Cara Memilih Harga Alat Cek Gula Darah yang Bagus

BANYAK alat cek gula darah dijual di toko alat kesehatan, baik toko online atau toko offline (toko alat kesehatan biasa). Tetapi, bagaimana memilih harga alat cek gula darah yang bagus? Ya, bagus harganya dan bagus kualitas alatnya.

Artinya, harga alat cek gula darah tidak memberatkan isi kantung Anda. Tetapi, di sisi lain kualitas alat tes gula darah juga bagus. Anda bisa mendapatkan manfaat yang besar dari alat itu. Anda bisa mengontrol penyakit diabetes Anda setiap saat diperlukan.

Ya, cek gula darah adalah sangat penting, terutama jika Anda sudah berusia 35 tahun lebih. Anda harus tahu perkembangan gula darah atau diabetes Anda. Jika gula darah Anda normal, ya syukur alhamdulillah. Anda sehat.

Tetapi, jika hasilnya menyatakan gula darah Anda tinggi, Anda harus segera menurunkan atau mengobatinya. Jangan sampai gula darah berlarut-larut tanpa ada pengobatan atau usaha menyembuhkannya.

Sebab, kalau kadar gula darah sudah terlanjur tinggi dan tidak diobati, risikonya sangat berat. Lebih baik Anda berusaha mencegahnya daripada selalu merasa sehat, tetapi di belakang hari diketahui penyakit diabetesnya sudah berat.

Banyak penderita diabetes berat akibat tidak pernah memeriksakan gula darahnya. Mereka merasa selalu sehat. Begitu jatuh sakit, dari hasil pemeriksaan laboratorium diketahui penyakit diabetes mereka sudah berat.

Penyakit diabetes telah berlangsung bertahun-tahun, tetapi mereka tidak merasakan gejalanya. Ya, tahu-tahu penyakit diabetes mereka sudah berat. Usaha mengobatinya tentu saja tidak mudah. Tidak sedikit yang jarinya, sebagian kakinya, atau tangannya, harus dipotong atau diamputasi untuk menghindari penyakitnya meluas.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah cek gula darah. Anda pernah mengukur atau mengecek gula darah Anda? Jika sudah, berapa gula darah Anda?

Jika belum, Anda sebaiknya melakukan pengukuran gula darah. Anda bisa datang ke puskesmas atau klinik khusus yang melayani pemeriksaan gula darah. Jika ternyata diketahui gula darah Anda tinggi, Anda harus mengembalikan menjadi gula darah normal.

cek gula darahcek gula darah menggunakan alat cek darah digital (sumber:taranatureepa.co.id)

Anda Sebaiknya Punya Alat Cek Gula Darah Sendiri, Harga Murah

Saya akhir tahun lalu cek gula darah. Pemeriksaan dilakukan saat saya puasa (tidak makan) dengan hasil 92 mg/dl. Dua jam kemudian, gula darah saya diperiksa lagi setelah saya makan. Hasilnya, gula darah saya adalah 128 mg/dl.

Ini menunjukkan gula darah saya normal atau sehat. Dengan catatan harus tetap hati-hati karena mendekati batasan gula darah tinggi.

Batasan gula darah normal atau sehat adalah 70 – 100 mg/dl jika cek darah dilakukan saat puasa (tidak makan selama 8 jam). Jika tes darah dilakukan setelah saya makan, gula darah normal adalah 70 – 140 mg/dl.

Pemeriksaan gula darah di klinik dilakukan 2 kali. Pertama dalam kondisi puasa (tidak makan 8 jam). Kedua, dua jam setelah makan.

Tetapi, jika Anda sudah punya penyakit diabetes atau penyakit gula, Anda sebaiknya punya alat cek gula darah sendiri. Anda bisa cek kadar gula darah setiap saat dibutuhkan. Cukup dilakukan sendiri di rumah.

Caranya tidak sulit kok. Ada buku petunjuknya. Atau, Anda minta petunjuk kepada penjualnya.

Harga alat cek gula darah yang bagus tidak mahal. Apalagi, jika alat cek gula darah itu dipakai ramai-ramai oleh banyak orang. Misalnya, dipakai oleh orang serumah.

Atau orang satu RT karena pengadaannya dilakukan oleh RT. Bagi Anda yang belum terkena penyakit gula darah, Anda bisa memeriksa ulang tiap 4 tahun sekali.

Yang perlu sering cek adalah Anda yang sudah terkena penyakit gula darah. Kadar gula darah akan naik jika Anda mengonsumsi makanan pantangan, seperti makanan yang manis.

Atau mengonsumsi makanan yang dari sononya sudah mengandung kadar gula. Nasi, misalnya. Dari sononya sudah mengandung gula 2%.

Oleh karena itu, porsi makanan nasi bagi penderita penyakit dibetes tinggi harus ditimbang. Porsi makanan tidak boleh banyak supaya asupan gula tidak banyak.

Beberapa Alat Cek Gula Darah yang Bisa Anda PIlih

Berikut ini 7 alat cek gula darah yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih harga alat tes gula darah sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Ada alat cek gula darah single parameter karena hanya bisa digunakan untuk tes kadar gula. Satunya lagi adalah alat cek gula multiparameter. Selain untuk memeriksa gula darah, alat cek darah ini juga bisa digunakan untuk cek darah tinggi, kolesterol atau asam urat.

alat cek gula darahalat tes gula darah easy touch gcu (sumber:tokoone.com)

1. Easy Touch GCU Cek Gula Darah – Kolesterol – Asam Urat – 3 in 1

Alat tes bisa digunakan untuk memeriksa 3 item, yaitu gula darah, kolesterol dan asam urat (3 in 1). Jadi, satu alat untuk tiga pemeriksaan. Lebih praktis tentu.

