9 Cara Jitu Membuat Gula Darah Anda Selalu Normal

Posted on

BERAPA kadar gula darah Anda? Pernah cek gula darah? Jika belum pernah, coba cek gula darah Anda. Saya akhir tahun 2016 lalu cek gula darah. Hasilnya, gula darah normal. Yaitu, 92 mg/dl dan 128 mg/dl.

Anda bisa cek gula darah di puskesmas atau di klinik yang melayani pemeriksaan berbagai penyakit. Atau menggunakan alat cek gula darah digital. Anda bisa memiliki alat kesehatan itu dan cek gula darah sendiri.

Anda bisa membeli alat cek gula darah di toko online atau toko alat kesehatan. Bisa memilih model dan harga yang Anda inginkan.

Banyak orang menderita gula darah atau penyakit diabetes karena tidak pernah periksa atau mengecek gula darahnya. Tetangga saya, Bu Susanto (51 tahun) juga menderita penyakit diabetes. Dia harus rajin cuci darah.

Dua orang dari desa tempat kelahiran saya juga menderita sakit diabetes. Bahkan, seorang di antaranya sudah sangat parah. Salah satu kakinya bagian bawah sudah diamputasi atau dipotong untuk mencegah penyakitnya menjalar ke mana-mana.

Untuk mencegah terjadinya sakit diabetes, Anda harus cek kadar gula darah atau glukosa darah. Jika diketahui gula darah Anda melebihi angka normal, Anda harus secepatnya berusaha menurunkan.

Demikian pula ketika kadar gula darah Anda mendekati angka normal tertinggi, Anda harus hati-hati dan berusaha menurunkannya sehingga tidak naik menjadi gula darah yang tinggi dan terkena penyakit diabetes (kencing manis). Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kalau sudah kena penyakit diabetes, wahh.. pengobatannya sangat berat. Jika punya luka, penyembuhannya pun sering sangat sulit atau memakan waktu sangat lama. Salah satu cara untuk menghindari sakit diabetes adalah cek kadar gula darah. Kapan? Ya, sekarang juga.

gula darahtabel pengukuran gula darah (sumber:alatcekguladarah.com)

Antara Kadar Gula Darah Rendah, Normal dan Tinggi

Jika dari hasil pemeriksaan diketahui gula darah Anda rendah, ya Anda harus menaikkannya. Jika gula darah Anda normal, ya Anda harus bersyukur diberi kesehatan.

Jika gula darah tinggi, ya Anda harus menurunkannya ke posisi gula darah normal. Jangan biarkan saja, sebab kadar gula darah tinggi bisa menimbulkan risiko berat, seperti luka tak sembuh-sembuh sehingga anggota badan harus diamputasi atau dipotong.

Ukuran kadar gula darah bisa diketahui dengan melakukan cek di laboratorium puskesmas, rumah sakit atau klinik umum. Ada tiga jenis pengukuran gula darah, yaitu ketika puasa (tidak makan), dua jam setelah makan dan gula darah sesaat.

Pertama: gula darah diukur saat Anda berpuasa selama 8 jam terakhir. Gula darah Anda normal jika berada pada posisi 70 – 100 mg/dL.

Kedua: Jika pengukuran dua jam setelah Anda makan, gula darah normal adalah 70 – 140 mg/dL.

Ketiga: Apabila pengukuran dilakukan kapan saja di luar dua ketentuan di atas, gula darah normal adalah 70 – 200 mg/dL.

Jika hasil pengukuran terhadap gula darah Anda adalah lebih tinggi dari angka di atas, maka Anda harus berusaha menurunkannya. Anda perlu periksa untuk diberikan terapi sehingga gula darah Anda bisa turun ke posisi gula darah normal. Dengan gula darah normal berarti Anda dalam kondisi sehat.

Risiko Gula Darah Tinggi: Kena Sakit Diabetes Melitus

Risiko gula darah tinggi yang tidak segera diobati atau diturunkan adalah menderita sakit diabetes melitus atau kencing manis.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes, selain melakukan pengukuran kadar gula darah, Anda harus mengonsumsi makanan sehat, melakukan gerakan fisik (olahraga) dan menurunkan berat badan jika tubuh Anda gemuk.

Gejala penyakit diabetes atau kencing manis adalah:

1. penglihatan kabur

2. jantung sering berdebar-debar

3. sering merasa gugup

4. kerap merasa lapar

5. badan gemetar

6. sering berkeringat

7. sering kesemutan atau mati rasa

8. lemah, lemas dan sulit konsentrasi

Cara terbaik untuk cek gula darah memang tidak perlu menunggu munculnya gejala penyakit diabetes. Tetapi, Anda bisa proaktif dengan memeriksakan gula darah Anda. Baik melalui klinik puskesmas, rumah sakit atau klinik swasta.

Atau, Anda memeriksa sendiri gula darah dengan menggunakan alat cek gula darah digital milik Anda sendiri. Anda bisa membeli alat cek gula darah untuk kepentingan Anda dan keluarga.

Yang jelas, Anda jangan sampai terlambat mengetahui penyakit diabetes yang menghinggapi tubuh Anda. Mengapa? Karena risikonya sangat berat. Harus cuci darah terus-menerus, sebagian anggota tubuh harus diamputasi, dsb.

Selain itu, penyakit diabetes yang berat juga bisa membuat Anda berisiko kena penyakit jantung dan stroke, kebutaan, impotensi, lumpuh, dan gangguan saraf.

Makanan Pantangan bagi Penderita Sakit Diabetes

makanan pantangan diabetesmakanan pantangan bagi penderita diabetes (sumber:gejalapenyakit.org)

Makanan sangat penting untuk kebanyakan penyakit. Ada makanan yang menyebabkan sakit dan ada makanan yang bisa menurunkan penyakit.

Demikian pula untuk penyakit diabetes. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari jika Anda telah menderita sakit diabetes melitus. Sebaliknya, ada juga makanan yang perlu Anda konsumsi untuk membuat kadar gula darah normal.

Makanan yang harus Anda hindari antara lain:

1. Maknan dengan karbohidrat tinggi

Tubuh sesungguhnya membutuhkan karbohidrat untuk tambahan tenaga. Tetapi, karena terjadinya kelainan metabolisme, makanan yang tinggi karbohidrat justru menimbulkan penyakit diabetes.

Makanan yang harus dihindari antara lain nasi putih, roti putih, kentang goreng dan sereal yang mengandung banyak gula dan sedikit serat. Jika Anda terpaksa mengonsumsi nasi putih, jumlahnya harus dibatasi dengan jumlah yang aman.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi nasi dari beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar panggang (bakar), jagung atau makanan dengan bahan baku jagung seperti nasi jagung.

2. Makanan digoreng

Misalnya, daging goreng, kulit unggas (ayam, burung), keju, ikan goreng, tempe gorong, tahu goreng, dsb. Pokoknya makanan yang serba digoreng harus Anda hindari.

Pada awalnya memang repot menghindari makanan digoreng. Banyak lauk dari makanan digoreng. Perlu tekad dan kemauan keras. Tekadnya adalah Anda harus sembuh dari penyakit diabetes.

Sebagai gantinya, Anda bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging rebus atau panggang, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur dan kacang-kacangan.

Dengan mematuhi semua aturan ini, Anda akan selalu dalam kondisi gula darah normal.

3. Produk susu

Produk susu yang harus Anda hindari antara lain susu full cream, es krim, yoghurt dan keju. Tetapi, Anda bisa mengonsumsi susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

4. Minuman kemasan rasa buah

Buah sangat baik bagi kesehatan karena buah kaya serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat dengan rendah lemak.

Tetapi, Anda sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, jus buah dengan banyak gula, dan buah kalengan yang sudah dicampur dengan sirup gula.

Yang terbaik mengonsumsi buah asli dan segar, jus buah tanpa gula, dsb. Ini mampu membuat gula darah Anda normal.

Selain menghindari makanan pemicu sakit diabetes, ada juga perbuatan yang harus dihindari untuk menjaga gula darah normal Anda. Artinya, Anda harus menjauhkan diri dari aktivitas tidak menguntungkan penyakit diabetes Anda.

Perbuatan yang juga harus Anda hindari untuk mempercepat penyembuhan mereka yang sakit akibat diabetes adalah  stres, mengonsumsi minuman keras dan merokok. Di sisi lain, Anda harus rajin berolahraga. Meskipun olahraga ringan.

Beberapa Cara Mempertahanan Gula Darah Normal

minuman kemasanminuman kemasan harus dihindari, kandungan gulanya tinggi (sumber:studiokemasan.blogspot.com)

Ada banyak cara untuk mempertahanan agar gula darah Anda selalu terjaga atau stabil. Gula darah normal pertanda bahwa Anda sehat.

Oleh karena itu, Anda harus bekerja keras untuk mempertahankan agar kadar gula darah Anda selalu dalam keadaan normal. Kondisi ini akan menghindarkan ada dari berbagai risiko penyakit akibat gula darah tinggi.

Bagaimana caranya supaya kadar gula darah Anda tetap normal sehingga bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus?

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk membuat gula darah Anda selalu normal, yaitu:

1. Cek kadar gula darah sehingga Anda tahu apa yang harus Anda bagaimana untuk membuat gula darah normal. Cek gula darah di laboratorium atau menggunakan alat cek milik sendiri.

2. Hindari makanan dan minuman penyebab gula darah tinggi dan menderita sakit diabetes atau kencing manis. Catat semua makanan dan minuman yang harus Anda hindari supaya tak terkena penyakit diabetes. Misalnya nasi putih, roti putih, kentang goreng dan sereal yang mengandung banyak gula dan sedikit serat.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus atau makanan minuman penurun gula darah/penyakit diabetes melitus. Misalnya nasi dari beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar panggang (bakar), gandum, ketela pohon, kentang, jagung atau makanan dengan bahan baku jagung seperti nasi jagung.

4. Perbanyak minum air putih untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah kena penyakit.

5. Lakukan olahraga, senam, jogging, jalan kaki, dsb, secara teratur untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah kena penyakit, termasuk penyakit diabetes akigat gula darah tinggi.

6. Hindari stres yang bisa membuat daya tahan tubuh melemah dan mudah terkena penyakit, termasuk penyakit diabetes atau kencing manis.

7. Rajin minum obat diabetes jika Anda sudah terkena penyakit diabetes. Baik obat diabetes dari resep dokter, obat herbal diabetes, obat diabetes alami, dsb.

8. Jaga berat badan jangan sampai berlebihan atau terlalu gemuk. Badan terlalu gemuk mudah terkena penyakit, termasuk sakit diabetes dan berbagai penyakit ikutannya.

9. Konsumsi sayuran dan buah yang menyehatkan dan bisa mencegah terjadinya kenaikan gula darah. Misalnya, brokoli, bayam dan kacang hijau. Sayuran ini mengandung tepung, berserat tinggi dan rendah karbohidrat. Sangat tepat untuk menurunkan kadar gula tinggi.

Buah seperti buah naga, apel hijau, mengkudu, pepaya, cuka apel, alpukat, dsb. Sebaliknya, hindari buah anggur, durian, mangga, dan kelengkeng harus Anda hindari.

Demikian 9 cara jitu untuk membuat gula darah Anda selalu normal. Dengan kadar gula darah normal, Anda bisa terbebas dari penyakit diabetes atau kencing manis. Penyakit diabetes termasuk penyakit berat dengan risiko stroke, sakit jantung, sebagian anggota tubuh harus diamputasi (dipotong), dsb.

Selamat untuk selalu hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *