32 Makanan Penyebab Darah Rendah – Hindari secara Bertahap

Diposting pada

MAKANAN penyebab darah rendah harus Anda hindari jika tensi darah Anda rendah. Punya darah tinggi (hipertensi) dan darah rendah (hipotensi) sama-sama tidak sehat. Walaupun risiko punya darah rendah tidak seberat risiko kena darah tinggi.

Tetapi, Anda tetap harus mencegah terjadinya darah rendah. Jika tensi darah rendah dibiarkan tanpa pengobatan, Anda bisa terkena gangguan kesehatan pada paru, ginjal, hati, otak, dsb.

Makanan apa saja yang bisa menyebabkan darah rendah? Anda yang tensinya cenderung rendah juga perlu menghindari makanan ini. Tujuannya supaya tensi Anda tidak makin rendah dan akhirnya tensi Anda benar-benar rendah.

Berapa tensi darah dikatakan rendah? Yaitu di bawah 90/60 mmHg. Ya, Anda perlu cek tekanan darah untuk memastikan berapa tensi Anda. Anda tidak bisa hanya kira-kira.

Misalnya, saya pernah merasakan tengkuk kencang. Saya langsung minum obat darah tinggi. Sebab, biasanya tengkuk kencang dan kepala pusing karena darah tinggi.

Eh, ternyata tengkuk saya masih tetap kencang. Tak ada perubahan apa pun setelah minum obat darah tinggi beberapa kali.

Akhirnya, saya periksa dokter. Setelah periksa darah dan hasilnya tensi saya normal, dokter mencoba mengecek kolesterol saya. Ternyata betul. Kolesterol saya tinggi, yakni 253 mg/dL.

Gejala atau tanda-tanda sakit darah tinggi dan kolesterol memang hampir sama. Tanpa alat ukur khusus, Anda tidak bisa memastikan bahwa Anda sakit darah tinggi. Atau sebaliknya, menyatakan Anda kena kolesterol.

Semua harus dicek menggunakan alat khusus yang akurat, baik untuk sakit darah tinggi ataupun kolesterol tinggi. Anda bisa cek tensi darah di puskesmas, klinik, rumah sakit dan tempat dokter praktek. Atau Anda punya alas ukur tensi darah sendiri.

makanan penyebab darah rendah
mentimun jepang (sumber:cepatsembuh.id)

Daftar 32 Makanan Penyebab Darah Rendah

Kembali ke masalah makanan penyebab darah rendah. Ya, penderita darah rendah harus menghindari makanan yang justru akan membuat tekanan darah Anda bertambah rendah.

Pertanyaannya, makanan apa saja yang harus dihindari? Berikut ini daftar 32 makanan penyebab tensi darah rendah dan Anda harus menghindarinya.

  1. Buah Mentimun
  2. Sesekali Minum Kopi
  3. Belimbing
  4. Air Kelapa Muda, Perbanyak Minum Air Putih
  5. Mi Instan
  6. Buah Tomat
  7. Makanan Tinggi Garam:
  8. Melon, Blewah
  9. Oatmeal
  10. Buah Kiwi
  11. Kedelai
  12. Bayam
  13. Bawang Putih
  14. Seledri
  15. Buncis
  16. Buah Mengkudu
  17. Pisang
  18. Jeruk
  19. Labu Parang
  20. Ikan Salmon
  21. Minyak zaitun.
  22. Roti gandum.
  23. Alpukat
  24. Kentang
  25. Susu skim yang bebas lemak.
  26. Yogurt
  27. Coklat
  28. Makanan pahit.
  29. Makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, kentang, dan roti.
  30. Makanan pedas dan makanan cepat saji
  31. Aneka gorengan
  32. Rutin melakukan olahraga

Demikian antara lain 32 makanan penyebab tekanan darah rendah yang harus Anda hindari. Saya kira, tidak terlalu sulit untuk menghindari makanan ini. Sebab, makanan lain yang lebih lezat dan sehat untuk penderita darah rendah masih banyak.

Hindari Makanan Penyebab Darah Rendah secara Bertahap

Yang diperlukan dari Anda adalah tekad untuk hidup sehat. Anda tidak harus menghindari seluruh makanan penyebab darah rendah. Sebab, tiap hari Anda juga tidak mengonsumsi ke-32 makanan itu. Anda hanya mengonsumsi beberapa saja.

Ya, coba mulai satu dua dulu. Mulai menghindari makanan larangan yang Anda sering konsumsi tiap hari. Kalau tidak bisa menghindari secara total tiap hari, ya sebagian dulu. Misalnya, 2 atau 3 makanan.

Jika sudah berjalan berhari-hari dan Anda mulai bisa menjalaninya dengan baik, ya tingkatkan dengan cara tidak mengonsumsi sama sekali makanan pantangan itu.

Sampai kapan? Ya, sampai Anda memiliki tekanan darah normal. Artinya, sampai tensi darah Anda antara 91/61 sampai 120/90 mmHg.

Jika tensi darah Anda sudah normal, Anda bisa kembali mengonsumsi makanan penyebab darah rendah dalam jumlah terbatas. Porsinya kecil atau sedikit dan jangan tiap hari. Nanti, tensi darah Anda tiba-tiba kembali turun (drop).

Cara Menaikkan Tekanan Darah: Konsumsi Makanan dan Buah Penambah Tensi Darah

Selain menghindari makanan penyebab tekanan darah rendah, Anda juga harus meningkatkan tensi darah yang bisa membuat tekanan darah normal. Artinya, tensi darah Anda bisa cepat naik menjadi tensi darah normal.

Ada banyak makanan dan buah yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah rendah Anda. Tujuannya, ya biar Anda sehat kembali.

Mengobati penyakit memang memerlukan beberapa cara yang saling mendukung. Untuk mengatasi darah rendah, Anda harus menghindari makanan penyebab darah rendah dan mengonsumsi makanan dan buah penambah tekanan darah.

Ini adalah cara menaikkan tekanan darah secara komprehensif (menyelurruh).
Berikut ini daftar makanan dan buah penambah tensi darah. Yaitu

Menghindari makanan penyebab darah rendah dan menaikkan tekanan darah dengan mengonsumsi makanan penambah tekanan darah. Daftar makanan dikutip dari halosehat.com. Makanan penambah tensi darah terdiri dari makanan, buah dan sayuran.

1.Hati ayam, sapi, kambing dan ikan salmon. Kandungan vitamin B12 tinggi.
2. Kismis, sangat dianjurkan. Rendam 10 kimis semalam dan esoknya dikunyah satu persatu.
3. Akar manis, juga sangat baik. Bisa dibuat minuman seperti minuman teh.
4. Biji bunga matahari
5. Susu
6. Kacang Almond
7. Jus wortel
8. Daun kemangi
9. Jus lemon
10. Kafein, tetapi harus dibatas biar tak timbul efek samping. Baik berupa minuman kopi atau teh.
11. Teh rosmery
12. Jus buah bit
13. Ginseng
14. Kacang almond

Daftar Buah untuk Darah Rendah

15. Semangka
16. Delima
17. Blewah
18. Cherry
19. Jambu biji
20. Jeruk Mandarin
21. Kurma
22. Jeruk
23. Tomat kemasan
24. Makanan bernutrisi tinggi seperti buah dan sayuran.
25. Buah naga, jeruk, berry, mangga dan pisang
26. Makanan dengan banyak garam seperti piza beku, daging sapi iris, dsb.  Ada juga kapsul garam.
27. Kacang panjang, kacang polong, kacang hijau
28. Brokoli dan kol
29. Bayam
30. Kacang merah
31. Lobak
32. Sawi
33. Banyak minum air putih 15 menit sebelum makan. Minum air putih 1 1/2 – 3 gelas.
34. Kentang merah.
35. Daging sapi, kambing dan kerbau (daging merah)
35. Jeroan sapi, kambing, dsb.
36. Kuning telur
37. Kerang

Tentu saja, daftar makanan penambah tensi darah ini sebenarnya masih bisa diperpanjang. Tetapi, seperti makanan penyebab tensi darah turun, Anda juga tidak perlu mengonsumsi semua makanan yang bisa meningkat tensi darah.

Anda cukup mengonsumsi beberapa saja. Yang penting Anda lakukan terus-menerus. Walaupun tidak rutin tiap hari.

Anda perlu mengonsumsi makanan ini ketika tensi darah Anda sangat rendah. Jika tidak terlalu rendah, ya mengonsumsi 2 – 3 hari sekali juga tergolong baik.

Akan lebih bagus lagi jika Anda juga suka olahraga. Lakukan olahraga yang ringan dan mudah. Misalnya jalan kaki mengitari perumahan tiap pagi. Atau senam di depan rumah. Push up, jogging, renang, dsb. Yang penting Anda lakukan secara rutin, Anda sehat.

Semoga artikel tentang Makan Penyebab Darah Rendah ini bermafaat. Anda pun selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *