Jantung Koroner Bisa Sembuh dengan Menerapkan Pola Makan Sehat

Posted on

ANDA menderita penyakit jantung koroner? Tenang saja. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit jantung koroner bisa sembuh atau disembuhkan. Tentu saja, syaratnya Anda harus berusaha sungguh-sungguh untuk menyembuhkan penyakit Anda.

Tetapi, sebelum melakukan penyembuhan, Anda perlu tahu apa penyebab jantung koroner?

Jantung koroner terjadi akibat penyempitan pembuluh darah. Kondisi itu terjadi karena banyaknya plak yang menghalangi atau menghambat aliran darah pembawa oksigen dan nutrisi ke jantung.

Akibatnya, jantung tidak bisa bekerja dengan baik atau normal. Itulah yang disebut sebagai penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner sering juga disebut sebagai penyakit arteri koroner.

Jadi, penyakit jantung ini umumnya disebabkan oleh adanya hambatan terhadap pasokan darah akibat banyaknya plak di dinding arteri. Plak terbentuk dari bahan lemak dan zat-zat lain yang Anda konsumsi.

“Cara mengatasi atau menghindari penyakit jantung koroner adalah Anda jangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Selain itu, Anda harus menghindari rokok dan tidak minum alkohol. Anda harus melakukan olahraga secara teratur,” kata ahli jantung dan pembuluh darah RS Premier Jakarta, Dr Muhammad Zaini dalam suatu acara di Jakarta.

Terbanyak Penyakit Jantung Koroner, Anda Perlu Mewaspadainya

sakit jantung koronergejala sakit jantung koroner (sumber:caramengobatialami.web.id)

Ada beberapa jenis penyakit jantung. Misalnya, penyakit jantung koroner, gagal jantung, kerusakan dan kematian otot jantung (imfark miokard akut), pelemahan dan pembesaran otot jantung (kardiomiopati), kelainan katup jantung, jantung rematik, penyakit jantung bawaan, serebrovaskular dan vibrilasi atrial.

Tetapi, dari semua jenis penyakit jantung itu, yang terbanyak diderita oleh masyarakat adalah penyakit jantung koroner. Bahkan, jantung koroner merupakan penyebab 26% kematian di Indonesia.

Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dan selalu waspada terhadap terjadinya penyakit jantung koroner pada diri Anda. Sebaiknya, sejak sekarang Anda berusaha mencegah terjadinya penyakit yang mematikan itu.

Pencegahan juga sangat penting karena biaya pengobatan sakit jantung cukup mahal. Apalagi, jika Anda harus operasi atau memasang ring. Woww… biayanya sangat besar.

Teman saya ada yang harus menjual mobilnya karena biayanya mencapai Rp 100 juta lebih hanya untuk pasang ring. Ada juga teman sekantor yang harus membayar pinjaman hingga hampir pensiun untuk membayar biaya operasi jantung.

Salah satu cara untuk menghindari sakit jantung koroner adalah memperbaiki pola makan dan pola hidup. Ini adalah cara yang utama.

Memperbaiki pola makan berarti Anda harus mengonsumsi makanan sehat. Yaitu, makanan yang tidak mengandung kolesterol tinggi dan makanan berlemak jenuh.

Anda sebaiknya menghindari rokok dan minuman keras atau beralkohol. Menghindari rokok dalam arti tidak merokok dan tidak berdekatan dengan orang yang sedang merokok.

Selain itu, Anda juga harus melakukan olahraga dan menurunkan berat badan jika Anda gemuk. Ya, olahraga apa saja bisa Anda lakukan. Jalan kaki, senam, jogging, bersepeda, dsb. Ya, memperbaiki pola hidup adalah sangat penting untuk membuat diri Anda selalu sehat.

Anda juga harus berhati-hati jika ada keluarga yang telah menderita sakit jantung. Sebab, sakit jantung juga bisa diakibatkan oleh keturunan.

Ada juga penyakit jantung bawaan sejak lahir. Misalnya, sakit jantung akibat kelainan pada katup jantung, jantung tidak sempurna, atau otot jantung lemah.

Ya, apa pun penyebabkan, Anda harus mencegah terjadinya penyakit jantung dan harus berusaha menyembuhkan jika penyakit itu telah terjadi pada diri Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner?

makanan sehat untuk jantungmakanan dan sayuran sehat mencegah sakit jantung (sumber:ahlinyapenyakitjantung.web.id)

Karena penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang terbanyak diderita oleh masyarakat, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara menghindari dan mencegahnya? Bagaimana menyembuhkan penyakit jantung dan apa yang harus Anda lakukan?

Dr Muhammad Zaini menyatakan bahwa penyakit jantung koroner bisa disembuhkan. Meskipun penyakit ini bisa menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak.

Inti dari pengobatan atau penyembuhan sakit jantung koroner adalah melebarkan pembuluh darah atau pembuluh arteri sehingga aliran darah pembawa oksigin dan nutrisi ke jantung berjalan lancar.

Ini berarti Anda harus memperbaiki pola makan dan pola hidup. Pola makan yang tidak sehat adalah penyebab terjadinya banyak plak yang akhirnya bisa menghambat, bahkan menutup, aliran darah pembawa oksigen dan nutrisi ke jantung.

A. Perbaiki Pola Makan

Menjalani pola makan yang sehat berarti Anda menghindari makanan yang bisa membuat sakit jantung dan banyak mengonsumsi makanan dan buah yang bisa membuat jantung Anda sehat.

Makanan penyebab sakit jantung antara lain:

1. Makanan gorengan seperti keripik, tahu goreng, tempe goreng, dsb. Kandungan kolesterol dalam minyak goreng cukup tinggi. Apalagi, minyak goreng sudah dipakai beberapa kali.

2. Kuning telur. Kandungan kolesterol dalam kuning telur juga sangat tinggi. Sebenarnya kuning telur mengandung gizi tinggi. Tetapi, buat Anda yang punya sakit darah tinggi, kolesterol, harus menghindarinya biar Anda tak kena sakit jantung. Apalagi, jika Anda sudah sakit jantung. Hindari kuning telur.

3. Makanan yang mengandung lemak jenuh. Misalnya, produk susu, daging merah, minyak sawit, dan santan kelapa. Makanan-makanan itu bisa menyebabkan pembuluh darah menuju jantung menyempit dan mengeras. Akibatnya, aliran darah ke jantung terhambat.

4. Makanan dan minuman manis. Banyak makanan manis dijajakan seperti roti, kue, aneka cemilan, dsb. Juga minuman manis, seperti sirup, minuman dengan banyak gula pasir, dsb. Semua itu harus Anda hindari. Kalau toh Anda ingin mengonsumsi, batasi. Jangan sampai berlebihan. Atau cari pengganti seperti gula sintesis.

5. Makanan banyak kandungan garam. Tidak hanya untuk penderita darah tinggi dan kolesterol tinggi. Penderita sakit jantung koroner juga dilarang makan makanan dengan kandungan garam tinggi.

6. Makanan cepat saji. Umumnya makanan cepat mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Selain praktis, makanan cepat saji juga sangat elzat sehingga banyak orang ketagihan. Tetapi, konsumsi berlebiha dan terus-menerus bisa mengancam kesehatan Anda. Yakni, bisa menyebabkan sakit darah tinggi, kolesterol tinggi dan sakit jantung.

7. Makanan olahan dari pabrik. Ini juga harus hati-hati. Hampir semua makanan olahan pabrik menggunakan bahan pengawet, termasuk garam. Ya, tujuannya supaya makanan tidak cepat rusak dan tidak sehat. Tetapi, untuk mengawetkan makanan dalam kaleng digunakan bahan yang bisa menyebakan sakit jantung, darah tinggi, dsb.

8. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Sebab, buah adalah makanan yang rendah kolesterol.

B. Memperbaiki Pola Hidup

Selain memperbaiki pola makan, Anda juga harus mengibah pola hidup. Misalnya, berhenti merokok dan tidak mengonsumsi minuman keras. Cara lain adalah melakukan olahraga secara teratur. Ini akan membantu Anda untuk membuat peredaran darah pembawa oksigen dan nutri ke jantung berjalan lancar.

Selain akibat banyaknya plak yang bisa menghalangi aliran darah ke jantung, sakit jantung koroner juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada dinding pembuluh darah akibat radikal bebas. Penyebab terjadinya radikal bebas antara lain menghisap asap rokok atau udara kotor (polusi).

Penyakit darah tinggi (hipertensi), diabetes dan lainnya juga bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, jika Anda sekarang punya sakit darah tinggi, kolesterol tinggi atau diabetes, Anda harus menyembuhkan penyakit-penyakit itu.

Jika penyakit-penyakit itu dibiarkan tanpa pengobatan atau penyembuhan yang sungguh-sungguh, Anda bisa terkena penyakit jantung, antara lain penyakit jantung koroner.

Anda juga harus menghindari stres dan beristirahat yang cukup.

C. Minum Obat Penyakit Jantung

Minum obat juga sangat diperlukan untuk menyembuhkan sakit jantung Anda. Baik penyakit jantung yang masih dalam tahap awal maupun dalam kondisi sudah berat. Anda bisa memilih obat dokter penyakit jantung medis, obat herbal jantung atau obat jantung alami. Sesuaikan dengan kondisi penyakit dan fisik Anda.

Demikian artikel mengenai menyembuhkan penyakit jantung koroner dan cara mencegahnya. Semoga Anda sukses mengobati atau menyembuhkan penyakit jantung atau mencegah terjadinya sakit jantung. Terima kasih.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *