Hati-hati, Gejala Penyakit Jantung pada Wanita Sering Tersembunyi

ANDA perlu mengenali gejala penyakit jantung pada wanita. Tujuannya supaya Anda bisa melakukan penyelamatan dengan cepat jika Anda atau saudara wanita Anda terkena serangan jantung.

Umumnya, wanita yang terserang penyakit jantung tidak menunjukkan gejala apa pun. Ini membuat pertolongan awal sering terlambat saat seorang wanita mengalami serangan sakit jantung.

Padahal, pertolongan cepat sangat penting sehingga serangan jantung bisa segera dihentikan dan penderita bisa terselamatkan.

Berbeda dengan pria. Gejala serangan penyakit jantung pada pria jelas. Biasanya mereka mengeluh sakit di dada bagian bawah atau tepat pada tulang dada, yang kemudian menyebar ke rahang dan lengan kiri.

Untuk wanita, rasa sakit yang sangat justru dirasakan di rahang disertai gangguan pencernaan. Tentu saja, ini membuat wanita yang sakit dan orang-orang dekatnya tidak mengira itu adalah gejala serangan jantung.

Ini membuat penderita tidak segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dini. Dengan kata lain, pertolongan terhadap mereka sering terlambat. Ini mengakibatkan banyak dari penderita tak bisa diselamatkan jiwanya.

Di Amerika Serikat, wanita meninggal akibat sakit jantung dua kali lipat dibandingkan dengan pria meninggal dengan sakit yang sama.

sakit jantungwanita perokok berisiko kena sakit jantung (sumber:health.com)

Sering Dikira Gejala Penyakit Lain dan Pertolongan Terlambat

Dengan berbagai kasus kematian wanita penderita sakit jantung dan penelitian disimpulkan bahwa gejala penyakit jantung pada wanita adalah:

1. Nafas pendek atau sesak nafas (nafas ngos-ngosan) tanpa sebab jelas seperti habis lari atau mengerjakan sesuatu. Anda perlu segera periksa dokter jika merasakan gejala seperti itu.

2. Rasa sakit atau nyeri tidak di dada seperti pria. Tetapi, ada yang merasa sakit pada rahang. Dikiranya sakit rahang fusi.

3. Sakit atau nyeri di belakang leher sehingga banyak orang mengira itu penyakit radang sendi.

4. Sakit atau nyeri pada lengan kanan dan kiri atau salah satunya.

5. Sakit di bagian punggung sehingga banyak yang mengira itu sakit artritis dan persendian.
Jika Anda merasakan nyeri di tempat-tempat yang disebutkan segera mengambil tindakan penyelamatan seperti periksa dokter atau dibawa ke rumah sakit.

6. Keringat berlebihan. Ini sama dengan gejala kelenjar tiroid yang sangat aktif.

7. Mual dan tanpa sebab yang jelas.

8. Merasa dada panas. Bersamaan dengan itu terasa sakit di pencernaan.

9. Terasa nyeri berat di antara dua payudara. Terkadang ada rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk dan lebih sakit dibanding dengan apa yang dirasakan oleh pria.

Serangan jantung umumnya terjadi pada wanita lanjut usia. Jarang menimpa wanita usia muda. Kecuali wanita perokok, mempunyai riwayat sakit diabetes melitus, dan minum pil KB untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, wanita sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok, menurunkan darah tingginya, menyembuhkan diabetesnya, dan mengurangi berat badannya.

Dengan cara itu, mereka bisa menghindarkan diri dari penyakit jantung yang gejalanya tidak jelas atau samar-samar karena mirip dengan gejala penyakit lain.

Selain itu, jika merasakan gejala sakit jantung seperti tersebut di atas sebaiknya periksa dokter. Ya, tujuannya supaya Anda mendapatkan kepastian tentang sakit Anda. Bukan hanya berdasarkan perkiraan.

treadmillgunakan teradmill untuk mencegah sakit jantung (foto:tp7s.com)

Kematian Wanita Kena Serangan Jantung Lebih Besar

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan kematian tertinggi dibandingkan dengan penyakit lain.

Bahkan, angka kematian wanita penderita sakit jantung lebih tinggi dibandingkan penderita lelaki. Walaupun, jumlah lelaki yang terserang penyakit jantung lebih besar dari jumlah wanita yang sakit jantung.

Aneh? Yang aneh dan unik. Mungkin lelaki memiliki daya tahan lebih besar dibandingkan dengan wanita saat terkena penyakit jantung.

Penyebab sakit jantung pada wanita terbesar adalah masalah kesulitan finansial (keuangan). Terutama saat ditinggal mati suami atau bercerai. Sementara, wanita harus membiayai kehidupan anak-anaknya, termasuk membiayai pendidikan mereka.

Ya, kesimpulan ini berdasarkan suatu penelitian. Wanita yang terserang penyakit jantung adalah dari mereka dengan ekonomi lemah. Jalan keluarnya, wanita harus memiliki pendapatan sendiri. Atau, bisa mengelola keuangan sendiri sehingga tidak tergantung pada suami.

Ini adalah salah satu cara untuk memperkecil jumlah wanita terserang penyakit jantung. Wanita lebih sensitif jika menghadapi suatu masalah. Ini membuat mereka mudah stres yang berakibat munculnya penyakit fisik seperti sakit jantung.

Demikian artikel mengenai gejala penyakit jantung pada wanita sering tersembunyi. Semoga Anda bisa mengenali dan mencegahnya.