semangat untuk hidup sehat.

Untuk menyehatkan jantung, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal jantung koroner. Tersedia banyak obat herbal yang sangat baik untuk penyehatan jantung Anda. Anda bisa memilih obat herbal jantung koroner yang cocok dan Anda suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *