Makanan Sehat untuk Hipertensi – Makanan Apa Saja Itu?

Diposting pada

MAKANAN sehat untuk hipertensi – Seorang pembaca blog ini, Iman B Santoso, bertanya makanan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi (darah tinggi). Ia minta supaya dituliskan artikel yang menjelaskan tentang nama-nama makanan itu.

Ya, makanan memang punya pengaruh besar terhadap penyakit hipertensi/darah tinggi. Banyak penderita yang akhirnya terkena stroke akibat makanan yang dikonsumsi. Penderita hipertensi harus hati-hati dalam hal makanan supaya terhindar dari penyakit stroke.

Tempo hari saya menjenguk teman yang baru pulang dari rumah sakit. Saya tanya apa sakitnya hingga harus masuk rumah sakit. Bahkan, ia sudah masuk rumah sakit dua kali dalam waktu singkat.

Ternyata, dia menderita darah tinggi/hipertensi. Tensinya sudah sangat tinggi, yaitu 195/100 mmHg. Kata dia, dokter memberitahu bahwa dia nyaris terkena stroke.

Untuk itu, dia diminta hari-hati tentang makanan yang dikonsumsinya. Dia diminta hanya mengonsumsi makanan sehat untuk hipertensi.

Lantas, saya tanya makanan apa saja yang selama ini dikonsumsi sehingga punya penyakit darah tinggi yang sangat tinggi hingga nyaris kena stroke?

Dia bercerita sering pulang kantor malam hari. Sampai di rumah, ia suka membuat mi instan ditambah telur rebus. Maksud dia, itu cara mudah untuk mengisi perut kosong di malam hari. Ditambah telur rebus biar lebih sehat.

Pertanyaannya adalah sering mengonsumsi mi instan ditambah telur rebus itu cara sehat atau tidak? Apa yang menyebutkan tensi darah teman saya begitu tinggi?

Sering Mengonsumsi Mi Instan + Telur Rebus Jelas Tidak Sehat, Mengapa?

makanan sehat untuk hipertensi

makannya jangan tiap hari biar sehat (foto:travel.kompas.com)

Bagaimana pendapat Anda dengan cara makan teman saya ini, yakni suka mengonsumsi mi instan sepulang dari kerja pada malam hari?

Ya, tentu saja jika itu sering dilakukan, apalagi tiap malam, jelas dia bisa kena darah tinggi. Sebab, mi instan mengandung sodium (garam) yang sangat tinggi.

Mi instan dikenal sebagai makanan paling banyak mengandung MSG, di mana kandungan sodiumnya sangat tinggi, yakni 1580 mg per bungkus. Selain mengandung sodium tinggi, mi instan juga mengandung lemak tinggi, yakni 14 gram.

Kalau Anda mengonsumsi mi instan sekali dalam satu minggu, ya tidak apa-apa. Tetapi, kalau tiap hari atau tiap malam atau bahkan tiap hari mengonsumsi mi istan lebih dari sekali, ya berabe.

Anda lama-lama bisa kena darah tinggi. Bahkan jika sampai kelewat tinggi seperti dialami teman saya di atas, Anda bisa kena penyakit stroke. Penyakit yang sangat sulit pengobatannya.

Ditambah lagi, suka mengonsumsi mi dengan telur rebus. Yang membuat darah tinggi teman saya makin naik adalah mengonsumsi kuning telur. Dinamakan darah tinggi jika tensi darah Anda 140/90 mmHg atau lebih.

Nah, tensi darah teman saya adalah 195/100. Berarti naiknya sangat tinggi. Maka, saat berkunjung ke rumahnya, saya minta dia hati-hati. Kalau dia sampai salah makan (mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi) bisa benar-benar kena stroke.

Cara terbaik yang perlu Anda lakukan adalah sering cek tensi darah. Ya, satu tahun sekali kalau usia sudah 50 tahun lebih. Makin sering juga makin baik.

Jika dari hasil cek tensi diketahui tensi Anda lebih dari 120/70, Anda perlu hati-hati dan perlu menurunkan tensi Anda menjadi 120/70, yaitu tensi darah normal. Teman saya ini tidak pernah cek tensi darah. Maka, tensi naik sampai sangat tinggi, dia tidak tahu.

Sebab, banyak orang menderita darah tinggi, bahkan sangat tinggi, tidak merasakan apa-apa. Tidak ada gejala sakit tengkuk, pusing atau lainnya. Karena tidak ada gejala, mereka menganggap dirinya sehat dan makan tanpa dibatasi.

Tahu-tahu, tensi teman saya itu sudah 195/100 dan jatuh sakit sampai nyaris pingsan (terjatuh). Untung, kata dia, istrinya cepat membawanya ke rumah sakit sehingga cepat mendapat pertolongan dokter. Kalau terlambat, ya dia bisa kena stroke.

Makanan Sehat untuk Hipertensi – Makanan yang Tidak Dilarang untuk Penderita Hipertensi

Kembali ke pertanyaan pembaca blog ini, makanan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi (darah tingg)?

Jawabnya adalah makanan yang tidak dilarang untuk dikonsumsi penderita darah tinggi. Artinya, makanan dan minuman apa saja yang tidak menyebabkan darah tinggi boleh dimakan atau dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Tentu saja, jumlahnya sangat banyak. Makan nasi boleh. Makan sayur apa saja boleh. Makan ketela, buah, roti yang tidak manis seperti roti putih boleh.

Selengkapnya baca: Makanan Terbaik untuk Orang yang Mengidap Darah Tinggi.

Di dalam artikel itu dijelaskan tentang 7 jenis makanan terbaik untuk penderita darah tinggi.

Selain mengonsumsi makanan terbaik untuk penderita darah tinggi, Anda harus menghindari makanan penyebab darah tinggi. Anda bisa membaca artikel tentang hal itu, yakni 33 makanan penyebab darah tinggi yang harus Anda hindari.

Makanan yang tidak masuk dalam makanan penyebab darah tinggi berarti boleh dimakan. Yang penting menyehatkan tidak. Jika menyehatkan dan Anda suka, ya silakan.

Bagi saya, makanan larangan harus dihindari benar terutama ketika tensi darah Anda tinggi dan Anda dalam proses menurunkannya. Misalnya, tensi Anda 150 dan Anda berusaha menurunnya.

Nah, dalam kondisi seperti itu, Anda jangan mengonsumsi makanan penyebab hipertensi.

Mengapa? Usaha Anda menurunkan darah tinggi bisa sia-sia alias tidak akan ada hasilnya. Sebab, obat penurun darah tinggi yang Anda konsumsi dilawan oleh makanan penyebab darah tinggi yang Anda konsumsi.

Ya, di sini saya punya teman yang juga sakit hipertensi/darah tinggi. Rajin periksa dokter, tetapi juga rajin mengonsumsi makangan larangan atau pantangan. Kemana-mana dia selalu bawa obat darah tinggi.

Jelas cara itu tidak sehat. Akhirnya dokter menyerah. Tidak bisa menyelamatkan nyawanya.

Intinya, Anda harus cek darah tinggi untuk tahu berapa tensi Anda. Jika tensi Anda tinggi, harus segera diturunkan sampai ke tensi normal. Hindari konsumsi makanan penyebab tensi tinggi dan perbanyak konsumsi makanan penurun hipertensi/darah tinggi plus makanan sehat untuk hipertensi.

Semoga kita semua selalu sehat, terhindar dari hipertensi/darah tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *