Khasiat Bawang Putih sebagai Obat Penurun Darah Tinggi

KHASIAT bawang putih untuk kesehatan sangat hebat. Sejak zaman Mesir Kuno, khasiat bawang putih sebagai obat untuk berbagai penyakit sudah sangat populer. Salah satunya untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

Penelitian pun telah dilakukan oleh berbagai lembaga riset di berbagai negara. Hasilnya menyebutkan bahwa bawang putih efektif untuk menurunkan penyakit darah tinggi atau hipertensi sekitar 7 – 8%.

Penelitian terhadap khasiat bawang putih umumnya menggunakan bubuk bawang putih.

Hanya satu hal yang sering tidak disukai oleh banyak konsumen. Yaitu, aromanya yang sangat menyengat. Ini jika Anda mengonsumsinya langsung bawang putih mentah.

Jika tidak dalam kondisi mentah, tentu saja Anda tidak akan mendapati bau yang menyengat dan rasa yang agak panas ke seluruh lidah. Ini adalah aroma dari zat kimia yang didapat dari kandungan bawang putih bernama aliin.

Ketika bawang putih dipotong atau dihaluskan, zat aliin terpecah menjadi alisin, anomia, dan asam piruvat. Senyawa alisin inilah yang berkhasiat menghancurkan darah beku dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi gejala darah tinggi.

Senyawa lain yang memiliki khasiat obat adalah alil. Senyawa ini berfungsi untuk memerangi penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Tetapi, banyak pula orang yang suka mengonsumsi bawang putih tanpa menghiraukan bau yang menyengat dan rasa yang panas di lidah. Yang penting khasiatnya besar untuk kesehatan.

Ya, obat darah tinggi tradisional bawang putih sangat baik untuk menjaga agar tekanan darah Anda selalu normal dan sehat.

Bawang Putih untuk Sembuhkan Demam, Kanker, Herpes, dll

khasiat bawang putihkonsumsi bawang pitih (sumber:india.com)

Bawang putih tidak hanya memiliki khasiat untuk menurunkan darah tinggi. Bawang putih juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit lain, antara lain:

1. Menurunkan berat badan.

Hal ini terutama karena adnya senyawa allicin yang dikandungnya. Allicin mempunyai efek anti-bakteri dan mengurangi lemak tak sehat dan kolesterol.

2. Mengencerkan darah kental.

Anda bisa membeli suplemen bawang putih untuk mengencerkan darah kental jika tidak ingin repot membuat sendiri. Hanya saja, takaran konsumsi bawang merah jangan berlebih. Darah terlalu encer, dalam hal tertentu tidak baik. Darah kental bisa berisiko kena darah tinggi, stroke, dan gagal ginjal.

3. Mencegah darah tinggi atau hipertensi.

Banyak penelitian telah dilakukan terhadap bawang putih sebagai obat darah tinggi. Hasilnya, dibutuhkan 10.000 mcg allicin atau 4 gram/4 siung tiap hari untuk menurunkan darah tinggi. Allicin adalah senyawa dalam kandungan bawang putih.

4. Mengandung zat anti kanker.

Dari berbagai penelitian diketahui bawang putih mengandung sulfida alil yang anti-kanker. Zat ini sangat efektif untuk mencefah pertumbuhan sel kanker dari semua jenis, termasuk kanker payudara.

5. Antioksidan.

Dengan aroma menyengat, bawang putih mengandung sekitar 200 asam animo (alisin) bersulfur yang anti-oksidan. Dengan zat anti-oksidan yang dimilikinya, bawang putih bisa mengatasi banyak penyakit yang berkait dengan radikal bebas. Misalnya, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, kanker, dll.

6. Kaya nutrisi rendah kalori

Bawang putih ternyata kaya nutrisi dan rendah kalori. Ia memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kalsium dan zat besi. Bawang putih 136 gram mengandung vitamin C yang mampu memenuhi 71% kebutuhan harian Anda. Kalsium mampu memenuhi 25% kebutuhan harian, zat besi 13%, karbohidrat 15%, dan serat 11% dari kebutuhan. Jadi, ia sangat besar pengaruhnya untuk kesehatan Anda.

7. Mencegah kolesterol tinggi

Bawang putih juga sangat hebat dalam kemampuannya memangkas kolesterol jahat (LDL) Anda. Dari berbagai penelitian diketahui bawang putih bisa menurunkan 10 – 15% kolesterol Anda. Sementara, kolsterol baik tetap aman tanpa terpengaruh oleh berkurangnya kolsterol jahat. Bawang putih juga bisa meningkatkan produksi insulin untuk memerangi gula darah yang tinggi.

8. Menghindari sakit jantung

Dengan terjaganya tekanan darah dan kadar kolesterol akibat Anda mengonsumsi bawah putih, maka Anda juga akan terhindari dari sakit jantung. Jadi, bawang putih sangat baik dikonsumsi untuk mencegah Anda terkena sakit jantung.

Bawang putih memang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Antara lain vitamin C, B6 dan berbagai mineral. Misalnya, kalium, kalsium, fosfor, selenium, seng, mangan, allicin, allin, dsb.

Bawang putih juga mengandung senyawa sulfur seperti arginin, saponin, beta karoten, asam ferulic, geranol, dan polyphenol.

Kandungan nutrisinya juga tinggi. Misalnya, kandungan anti jamur, anti virus, anti bakteri, dan analgesic.

Tetapi, berbagai kandungan itu bisa rusak jika bawang putih dimasak. Itulah sebabnya, sebagian konsumen mengonsumsi bawang putih dalam kondisi mentah.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa setiap hari Anda membutuhkan 10.000 mcg allicin yang menurunkan darah tinggi. Ini berarti Anda perlu mengonsumsi bawang putih 4 siung atau 4 gram bawang putih setiap hari.

Bawang Merah Juga Obat untuk Banyak Penyakit

Selain bawang putih, dalam deretan bumbu masak terdapat pula bawang merah. Sama dengan bawang putih, maka bawang merah juga mengandung khasiat mengobati banyak penyakit, termasuk darah tinggi.

Bawang merah mengandung quercitin. Kebanyakan quercitin ditemukan di kulit luar. Ia juga dikenal bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mengosumsi quercetin 730 mg tiap hari selama hampir satu bulan, tekanan darah sistoliknya turun antara 2 dan 7 poin dan diastoliknya turun 2 sampai 5 poin.

Obat Herbal Darah Tinggi dari Bawang Putih

Kembali ke perbincangan mengenai khasiat bawang putih sebagai penurun darah tinggi. Berikut ini adalah nilai gizi bawang putih per 100 g (3.5 oz):

Energi 623 kJ 149 kcal Vitamin C 31.2 mg 52%
Karbohidrat  33,06 g Kalsium 181 mg 18%
Gula 1.00g Zat besi 1,7 mg 14%
Diet serat 2,1 g Magnesium 25 mg 7%
Lemak 0,5 g Fosfor 153 mg 22%
Protein  6,39 g Kalium 401 mg 9%
Beta-karoten 5 mg 0% Sodium 17 mg 1%
Thiamine Vit B1, 0,2 mg 15% Seng 1,16 mg 12%
Riboflavin (Vit. B2) 0,11 mg 7% Mangan             1,672 mg
Niacin (Vit. B3) 0,7 mg 5% Selenium         14,2 mg
Asam pantotenat (B5) 0,596 mg 12% Folat (B9 Vit.) 3 mg                  1%
Vitamin B61,235 mg 95%
   

Jika Anda tidak ingin repot membuat obat (jamu) darah tinggi sendiri sendiri, Anda bisa mengonsumsi obat herbal pabrikan. Anda bisa membeli obat herbal itu di toko obat herbal atau toko-toko online.

Antara lain adalah Herbal Insani Kapsul Bawang Putih. Selain untuk menurunkan hipertensi, obat herbal darah tinggi ini juga bisa untuk mengurangi gejala diabetes dan memerangi penyakit degeneratif.

Obat herbal lainnya yang terbuat dari bawang putih adalah SidoMuncul Sari Bawang Putih (Garlic) 30 Kapsul, Habba Garlic Bawang Putih 200 Kapsul, dan Habba Garlic Bawang Putih 100 Kaplsul.

Anda bisa memilih obat herbal yang terbuat dari bawah putih yang Anda suka. Harga tidak mahal kok. Yang penting khasiatnya besar untuk menyembuhkan atau menurunkan darah tinggi sehingga Anda bisa terhindar dari stroke, sakit jantung, dsb. Anda akan selalu hidup sehat dengan nyaman dan tenang.

Anda Juga Bisa Memilih Obat Penurun Darah Tinggi Alami

Tetapi, Anda juga bisa memilih obat penurun darah tinggi alami. Obat darah tinggi alami bisa Anda dapatkan dengan membuat obat darah tinggi menggunakan tumbuhan yang bisa Anda peroleh di mana-mana.

Sebab, banyak tumbuhan obat darah tinggi yang tumbuh di banyak tempat tanpa budi daya. Tetapi,  Anda juga bisa membeli bahannya di pasar-pasar tradisional atau pasar swalayan.

Misalnya dengan mengonsumsi buah mentimun, mengkudu, kunyit, lobak, akar pule pandak, belimbing manis, daun meniran, dsb. Ya, bahan-bahannya bisa Anda dapatkan di mana saja, baik yang tumbuh dengan budidaya atau tumbuh secara alami.

Ada yang bisa dikonsumsi langsung seperti mentimun dan belimbing manis. Atau bisa Anda buat dalam bentuk jus atau jamu. Ya, semua terserah Anda. Ingin pilih yang mana. Yang penting adalah Anda harus menurunkan darah tinggi sampai menjadi darah normal.

Jika belum mencapai darah normal jangan berhenti. Tekanan darah Anda bisa kembali tinggi dan Anda tidak mengetahuinya karena umumnya sakit darah tinggi tanpa gejala. Tahu-tahu sudah sangat tinggi dan ancaman stroke sudah di depan mata.

Anda juga bisa menurunkan darah tinggi dengan mengonsumsi buah. Banyak buah yang berkhasiat bisa membantu menurunkan darah tinggi dan Anda bisa memilihnya.

Bahkan, banyak buah segar dengan harga murah tetapi punya khasiat besar untuk menurunkan darah tinggi.  Baca lebih lanjut tentang 9 buah penurun darah tinggi favorit saya.

Demikian artikel tentang khasiat bawang putih untuk menurunkan darah tinggi khususnya dan berbagai penyakit lain pada umumnya. Khasiatnya ternyata sangat besar.

Selayaknya Anda memberi perhatian terhadap obat alami bawang putih dan mencoba mengonsumsinya biar Anda tetap sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.