Connect with us

Diet Sehat

Makanan Penyebab Rematik Kambuh – Ada 20 Makanan yang Harus Anda Hindari

Published

on

HINDARI makanan penyebab rematik kambuh. Sebab, penyakit rematik sangat  menjengkelkan dan menyakitkan. Jika kambuh tak mengenal waktu. Anda dibuat sangat repot. Di bagian sendi yang sakit, Anda akan mendapatkan rasa nyeri yang sering sangat tinggi.

Bahkan, bagian tubuh yang terkena rematik sulit digerakkan. Sakitnya juga tidak tertahankan.  Seluruh otot yang terserang rematik seperti terbakar dan diiris-iris.

Itu penuturan seseorang yang punya penyakit rematik kronis. Nina Sadi dalam blognya menuturkan ia menderita sakit rematik sejak usia 20 tahun. Kala itu, dokter tempat ia periksa hanya memberi obat analgesik dan vitamin. Dokter belum bisa memastikan ia menderita rematik.

Baru 16 tahun kemudian diketahui bahwa dirinya positif menderita rematik. Hal itu diketahui setelah ia melakukan serangkaian pemeriksaan, termasuk pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan intensif dilakukan setelah ia rematiknya kambuh dan sakitnya bukan main.

Menurut Dr Harry Isbagio Sp PD-KR dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, mendiagnosa penyakit rematik memang tidak mudah. Dibutuhkan pengalaman yang cukup karena ada seratusan jenis penyakit rematik.

Daftar 20 Makanan Penyebab Rematik Kambuh

Jika Anda pernah menderita sakit rematik, Anda harus berusaha agar penyakit sendi itu tidak kambuh. Apalagi rematik Anda sudah kambuh beberapa kali. Anda perlu menyembuhkannya sehingga tidak makin berat.

Penyakit rematik yang sudah kronis bisa menyebabkan kerusakan sendi. Bahkan, juga bisa menyebabkan kelumpuhan.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berusaha mencegah terjadinya penyakit rematik sejak dini.
Jika Anda sudah terkena penyakit rematik. Anda harus berusaha keras menyembuhkannya.

makanan penyebab rematik kambuh

(sumber:simex.co.id

Jika sudah sembuh, Anda harus berusaha mencegah penyakit rematik kembali kambuh.

Mungkinkah bisa berhasil? Ya, Anda harus mencobanya. Anda tidak boleh menyerah.

Salah satu cara untuk mencegah sakit rematik kambuh adalah menghindari makanan penyebab rematik kambuh. Yaitu, makanan dan minuman yang kandungan zat purinnya tinggi.

Makanan Penyebab Rematik Kambuh, Boleh Mengonsumsi tetapi Sedikit Saja

Makanan apa saja yang tergolong sebagai penyebab rematik kambuh?

Berikut ini adalah 20 makanan yang harus Anda hindari supaya penyakit rematik Anda tidak kambuh. Atau boleh mengonsumsi tetapi sedikit saja dan tidak tiap hari.

1. Daging merah seperti daging kambing, sapi, dsb. Daging mengandung fosfor yang cukup tinggi yang bisa menyebabkan peradangan di dalam sendi.

2. Minuman yang mengandung kafein seperti minuman kopi. Kafein nantinya bisa menguras nutrisi penting dalam tubuh. Akibatnya, Anda mudah kena rematik.

3. Gula dan makanan atau minuman yang manis.

4. Minyak sayur

5. Ikan bertempurung

6. Susu dan produk susu dengan tinggi lemak

7. Makanan dengan zat pengawet.

8. Kacang-kacangan. Misalnya, susu kacang/kedelai, kacang buncis, kacang tanah, kacang merah, kacang polong, dan kacang panjang.

9. Oragan dalam (jeroan) hewan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dsb.

10. Makanan kaleng seperti, sarden, kornet sapi, dsb.

11. Makanan yang dimasak menggunakan santan kelapa.

12. Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, air kelapa muda, alpokat, dan produk olahan melinjo.

13. Minum alkohol

14. Sayur tertentu seperti kangkung, bayam, jamur, kembang kol dan sawi.

15. Makanan kaleng, misalnya sarden, kornet sapi, dsb.

16. Seafood seperti udang, remis, tiram, cumi-cumi, dan dan kepiting

17. Daging bebek karena kandungan zat purinnya tinggi. Demikian pula kandungan kolesterolnya, juga tinggi.

18. Makanan cepat saji

19. Ragi. Maksudnya adalah makanan minuman yang diberi ragi

20. Asparagus karena kandungan zat purinnya tinggi, yakni 23 g untuk tiap 100 gram asparagus.

Bagaimana Jika Makanan Penyebab Rematik Kambuh Makanan Favorit

Jika di antara makanan di atas adalah makanan favorit, ya hindari secara bertahap. Anda tidak harus menghindari seketika secara total. Tetapi, ada juga makanan yang cukup dikurangi porsinya. Tergantung berapa kandungan purin atau zat penyebab rematik lainnya.

Jika kandungan purinnya tinggi, ya coba hindari. Perbesar tekad untuk hidup sehat dibandingkan dengan keinginan mengonsumsi makanan favorit.

Ya, hindari dari sedikit hingga akhirnya Anda bisa menghindari semua makanan penyebab rematik kambuh.

Pakai saja semboyan, “Hidup sehat lebih penting daripada makanan favorit”.

Penyebab Sakit Rematik pada Usia Muda

 

penyebab sakit rematik

makanan penyebab rematik kambuh (sumber:foodnetwork.com)

Pada awal artikel ini telah diberikan contoh seorang wanita yang mulai terkena penyakit rematik sejak usia muda, yakni 20 tahun. Penyakit itu masih suka kambuh hingga belasan tahun berikutnya.

Bahkan, rasa sakit akibat penyakit rematik kambuh makin tinggi. Ia tidak bisa menggerakkan kaki dan tangannya.

Ada baiknya, sejak muda Anda sudah berusaha mencegah terjadinya sakit rematik. Walaupun, kebanyakan penderita rematik adalah usia 40 tahun ke atas.

Tetapi, rematik bisa juga menyerang Anda yang masih usia muda. Apa penyebab rematik untuk usia muda?

1. Kekebalan Tubuh yang Terganggu

Seharusnya, kekebalan tubuh berusaha menangkal datangnya penyakit yang akan menyerang tubuh Anda. Tetapi, yang terjadi adalah sebaliknya. Kekebalan tubuh justru menyebabkan remaja terkena sakit rematik. Tulang rawan di sekitar sendi yang terkena rematik menjadi sangat tipis.

2. Berada di Lingkungan yang Lembab

Berada di lingkungan lembab terus-menerus juga bisa menyebabkan terkena rematik. Misalnya, Anda bertempat tinggal atau bekerja di lingkungan yang lembab.

Ya, ubah lingkungan Anda menjadi tidak lembab biar Anda sehat. Tidak mudah terkena penyakit rematik.

Atau Anda sering mengenakan baju yang basah akibat keringat atau kehujanan. Kebiasaan mengenakan baju basah bisa memicu angi atau udara dingin masuk ke dalam tubuh sehingga menyumbat energi dan terjadilah penyakit rematik.

3. Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium bisa menyebabkan kerusakan jaringan tulang dan persendian. Akibatnya, terjadilah penyakit rematik pada usia temaja.

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Antara lain susu dan produknya. Demikian pula ikan sarden, salmon, almond, brokoli, dan jus jeruk serta sereal yang telah diperkaya dengan kalsium.

4. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan oleh penderita rematik. Tanpa vitamin D, kalsium yang Anda konsumsi tidak akan bermanfaat untuk kesehatan Anda. Yang terjadi justru tulang makin keropos.

Penderita rematik harus mendapatkan banyak vitamin D. Misalnya dengan mengonsumsi susu, jus jeruk, kuning telur, salmon, tuna, sarden atau dengan berjemur sinar matahari pada pagi hari.

5. Perlu Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Anda sebaiknya mengonsumsi asam lemak omega 3 untuk menyembuhkan penyakit rematik Anda. Mengonsumsi asam lemak Omega 3 juga bisa untuk mencegah Anda dari sakit rematik. Asam lemak Omega 3 bisa Anda dapatkan melalui produk suplemen.

Anda bisa mendapatkan suplemen ini di toko-toko online. Suplemen rematik juga bisa membantu untuk membuat sendi Anda tidak terlalu kaku di pagi hari.

Untuk menyembuhkan penyakit rematik, Anda juga bisa mengonsumsi obat rematik herbal. Ada 20 obat yang bisa Anda pilih. Selain itu, hindari stres, rajin berolahraga, hindari kegemukan, jangan merokok dan jangan mengonsumsi alkohol.

Demikian artikel mengenai makanan penyebab rematik kambuh. Semoga Anda terhindar dari penyakit rematik yang sangat menjengkelkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.