Connect with us

Herbal

Darah Anda Rendah? Konsumsi Makanan Penambah Tensi Darah

Published

on

ANDA menderita tekanan darah rendah? Tidak perlu khawatir. Caranya mengatasi mudah. Anda perlu mengonsumsi makanan penambah tensi darah. Menderita tensi darah rendah supaya Anda selalu sehat.

Gejala tekanan darah rendah, misalnya, sering  pusing atau sakit kepala. Atau jantung berdebar kencang, lemas, muntah, bahkan jatuh pingsan. Atau merasa tubuh goyah seperti akan jatuh dan pandangan buram.

Tentu saja, yang terbaik bagi Anda adalah memiliki darah normal dengan tensi pada kisaran 120/85 mmHg. Ini tensi tidak tinggi dan tidak rendah. Tensi darah tinggi adalah 140/90 ke atas. Tensi darah rendah adalah 90/60 atau kurang.

Dengan memiliki tensi darah normal berarti Anda sehat. Anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti stroke.

Tetapi, hati-hati dengan tensi darah rendah. Sebab, tidak semua orang yang menderita darah rendah atau hipotensi mengetahui bahwa dirinya terkena darah rendah. Mengapa? Karena mereka menderita darah rendah tanpa gejala.

Jika Anda merasakan adanya gejala darah rendah seperti disebutkan di atas pada diri Anda, ya Anda sebaiknya langsung duduk atau berbaring dan minum air putih. Setelah Anda istirahat sejenak, biasanya gejala darah rendah itu akan hilang sendiri.

Beberapa Cara Meningkatkan Tensi Darah Rendah

makanan penambah tensi darah sangat baik untuk meningkatkan darah rendah (sumber:kesehatanaz.com)

Tetapi, tekanan darah rendah jangan dibiarkan tanpa perbaikan atau pengobatan. Anda harus berusaha meningkatkan tensi Anda sehingga menjadi normal. Mengapa? Sebab, dengan memiliki tekanan darah normal berarti Anda sehat.

Tentu saja, sehat itu nyaman. Anda bisa melakukan aktivitas apa pun dengan nyaman dan penuh semangat. Anda akan produktif dan terus produktif. Siapa pun pasti menghendaki kondisi tubuh seperti ini.

Ada beberapa risiko jika tensi darah rendah Anda tidak segera diobati. Meskipun risikonya tidak seberat risiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi).

Namun, Anda tetap harus berusaha menaikkan tensi darah supaya tubuh Anda sehat. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan tensi darah Anda dari darah rendah ke tekanan darah normal. Di antaranya dengan mengonsumsi makanan penambah tensi darah.

Beberapa Makanan Penambah Tensi Darah

Berikut ini beberapa makanan penambah darah yang bisa Anda konsumsi sehingga tensi Anda bisa meningkat menjadi tekanan darah normal.

1. Memperbanyak konsumsi garam. Ya, ini kebalikan dari penderita sakit darah tinggi atau hipertensi. Meskipun demikian, tetap tidak boleh berlebihan. Anda harus konsumsi garam secukupnya.

2. Hindari atau batasi konsumsi minuman keras sehingga tidak menyebabkan kesehatan Anda menurun atau terganggu.

3. Perbanyak minum air putih. Banyak penderita darah rendah kurang minum air putih. Ini membuat konsentrasi kalium meningkat tetapi intensitas tekanannya menurun.

4. Hindari minum minuman kopi atau minuman yang mengandung kafein di malam hari. Minuman kopi bisa membuat Anda tidak bisa tidur malam. Ini bisa mengganggu kesehatan Anda.

5. Makan dengan porsi kecil tetapi beberapa kali. Ini lebih baik dibandingkan makan sekali dengan porsi besar.

6. Hindari mengonsumsi makanan dan buah penurun darah tinggi. Misalnya, mentimun, blimbing, semangka, dsb.

7. Konsumsi bawang putih. Tidak hanya menurunkan darah tinggi, bawang putih juga bisa menaikkan tekanan darah rendah. Fungsi bawang putih memang menstabilkan tekanan darah. Yang tinggi menjadi turun, yang rendah naik.

8. Jangan berdiri terlalu lama, terutama bagi Anda yang menderita hipotensi ortosatik.

9. Jika bangkit dari tempat duduk atau dari posisi berbaring, hendaknya dilakukan perlahan. Tekanan darah Anda memang belum stabil.

10. Anda perlu periksa dokter jika usaha Anda belum juga membawa hasil seperti yang Anda harapkan. Jika tekanan darah rendah masih sering terjadi, maka dokter akan memeriksanya dan memberikan obat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

11. Konsumsi makanan penambah tekanan darah. Banyak sekali makanan dan buah yang bisa Anda konsumsi. Anda bisa memilih makanan yang mudah penyiapannya tetapi besar khasiatnya.

Bahkan, banyak bumbu dapur untuk memasak juga punya khasiat menyembuhkan penyakit, khususnya penyakit darah rendah. Misalnya, makanan bernutrisi tinggi seperti buah dan sayuran, makanan dengan banyak garam seperti piza beku, daging sapi iris, dsb. Ada juga kapsul garam.

Atay mengonsumsi kacang panjang, kacang polong, kacang hijau dan masih banyak lagi.

 Mengonsumsi Obat Herbal Darah Rendah

Untuk obat tekanan darah rendah atau hipotensi, Anda bisa menggunakan obat herbal darah rendah. Antara lain Herbal Hipotensi. Obat darah rendah ini berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah rendah, mengatasi anemia, membuat tekanan darah rendah bisa normal, menyembuhkan berbagai penyakit, dsb.

Anda juga bisa mengonsumsi Hipofin. Kapsul Hipofin dibuat dari ekstrak kapulaga dan ekstrak rimpang kunyit. Bisa menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Anda bisa memilih obat untuk tekanan darah rendah lainnya yang Anda inginkan. Banyak obat herbal sebagai makanan penambah tensi darah yang bisa Anda pilih. Harganya juga tidak mahal kok.

Semoga artikel Konsumsi Makanan Penambah Tensi Darah untuk menyembuhkan tekanan darah rendah ini bermanfaat untuk kesembuhan penyakit darah rendah atau  hipotensi Anda. Terima kasih atas kunjungannya.

    Baca Juga: 7 Obat Herbal Darah Tinggi Paling Populer 2016

****

Bagikan artikel ini ke relasi atau teman biar mereka juga selalu sehat dengan klik tombol twitter Cs.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.