Connect with us

Ibu Hamil

Makanan Khusus buat Ibu Hamil biar Bayi Anda Jadi Anak Pintar

Published

on

SEMUA orang tua menginginkan anaknya tumbuh sehat dan pintar. Di sekolah selalu mendapatkan nilai tertinggi. Caranya, ya Bunda harus mengonsumsi makanan buat ibu hamil biar bayi pintar.

Makanan apa saja itu? Yaitu, makanan yang mengandung protein, AA – DHA, asam amino, asam lemak omega 3 6 9, dan lainnya.

Berbagai nutrisi yang Bunda konsumsi sangat berpengaruh terhadap pembentukan kecerdasan si janin dalam kandungan. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah keturunan atau gen dan pola hidup sehat orang tua.

Tetapi, asupan berbagai nutrisi paling besar pengaruhnya sehingga harus mendapatkan perhatian khusus dari ibu hamil. Semakin baik asupan nutrisinya, maka semakin maksimal pertumbuhan kecerdasan otak si janin.

Kini, kewajiban orang tua, khususnya Bunda untuk selalu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, sekaligus untuk bayi yang dikandungnya. Tujuannya tidak lain supaya bayi Bunda tumbuh sehat dan cerdas.

7 Makanan Penting buat Bunda biar Bayinya Jadi Anak Pintar

Ada banyak makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk membuat bayi dalam kandungan memiliki kecerdasan yang tinggi, yaitu makanan buat ibu hamil biar bayi pintar. Setelah masuk sekolah sejak PAUD sampai perguruan tinggi selalu mendapatkan prestasi yang membanggakan.

Berikut ini 7 jenis makanan buat Bunda biar bayi pintar. Bunda bisa memilih makanan mana yang Anda sukai. Yang penting bayi yang Bunda kandung tumbuh sehat dan menjadi anak pintar.

Tetapi, ada 1 kelompok makanan yang harus  Bunda hindari karena bisa membahayakan kesehatan si janin.

makanan buat ibu hamil biar bayi pintar

1. Kacang Tanah Berprotein Tinggi, Lebih Tinggi dari Daging & Telur

Mengonsumsi kacang tanah sangat baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan. Bahkan, kacang tanah merupakan salah satu makanan buat ibu hamil biar bayinya pintar.

Kacang tanah mengandung protein tinggi. Ya, jauh lebih tinggi daripada protein yang terkandung dalam daging, telur, dan kacang kedelai.

Selain itu, kacang tanah tanah mengandung lemak nabati, lesitin, kolin, kalsium, folat, dan fosforus. Kandungan lain adalah vitamin A, B kompleks, E dan vitamin K. Jantung Bunda juga akan lebih sehat dengan mengonsumsi kacang tanah.

Manfaat lain bisa mencegah ibu hamil kena diabetes. Jika Bunda menderita diabetes dikhawatirkan penyakit ini nantinya bisa menurun ke anak Anda.

Kacang tanah mengandung asam folat tinggi untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang si calon bayi. Dengan mengonsumsi kacang tanah 2 sendok makan per hari selama 5 hari sepekan, anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Makanan lain yang berkalori tinggi adalah kacang kedelai (tahu, tempe dan susu kedelai), brokoli, telur, keju, ikan teri, kacang almond, keong mas, dan gandum.

2. Telur Kaya Mineral dan Vitamin untuk Kecerdasan si Bayi

Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang sangat baik Bunda konsumsi adalah telur. Sama dengan kacang tanah, telur juga mengandung protein tinggi. Kandungan lain adalah lemak, vitamin dan mineral yang cukup tinggi untuk perkembangan otak si janin.

Telur juga mengandung kolin dan asam lemak omega 3 yang bisa membuat anak memiliki otak cerdas atau pintar. Demikian pula penglihatannya. Dengan konsumsi telur yang cukup, mata bayi Anda akan tumbuh sehat.

Bunda sebaiknya mengonsumsi 1 butir telur ukuran besar atau sekitar 50 gram telur.

Makanan lain yang penting untuk ibu hamil biar kebutuhan mineral dan vitaminnya tercukupi adalah sayuran hijau, nasi dari beras berwarna cokelat, kacang-kacangan, jeruk, tahu, tempe, dsb.

3. Daging Sapi, Makanan buat Ibu Hamil biar Bayi Pintar

Siapa yang tidak suka daging sapi? Yang penting bisa beli karena harganya sering tinggi. Tetapi, jika Bunda punya dana cukup, mengonsumsi daging sapi sangat penting untuk kesehatan Bunda dan kecerdasan otak bayi Anda.

Ya, daging sapi termasuk makanan ibu hamil agar bayi cerdas yang bisa Anda pilih. Daging sapi termasuk makanan yang kaya zat besi, protein dan tergolong makanan bergizi untuk ibu hamil. Selain bermanfaat untuk membuat anak cerdas, protein juga bermanfaat untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim, dan kekebalan tubuh.

Anda cukup makan sepotong daging sapi atau 35 gram tanpa lemak sehari.

4. Ikan Salmon: Kandungan Gizinya Tinggi

Ikan salmon bisa Bunda temukan di swalayan atau supermarket. Agak mahal harganya. Atau membeli ikan salmon olahan yang tinggal mengonsumsi di restoran.

Kandungan gizi dari ikan salmon cukup tinggi, baik untuk protein, asam lemak essensial omega 3, AA dan DHA. Semua itu sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak calon bayi dalam kandungan.

Ikan salmon memang termasuk salah satu makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang bisa Anda pilih. Tetapi, ibu hamil jangan mengonsumsi ikan salmon mentah. Dikhawatirkan ikan salmon masih terkontaminasi dengan bakteri berbahaya.

Bunda juga bisa mengonsumsi ikan tuna atau makarel.

5. Sayur Bayam: Murah Sehat dan si Bayi Akan Berotak Cerdas

Yang ini tentu semua Bunda bisa mendapatkannya dengan mudah. Jika beli, harganya sangat murah. Bunda juga bisa menanam bayam di halaman depan atau belakang rumah.

Bayam mengandung zat besi dan asam folat yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk Bunda, bayam juga mampu membuat si bayi dalam kandungan tumbuh sehat dan cerdas.

Zat besi berfungsi membantu mengirimkan oksigen ke sel-sel otak bayi sehingga kecerdasannya bisa tumbuh optimal. Kekurangan zat besi bisa membuat janin lahir prematur dan berat badannya di bawah rata-rata.

Bahkan, setelah lahir dan besar bisa kena penyakit kurang darah (anemia). Sama dengan Bunda. Kekurangan zat besi saat hamil bisa membuat Bunda menderita anemia.

Zat besi bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau gelap, buah kering, dan kacang-kacangan.

sayur bayam

sayur bayam untuk ibu hamil (foto:areabumil.com)

6. Vitamin Otak Bayi dalam Kandungan, Nalucta Sangat Terkenal

Ibu hamil bisa mengonsumsi vitamin otak bayi yang cukup. Seorang dokter menyarankan agar Bunda meminum vitamin yang sudah sangat terkenal bagi ibu-ibu untuk mencetak anak pintar.

Namanya nulacta. Vitamin ini mengandung minyak iklan dan DHA yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak bayi dalam kandungan. Ia mampu meningkatkan kualitas berpikir anak.

Bunda sebaiknya mengonsumsi vitamin ini 1 hingga 2 tablet per hari. Ada nalucta biasa, nalucta plus, nulacta untuk ibu hamil, dan nulacta untuk ibu menyusui.

Bunda bisa mendapatkan vitamin nulacta ini di toko-toko obat. Kandungan tablet ini adalah minyak ikan, EPA dan DHA 373 mg, minyak peppermint 3 mg, dan vitamin E 4 mg.

Selain untuk membuat bayi yang Bunda kandung memiliki otak yang cerdas, tablet nulacta ini juga bermanfaat untuk Bunda. Antara lain meredakan rasa mual pada awal kehamilan, menjaga kesehatan kulit Bunda, dan menjaga kekebalan tubuh biar Bunda tak mudah sakit.

7. Makanan Mengandung Yodium Tinggi

Pada masa awal kehamilan, Bunda harus mengonsumsi makanan yang mengandung yodium tinggi. Ini penting untuk pembentukan jaringan otak pada bayi yang Bunda kandung. Misalnya, ikan laut, youghurt dan telur.

8. Hati-hati Konsumsi Makanan Kalengan, Ada Bahan Pengawet

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan segar, bukan makanan kalengan. Dengan mengonsumsi makanan segar untuk ibu hamil, bayi yang Bunda kandung bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas otaknya.

Makanan kalengan biasanya mengandung bahan pengawet, bahan pewarna dan pemanis buatan. Bisa-bisa, makanan kaleng tertentu berbahaya bagi si janin.

KESIMPULAN:

Makanan buat ibu hamil biar bayi pintar dan sehat adalah sangat penting. Tujuannya selain supaya sang janin tumbuh sehat, nantinya si bayi juga akan berotak cerdas.

Makanan sehat untuk ibu hamil antara lain kacang tanah, ikan laut, keju, telur, bayam, lemak ikan, daging sapi. tahu tempe, sayuran hijau gelap, dan kacang-kacangan lainnya.

Demikian artikel mengenai makanan buat ibu hamil biar bayi pintar. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.