Latihan Kardio untuk Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Posted on

ANDA ingin mengecilkan perut buncit dengan cepat? Jika ya, Anda bisa mencoba melakukan latihan kardio untuk perut. Lakukan latihan kardio dengan teratur 3 kali per minggu ditambah diet kardio dengan baik.

Dua aktivitas ini adalah kunci sukses untuk mengecilkan perut buncit. Jika Anda bisa menjalankan keduanya dengan baik, Anda akan sukses mengecilkan perut buncit.

Tidak sulit. Yang penting Anda selalu melakukan latihan kardio dengan baik dan kontinyu atau terus-menerus. Selalu melakukan latihan kardio sesuai dengan jadwal dan tidak mengonsumsi makanan yang justru akan membuat perut Anda tetap buncit.

Inti dari usaha menurunkan atau mengecilkan perut buncit adalah:

1. Selalu mengonsumsi makanan yang membuat perut Anda ramping.

2. Tidak mengonsumsi makanan yang menyebabkan perut buncit.

3. Selalu melakukan olahraga, setidak 5 hari per minggu.

 Latihan Kardio Akan Memperkuat Jantung dan Menghindari Sakit Jantung

latihan kardio untuk perut

latihan kardio (lari pagi) akan memperkuat jantung (sumber:coquetean)

Apakah latihan kardio itu? Kata kardio berasal dari “cardiovascular”. Kata cardiovascular berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Fungsi cardiovascular adalah mengirim darah pembawa nutrisi ke seluruh organ tubuh melalui arteri. Anda dapat merasakan efek kerja jantung dari denyut nadi tangan: dup.. dup.. dup..

Latihan atau olahraga kardio bertujuan untuk memperkuat atau membuat jantung sehat sehingga bisa terhindar dari penyakit serangan jantung. Kesehatan jantung harus selalu Anda jaga karena fungsinya sangat bagi besar bagi kehidupan.

Banyak orang tiba-tiba jatuh pingsan dan kemudian meninggal dunia akibat serangan jantung. Hal itu jelas tidak Anda inginkan. Akibat yang terjadi dari penyakit jantung memang sering mengejutkan.

Selain melakukan olahraga, termasuk melakukan latihan kardio, ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan supaya jantung selalu sehat. Misalnya, Anda harus membuat tekanan darah selalu stabil, kadar kolesterol selalu normal, dsb.

Penyakit darah tinggi atau hipertensi dan kolesterol tinggi yang tidak diobati atau disembuhkan juga bisa membuat seseorang menderita sakit jantung. Adik ipar saya, Trisjani, mengidap kolesterol tinggi hingga 285 mg/dl. Akibanya, jantungnya pun terkena imbasnya. Jantungnya juga harus diobati dengan harus opname di rumah sakit.

Anda harus selalu menjaga kesehatan jantung karena jantung merupakan sumber dan pusat kehidupan. Selain itu, jika jantung Anda sakit, biaya pengobatannya sangat mahal.

Salah satu cara mencegah terjadinya sakit jantung adalah melakukan olahraga rutin setidaknya 4 kali per minggu, termasuk latihan kardio. Selain itu, juga diet. Terutama bagi Anda yang telah kena penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi atau penyakit lain.

Lakukan Latihan Kardio untuk Mengecilkan Perut Sebelum Sarapan, Mengapa?

Kembali ke masalah latihan kardio untuk mengecilkan perut. Ya, latihan kardio memang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Anda bisa gunakan latihan kardio untuk:

  1. memperkuat jantung
  2. memperkuat paru-paru
  3. mengecilkan perut buncit
  4. menurunkan berat badan.

Tetapi, latihan kardio harus dilakukan sesuai dengan tujuan. Maksudnya, jika latihan kardio untuk mengecilkan perut buncit, maka latihan harus dilakukan pagi hari sebelum sarapan pagi.

Begitu bangun pagi langsung latihan kardio. Ya, pokoknya lakukan latihan kardio sebelum sarapan pagi. Dengan cara ini, latihan bisa membuahkan hasil seperti yang Anda harapkan. Yakni, latihan krdio mampu mengecilkan perut Anda.

Mengapa latihan dilakukan sebelum sarapan? Tujuannya supaya latihan kardio membuat Anda menggunakan energi lemak yang tersimpan. Ini akan membantu mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan.

Syarat lain, Anda jangan mengonsumsi karbohidrat tinggi pada malam hari. Makanan dengan karbohidrat tinggi antara lain semangka, melon, kedelai, jeruk, apel, berry, mangga, nanas, kentang, ubi, pisang, beras merah, beras, singkong, roti, mi, gula, tepung sagu, sereal, kacang-kacangan, dsb.

Jika Anda melakukan kardio untuk menyehatkan jantung, ya Anda boleh mengonsumsi karbohidrat tinggi pada malam hari. Selain itu, Anda bisa melakukan kardio pagi hari seperti kardio untuk mengecilkan perut buncit atau melakukan latihan kardio pada malam hari.

Ya, beda tujuan beda cara. Itulah latihan kardio yang bisa menghasilkan apa yang Anda inginkan. Jika tidak sesuai ketentuan, ya kardio tak menghasilkan apa-apa. Badan Anda tetap gemuk, perut tetap buncit, atau Anda masih rentan kena sakit jantung.

berenang

renang, salah satu bentuk latihan kardio (sumber:viva.co.id)

Jenis-jenis Latihan Kardio untuk Mengecilkan Perut

Berikut ini beberapa jenis latihan kardio untuk mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan. Seperti dijelaskan di atas, Anda sebaiknya melakukan latihan kardio pagi hari sebelum sarapan.

Latihan sebaiknya dilakukan setidaknya selama 150 menit per minggu. Atau tiap hari 30 menit selama 5 hari per minggu. Supaya bisa bangun pagi, Anda harus mulai tidur lebih awal. Jangan berangkat tidur terlalu malam.

Jenis-jenis kardio untuk mengecilkan perut buncit adalah:

1. Latihan kardio dengan intensitas sedang antara lain berlari, jalan kaki/jogging, mendaki (hiking), bersepeda, menari, berenang, dan naik turun tangga.

2. Lari dan joging cepat bisa membakar banyak kalori dan mengurangi lemak. Lari dan joging merupakan latihan kardio stabil. Lari 1,6 km dapat membakar 100 kalori. Lari sekaligus joging akan menyehatkan jantung.

Jika Anda bukan olahragawan, lakukan latihan lari cepat secara bertahap. Bisa dimulai dari lari 0,5 km, 1 km dan 1,6 km.

3. Tambahkan latihan mengencangkan otot perut. Tujuannya supaya usaha mengecilkan perut berjalan efektif. Cepat mendatangkan hasil. Latihan mengencangkan otot perut antara lain crunch, plank, bicycle crunch, atau v-sit.

4. Latihan lain yang juga bisa Anda pilih adalah bersepeda di tempat (spinning) dengan menggunakan sepeda stasioner atau sepeda statis. Latihan di ruang tertutup akan membuat Anda mengeluarkan banyak keringat. Siapkan air putih untuk sering minum.

Jika belum terbiasa, mulailah bersepeda dengan perlahan-lahan. Hari-hari berikutnya mulai meningkatkan kecepatan.

Lakukan Diet Kardio untuk Mengecilkan Perut

Di atas sudah diungkapkan bahwa ada dua cara yang perlu Anda lakukan untuk mengecilkan perut. Pertama adalah latihan kardio dan kedua diet kardio.

Apakah diet kardio itu? Diet kardio untuk mengecilkan perut adalah mengatur pola makan yang bisa mengurangi lemak yang tertimbun di dalam perut. Dalam perut terdapat otot-otot yang jarang digunakan.

Akibatnya, sangat sedikit lemak dan kalori yang terbakar. Terimbunnya banyak lemak dan kalori membuat perut Anda buncit. Llu, bagaimana cara melakukan diet kardio?

Cara Diet Kardio untuk Mengecilkan perut adalah sebagai berikut:

1. Kurangi Makan Camilan

Sering makan camilan, terutama camilan yang mengandung banyak gula dan lemak bisa membuat perut buncit. Makan camilan tak pernah merasa kenyang sehingga selalu berulang. Akibatnya, camilan menghasilkan banyak lemak dalam perut.

Apalagi camilan yang manis seperti cokelat, kue, ice kream, dan sebagainya. Lebih-lebih jika suka makan camilan di malam hari. Oleh karena, hindari atau kurangi makan camilan, terutama pada malam hari. Camilan ganti dengan buah yang rendah protein seperti dijelaskan pada nomor 3 di bawah ini.

2. Kurangi Jumlah Kalori yang Anda Konsumsi

Anda perlu mengurangi jumlah kalori melalui makanan yang Anda konsumsi untuk mengecilkan perut buncit. Artinya, Anda perlu menghindari makanan dan buah dengan kalori tinggi. Selain itu, makanlah nasi dengan porsi kecil sehingga kalori yang Anda asup bisa berkurang. Anda perlu mengurangi 200 – 300 kalori dari setiap kali makan.

Makanan dan buah berkalori tinggi antara lain minyak lemak hewani (902 untuk 100 gram minyak), kacang-kacangan dan biji-bijian (719), nasi goreng (600-an), makanan cepat saji (400), kelapa (354), kurma (282), alpukat (160), mangga (156), dsb.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein membuat Anda selalu merasa kenyang. Artinya, nafsu makan Anda turun. Tidak sebentar-sebentar ingin makan. Sebaliknya, Anda merasa kenyang lebih lama. Ini membuat Anda bisa mengecilkan perut buncit Anda.

Makanan tinggi protein, misalnya, ikan, dada ayam, daging domba, daging sapi, ikan tuna, keju, kacang kedelai, kacang polong, gandum, telur, dsb. Pilih saja makanan mana yang Anda suka. Anda akan mendapati perut buncit kembali ramping.

Demikian mengenai Latihan Kardio untuk Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat. Anda bisa memilih cara mana yang ingin Anda jalankan untuk mengecilkan perut buncit Anda. Semoga Anda bisa sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *