Jantung Sehat – Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

JANTUNG merupakan organ yang sangat vital. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaganya supaya jantung Anda tetap sehat. Misalnya, Anda menjalankan berbagai cara untuk mencegah penyakit jantung.

Banyak cara mencegah penyakit jantung yang bisa Anda lakukan sehingga jantung Anda tetap sehat. Yang terpenting adalah kemauan. Anda harus selalu menumbuhkan kemauan untuk membuat jantung Anda selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Usaha menjaga jantung sehat harus dimulai sejak dini. Artinya, harus Anda lakukan sejak usia muda. Jangan tunggu kalau sudah tua. Banyak orang menderita sakit jantung berat akibat kelalaian mereka.

Misalnya, mereka lalai tidak menjaga kesehatan jantung sejak usia 30 tahun, 35 tahun, 40 tahun dan sebagainya. Seorang teman sekerja saya meninggal pada usia 48 tahun akibat sakit jantung. Ia tampak kurang peduli dengan kesehatan dirinya, terutama kesehatan jantung.

Misalnya, tidak pernah berolahraga, suka mengonsumsi minuman keras dan suka begadang tiap malam. Ditambah lagi, suka minum kopi yang sangat kental. Ini adalah cara hidup yang tidak sehat.

Bagaimana dengan Anda? Ya, jantung sehat adalah sangat penting. Anda harus selalu berusaha menjaganya sehingga Anda tetap sehat. Pahami gejala atau tanda-tanda sakit jantung sehingga Anda bisa cepat mengatasinya jika ada yang tidak beres dengan jantung Anda.

mencegah penyakit jantung cek kesehatan jantung rutin (foto:health.detik.com)

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung

Bagaimana cara mencegah penyakit jantung sehingga Anda selalu sehat? Apa saja yang harus Anda lakukan untuk itu?

Berikut ini 6 cara mencegah sakit jantung yang bisa Anda lakukan. Tidak banyak. Tetapi, jika Anda bisa melakukan semua cara itu dengan baik, kemungkinan besar jantung Anda akan sehat. Anda akan sukses mencegah penyakit jantung.

1. Turunkan Darah Tinggi

Jika Anda punya penyakit darah tinggi, turunkan tekanan darah Anda ke posisi normal. Yaitu, dari posisi tensi 140/90 mmHg lebih ke sekitar 120/80 mmHg. Ini adalah cara yang sangat penting untuk mencegah penyakit jantung atau stroke.

Banyak orang terkena penyakit jantung atau stroke akibat kurang serius menurunkan tekanan darah tingginya. Mereka hanya menurunkan agar kepala tidak puting, leher belakang (tengkuk) tidak kencang, punggung tak sakit, dsb.

Penurunan tekanan darah tinggi tidak dilakukan sampai pada posisi tekanan darah normal. Usaha menurunkan darah tinggi harus dilakukan terus-menerus sepanjang hidup. Bukan hanya setahun dua tahun atau tiga tahun.Tetapi, selamanya, yakni selama hayat masih dikandung badan.

Di sini, banyak orang gagal membuat tekanan darahnya normal sepanjang perjalanan hidup atau selama hidup. Akhirnya, mereka menderita stroke atau sakit jantung.

2. Turunkan Kolesterol

Penderita penyakit kolesterol tinggi juga rentan terkena penyakit jantung. Cara terbaik adalah selalu cek kolesterol dan darah tinggi. Jika diketahui hasilnya adalah tekanan darah dan kolesterol tinggi, Anda harus berusaha menurunkannya hingga ke posisi normal.

Repotnya, tak semua orang merasakan gejala sakit kolesterol tinggi atau darah tinggi. Tahu-tahu, ketika kepala pusing atau leher belakang (tengkuk) sering sakit, ternyata tekanan darah atau kolesterol mereka sudah dalam posisi tinggi.

Ya, seperti adik ipar saya, ketika punggung sering sakit dan dipijit tidak bisa sembuh total, ia akhirnya periksa dokter. Ternyata, ia menderita kolesterol tinggi hingga 285 mg/dL. Bahkan, jantungnya juga sakit akibat kolesterol tinggi tidak segera diobati.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah periksa tekanan darah dan kolesterol secara rutin satu tahun sekali. Kalau masih sehat, lima tahun sekali.

Tujuannya supaya Anda bisa mengetahui kondisi fisik Anda. Sehat atau tidak akibat menderita darah tiggi atau kolesterol atau lainnya.

3. Hindari Merokok dan Minuman Alkohol

Cara lain untuk mencegah penyakit jantung adalah berhenti merokok. Kalau Anda bukan perokok, ya Anda sudah menjalankan pola hidup sehat. Sering merokok bisa membuat Anda mendapatkan gangguan penyakit jantung.

Demikian pula minum alkohol. Oleh karena itu, jika Anda ingin hidup sehat, tidak terkena sakit jantung atau stroke, ya Anda harus menghindari kedua hal itu. Yaitu, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

4. Konsumsi Buah Antioksidan

Di tengah kehidupan yang banyak polusi udara yang dihasilkan oleh banyak kendaraan bermotor di jalan raya dan asap rokok, Anda perlu hati-hati. Jika memungkinkan, kenakan masker biar bisa menangkal asap beracun yang akan menimbulkan radikal bebas.

Radikal bebas akan menyebabkan adanya endapan dalam pembuluh darah yang akhirnya terjadi penyumbatan untuk alirah darah pembawa oksigen. Penyumbatan aliran darah bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke.

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang bisa memperlancar aliran darah sekaligus sebagai cara mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Hindari Makanan Penyebab Sakit Jantung

Banyak makanan penyebab sakit jantung yang harus Anda hindari. Antara lain makanan yang mengandung zat kolesterol tinggi. Misalnya, cumi-cumi, udang, kepiting, otak sapi, daging kambing, daging berlemak, organ dalam bebek, bebek, belut, kuning telur, susu sapi, kulit ayam, makanan dalam kemasan, makanan dengan tinggi garam, makanan terlalu manis, dsb. Semua makanan itu memiliki kandungan zat kolesterol tinggi dan Anda harus menghindarinya.

6. Lakukan Olahraga, Senam, Jalan Kaki, Bersepeda

Sangat penting untuk membuat tubuh kita sehat dan penuh semangat. Untuk itu, lakukan olahraga sesuai dengan kesehatan dan usia Anda. Jika usia sudah lanjut dan tidak biasa berolahraga, ya lakukan jalan kaki, senam, bersepeda, dsb. Ya, banyak aktivitas fisik yang perlu Anda lakukan supaya jantung Anda sehat.

Apalagi, Anda yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Daya tahan fisik telah berkurang sehingga Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat. Tetapi, jika masih merasa sehat, ya silakan.

Sebab, olahraga merupakan cara mencegah penyakit jantung yang bagus. Yang penting lakukan dengan berhati-hati sesuai kemampuan dan kesehatan Anda.

cara mengobati sakit jantung obat herbal jantung dari manggis dan sirsak (sumber:obatsakitjantung.com)

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Jika Anda telah terkena penyakit jantung akibat usaha pencegahan terlambat, ya Anda harus melakukan penyembuhan dengan mengonsumsi obat sakit jantung. Anda perlu periksa dokter dan Anda akan memperoleh cara mengobati penyakit jantung dengan baik.

Biasanya, dokter akan meminta Anda untuk periksa laboratorium untuk mengetahui secara persis kondisi kesehatan jantung Anda.

Selain memberikan obat untuk penyembuhan, dokter juga akan menganjurkan Anda untuk menjalankan pola hidup sehat. Yaitu, selalu mengonsumsi makanan yang membuat jantung Anda sehat, berolahraga, rutin minum obat, dan tidak merokok.

Tetapi, harus disadari sejak awal bahwa penyakit jantung itu tidak bisa disembuhkan. Yang bisa dilakukan adalah pencegahan biar sakit jantung tidak makin memburuk.

Demikian pula penyakit darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi. Kedua penyakit ini juga tidak bisa disembuhkan total. Yang bisa diupayakan adalah penurunan kadar darah tinggi atau kolesterol biar selalu dalam kondisi normal. Dengan tekanan darah dan kolesterol normal, maka Anda dalam kondisi sehat.

Dengan pola hidup sehat, Anda bisa terhindar dari risiko sakit jantung yang lebih berat. Misalnya, harus melakukan operasi atau pasang ring. Berikut ini tips tentang cara mengobati penyakit jantung dengan baik sehingga diharapkan bisa segera sembuh.

1. Anda sebaiknya hanya mengonsumsi makanan sehat untuk jantung Anda. Di antaranya dengan menghindari makanan penyebab sakit jantung dan mengonsumsi makanan yang mencegah sakit jantung. Ini termasuk salah satu cara terbaik menyembuhkan atau mengobati penyakit jantung.

2. Tidak merokok. Ya, sudah beberapa kali disinggung bahwa merokok bukan cara hidup sehat. Anda perlu menghindarinya.

3. Melakukan olahraga dengan teratur, termasuk jalan kaki, jalan cepat, senam, bersepeda, dsb. Anda bisa memilih mana yang Anda suka dan bisa melakukannya.

4. Tidak mengonsumsi minuman keras

5. Menghindari stres. Apa pun yang Anda hadapi, usahakan Anda tidak stres.

6. Selalu mengikuti pengobatan yang dianjurkan oleh dokter.

Misalnya, Anda harus mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, atau obat untuk mencegah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung, dsb.

Jika konsumsi obat tidak bisa efektif mengobati penyakit jantung Anda, maka dokter akan melakukan operasi. Antara lain operasi untuk memperlebar arteri jantung sehingga aliran darah ke jantung berjalan lancar.

Atau melakukan operasi bedah bypass arteri jantung. Tujuan operasi ini untuk membuka rute baru aliran darah ke jantung sehingga pengiriman (suplai) darah bisa memenuhi kebutuhan.

Sebelum berkembang menjadi sakit yang lebih berat, Anda perlu mengobati sakit jantung Anda lebih dini. Anda juga bisa menggunakan obat herbal jantung untuk mengatasi atau menyembuhkan penyakit jantung Anda.

Intinya: untuk memiliki jantung sehat, Anda harus selalu berusaha menjalankan pola hidup sehat. Ini adalah salah satu cara mencegah penyakit jantung yang sangat penting dan Anda harusĀ  menjalankan semua cara itu.

Demikian informasi mengenai Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung sehingga Jantung Anda Tetap Sehat. Anda bisa terhindar dari sakit jantung, terhindar dari operasi jantung, dan operasi-operasi lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.