Proses pememeriksaan pun berlangsung cepat. Selain itu, hasilnya juga mudah dibaca atau dipahami. Tampilan layanya juga lebar.

Pemeriksaan darah menggunakan alat ini juga tidak memerlukan waktu lama. Pemeriksaan gula darah (glukosa) hanya perlu waktu 10 detik, pemeriksaan asam urat 20 detik dan pemeriksaan kolesterol 150 detik.

Baterainya pun bertahan lama. Bisa sampai 1000 kali pemeriksaan darah.

Beli di toko online, banyak konsumen menilai lebih murah dibandingkan di toko biasa. Yang dikeluhkan oleh beberapa konsumen adalah buku petunjuk yang berbahasa Inggris.

Jika Anda kesulitan memahami buku petunjuk, Anda bisa melihat vido cara penggunaan alat tes gula darah ini di Youtube. Ada beberapa vidio yang bisa membantu.

Anda bisa memilih model yang Anda inginkan. Tentu harganya berbeda-beda. Anda bisa memilih model yang Anda suka. Harga alat cek gula darah ini antara Rp 150.000 hingga Rp 285.000

2. Nesco Multicheck – Alat Test Gula Darah, Asam Urat & Kolesterol

Sama dengan alat cek gula darah nomor 1, alat ini juga bisa untuk memeriksa kadar gula darah, asam urat dan kadar kolesterol atau 3 in 1. Satu alat untuk tiga fungsi.

Meteran dari alat tes gula darah ini mengidentifikasi strip secara otomatis. Bisa digunakan dengan mudah dan praktis. Tampilan layar LCD cukup besar, 35 X 45 mm.

Yang istimewa adalah garansinya, yaitu seumur hidup. Woowww…

Cara penggunaan alat ini sangat mudah. Tidak perlu minta petunjuk orang lain, Anda pasti bisa menggunakannya.
Harga alat cek gula darah ini lebih mahal, yaitu Rp 300.000-an. Ada juga yang berharga Rp 500.000.

3. Easy Touch GCHb – Alat Tes Hemoglobin, Kadar Gula Darah, Kolesterol

Easy Touch selain memproduksi beberapa tipe alat cek gula darah, asam urat dan kolesterol, juga memproduksi alat tes gula darah untuk gula darah, kurang darah (hemoglibin) dan memeriksa kadar kolsterol.

Ya, sama-sama satu alat untuk fungsi, tetapi cakupan fungsinya berbeda antara alat cek nomor 3 dan nomor 1.
Pemantauan hemoglobin darah dirancang untuk pengukuran kuantitatif kadar hemoglobin (hb) dalam kapiler darah.

Pengukuran ini didasarkan pada penentuan perubahan arus yang disebabkan oleh reaksi dari hemoglobin dengan reagen pada elektroda strip.

Ketika sampel darah lembut menyentuh area target sampel strip, darah secara otomatis ditarik ke zona reaksi strip.

Alat tes gula darah yang juga mengukur kurang darah ini hemoglobin juga sangat penting dalam diri seseorang. Penyakit kurang darah atau anemia berisiko gagal ginjal jika tak segera diobati.

Harga alat tes gula darah ini adalah Rp 200.000 lebih. Ya, hampir sama dengan alat tes kolsterol nomor 1.

autochek untuk gula darahalat tes gula darah autocheck gcu 3 in 1 (sumber:muhealth.co.id)

4. Autocheck GCU 3 in 1 – Alat Tes Darah 3 in 1

Anda juga bisa memilih alat cek gula darah dari Autocheck. Ini juga satu alat dengan tiga fungsi, yaitu mengecek kadar gula darah, asam urat dan kadar kolesterol total.

Banyak konsumen menyatakan senang menggunakan alat kesehatan ini. Harga murah. Harga alat cek gula darah ini Rp 225.000.

5. GEA Autocheck Alat Cek Darah 3 in 1 untuk Pengecekan Kadar Gula, Kolestrol dan Asam Urat

Alat ini menawarkan akurasi pengecekan tinggi, baik cek kadar gula darah, kolesterol atau asam urat. Bahan pembuatan alat tes kesehatan ini berkualitas sehingg aman dan mudah digunakan.

Harga alat tes asam urat ini adalah Rp 265.000

6. Accu-Chek Active Kit Alat Cek Gula Darah

Berbeda dengan alat serupa di atas, alat cek kesehatan ini tidak untuk tiga fungsi, tetapi hanya untuk terapi gula darah yang naik tinggi.

Accu-Chek Active dapat digunakan untuk mengontrol gula darah biar Anda tetap sehat. Jika gula darah naik, Anda segera menurunkannya. Alat ini memakai semua sampel darah. Misalnya, kapiler, vena, arteri, neonatus dan hanya memerlukan sedikit sampel darah (1-2 mikroliter).

Harga alat cek gula darah ini adalah Rp 370.000

Demikian beberapa alat cek gula darah yang bisa Anda miliki untuk cek gula darah, asam urat, kolesterol ataupun kurang darah (hemoglobin). Anda bisa memilih mana yang Anda suka. Yang sangat terkenal memang Easy Touch GCU karena menyeidakan banyak model.

Alat kesehatan ini sangat penting bagi Anda, terutama yang telah menderita penyakit yang bisa terus-menerus timbul tenggelam sepanjang hidup. Dengan pengukuran yang cepat, Anda bisa mengendalikan penyakit Anda sehingga Anda selalu sehat dengan gula darah normal.

Terima kasih atas perhatiannya.