Kolesterol Tinggi, Cara Mencegah dan Menurunkannya dengan Cepat

Advertisement

BERAPA kolesterol Anda? Coba cek, apakah masih normal, agak tinggi atau pada posisi kolesterol tinggi? Cek kolesterol adalah sangat penting untuk memastikan diri Anda sehat atau tidak. Jangan sampai Anda merasa sehat, ternyata sesungguhnya Anda sakit karena kolesterol tinggi.

Ya, periksa kadar kolesterol sangat penting karena tidak semua penyakit kolesterol memberi tanda-tanda atau gejala. Tahu – tahu, saat periksa di laboratorium, Anda menderita kolesterol tinggi.

Bahkan, seperti dialami adik ipar saya, tahu-tahu ia telah menderita kolesterol tinggi dan kolesterolnya telah menyebabkan ia juga menderita sakit jantung. Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati memang bisa menyebabkan sakit jantung dan stroke.

Karena tak ada gejala, banyak orang merasakan dirinya selalu sehat. Orang baru periksa dokter ketika kepala pusing, leher belakang (tengkuk) sakit atau punggung sakit seperti dialami adik ipar saya.

Cara terbaik memang cek kolesterol secara periodik. Kalau sampai sekarang Anda belum pernah cek kolesterol, coba cek di puskesmas, klinik atau rumah sakit.

Kalau dari hasil pemeriksaan dinyatakan kolesterol Anda normal, ya Anda perlu bersyukur. Tetapi, jika melebihi angka normal, ya Anda harus berusaha menurunkannya.

Jangan biarkan menjadi kolesterol tinggi. Ini berbahaya. Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung seperti dialami adik ipar saya atau penyakit stroke.

Saya sendiri, dulu pernah tiga kali periksa kolesterol dan selalu dinyatakan sehat. Eh, akhir 2014 lalu, kadar kolesterol saya naik hingga 253 mg/dL, yang berarti saya menderita kolesterol tinggi.

kolesterol normal alat cek kolesterol digital  (sumber: cekkolesterol.co.id)

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi?

Ya, mencegah kolesterol tinggi adalah sangat penting. Pepatah lama menyatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain caranya lebih mudah, biayanya juga lebih murah. Bahkan, bisa jadi mencegah tanpa memerlukan biaya.

Yang diperlukan hanya kemauan. Yakni, kemauan untuk hidup sehat. Hidup yang tanpa penyakit kolesterol tinggi.

Cara mencegah kolesterol tinggi bisa Anda lakukan dengan menjalankan cara hidup sehat. Ya, hidup sehat tidak selalu datang sendiri. Tetapi, perlu usaha tertentu sehingga Anda bisa mencapai hidup sehat sebaik mungkin.

Salah satu cara hidup sehat yang bisa mencegah Anda dari kolesterol tinggi adalah menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi.

Ada banyak makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi jika Anda mengonsumsi makanan itu. Ini tidak lain karena makanan itu mengandung zat kolesterol tinggi.

Anda harus hindari, terutama Anda yang kolesterolnya pernah naik tinggi. Makanan ini harus Anda hindari, terutama yang kandungan kolesterolnya sangat tinggi.

Makanan yang kandungan kolesterolnya tinggi antara lain dari produk hewani seperti daging sapi, kambing, babi, dsb. Atau susu dan telur. Misalnya, telur puyuh. Ini kolesterolnya sangat tinggi dan harus Anda hindari.

Atau kuning telur ayam. Ya, sama dengan pantangan darah tinggi atau hipertensi. Kuning telur ayam dan telur puyuh harus Anda hindari.

Tempo hari kolesterol saya kembali naik juga gara-gara menikmati masakan daging sapi dari panitia kurban. Saya mengonsumsi agak banyak. Hasilnya, ya kolesterol saya naik.

Untuk darah tinggi sebenarnya masih aman. Eh, yang naik justru kadar kolesterol. Ya, saya sekarang harus menghindari konsumsi daging sapi demi kesehatan. Tak apa.

Anda hobi makan cumi-cumi? Kandungan kolesterolnya juga sangat tinggi. Walaupun sekarang Anda belum kena kolesterol, sebaiknya mulai dibatasi. Biar nantinya Anda selalu sehat, tak terkena kolesterol tinggi.

Makanan lain yang harus Anda hindari adalah kulit ayam, jeroan, santan, kerupuk, aneka gorengan, dan kerang.

Konsumsi Makanan dan Buah Penurun Kolesterol

obat kolesterolobat herbal dari pace dan buah naga (sumber:telpon.info)

Bagaimana dengan kolesterol Anda? Jika ternyata kolesterol Anda normal, ya bersyukurlah. Makin bertambah usia, biasanya daya tahan menurun. Makanan pantangan makin bertambah.

Itu alamiah. Sudah jadi ketentuan Tuhan. Kita tidak bisa menolaknya.

Tetapi, kini anak muda menderita kolesterol juga banyak. Ini sejalan dengan perubahan gaya hidup akibat kemajuan. Banyak anak muda yang suka mengonsumsi makanan cepat saji. Ini adalah sumber penyakit kolesterol yang sebaiknya Anda hindari.

Ya, kalau ingin mengonsumsi silakan. Tetapi, jangan berlebihan dan jangan tiap hari. Risikonya berat. Anda bisa kena penyakit kolesterol tinggi saat usia masih muda.

Saat makan jangan hanya berpikir gengsi. Tetapi, berpikirlah juga tentang kesehatan. Saya pun pernah ikut ramai-ramai makan masakan barat di hotel berbintang.

Walaupun, saya sudah berusaha hati-hati, tensi darah saya naik juga. Sakit kepala tak juga cepat sembuh. Terpaksa pergi ke dokter untuk penyembuhannya.

Ya, konsumsi saja makanan lain yang aman, terutama buah. Buah sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Saya pun kini memperbanyak konsumsi buah.

Ada beberapa buah yang punya khasiat tinggi untuk menurunkan kolesterol. Misalnya, semangka, apel, buah berry, delima, mangga, jambu merah, anggur, dsb.

Selain mengonsumsi buah-buahan penurun kolesterol, Anda juga perlu mengonsumsi makanan penurun kolesterol jahat (LDL) dan makanan yang mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan cara itu, penurunan kolesterol bisa berlangsung cepat.

Makanan yang mampu menurunkan kolesterol jahat Anda antara lain:

1. Bayam. Murah dan mudah didapatkan. Bayam mengandung zat lutein yang bisa bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan melindungi jantung. Anda bisa memasak apa saja dengan bayam. Juga bisa dibuat jus.

Konsumsi tiap hari satu mangkuk sup atau masakan lain dari bayam dan jus bayam. Bayam juga bagus untuk menurunkan darah tinggi.

2. Daun seledri. Tidak hanya menurunkan kolesterol, daun seledri juga sangat bagus untuk menurunkan darah tinggi. Daun seledri mengandung antioksidan dan mampu menurunkan risiko sakit jantung.

Seledri bisa dikonsumsi langsung, ditumis, dibuat sup, atau berbentuk jus. Pilih mana Anda suka.

3. Buncis. Ini adalah sayuran rendah lemak yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Bisa juga untuk penderita diabetes. Minum jus buncis satu gelas tiap hari bisa menurunkan kolesterol jahat dan trigleserida.

4. Tahu tempe. Makanan yang dibuat dengan bahan baku kedelai juga berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi. Misalnya, tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai. Semua itu adalah makanan penurun kolesterol yang sangat baik.

Kedelai mengandung isoflavin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Tetapi, sebaiknya makanan-makanan itu tidak dimasak menggunakan minyak biasa. Sebaiknya gunakan minyak zaitun.

5. Bawang putih. Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda. Selain itu, juga bisa Anda gunakan menjaga kesehatan jantung.

6. Kacang-kacangan. Kacang panjang, kacang mede, almond, dan kacang kenari juga bagus untuk penurun kolesterol. Kacang panjang dengan seratnya mampu memperlambat laju kolesterol. Anda perlu mengonsumsinya secara teratur.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan  Cara Menurunkan

15 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

7 Obat Penurun Kolesterol dengan Cepat

10 Obat Herbal Kolesterol yang Terbukti Manjur

Itulah artikel tentang kolesterol tinggi dan beberapa makanan – buah sebagai penurun kolesterol tinggi. Anda bisa memilih beberapa untuk Anda konsumsi biar kolesterol tinggi Anda kembali turun pada posisi kolesterol normal.

Selain memperbanyak konsumsi makanan dan buah untuk menurunkan kolesterol, Anda harus berolahraga setidaknya empat hari dalam seminggu. Bisa juga jalan kaki, senam, jogging, bersepeda atau lainnya.

Yang terpenting ada gerakan fisik yang bisa membuat Anda lebih sehat. Konsumsi air putih, hindari merokok dan alkohol juga sama pentingnya untuk mendukung sukses penurunan kolesterol.

Tentu saja, komsumsi obat, baik obat farmasi atau obat herbal, juga sangat diperlukan. Terutama saat kolesterol masih sangat tinggi.

Cara Mencegah dan Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Advertisement