Connect with us

Ibu Hamil

20 Larangan Ibu Hamil Trimester Pertama – Hindari Keguguran, Cacat…

Published

on

LARANGAN Ibu hamil trimester pertama. Setidaknya ada 20 larangan yang harus mendapatkan perhatian dari ibu hamil trimester (3 bulan) pertama. Selain supaya Bunda sehat, menghindari berbagai larangan juga bisa membuat bayi yang dikandungnya tumbuh sehat. Yang lebih penting lagi bisa terhindar dari keguguran, tumbuh tidak normal, dsb.

Sebenarnya larangan itu tidak hanya 20. Ada yang menyebutkan sampai 62 larangan atau 89 pantangan. Banyak sekali? Bunda tidak usah memikirkan banyaknya pantangan atau larangan. Sebab, tidak semua larangan itu berkaitan dengan Bunda.

Itulah sebabnya dalam artikel ini hanya disebutkan 20 larangan. Selain dipilih larangan penting, sebagian larangan sejenis dikelompokkan. Misalnya, larangan mengonsumsi beberapa buah, hanya disebutkan dalam satu nomor.

Selain itu, tidak semua Bunda menghadapi larangan itu. Misalnya, larangan minum alkohol. Bagi Bunda yang tidak pernah minum alkohol, tentu tidak perlu berpikir tentang larangan itu. Masih banyak larangan lain yang tidak ada kaitannya dengan Bunda.

Jadi, buat Bunda sesungguhnya larangan itu tidak banyak. Larangan-larangan itu tujuannya supaya Bunda dan bayi yang dikandungnya selalu sehat. Calon bayi tumbuh dengan baik dan nantinya bisa menjadi anak kebanggaan orang tua.

Kata pepatah zaman dulu, anak bisa mikul dhuwur mendhem jero (bhs Jawa). Maksudnya, bisa meningkatkan derajat dan nama besar orang tua dan keluarga karena prestasi baiknya.

Tentu saja, selain menghindari makanan dan buah larangan, Bunda harus selalu mengonsumsi makanan sehat. Setidaknya ada 5 kelompok makanan sehat untuk ibu hamil muda.

20 Larangan Ibu Hamil Trimester Pertama yang Harus Bunda Hindari

larangan ibu hamil trimester pertama
buah larangan ibu hamil trimester pertama (foto:ratna3133.blogspot.com)

Apa saja larangan ibu hamil trimester pertama atau tiga bulan pertama?

Sesungguhnya larangan atau pantangan ini tidak selalu sama antara Bunda yang satu dengan Bunda lainnya. Sebab, kondisi kesehatan masing-masing bisa berbeda.

Tetapi, secara umum bisa disebutkan beberapa larangan ibu hamil yang harus dijauhi supaya kehamilan Bunda berjalan lancar. Kehamilan memang memerlukan perhatian khusus karena terjadinya perubahan hormon pada Bunda sehubungan dengan kehadiran si calon bayi dalam kandungan.

Lebih-lebih Bunda yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Selain menghindari makanan dan aktivitas lain yang berakibat buruk, Bunda juga perlu selalu mengonsumsi makanan bergizi. Tujuannya supaya bayinya tumbuh sehat dan cerdas.

Di sini akan disebutkan 20 larangan untuk ibu hamil yang harus dijauhi oleh Bunda yang sedang hamil muda pada trimester pertama atau tiga bulan pertama. Ke-20 larangan itu adalah:

1. Larangan ibu hamil merokok

Bunda merokok bisa menyebabkan bayi lahir prematur (lebih awal), mengalami keguguran, dan bayi tidak tumbuh normal.

2. Jangan dekat orang merokok

Meskipun Bunda bukan perokok, tetapi jangan pernah dekat dengan orang yang sedang merokok. Bunda akan kena asapnya. Masuk ke hidung Bunda (terhisap tanpa sengaja). Bayi Bunda bisa berisiko berat badanya di bawah normal.

3. Mengonsumsi minuman keras

Minuman keras atau alkohol bisa menyebabkan bayi yang Bunda kandung mengalami keguguran, cacat bawaan, dsb.

4. Mengonsumsi kafein lebih dari 200mg

Banyak mengonsumsi kafein seperti minum kopi, minuman berenergi, soda, teh, bisa berisiko keguguran. Kalau ingin minum, ya sedikit saja. Jangan mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg sehari. Bisa fatal akibatnya.

5. Minum obat sembarangan

Jangan minum obat sembarangan. Itu berisiko bisa membahayakan janin. Bunda sebaiknya hanya minum obat dari resep dokter yang memeriksa kehamilan Bunda.

6. Minum susu segar yang tidak dipasteurisasi

Bunda sebaiknya hanya minum susu yang sudah diolah oleh pabrik. Ini telah diproses dengan baik sehingga menjadi susu sehat. Susu yang higienes dan terbebas dari sumber penyakit. Susu yang belum diproses di pabrik bisa menyebabkan keracunan dan kematian janin.

7. Mengonsumsi teh hijau

Bunda jangan mengonsumsi teh hijau. Bisa berefek tidak baik bagi Bunda ataupun bayi dalam kandungan. Bunda bisa kekurangan asam folat dan berat badan bayi di bawah normal.

8. Larangan mengonsumsi telur setengah matang, keju…

Usahakan selalu mendapatkan makanan atau cemilan sehat. Jangan mengonsumsi makanan yang kemungkinan mengandung bakteri, parasit atau racun. Misalnya, telur setengah matang, keju, hati, ikan mentah, dan susu yang tidak terpasteurisasi (tidak diolah di pabrik).

