Anda Perlu Tahu, Bagaimana Membuat Kolesterol Normal antara Wanita dan Pria

Posted on

Ternyata, batasan kolesterol normal wanita dan pria itu berbeda. Anda perlu mengetahui hal itu sehingga bisa memastikan bahwa kolesterol Anda normal, terlalu rendah, tinggi atau terlalu tinggi.

Jika kolesterol Anda sudah melebihi ukuran normal, ya Anda harus segera mengambil tindakan untuk menurunkannya.

Sebab, angka kolesterol terlalu tinggi sangat berisiko. Ia bisa menyebabkan Anda dihinggapi penyakit stroke, jantung, ginjal, dsb. Bahaya kan???

Tentu saja, untuk mengetahui kadar kolesterol Anda harus dilakukan pemeriksaan. Anda bisa memeriksakan diri ke klinik yang melayani pemeriksaan untuk itu. Atau datang ke puskesmas dan rumah sakit.

Dari hasil pemeriksaan akan diketahui kadar kolesterol Anda: normal atau tidak normal. Sehat atau berisiko.

Obyek pemeriksaan meliputi kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL dan trigliselida.

Kolesterol HDL:

Di bawah 40 mg/dL untuk lelaki tidak bagus
Di atas 40 – 49 untuk lelaki bagus
Di bawah 50 untuk wanita tidak bagus
50 – 59 untuk wanita bagus
60 mg/dL keatas terbaik

Cara Memastikan Kadar Kolesterol Anda Normal

cek kolesterolberapa kolesterol anda? rendah, normal atau sangat tinggi? (sumber:health.dekiben.com)

Hakikatnya, tiap orang membutuhkan kolesterol untuk bisa hidup sehat. Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh.

Seperempat kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Tetapi, jika kadar kolesterol Anda melebihi ukuran normal, itu sangat berbahaya. Ia bisa mengganggu kesehatan Anda, dari gangguan ringan hingga terberat berupa ancaman sakit stroke, sakit jantung, ginjal, dsb.

Pertanyaannya, bagaimana membuat Anda bisa memiliki kolesterol normal, baik untuk pria ataupun wanita?

Tentu saja, sebelum menentukan langkah-langkah yang akan Anda lakukan, Anda perlu melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara berkala.

Tujuannya supaya Anda bisa memastikan berapa kadar kolesterol Anda. Terlalu rendah, nomrmal atau Anda di posisi mana sekarang.

Jika terlalu rendah, Anda harus segera berusaha menaikkannya hingga ke tingkat normal. Kalau kolesterol Anda tinggi, Anda harus berusaha menurunkannya.

Kolesterol Jahat dan Proses Penyempitan Pembuluh Darah

Kolesterol dibedakan antara kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Dinamakan kolesterol baik karena ia membantu tubuh kita untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah (ateroma).

Penyempitan pembuluh darah terjadi akibat kelebihan lemak.

Sebaliknya, kolesterol jahat menjadi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah (ateroma). Tentu saja, kolesterol jahat harus Anda hindari.

Mengapa? Sebab, penyempitan pembuluh darah bisa menjadi pemicu terjadinya sakit jantung. Dalam medis, ini sering disebut ateroklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

Ateroma adalah plak lemak yang menumpuk di dinding arteri pembuluh darah. Jika plak lemak itu dibiarkan akan terus terjadi penumpukan di dinding arteri pembuluh darah. Makin lama tentu saja makin banyak.

Bahkan, penumpukan plak lemak bisa menutup atau menyumbat aliran darah. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya serangan jantung, stroke atau masalah serius lainnya.

Dengan pemeriksaan secara berkala, Anda bisa mengetahui tentang kadar kolesterol Anda. Biaya pemeriksaan juga tidak mahal, kok.

Atau, Anda menyediakan sendiri alat untuk memeriksa kolesterol sehingga setiap saat Anda bisa cek kolesterol Anda.

Sebab, pertumbuhan kolesterol tiap orang berbeda-beda. Tergantung makanan yang dikonsumsinya, pola hidup, dsb. Anda yang biasa merokok tentu berbeda dari Anda yang bukan perokok.

Anda yang biasa berolahraga tentu berbeda dengan Anda yang tidak pernah berolahraga.

Untuk memastikan apakah Anda sehat atau tidak, punya ancaman terkena stroke atau tidak, ya Anda harus cek kolesterol. Berapa lama Anda harus cek, tergantung dari kebutuhan berdasarkan kesehatan Anda.

Tidak perlu menunggu perintah dokter. Anda harus berinisiatif sendiri untuk mengetahui kadar kolesterol Anda. Kolestor Anda sehat atau dalam bahaya.

Tetapi, Anda sebaiknya lebih dulu konsultasi dengan dokter untuk memastikan langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan untuk membuat kolesterol Anda normal.

Makanan dan Buah Pencegah Kolesterol dengan Efektif

penurun kolesterol tinggi

http://akubuahsehat.blogspot.co.id

Tentu saja, selain mengonsumsi obat penurun kolesterol yang diberikan oleh dokter, Anda bisa menurunkan kolesterol dengan makanan atau buah penurun kolesterol.

Banyak makanan dan buah yang bisa Anda konsumsi. Anda bisa memilih mana yang cocok dan mudah disediakan. Baik dari segi pengadaan atau biaya pengadaan.

Selain itu, juga menghindari makanan yang mengandung lemak trans atau pemicu kolesterol. Misalnya, makanan yang digoreng, margarine, dan makanan ringan seperti biskuit dan roti.

Diet makanan pemicu kolesterol adalah sangat efektif seperti pernah saya lakukan. Dalam satu bulan, kolesterol saya turun drastis dari angka 253 (kolesterol tinggi) ke angka 191 (kolesterol normal).

Anda juga bisa mengonsumsi jamu atau obat herbal penurun kolesterol. Anda bisa membaca pengalaman orang lain yang sudah menggunakan obat herbal itu di Internet.

Selain itu, juga mengetahui kredibilitas suatu obat herbal. Pilih yang populer dan bisa dipertanggungjawabkan.

Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol tinggi sehingga bisa pada posisi normal.

1. Yoghurt. Makanan ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol karena bebas lemak, dan kaya protein, kalsium, dan mikroorganisme (Lactoballius sp) yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

2. Ikan seperti ikan sarden, makerel, salmon, dan tuna. Semua itu memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk jantung.

3. Bubur gandum atau oatmeal. Ini juga cocok untuk menurunkan kolesterol Anda karena kaya akan serat larut.

Anda sebaiknya mengonsumsi 5-10 gram serat larut. Satu setengah cangkir oatmeal yang sudah dimasak mengandung 6 gram serat.

Supaya oatmeal kaya rasa, Anda bisa menambahkan buah di atas bubur oatmeal.

4. Kacang-kacangan. Misalnya, almond, pistachio, hazelnut, dan lainnya. Kacang-kacangan ini bisa menurunkan risiko serangan jantung. Makanan ini juga bisa sebagai pengganti makanan berlemak seperti keju dan daging.

5. Coklat. Ini adalah camilan yang mengandung antioksidan dan flavonoid. Coklat juga bisa melepaskan Anda dari stres.

6. Minyak zaitun. Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa menurunkankolesterol Anda. Sehari cukup dua sendok makan.

Demikian artikel mengenai Batasan Kolesterol Normal Pria dan Wanita. Dengan periksa kolesterol secara berkala, Anda bisa mengetahui berapa kolesterol Anda dan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat kolesterol Anda dalam posisi normal (aman).

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Kolesterol Normal Wanita dan Kolesterol Normal Pria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *