Connect with us

Ibu Hamil

Jika Darah Kekurangan Hemoglobin, Bagaimana Cara Mengatasinya

Published

on

JIKA darah kekurangan hemoglobin maka mengakibatkan tubuh Anda tidak sehat. Anda akan selalu merasa mudah lelah, lesu, letih, jantung berdebar tak teratur, kuning pada mata atau kulit, dsb.

Tetapi, ada juga kekurangan hemoglobin (Hb) yang tidak bergejala. Ya, semua itu tergantung pada penyakit yang menyertainya.

Apakah hemoglobin itu?

Alodokter.com menjelaskan bahwa hemoglobin adalah molekul protein dalam sel darah merah.
Wartikel.com menyatakan bahwa hemoglobin adalah suatu bentuk protein di dalam sel darah merah. Ia merupakan pigmen yang kaya dengan zat besi.

Fungsi hemoglobin adalah membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Selain itu, mengembalikan karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru, yang kemudian dikeluarkan melalui pernapasan.

Tugas lain adalah menjaga supaya sel darah tetap dalam bentuknya yang normal. Yaitu, bulat dengan bagian tengah pipih seperti donat dan tidak ada lubang di tengahnya.

Jika hemoglobin Anda ternyata tidak normal, maka hal itu akan berpengaruh pada bentuk sel darah merah. Selain itu, fungsinya untuk bekerja melalui pembuluh darah juga terganggu.

Oleh karena itu, Anda juga harus selalu menjaga agar hemoglobin dalam darah tak mengalami kekurangan. Dan, kekurangan hemoglobin akan membuat Anda tidak sehat.

 

Jika Darah Kekurangan Hemoglobin Maka Mengakibatkan

sumber: linkedln.com

Jika Darah Kekurangan Hemoglobin Maka Mengakibatkan Anda Harus Mengukurnya

Pertanyaannya sekarang, apa saja penyebab kekurangan hemoglobin dalam sel darah merah Anda? Bagaimana cara mencegah terjadinya kekurangan hemoglobin? Bagaimana cara mengetahui bahwa hemoglobin Anda mengalami kekurangan?

Tentu saja, yang perlu Anda lakukan pertama adalah mengetahui besarnya Hb Anda. Anda bisa cek di laboratorium klinik kesehatan, puskesmas atau rumah sakit.

Tetapi, jika Anda punya alat cek hemoglobin digital, Anda bisa cek sendiri. Yang terpenting adalah memastikan berapa Hb Anda, dalam kondisi sehat atau tidak.

Cek Hb Anda berlangsung sangat cepat. Kurang dari 1 menit, Anda sudah bisa mengetahui hasilnya.

Berikut ini daftar tingkat hemoglobin normal sebagai acuan menentukan hasil tes hb Anda:

Bayi baru lahir: 17 – 22 gm/dl

Anak-anak      : 11 – 13 gm/dl

Pria dewasa   : 14 – 18 gm/dl

Wanita dewasa : 12 – 16 gm/dl

Pria lansia    : 12,4 – 14,9 gm/dl

Wanita lansia : 11,7 – 13,8 gm/dl

Jika ternyata dari hasil pengukuran diketahui bahwa Hb Anda rendah, maka Anda harus meningkatkan menjadi normal. Tujuannya supaya Anda sehat dan mampu beraktivitas dengan optimal.

Bisa bekerja dengan baik dan produktivitasnya tinggi. Bukan malas-malasan, mudah lelah, lesu, dsb sebagaimana dijelaskan di atas.

Untuk kepentingan pengobatan, biasanya dokter juga meminta Anda untuk periksa morfologi darah tepi untuk melihat bentuk sel darah merah, retikulosit, serum besi, Total Iron Binding Capacity (TIBC), biopsi sumsum tulang, serum ferritin, pemeriksaan urine, dan pemeriksaan genetik untuk mencari tahu penyebab anemia atau rendahnya Hb.

Memperbanyak konsumsi sayuran juga bisa menyembuhkan kurang darah. Ada 11 sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi hemoglobin rendah.

Penyebab Kurang Darah (Hb) dan Cara Mengatasinya

Tentu saja, untuk mengatasi kekurangan Hb Anda, maka Anda perlu tahu penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat Hb Anda rendah atau kurang.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda lakukan pengobatannya atau peningkatan Hb Anda sehingga menjadi normal. Selain itu, juga menghindari penyebab sehingga Anda tidak akan mengalami kurang darah.

Berikut ini beberapa penyebab kurang darah yang banyak terjadi.

1. Kekurangan Zat Besi

Ini penyebab yang terbanyak terjadi pada penderita kurang darah atau Hb rendah.Kekurangan zat besi mengakibatkan rendahnya produksi hemoglobin. Tentu saja, cara mengatasinya adalah Anda harus mengonsumsi makanan dan buah yang mengandung zat besi tinggi, terutama dari daging, kuning telur, ikan, sayuran, dsb.

2. Pendarahan yang Banyak

Misalnya wanita yang sedang menstruasi (datang bulan, haid dan melahirkan), mengalami kecelakaan, dsb. Tentu saja, Anda harus segera menghentikan pendarahan akibat kecelakaan. Jika sudah berhenti, Anda baru bisa mengonsumsi obat untuk peningkatan Hb.

Untuk pendarahan akibat menstruasi tentu harus menunggu sampai berhenti sesuai dengan siklusnya. Anda tidak bisa menhentikan sembarangan.

3. Mengonsumsi Minuman Teh dan Kopi setelah Makan

Mengonsumsi minuman teh dan kopi habis makana adalah kebiasaaan yang tidak baik. Anda perlu meniadakan kebiasaan buruk itu. Mengapa? Karena kedua minuman itu mengandung suatu zat membuat penyerapan zat besi oleh tubuh terhambat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan asam tannin dan polifenol dalam teh dapat membuat tubuh tak bisa menyerap protein dan zat besi. Asam tannin dan polifenol justru mengikat kedua zat gizi itu di dalam usus.

4. Sering Mengonsumsi Obat Antasida untuk Maag atau Asam Lambung

Masalahnya, konsumsi obat maag bisa menyebabkan penyerapan zat besi oleh tubuh sangat rendah. Contoh obat antasida adalah Antasida Doen. Anda sebaiknya membaca petunjuk dalam label sehingga tidak salah pakai.

Jika salah pakai, ya akibatnya justru merugikan kesehatan Anda. Misalnya, penyerapan zat besi rendah. Bahkan, banyak konsumen mengonsumsi obat antasida Doen untuk sakit yang masih sangat ringan.

5. Kekurangam asam folat dan vitamin B12.

Kekurangan asam folat dan vitamin B12 akan membuat produksi sel darah merah juga menjadi rendah. Akibatnya, kebutuhan sel darah tidak bisa terpenuhi dengan baik. Makanan yang mengandung asam folat tinggi antara lain bayam, brokoli, kubis, kol, pisang, kacang-kacngan, kentang, pepaya, dsb.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kurang darah (hb) adalah:

1. Transfusi Sel Darah Merah

Transfusi sel darah merah dilakukan terhadap Anda yang Hb-nya sudah sangat rendah. Transfusi ini diperlukan terutama untuk mereka yang tubuhnya tidak bisa memproduksi Hb dengan normal. Tetapi, konsumsi suplemen juga tidak bleh berlebihan. Baiknya ya ikuti saran dokter atau petunjuk dalam suplemen yang Anda beli.

2. Mengonsumsi Suplemen Zat Besi

Sesungguhnya banyak makanan dan buah yang mengandung zat besi tinggi dan bisa Anda konsumsi. Tetapi, jika ingin praktis, Anda bisa mengonsumsi suplemen zat besi. Misalnya Obical, Calmin AF, Elcana, Folamil Genio, dsb.

3. Makanan dan Buah dengan Zat Besi Tinggi

Tentu saja, Anda bisa mengonsumsi makanan dan buah dengan kandungan zat besi tinggi. Atau makanan yang bisa menambah Hb Anda. Misalnya, telur, bayam, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan makanan laut. Atau makanan yang mengandung vitamin B6, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C.

Demikian artikel mengenai Jika Darah Kekurangan Hemoglobin Maka Mengakibatkan kesehatan Anda terganggu. Anda menjadi mudah lelah, lesu, produkvitas rendah, dsb. Semoga Anda selalu sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.