Daftar Makanan Terbaik untuk Penderita Asam Urat

Posted on

Oleh: Ratna Silvi

Makanan untuk Penderita Asam Urat. BAGI Anda yang sering menderita asam urat, ada beberapa makanan terbaik yang perlu Anda konsumsi supaya asam urat Anda tidak sering kambuh. Syukur nantinya bisa sembuh total.

Penyakit asam urat (gout) adalah suatu kondisi yang bisa menimbulkan rasa nyeri yang cukup berat pada persendian. Terkadang juga terjadi pembengkakan dan memerah, serta rasa panas di persendian.

Rasa nyeri itu biasanya terjadi pada jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Tetapi, nyeri akibat asam urat sesungguhnya bisa terjadi di semua persendian pada tubuh Anda.

Kebanyakan penderita asam urat adalah lelaki usia lebih dari 30 tahun. Walaupun ada juga anak muda usia 25 tahun sudah terkena sakit asam urat.

Lelaki memang lebih rawan terhadap sakit asam urat. Sementara, kaum wanita yang rentan terkena asam urat adalah para manula atau wanita usia lanjut.

Jadi, lelaki harus lebih hati-hati terhadap penyakit asam urat. Caranya, ya menghindari makanan pantangan asam urat.

Anda tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan penyebab asam urat. Tetapi, Anda sebaiknya membatasi diri. Jangan makan berlebihan. Nanti bisa kena penyakit asam urat.

Hindari Kacang-kacangan: Oncom, Tauco, Tempe, Kacang Hijau

makanan untuk penderita asam urat

kacang-kacangan penyebab asam urat (sumber:tipscaralangsing.com)

Bagi Anda yang pernah kena penyakit asam urat, sebaiknya menghindari makanan pantangan. Anda jangan sembrono dengan mengonsumsi makanan pantangan. Nanti, kian lama asam urat Anda sering kambuh.

Kalau penyakit asam urat kambuh, wahh.. rasa nyeri sering datang dan sangat menjengkelkan. Asam urat benar-benar bisa mengganggu kesehatan Anda. Sendi-sendi di kaki yang terkena asam urat membuat Anda tidak mampu berjalan. Anda harus istirahat di rumah beberapa hari. Teman saya malah harus masuk rumah sakit untuk penyembuhan asam uratnya.

Salah satu makanan pantangan asam urat adalah kacang-kacangan. Misalnya, oncom, tauco, tempe, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, emping dan tauge. Semua makanan itu tergolong kacang-kacangan dan bisa menimbulkan penyakit asam urat jika Anda mengonsumsinya terus-menerus dalam jumlah banyak.

Bagi Anda yang punya penyakit asam urat, boleh mengonsumsi makanan-makanan itu tetapi sedikit saja. Jika mengonsumsi banyak, dikhawatirkan asam urat Anda kambuh.

Bagi Anda yang belum pernah kena sakit asam urat tetapi punya penyakit berikut ini juga harus hati-hati. Jika tidak hati-hati, ya Anda bisa terkena penyakit asam urat.

Mereka adalah penderita obesitas (kegemukan), diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Bagi Anda yang sehat, cek kadar asam urat Anda supaya bisa mengetahui persis berapa kadar asam urat Anda. Tinggi, sedang atau rendah. Jika rendah, tingkatkan. Jika tinggi, Anda harus menurunkan secepatnya sebelum meningkat menjadi asam urat yang berat.

Untuk wanita dewasa adalah 2 – 6,5 mg/dL. Wanita di atas 40 tahun adalah 2-8 mg/dL. Pada anak perempuan adalah 3,6 dan 4 mg/dL

Untuk pria dewasa, kadar asam urat normal adalah 2 – 7,5 mg/dL. Pria di atas 40 tahun adalah 2-8,5 mg/dL. Anak laki-laki usia 10-18 tahun adalah 3,6-5,5 mg/dL.

Diet Bisa Menjadi Solusi Ampuh untuk Menyembuhkan Asam Urat

aneka gorengan

aneka gorengan menyebabkan asam urat (sumber:youtube.com)

Untuk menghindari terjadinya penyakit asam urat pada diri Anda, sebaiknya Anda menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Mengapa? Mengonsumsi makanan-makanan dengan zat purin tinggi bisa menyebabkan tubuh Anda memproduksi banyak asam urat. Contonya, ya kacangan-kacangan seperti dijelaskan di atas.

Kacang-kacangan mengandung zat purin tinggi. Jika Anda selalu mengonsumsi dalam jumlah banyak, ya penyakit asam urat bisa kambuh. Diet asam urat memang cara paling efektif untuk mencegah penyakit asam urat. Diet bisa lebih efektif dibandingkan dengan minum obat asam urat.

Anda bisa mencoba. Lakukat diet dengan menghindari makanan pantangan asam urat. Tidak perlu langsung Anda menghindari makanan dengan kandungan zat purin tinggi. Lakukan bertahap. Misalnya, hindari dulu satu makanan yang kandungan zat purinnya tertinggi.

Jika itu sudah jalan, tambah makanan pantangan dengan kadar zat purin yang tinggi dan Anda sering mengonsumsinya. Dengan cara ini, Anda akan sukses menyembuhkan penyakit asam urat. Anda akan bebas dari asam urat.

Mungkinkah bisa bebas? Saya yakin Anda bisa. Yang terpenting adalah tekad yang sungguh-sungguh. Ya, tekad untuk sembuh dari penyakit asam urat.

Di sini akan disebutkan beberapa makanan yang mengandung zat purin tinggi yang harus Anda hindari. Penyakit asam urat jangan dibiarkan tanpa penanganan serius.

Sebab, hal itu bisa menyebabkan komplikasi. Misalnya, Anda akan terkena penyakit batu ginjal, munculnya benjolan keras (tofi) di sekitar sendi yang mengalami rasa nyeri, dan kerusakan sendi secara permanen. Tentu saja, siapa pun tidak ingin kena sakit asam urat yang kronis.

Makanan-makanan yang harus Anda hindari karena mengandung zat purin tinggi adalah:

  1. Daging jeroan: limpa, ginjal, usus, babat, otak dan paru.
  2. Makanan kaya protein dan lemak. Makanan kaya protein tinggi bisa meningkatkan zat purin yang memicu tingginya asam urat. Makanan berlemak tinggi juga bisa memicu meningkatnya asam urat dalam tubuh.
  3. Sayuran yang meningkatkan zat purin dalam tubuh.  Misalnya, bayam, kangkung, kembang kol, buncis, asparagus, jamur kuping, daun pepaya dan daun singkong.
  4. Kacang-kacangan: oncom, tauco, tempe, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, emping dan tauge.
  5. Seafood atau makanan laut: kerang, udang, cumi, kepiting, ikan sarden, remis dan lain sebagainya.
  6. Buah-buahan seperti nanas, durian, dan air kelapa.
  7. Aneka gorengan: tahu goreng, ikan goreng, daging goreng, tahu goreng, ayam goreng, udang goreng, dsb.

Makanan Terbaik dan Menyehatkan untuk Penderita Asam Urat

makanan untuk asam uratbuah cherry, makanan untuk asam urat (sumber:suppliersayurbuah.com)

Kini, makanan apa yang bisa membantu menyembuhkan ataupun mencegah penyakit asam urat? Ya, Anda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat, baik berupa makanan ataupun buah yang bisa menurunkan asam urat atau mencegah Anda terkena penyakit asam urat.

Beberapa buah dan makanan terbaik untuk penderita asam urat adalah:

1. Buah cerry

Buah ini mengandung zat anti inflamasi yang mampu mencegah pengkristalan asam urat yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri di persendian. Tak hanya itu. Zat anti infalamasi juga mampu menetralkan zat asam urat dan mencegah peradangan serta rasa nyeri pada sendi. Anda sebaiknya mengonsumsi buah paling tidak 200 gram per hari.

2. Jeruk Nipis

Rajin mengonsumsi jeruk nipis sangat baik untuk penderita asam urat. Sebab, buah ini mengandung asam sitrat yang bisa melarutkan asam urat sehingga Anda tak akan kena penyakit asam urat. Anda sebaiknya minum air jeruk nipis dua gelas per hari.

Manfaat lain dari jeruk nipis adalah meningkatkan kekebalan tubuh Anda sehingga tidak mudah dihinggapi penyakit dan bagus untuk mereka yang diet melangsingkan tubuh.

3. Buah Apel

Buah ini mengandung asam malat yang mampu menetralkan asam urat. Dengan mengonsumsi buah apel, penyakit asam urat Anda bisa terkontrol sehingga tidak berkembang menjadi asam urat kronis. Konsumsi buah apel setidaknya per hari satu buah.

4. Buah Pisang

Buah pisang juga sangat bagus untuk mencegah dan menurunkan asam urat Anda. Makan 4 – 8 pisang per hari bisa mengontrol asam urat Anda.

5. Makanan dengan Posatium Tinggi

Makanan dengan posatium tinggi juga bagus dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat. Misalnya, yogurt, tomat dan kentang.

6. Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Anda perlu memperbanyak makanan dengan karbohidrat tinggi. Misalnya, nasi, ubi, roti, jagung, mie, sereal, tepung sagu, gula, sayuran hijau, singkong dan masih banyak lagi.

Saya kira, untuk mengonsumsi makanan dan buah yang mampu menurunkan atau menyembuhkan asam urat tidak sulit. Makanan itu mudah didapatkan dan harganya pun tidak mahal. Yang terpenting, asam urat Anda tidak sering kambuh. Asam, urat sering menjengkelkan.

Itulah mengenai Makanan Terbaik untuk Penderita Asam Urat dan Makanan Pantangan yang harus Anda hindari supaya asam urat Anda bisa sembuh total. Atau Anda bisa terhindar dari sakit asam urat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *