8 Jus Terbaik dan Menyehatkan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Diposting pada

JUS untuk ibu hamil trimester pertama – Jus sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Apalagi, ibu hamil muda yang masih rentan terhadap gangguan kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan Bunda, termasuk kesehatan janin yang dikandungnya, adalah selalu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda pilih. Antara lain jus buah dan sayur yang segar, enak, sekaligus sebagai makanan bergizi tinggi dan aman bagi janin. Gizi yang Bunda butuhkan antara lain makanan yang mengandung zat besi, asam folat, kalsium, vitamin D, klin, vitamin C, lodium, dan seng.

Selain kandungan gizi, yang penting dilakukan Bunda adalah memilih buah yang rasanya cocok dengan keinginan Bunda. Jika tidak cocok, yang terjadi justru membuat Bunda mudah muntah.

Pada usia hamil muda, biasanya Bunda masih rentan dengan muntah-muntah. Oleh karena itu, pilihlah buah atau sayur yang membuat Bunda nyaman dan senang ketika mengonsumsinya.

Selain itu, bahan harus segar dan bersih. Cuci dengan air mengalir. Bahan harus bebas dari kemungkinan mengandung bakteri. Jus sebaiknya langsung diminum setelah selesai dibuat.

8 Jus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama yang Bisa Anda Pilih

Jus terbaik apa saja yang bisa dipilih untuk membuat Bunda dan bayi yang dikandungnya selalu sehat? Bahkan, juga diharapkan nantinya si bayi bisa tumbuh menjadi anak cerdas.

JUS untuk ibu hamil trimester pertamajus wortel (foto:merdeka.com)

1. Jus untuk Ibu Hamil Pertama, Wortel

Bunda bisa memilih jus wortel jika sehari-hari sangat suka dengan konsumsi wortel. Sayur ini memiliki gandungan gizi yang cukup tinggi. Vitamin A paling terkenal.

Tetapi, wortel juga mengandung nutrisi yang cukup banyak. Demikian pula kandungan vitamin dan mineral. Maka, sangat baik Bunda yang sedang hamil sering minum jus wortel.

Antara lain konsumsi wortel akan membuat Bunda bisa meningkatkan kesehatan janin, meningkatkan produksi ASI, menangkal masuknya sel kanker pada paru-paru ketika ibu hamil, memenuhi kebutuhan kalsium pada masa kehamilan, dsb.

Cara Membuat Jus Wortel untuk ibu hamil:

Bahan-bahan: Siapkan 100 gram pepaya, 50 gram wortel, 1 sendok makan air lemon, 1 sendok makan sirup gula, dan gelas.

Cara membuatnya: Buah pepaya dan wortel dipotong kecil-kecil, masukkan ke blender, tuangkan air putih secukupnya dan sirup gula. Hidupjab blender dan hasilnya Anda tuangkan ke dalam gelas yang telah tersedia. Tambahkan air lemon dan jus wortel siap diminum. Enak tenann…

2. Jus Jeruk Kaya Zat Gizi

Buah jeruk juga bagus dibuat jus untuk ibu hamil trimester pertama. Jeruk juga kaya zat gizi, kaya vitamin, mineral dan air. Selain itu, jeruk juga mengandung asam folat yang tinggi.

Asam folat bisa membantu menghindarkan terjadinya kecacatan pada si bayi. Misalnya kecacatan pada otak atau kecacatan pada tulang belakang.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan sel.

Konsumsi jeruk juga bisa membuat tubuh mampu menyerap zat besi secara optimal, khususnya makanan nabati. Keuntungan lain, konsumsi jeruk juga bisa meredakan rasa mual yang sering dialami ibu hamil.

Cara Membuat Jus Jeruk Lemon untuk Ibu Hamil

Bahan-bahan: 1 – 2 buah lemon, 200 gram sirsak dan buang bijinya. 100 gram kelapa muda, ambil dagingnya. 100 gram air kelapa dan dinginkan. 50 gram es batu.

Cara membuatnya: Peras jeruk lemon hingga mendapat 3 sendok makan air.Lalu, masukkan semua bahan ke blender dan hidupnya blender hingga bahan menjadi hancur halus. Tuangkan jus lemon ke dalam gelas dan siap diminum.

3. Jus Pisang Bisa Mencegah Sembelit

Buah pisang untuk ibu hamil juga bagus. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus. Kebanyakan orang memang mengonsumsi buah pisang langsung. Pisang kaya kalium, vitamin B6, Vitamin C dan serat.

Hal penting lainnya adalah buah pisang mampu mengatasi sembelit yang sering dialami ibu hamil. Umumnya sembelit yang dialami ibu hamil karena tekanan rahim ke usus dan perasaan selalu gelisah atau khawatir.

Bahkan, mengonsumsi pisang juga bisa mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil muda atau hamil trimester pertama. Ini berkat pisang kaya vitamin B6. Pisang bisa dibuat jus dengan campuran bulan lain seperti stroberi, apel, dan lemon.

Cara Membuat Jus Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Bahan-bahannya: 2 buah pisang, 5 buah strawberri, 100 ml susu cair, 1 sendok makan madu, dan aur secukupnya.

Cara membuatnya: Buah pisang dikupas kulitnya dan dipotong-potong. Ada baiknya disimpan dulu di dalam lemari es 1 – 2 jam sebelum diblender biar kenyal. Stroberi dicuci dan dipotong menjadi 2 bagian. Lalu, masukkan semua bahan ke dalam blender dan hidupkan. Setelah halus, jus pisang bisa dikonsumsi.

4. Jus Buah Mangga

Jus mangga juga bagus untuk ibu hamil trimester pertama. Sebab, buah mangga mengandung vitamin A, C, dan B6 yang cukup tinggi dan baik untuk diminum oleh ibu hamil. Kalori dari satu buah mangga lebih dari 50 kalori.

Untuk memperkuat pertahanan tubuh Bunda dan bayi yang dikandungnya, Bunda memerlukan konsumsi vitamin A dan C. Sementara, vitamin B6 akan membantu untuk pengembangan fungsi otak dan sistem saraf janin.

Anda tidak perlu menambahkan gula karena rasa mangga sudah sangat manis. Apalagi, buah manggga unggul yang sangat dikenal rasa manisnya.

Cara Membuat Jus Mangga untuk Ibu Hamil

Bahan-bahannya: Buah mangga bagus dan segar, gula berkalori rendah untuk pemanis, es serut dan es batu secukupnya, dan 100 ml air.

Cara membuatnya: Kupas mangga, lalu dicuci dan dipotong kecil-kecil. Semua bahan dimasukkan ke dalam blender, dan hidupkan blender hingga bahan menjadi halus. Tuangkan jus mangga ke dalam gelas dengan tambahan es batu. Bagaimana rasanya? Segarrr… tenannn !!

5. Jus Buah Apel Membuat Bayi Bebas Asma

Jus untuk ibu hamil trimester pertama lainnya yang juga baik untuk dikonsumsi adalah jus apel. Buah apel kaya vitamin C, vitamin A, kaliun dan serat. Bunda yang rajin mengonsumsi jus apel secara teratur, maka bayi yang dilahirkan akan bebas dari asma dan alergi. Sistem kekebalan (imun) tubuh akan bertambah kuat dengan mengonsumsi jus apel atau buah apel.

Cara Membuat Jus Apel untuk Ibu Hamil

Bahan-bahan pembuatan: ambil daging buah apel, dipotong-potong untuk memudahkan proses blender, siapkan 3 sendok makan madu, 3 sendok makan susu formula bagi ibu hamil, dan 200 ml air putih.

Cara membuatnya: semua bahan dimasukkan ke blender atau food processor. Kocok sampai sempurna dan hasilnya bisa dituangkan ke dalam gelas yang telah disediakan. Kini, jus apel siap dinikmati.

6. Jus Anggur

Buah anggur juga baik dibuat jus untuk ibu hamil. Dengan rasa manis dan asam, mengonsumsi anggur sangat penting untuk mempertahankan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Dengan mengandung zat asam alami. mengonsumsi anggur dapat mencegah tingkat keasaman tinggi dalam tubuh Bunda. Selain itu juga mengurangi risiko hipertensi dalam kehamilan.

Selain itu, buah anggur bias mengatasi sembelit yang bisa menyebabkan gangguan sulit buang air besar

untuk ibu hamil. Manfaat lain adalah bisa mengurangi risiko sakit migrain (kepala)
Dapat pula menjaga kesehatan rambut agar tidak ada yang rontok selama kehamilan.

Cara Membuat Jus Stroberi untuk Mecegah Darah Tinggi

Bahan-bahannya: 300 gram anggur merah, setengah gelas air dan satu sendok makan madu.

Cara membuatnya: Masukkan anggur merah ke dalam blender, tambahkan air es, dan blender hingga halus. Tuangkan hasilnya ke dalam gelas dan siap dikonsumsi.

Baca Juga: Khasiat Jus Tomat untuk Ibu Hamil, Diet dan Mengatasi Banyak Penyakit

7. Jus Mentimun/Timun

Mentimun atau timun juga sangat baik untuk ibu hamil. Mentimun mengandung banyak cairan dan beberapa nutrisi lain. Misalnya, vitamin A, folat, vitamin C, mangan, kalium, fosfor, dan mineral lainnya.

Manfaat lain adalah bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga agar tensi darah normal, mengandung natrium yang bisa memperlancar aliran darah, membuat kulit tubuh tetap kencang, dan mencegah terjadinya stretch mark saat hamil.

Cara Membuat Jus Mentimun untuk Ibu Hamil

Bahan-bahannya: 200 gram mentimun, ½ gelas air matang, ½ sendok makan, perasan air jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu.

Cara Membuatnya: Mentimun dicucui bersih, dipotong kecil-kecil, masukkan ke blender. Tambhakn air matang, air jeruk nipis, dan madu, lalu diblender hingga halus. Hasilnya siap untuk diminum.

8. Jus Stroberi

Stroberi juga bagus dibuat jus untuk ibu hamil trimester pertama. Mengonsumsi buah ini bisa meningkatkan suasana hati ibu hamil. Beberapa ibu hamil sering emosinya dan mentalnya tidak stabil ketika hamil. Ini tidak lain karena pengaruh hormon.

Jus stroberi juga bisa membuat kulit dan mata ibu hamil tetap segar, menjaga ekebalan tubuh, dan mencagah dehidrasi karena cairan dari stroberi cukup tinggi. Mencegah sembelit dan mencegah cacat spina bifida pada si bayi.

Cara Membuat Jus Stroberi untuk Ibu Hamil

Bahan-bahannya: 200 gram strawberi, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan es batu secukupnya.

Cara Membuatnya: Stroberi dipotong-potong, lalu masukkan ke blender. Tambahkan mau dan air jeruk nipis. Blender semua bahan hingga galus dan siap untuk diminum.

Demikian artikel mengenai 8 Jus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama yang terbaik dan menyehatkan. Bunda bisa memilih salah satu buah/sayur untuk membuat jus atau berganti-ganti buah/sayur juga boleh. Semua terserah Bunda.

Baca Juga:

Yang penting, untuk menjaga kesehatan Bunda dan bayi yang dikandunganya selama trimester pertama (1 – 3 bulan pertama), Bunda sangat baik mengonsumsi jus untuk ibu hamil trimester pertama, baik jus buah atau jus sayur. Yang penting, Bunda harus berusaha selalu sehat, baik untuk Bunda sendiri atau bayi yang dikandungnya.

Terima kasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *