Connect with us

Berita Kesehatan

5 Tips Latihan Kardio yang Bisa Membakar Banyak Lemak

Published

on

BAGAIMANA supaya latihan kardio kamu benar-benar bisa membuat berat badan kamu menjadi langsing sekaligus kamu menjadi sehat? Ya, 5 tips latihan kardio berikut ini sangat penting untuk membantu Anda bisa mempercepat penurunan berat badan.

Latihan atau olahraga kardio bisa membakar banyak lemak sehingga peredaran darah pembawa oksigen lancar sekaligus bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Jantung merupakan organ yang sangat vital sehingga Anda harus menjaganya agar tetap sehat.

Jangan sampai Anda selalu merasa sehat, tetapi tiba-tiba Anda jatuh pingsan dan dokter menyatakan Anda mengalami sakit jantung. Atau, jatuh pingsan akibat shock dan kemudian meninggal dunia.

Peristiwa semacam ini sering terjadi dalam masyarakat. Ini tidak lain karena mereka tidak memelihara kesehatan jantung. Mereka tidak pernah memeriksakan diri mengenai kesehatan jantung.

Salah satu cara supaya jantung Anda tetap sehat, ya Anda harus menghindari terjadinya kegemukan. Berat badan Anda berlebih akibat banyak lemak yang mengendap pada tubuh.

Olahraga bisa mencegah terjadinya kegemukan (obesitas) yang bisa mengancam kesehatan jantung Anda. Misalnya, olahraga kardio atau latihan kardio.

Tidak harus di tempat kebugaran. Anda juga bisa melakukan latihan kardio di rumah. Waktunya bebas bagi Anda. Bisa pagi, siang , sore ataupun malam hari.

Yang penting Anda rajin melakukan olahraga kardio sehingga Anda bisa menurunkan berat badan,  mengecilkan perut buncit, ataupun mencegah kegemukan.

5 Tips Membuat Latihan Kardio Bisa Menurunkan Berat Badan dan Membuat Jantung Sehat

latihan kardio

(sumber:marilangsingalami.com)

Untuk latihan atau olahraga kardio, Anda bisa melakukan jalan kaki, berenang, melompat-lompat atau bersepeda. Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari satu jenis.

Jenis apa pun yang yang Anda pilih, yang penting Anda rajin melakukan olahraga kardio sehingga selalu sehat, khususnya untuk organ jantung. Berbagai latihan kardio diharapkan bisa menyetabilkan tekanan darah, sistem peredaran darah, memperkuat jantung, melatih jantung dan memperkuat paru-paru

Berikut ini ada 5 tips melakukan latihan atau olahraga kardio biar bisa mencapai hasil maksimal untuk kesehatan Anda seperti dilansir oleh okezone.com.

Ke-5 tips latihan kardio tersebut adalah:

1. Mulai dari Lompatan Sedang

Mulai latihan atau olahraga dengan kecepatan sedang. Secara bertahap, mulai tingkatkan kecepatannya sehingga mampu membakar kalori dalam jumlah lebih banyak.

Tentu saja, kecepatannya sesuai dengan kemampuan dan usia Anda. Baik untuk jalan kaki, berenang, melompat-lompat atau bersepeda.

Dengan olahraga kardio seperti itu, Anda akan mampu membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan ketahanan tubuh.

2. Olahraga Kardio dengan Menggunakan Lengan

Anda bisa melakukan olahraga dengan mengayunkan lengan Anda ke muka dan belakang. Atau ke atas dan ke bawah. Ini akan memengencangkan otot tangan Anda dan Anda pun sehat. Baik saat berlari, berenang atau zumba.

3. Memperpanjang Waktu Berolahraga

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari olahraga kardio Anda, maka Anda bisa memperpanjang waktu latihan. Jika biasanya latihan berlangsung selama 30 – 45 menit. Coba akan tambahkan 5 menit lagi sehingga bisa membakar lemak dalam jumlah lebih banyak lagi. Proses penurunan berat badan pun bisa berlangsung lebih cepat.

4. Melakukan Dua Jenis Kardio

Akan lebih bagus lagi jika dalam satu minggu, Anda melakukan dua jenis latihan kardio. Misalnya, dengan melakukan lari dan bersepeda. Otot Anda akan lebih kuat dengan cara melakukan olahraga kardio seperti itu. Cara ini bisa mencegah cedera stres pada otot akibat latihan atau melakukan olahraga berulang dalam jenis yang sama.

5. Tingkatkan Kualitas Olahraga

Jika Anda sudah bisa melakukan olahraga kardio dengan rutin, maka Anda perlu meningkatkan kualitas latihan kardio. Ya, tujuannya supaya Anda makin sehat. Ketahanan tubuh Anda makin kuat.

Misalnya untuk lari. Anda bisa melakukan berbagai gaya lari atau dengan kecepatan lebih tinggi. Pokoknya jangan monoton sehingga kualitas kesehatan Anda selalu meningkat.

Kapan Waktu Tepat untuk Melakukan Olahraga Kardio

Pertanyaan berikutnya, kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga kardio?

Ya, waktu yang tepat melakukan latihan kardio biar hasilnya efektif adalah pagi hari sebelum Anda sarapan pagi. Baik latihan kardio untuk menurunkan berat badan (kegemukan) atau untuk kesehatan.

Untuk menurunkan berat badan:  latihan kardio dilakukan tiap pagi sebelum sarapan disertai menghindari konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi pada malam hari. .

Untuk membuat jantung sehat: latihan kardio tiap pagi sebelum sarapan. Pada malam harinya Anda bisa makan komplit dengan karbohidrat tinggi, protein dan lemak baik. Jika latihan pada sore atau malam hari, ya langsung saja latihan. Kecuali Anda belum makan malam, ya makan dulu.

Pengertian Latihan Kardio dan Beberapa Manfaatnya

Sebelum mengakhiri uraian mengenai latihan kardio untuk membuat tubuh Anda bisa selalu sehat, ada baiknya di sini dijelaskan tentang pengertian latihan kardio dan beberapa jenisnya.

Kata kardio merujuk pada kata “cardiovascular”. Istilah ini menyangkut sirkulasi darah dari jantung ke seluruh sel tubuh yang memerlukan. Dengan melakukan latihan atau olahraga cardio, maka Anda akan mampu meningkatkan peredaran darah pembawa nutrisi dan oksigen ke seluruh sel tubuh.

Tujuan latihan/olahraga kardio adalah membuat jantung lebih terpacu untuk memompa darah pembawa oksigen dan nutri ke seluruh sel tubuh sehingga tubuh Anda menjadi selalu sehat.

Segala aktivitas yang bertujuan meningkatkan kerja jantung hingga mencapai 50 – 75% dari denyut jantung normal bisa dikatakan sebagai kardio.

Video Cara Melakukan Latihan Kardio di Rumah:

Adapun manfaat dari olahraga atau latihan kardio adalah:

  1. Menurunkan berat badan. Dengan gerakan tubuh selama melakukan olahraga kardio, Anda akan membakar banyak kalori. Makin tinggi gerakan fisik Anda, maka makin banyak lemak yang terbakar. Ini membuat Anda bisa menurunkan berat badan lebih banyak lagi.
  2. Melatih otot jantung . Dengan rajin latihan kardio, otot-otot jantung dan jantung Anda makin kuat. Ini akan membuat Anda lebih sehat.
  3. Dengan rajin latihan kardio, sel-sel dalam tubuh akan memerlukan oksigen dan nutri lebih banyak. Paru-paru pun akan bekerja secara maksimum sehingga jantung akan bekerja secara optimal dan lebih sehat.
  4. Otak Anda akan lebih sehat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kesehatan jantung dan kesehatan otak. Jantung yang sehat akan memompa banyak darah menuju otak sehingga otak pun lebih segar dan sehat.
  5. Latihan kardio bisa membuat tidur Anda lebih nyaman. Dampaknya, fisik Anda juga lebih sehat karena dengan itu Anda bisa istirahat cukup dan mencegah stres.

Selamat melakukan latihan kardio. Selalu jaga kesehatan Anda dengan olahraga kardio.




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.