9. Mengonsumsi bakso, siomay, dsb.

Larangan Ibu hamil trimester pertama lainnya adalah bakso, mi ayam, bakwan malang, siomay, dan sejenisnya. Makanan-makanan itu mengandung zat kimia yang mengganggu pertumbuhan saraf pada janin. Misalnya terjadinya anak autis, hiperaktif, dsb. Yang perlu diwaspadai dalam makanan-makanan itu adalah pemakaian boraks, formalin serta bumbu penyedap.

10. Daging olahan seperti sosis, hotdog, burger

Bunda sebaiknya memasak sendiri daging segar jika ingin mengonsumsi daging karena lebih higienes. Daging olahan seperti dalam sandwitch, hotdog, atau burger harus Bunda hindari. Daging olahan biasanya tidak dimasak dengan sempurna dan bisa mengandung banyak bakteri.

11. Mengonsumsi sate, steak dan burger

Sate juga termasuk daging olahan yang perlu diwaspadai. Demikian juga steak dan burger, yang biasanya cara memasak kurang matang. Ini membuat parasit dan mikroorganisme lain seperti parasit toksoplasma tidak mati. Ini bisa membuat janin tumbuh tak normal, kata dr Mariono Reksoprodjo, SpOG, dari Klinik Bersalin Seruni, Jakarta.

12. Lalapan sayur mentah

Sama halnya dengan sate, steak, maka konsumsi lalapan sayur mentah juga bisa berakibat buruk pada janin jika lalapan itu tidak dibersihkan atau dicuci dulu dengan air mengalir (melalu kran). Yang aman, ya sayuran dikukus dulu. Sebab, tanaman sayuran kini umumnya disemprot dengan pestisida. Kecuali sayuran hidroponik yang relatif lebih bersih dari bahan kimia.

13. Mi instan dan cemilan dengan bahan pengawet

Dampak negatif dari mengonsumsi mi instan dan beberapa cemilan bisa mengenai pada Bunda dan bayinya. Ini sebagai akibat dari penggunaan bahan pengawet dan MSG. Pertumbuhan saraf janin bisa terganggu. Kalau Bunda ingin mengonsumsi mi, yang sedikit saja dan tidak tiap hari.

14. Minuman ringan dalam kemasan

Bunda juga perlu hati-hati jika ingin mengonsumsi minuman ringan. Adakah minuman itu mengandung bahan pengawet yang termasuk larangan Ibu hamil trimester pertama. Ya, Bunda perlu hari-hati supaya aman dan tetap sehat.

15. Ayam goreng jenis crispy

Ayam goreng jenis crispy sebaiknya dihindari. Demikian pula ayam yang sudah diolah menjadi nugget, sandwich, pizza, dsb. Makanan-makanan itu rendah gizi sehingga dikhawatirkan akan berpengaruh buruk pada janin. Beberapa mengandung lemak, gula, dan garam yang tinggi.

Sebaiknya, jika tetap ingin mengonsumsi karena Bunda nyidam, ya jangan banyak-banyak. Atau memasak sendiri yang lebih sehat. Misalnya ayam goreng tanpa kulit. Pilih sandwich reguler, sedikit olesan dan rendah lemak.

16. Hati ayam/sapi yang kaya kalori

Mengonsumsi hati ayam atau hati sapi juga merupakan pantangan ibu hamil muda trimester pertama. Sebab, keduanya merupakan makanan tinggi kalori. Ibu hamil muda tak membutuhkan kalori tinggi. Justru dengan mengonsumsi hati ayam atau hati sapi bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Mengonsumsi jeroan ampela juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi, obesitas dan asam urat.

17. Daging dan seafood mentah

Mengonsumsi daging dan seafood mentah seperti dalam makanan olahan sushi juga harus Bunda hindari. Demikian pula daging dan seafood setengah matang, semua bisa menyebabkan masuknya bakteri dan racun yang berbahaya untuk janin.

18. Ikan yang mengandung merkuri

Bunda juga harus menghindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri. Ini menyebabkan otak janin rusak dan pertumbuhan janin lambat. Misalnya ikan hiu (sirip hiu), ikan king makarel, dan ikan todak. Mengonsumsi ikan-ikan ini bisa menyebabkan kerusakan otak janin dan pertumbuhan bayi lamban.

19. Telur mentah menurunkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi telur mentah atau telur setengah matang bisa menurunkan kekebalan tubuh Bunda sehingga mudah keracunan dan infeksi bakteri salmonela. Makanan yang mengandung telur mentah adalah mayonais, custard, tiramisu, dan masih banyak lagi.

20. Buah pepaya, anggur hitam, nanas…..

Ada beberapa buah yang harus Bunda hindari ketika kandungan umur trimester pertama. Antara lain pepaya, anggur hitam, nanas, durian, nangka, melon, mangga matang, dan jus buah. dan terong.

Pepaya mengandung lateks yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Nanas bisa menyebabkan keguguran, anggur hitam membuat suhu bagi bayi dalam kandungan panas, dan terong bisa menyebakan keguguran.

Demikian 20 larangan Ibu hamil trimester pertama. Semoga bisa menambah informasi penting bagi ibu hamil muda atau hamil pada trimester pertama. Bunda bisa selalu sehat dan bayinya tumbuh dengan baik di dalam kandungan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.