Connect with us

Asam Urat

Minum Jamu Herbal Asam Urat, Cara Murah Menyembuhkan Sakit Asam Urat

Published

on

Ada 8 Tanaman yang Bisa Anda Buat Jamu Herbal Asam Urat.

BANYAK cara bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat secara alami. Antara lain dengan minum jamu herbal asam urat atau jamu tradisional asam urat. Anda pun bisa membuat sendiri jamu herbal asam urat. Banyak bahan tanaman bisa Anda gunakan untuk membuat obat asam urat.

Cara membuat jamu herbal asam urat juga tidak sulit. Yang penting adalah kemauan untuk membuat sendiri obat tradisional asam urat. Sediakan bahan-bahannya dan kemudian mengolahnya. Setelah jadi, Anda siap minum jamu herbal yang Anda buat. Lakukan itu secara rutin dalam satu minggu.

Setelah itu, coba cek di laboratorum. Atau Anda cek dengan alat cek asam urat digital. Anda bisa memiliki alat cek asam urat digital dengan membelinya di toko alat kesehatan atau toko online.

Dengan cek seperti itu, Anda akan tahu berapa kadar asam urat Anda. Jika masih di atas normal, ya Anda harus kembali membuat jamu tradisional asam urat. Jika sudah dalam posisi normal, Anda bisa berhenti dari minum jamu herbal asam urat karena Anda telah sembuh dari sakit asam urat.

Atau masih minum jamu asam urat tetapi tidak harus rutin tiap hari. Cukup satu minggu sekali. Tujuannya untuk mengendalikan kadar asam urat Anda sehingga selalu dalam kondisi normal. Tidak berkembang menjadi asam urat tinggi.

Ukuran Kadar Asam Urat Normal

  • Pria Dewasa: 2 mg/dL  – 7,5 mg/dL
  • Wanita Dewasa: 2 mg/dL – 6,5 mg/dL
  • Pria Lansia Usia 40 Tahun ke Atas: 2 mg/dL – 8,5 mg/dL
  • Wanita Lansia Usia 40 Tahun ke Atas:  2 mg/dL – 8 mg/dL

8 Tanaman Berkhasiat untuk Jamu Herbal Asam Urat

Banyak tanaman yang bisa Anda jadikan bahan pembuatan jamu herbal asam urat atau jamu tradisional asam urat. Anda pun bisa membuat sendiri karena prosesnya sangat mudah. Ya, mudah dan murah.

Asam urat (gout) adalah penyakit dengan gejala nyeri yang tidak tertahankan di persendian. Sendi yang paling sering terserang sakit asam urat adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki.

jamu herbal asam urat

Penyebab asam urat ada dua, yakni primer dan sekunder. Penyebab primer adalah sakit asam urat yang disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Penyebab asam urat ini bisa mengganggu metabolisme dan produksi asam urat dalam tubuh.

Penyebab sekunder adalah penyakit asam urat yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Atau akibat banyak minum alkohol, konsumsi obat kimia, obesitas (kegemukan) atau keracunan timbal.

Adapun tanaman yang bisa Anda buat untuk jamu asam urat antara lain sidaguri, daun salam, sambiloto, temu lawak, tanaman kumis kucing, anting-anting, meniran, dan daun kelor.

1. Jamu Asam Urat dari Sidaguri

Anda mengenal tanaman sidaguri (sida fhombifolia l)? Tanaman banyak tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian 1.400 di permukaan laut. Tanaman perdu liar ini bisa Anda buat mengobati asam urat atau rematik. Sebab, tanaman ini mengandung senyawa alkaloid, kalsium oksalat, tanin, fenol, saponin, asam amino, zat philegmatic, dan minyak terbang.

Cara membuatnya menjadi jamu herbal asam urat adalah ambil 600 gram tanaman sidaguri, terutama akarnya dan direbus. Setelah mendidih, angkat dan saring airnya. Setelah dingin, air rebusan sidaguri bisa Anda minum.

Anda juga bisa menumbuk tanaman sidaguri segar hingga lembut. Lalu, hasil tumbukan Anda oleskan di area sendi yang terkena asam urat.

2. Herbal Asam Urat dari Daun Salam

Anda semua pasti mengenal daun salam. Terutama ibu-ibu yang suka masak, daun salam adalah salah satu pelengkap atau penyedap bumbu masak.

Daun salam juga bisa Anda jadikan sebagai obat herbal asam urat. Cara membuatnya adalah rebus 7 atau lebih lembar daun salam hingga airnya mendidih. Lalu, saring airnya dan minum setelah airnya agak dingin.

Daun salam sangat baik untuk menyembuhkan asam urat karena mengandung minyak atsiri, tanin, dan flavonoid. Daun salam bisa Anda jadikan minuman untuk menghilangkan rasa nyeri dan melancarkan air seni sehingga bisa menurunkan kadar asam urat.

Anda juga bisa menggunakan daun salam untuk menyembuhkan rematik, kolesterol tinggi, maag, kencing manis (diabetes), darah tinggi dan diare.

3. Daun Sambiloto

Daun sambiloto memiliki fungsi antiradang, analgetik, menghilangkan rasa nyeri dan penawar racun. Dengan berbagai kandungannya, daun sambiloto bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

Daun sambiloto mengandung senyawa kimia laktone, flavonoid, keton, alkane, aldehit dan beberapa mineral. Misalnya kalium, natrium dan kalsium. Anda bisa ambil daun sambiloto dan tambahkan temulawak. Anda bisa minum rebusan tanaman sambiloto dua kali sehari.

4. Temulawak untuk Mengobati Asam Urat

Temulawak sebagai tanaman obat sudah dikenal sejak lama. Rasa pahit temulawak diyakini dapat menyembuhkan banyak penyakit, termasuk penyakit berat, yakni liver atau penyakit hati.

Temulawak mengandung zat tepung, kurkuminoi, flavonoi, glukosidan dan minyak atsiri. Kurkuminoi dalam temulawak terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan minum jamu tradisional temulawak. Antara lain menghilangkan nyeri sendi atau asam urat, menetralkan racun, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kolesterol, menurunkan trigliserida darah, antibakteri, dan antioksidan.

Banyak cara pembuatan jamu temulawak. Salah satunya adalah:

Bahannya adalah 1 rimpang temulawak. Setelah dibersihkan, lalu potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam panci untuk direbus bersama beberapa daun ungu. Setelah airnya mendidih, angkat pancinya dan saring air rebusan. Setelah jamu temulawak agak dingin, Anda bisa meminumnya.

Minum jamu herbal asam urat ini dua kali sehari. Lakukan itu sampai asam urat Anda sembuh.

5. Kumis Kucing Membuang Kelebihan Asam Urat

Di pedesaan tak sulit menemukan tanaman kumis kucing. Tanaman ini bisa tumbuh di mana-mana, bahkan di pinggir-pinggir jalan.

Ada yang menyebut tanaman ini dengan nama remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur), songgot koneng (Madura), giri-giri marah (Sumatera), dsb.

Sifat diuretik dari tanaman kumis kucing ini bisa membantu membuang kelebihan asam urat lewat urin. Dengan cara ini, maka penyakit asam urat bisa disembuhkan.

Tanaman kumis kucing mengandung garam kalium yang bisa melarutkan batu ginjal, mengandung sinsiten yang antibakteri, dan senyawa arthosiphonin glikosida.

Cara membuat jamu herbal asam urat dari kumis kucing adalah siapkan 10 gram daun kumis kecing kering, daun meniran kering 10 gram, 10 gram sawi tanah kering, dan 15 gram jahe merah kering.

Rebus semuanya hingga airnya mendidih. Setelah airnya dingin, Anda bisa meminumnya 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore. Jamu asam urat ini juga bisa Anda minum untuk menyembuhkan sakit batu ginjal, encok, kencing batu, keputihan, diabetes, sakit pinggang, dan darah tinggi (hipertensi).

6. Tanaman Anting-anting

tanaman anting-anting

tanaman anting-anting (sumber:tanamandanramuan.blogspot.com)

Anda juga bisa membuat jamu asam urat alami dari tanaman anting-anting. Beberapa daerah memberikan nama lain terhadap tanaman ini. Misalnya, akar kucingan, rumput kokosan, dsb.

Selain mampu menyembuhkan asam urat, jamu tradisional ini juga bisa menyembuhkan radang dan pembersih hati. Sebab, tanaman ini mengandung astringer, antidiabetik, antioksidan, anti anging, dsb.

Cara membuat jamu: cuci bersih bonggol anting-anting dan potong kecil-kecil. Lalu, rebus dengan air 3 gelas. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

7. Obat Asam Urat dari Tanaman Meniran

Meniran juga sering tumbuh liar di banyak tempat atau pekarangan. Tanaman ini juga sangat baik untuk jamu tradisional asam urat. Selain itu juga bisa untuk ketahanan tubuh biar tak mudah kena penyakit.

Kandungan flavonoid dan glikosida flavonoid sering digunakan untuk menyembuhkan asam urat dan penyakit batu ginjal. Banyak penelitian dilakukan terhadap tanaman ini. Hasilnya menunjukkan tanaman meniran bisa untuk obat asam urat dan berbagai penyakit lain.

Prof Dr Sumali dari Universitas Indonesia menyatakan selain untuk obat asam urat, meniran juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit hati (liver), kencing batu, infeksi saluran kemih, antiinflamasi, influensa dan diuretik (memperlancar iar kencing), demam, sakit perut, batuk, dsb.

Anda bisa membuat jamu asam urat dengan merebus beberapa daun dan akar meniran. Setelah airnya mendidih, angkat rebusan akar meniran dan saring airnya. Anda bisa minum setelah air rebusan dingin.

8. Jamu Herbal Asam Urat dari Daun Kelor

Tanaman obat lain yang bisa Anda buat jamu herbal asam urat adalah daun kelor. Cara membuat jamu dari daun kelor adalah siapkan seikat daun kelor dan cuci bersih. Setelah kering, daun ditumbuk hingga lembut. Lalu saring hingga mendapatkan jamu tradisional dari daun kelor. Anda bisa minum jamu asam urat ini dengan dicampur makanan atau minuman lain.

Demikian cara menyembuhkan asam urat dengan jamu herbal atau jamu tradisional. Anda bisa membuat sendiri jamu asam urat atau membeli obat herbal asam urat jadi di toko obat herbal atau di toko-toko online. Tentu saja, membuat sendiri jamu herbal asam urat lebih murah biayanya dibandingkan membeli obat herbal jadi.

Selamat untuk sukses menyembuhkan sakit asam urat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.