Connect with us

Kolesterol

15 Jus Buah Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi Anda dengan Cepat

Published

on

ANDA bisa menurunkan kolesterol tinggi hanya dengan mengonsumsi jus buah. Caranya sangat mudah. Yang penting kolesterol Anda bisa kembali sehat. Lantas, jus penurun kolesterol dengan cepat apa saja yang bisa membuat kolesterol Anda kembali normal?

Banyak. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan buah yang punya khasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Buah-buah itulah yang kemudian Anda buat jus. Anda pilih buah mana yang bisa Anda peroleh dengan mudah dan Anda suka.

Kalau bisa, ya Anda pilih buah yang kandungan kolesterol jahatnya (LDL) adalah nol. Yang ada hanyalah kandungan kolesterol baik (HDL). Kolesterol baik justru bertugas melawan kolesterol jahat.

Caranya, kolesterol jahat dan trigliserida yang berada di dinding pembuluh darah dibawanya ke hati untuk dihancurkan.

Jadi, dalam diri Anda dan kita semua ada dua jenis kolesterol. Yaitu, kolesterol baik dan kolesterol jahat.  Yang bisa membuat Anda terkena sakit kolesterol tinggi adalah kolesterol jahat.

Tugas kolesterol baik justru melawan kolesterol jahat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya lebih banyak mengonsumsi buah dan makanan yang mampu memperbesar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Di sisi lain, Anda sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak kolesterol jahat. Sebaliknya, memperbanyak konsumsi kolesterol baik. Misalnya jus penurun kolesterol.

Harus Cek Kadar Kolesterol untuk Memastikan Tubuh Anda Sehat

Kolesterol adalah lemak yang ada di dalam aliran darah atau sel tubuh. Kolesterol dibutuhkan untuk membentuk dinding sel. Selain itu, kolesterol dibutuhkan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Tetapi, jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda melebihi ukuran normal, yaitu 200 mg/dL lebih, maka ia bisa berbahaya untuk kesehatan. Anda bisa terkena penyakit jantung atau stroke, terutama jika kolesterol Anda di atas 240 mg/dL

jus penurun kolesterol dengan cepatcek kolesterol sendiri (copy: infokesehatan.xyz)

Apakah kolesterol itu? Berapa kadar kolesterol Anda? Rendah, sedang (normal) atau tinggi?

Berapa ya… Saya belum tahu, jawab tetangga saya.

Jika sekarang Anda belum tahu berapa kadar kolesterol Anda, ya sebaiknya cek di layanan kesehatan atau dokter. Jika sudah tahu hasilnya dan ternyata kolesterol Anda di bawah 200 mg/dL, ya Anda tenang saja. Anda sehat. Jika di atas 240 mg/dL, Anda harus menurunkannya.

Sebagian besar (80%) kolesterol diproduksi oleh hati. Selebihnya diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi. Kadar kolesterol yang Anda butuhkan dari makanan hanya 250 – 300 mg/dL.

Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, ya sudah. Anda akan terkena kolesterol tinggi. Jika tidak segera diobati bisa membuat Anda terkena sakit jantung atau stroke. Aduhhh….

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk mencegah atau menurunkan kolesterol tinggi. Salah satunya dengan mengonsumsi jus penurun kolesterol dengan cepat.

Anda siap untuk itu? Tetapi, sebelumnya Anda harus cek kadar kolesterol dulu. Biar bisa dipastikan, diri Anda sehat atau tidak. Sebab, banyak kasus sakit kolesterol tanpa ada gejalanya.

Tahu-tahu, ketika penderita jatuh sakit dan kadar kolesterolnya dicek sudah melebihi 240 mg/dL. Ini jelas akan berisiko terkena penyakit jantung.

Saya berharap, Anda tetap bebas dari penyakit kolesterol. Tetapi, untuk memastikan bahwa kolesterol Anda normal, Anda harus cek di laboratorium.

Atau Anda memiliki alat pengukur kolesterol sendiri sehingga bisa cek sendiri setiap diperlukan. Anda bisa membeli alat pengukur kolesterol digital di toko-toko online. Sangat praktis dan Anda bisa menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Jika ada tanda-tanda kolesterol akan naik melebihi ukuran normal, Anda bisa segera menurunkannya. Jika ternyata normal, ya alhamdulillah, Anda sehat.

Desember 2016 lalu, saya cek kolesterol. Hasilnya, kadar kolesterol saya adalah 188 mg/dL. Berarti normal. Standar kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dl.

Daftar 15 Jus Penurun Kolesterol dengan Cepat

jus penurun kolesteroljus penurun kolesterol (copy: kiskegyed.blikk.hu)

Berikut adalah daftar 15 buah yang sangat baik untuk Anda buat jus penurun kolesterol dengan cepat. Anda bisa mengonsumsinya untuk mencegah kolesterol tinggi atau menurunkan kolesterol tinggi sehingga dalam posisi kolesterol normal.

Buah penurun kolesterol bisa Anda dapatkan di pasar tradisional, pasar swayalan, dsb. Anda bebas memilih buah yang Anda suka. Cara membuat jus pun tidak sulit.

Ya, Anda bebas mengonsumsinya. Bisa mengonsumsi dalam bentuk buah yang telah dikupas kulitnya atau Anda konsumsi dalam bentuk jus. Semua berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.

Kalau dibuat jus, jangan diberi gula terlalu banyak.

Ke-15 buah penurun kolesterol tinggi adalah:

1. Jeruk Nipis

Buah jeruk mengandung zat flavonoid. Zat ini mampu menghambat produksi kolesterol jahat (LDL). Ditambah vitamin C yang juga bisa mencegah kerusakan akibat kolesterol tinggi dan menghindari sakit jantung. Brokoli, teh, tomat, bawang mengandung zat flavonoid seperti halnya jeruk nipis. Anda bisa membuatnya untuk jus penurun kolesterol.

2. Jeruk Lemon

Jeruk lemon kaya vitamin C. Satu cangkir jus lemon segar, misalnya, mengandung 94 miligram vitamin C dan lemon mentah mengandung 112 miligram vitamin C.  Kandungan vitamin C bisa mengurangi produksi apo-B yang memicu tambahnya kolesterol dalam darah. Ini berarti konsumsi jus jeruk lemon bisa menurunkan kolesterol dengan cepat.

3. Jambu Biji/Jambu Merah

Buah ini kaya akan likopen yang bisa membatasi produksi kolesterol. Selain itu juga mengandung banyak vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium. Zat flavonid sangat besar perannya melawan kolesterol tinggi.

Buah yang punya fungsi sama adalah semangka merah, tomat merah, dan jambu biji merah. Semua merupakan buah penurun kolesterol paling ampuh. Tetapi, Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk jus.

4. Delima Penurun Kolesterol

Anda juga bisa membuat jus penurun kolesterol dengan cepat menggunakan buah delima. Buah ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah sekaligus menghilangkan plak dalam pembuluh darah. Buah delima memperbanyak produksi oksidan nitrat yang bisa mengurangi plak pengganggu di pembuluh arteri.

5. Mangga Ampuh Mengurangi Kolesterol Jahat

Mengandung banyak vitamin C yang mampu mencegah kolesterol jahat yang berproses menjadi plak. Mangga juga kaya serat yang bisa mengurangi kolesterol jahat yang masuk ke dalam aliran darah. Anda bisa membuat jus penurun kolesterol dengan cepat dari buah mangga. Rasanya, wah mak nyusss…

6. Buah Blueberry

Buah ini mengandung pterostilbene yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Khasiat zat ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penumpukan plak dalam arteri.

7. Buah Anggur Melawan Radikal Bebas

jus anggur
Sama dengan buah jambu biji, anggur juga mengandung senyawa flavonoid yang bisa menurunkan kolestrol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas.

Anggur kaya serat dan zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.

Jadi, Anda bisa membuat jus penurun kolesterol dari buah anggur. Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi anggur langsung bisa tanpa membua jus.

 8. Alpukat Kaya Kadar Kelosterol Baik

Buah ini mengandung banyak lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Fungsinya melawan kolesterol jahat. Jadi, buah ini sama sekali tidak mengandung kolesterol jahat.

9. Buah Zaitun

Buah zaitun mengandung zat anti oksidan (zat hydroxytyrosol) yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Baik untuk kesehatan jantung karena buah ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang memperbanyak kolesterol baik.

10. Jus Penurun Kolesterol dari Tomat

Buah ini adalah sumber likopen yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Anda bisa membuat tomat menjadi jus, dimakan langsung, atau dibuat sup. Buah tomat juga bagus untuk dikonsumsi penderita maag kronis, darah, dsb.

11. Semangka

Sama dengan buah tomat, semangka juga kaya dengan zat likopen. Bagus dibuat jus untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

12. Buah Strawberry

Buah ini mengandung zat antioksidan yang bisa melawan lemak atau kolesterol jahat (LDL). Selain itu juga mencegah oksidasi. Bisa dikonsumsi langsung, tetapi umumnya dibuat jus. Strawberry memang termasuk buah penurun kolesterol paling cepat.

13. Apel Bisa Mengendalikan Produksi Kolesterol

Buah apel mengandung zat beta-glucan yang mampu mengendalikan produksi kolesterol. Serat larut dari buah ini bahkan bisa menurunkan kolesterol, mencegah arteri mengeras dan mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Buah apel bisa Anda buat jus penurun kolesterol juga sebagai makanan untuk penderita diabetes super ampuh.

14. Buah Pisang

Pisang juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Kalium dalam pisang juga bisa membantu menurunkan darah tinggi dan menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah sakit jantung.

15. Buah Pir Kaya Serat Larut Penurun Kolesterol

Anda suka buah pir? Jika suka, ya teruskan kebiasaan mengonsumsi buah pir. Baik dalam bentuk buah atau jus. Buah ini mengandung serat larut yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Ini tidak lain akibat kandungan pektin. Fungsi pektin lain adalah membersihkan usus dan membuat Anda bisa buang air besar dengan lancar.

Demikian artikel mengenai 15 Jus Penurun Kolesterol dengan Cepat dan Ampuh. Anda bisa mengonsumsi langsung buah-buah tersebut, dibuat jus atau diolah dalam bentuk lain. Banyak orang sukses menurunkan kolesterol tingginya dengan mengonsumsi buah.

Tentu saja, Anda juga harus menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Sebab, makanan dengan kandungan kolesterol tinggi adalah sumber utama penyakit kolesterol.

Anda juga bisa mengonsumsi sayuran untuk menurunkan kolesterol. Banyak sayuran yang bisa Anda pilih. Ya, seribu satu jalan menuju roma. Yang penting ada kemauan untuk menghindari atau mengurangi makanan banyak kandungan kolesterol dan mengonsumsi buah penurun kolesterol.

Semoga Anda bebas dari kolesterol tinggi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.