Connect with us

Kolesterol

Konsumsi Makanan untuk Penderita Kolesterol, Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Published

on

ANDA sering menderita kolesterol tinggi? Hati-hati, sebab kolesterol tinggi bisa menyebabkan sakit jantung, stroke, dan lainnya. Anda harus segera menurukannya. Di antaranya dengan mengonsumsi  makanan untuk penderita kolesterol.

Apa ada makanan untuk penderita kolesterol?

Ada, yaitu makanan yang bisa menurunkan kolesterol Anda. Anda bisa memilih makanan mana yang mudah dan punya pengaruh besar untuk menurunkan kolesterol Anda.

Tetapi, bagi Anda yang pernah terkena penyakit kolesterol, juga harus hati-hati. Sebab, penyakit kolesterol tinggi terkadang tidak ada tanda-tanda atau gejalanya.

Maksudnya, Anda selalu merasa sehat. Tidak ada tanda apa pun yang menunjukkan Anda terkena kolesterol. Tanda-tanda menderita kolesterol muncul setelah angka kolesterol Anda tinggi.

Bahkan, ada juga penderita kolesterol tinggi disertai sakit jantung. Hiihh… menakutkan. Ya, benar. Anda selama ini merasa sehat. Tetapi, ketika leher belakang (tengkuk) sakit, atau punggung sakit dan periksa dokter, ternyata kolesterol Anda sudah lebih dari 240 mg/dL.

Artinya, Anda sudah menderita kolesterol tinggi. Dan, kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke.

Adik ipar saya, Trisjani (53) mengalami hal seperti itu. Akhirnya ia harus masuk rumah sakit untuk menurunkan kolesterolnya dan menyembuhkan sakit jantungnya. Kini, dia selalu mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol.

Selain itu, tiap bulan periksa dokter di rumah sakit. Entah sampai kapan.

Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kolesterol? Jika Anda tidak sabar, bisa langsung scroll ke bawah untuk mengetahui 8 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol Anda.

5 Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Anda

kuning telurkuning telur, sumber kolesterol tinggi yang harus Anda hindari (sumber:obathipertensi.info)

Untuk menjaga diri Anda biar tidak kena kolesterol, ya sebaiknya cek atau periksa kolesterol secara berkala atau periodik. Jika sekarang usia Anda sudah 40 tahun lebih, coba cek berapa kolesterol Anda. Anda sebaiknya cek kolesterol 5 tahun sekali.

Tetapi, kolesterol sekarang tidak hanya terjadi pada orang tua. Anak mudah usia di bawah 40 tahun juga bisa kena kolesterol. Ini berkaitan dengan pola makan yang mereka lakukan.

Jika Anda baru pertama kali ingin cek kolesterol, Anda kunjungi lembaga kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, atau dokter. Tetapi, Anda juga bisa pergi ke laboratorium kesehatan.

Jika dari hasil pemeriksaan Anda ternyata diketahui telah menderita penyakit kolesterol, ya Anda harus segera menyembuhkan atau menurunkannya. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda.

Menurunkan kolesterol harus dilakukan secepatnya biar penyakit kolesterol Anda tidak menyebabkan sakit jantung atau stroke. Kedua penyakit itu adalah penyakit berat, di mana proses penyembuhannya memerlukan waktu lama.

Apalagi stroke. Sebagian besar penderita stroke mengalami cacat permanen seperti Anda harus menggunakan kursi roda.

Oleh karena itu, hindari sedini mungkin kedua penyakit itu dengan cara melaksanakan pola makan sehat. Antara lain dengan mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol.

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Berikut ini 5 cara menurunkan kolesterol dengan cepat. Yaitu, menurunkan kolesterol tinggi menjadi kolesterol normal di bawah 200 mg/dL. Kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dL.

1. Minum obat kolesterol

obat kolesterol (sumber:health.kompas.com)

Anda bisa mengonsumsi obat kolesterol berdasarkan resep dokter atau obat herbal untuk menurunkan kolesterol Anda. Jika belum punya pengalaman untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya Anda periksa dokter. Dokter akan memilihkan obat kolesterol sesuai dengan kondisi sakit Anda.

Jika sudah punya pengalaman mengobati kolesterol, Anda bisa memilih obat kimia, obat herbal atau obat tradisional atau obat kolesterol alami. Kalau bisa, ya usahakan agar kolesterol Anda tidak kambuh lagi. Cukup sekali saja.

Saya, alhamdulillah berhasil membuat kolesterol selalu normal. Tiga tahun lalu menderita kolesterol tinggi. Awal tahun 2017 saya coca cek kolesterol lagi di laboratorium. Hasilnya, kolesterol saya tetap normal (188 mg/dL).

Saya melakukan diet kolesterol dan ditambah minum obat herbal kolesterol. Walaupun tidak setiap hari. Diet kolesterol adalah meninggalkan makanan penyebab kolsterol dan mengonsumsi makanan dan buah penurun kolesterol.

2. Hindari makanan pemicu kolesterol tinggi

Ada beberapa makanan pemicu kolesterol tinggi. Ada kelompok makanan di mana Anda dilarang mengonsumsi karena kandungan kolesteralnya tinggi. Jika Anda sering mengonsumsinya dalam jumlah banyak, Anda bisa kena kolesterol.

Makanan penyebab kolestrol tinggi antara lain telur burung puyuh (3640), otak babi (3100), otak sapi (2600), kuning telur ayam (2000), dan cumi-cumi (1170). Angka dalam kurung adalah kadar kolesterol yang dikandungnya.

Makanan lain yang sebaiknya juga Anda hindari adalah jeroan kambing, kerang putih/tiram, jeroan babi, jeroan sapi, margarin/mentega, coklat, susu sapi cream, susu sapi, gajih babi, dan santan kelapa. Kandungan kolesterol dari berbagai makanan di kelompok ini adalah antara 160 – 185.

Saat Hari Raya Kurban tahun 2016, saya mengonsumsi daging sapi sampai beberapa hari. Eh, kolesterol saya kembali naik.

Tetapi, saya bisa menurunkan kolesterol dengan cepat. Kurang dari satu minggu, kolesterol saya kembali normal. Saya tidak akan sembrono lagi dengan mengonsumsi daging sapi hingga beberapa hari seperti tahun ini karena ikut berkurban.

3. Konsumsi makanan dan buah penurun kolesterol

Banyak makanan dan buah bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tidak sedikit yang berharga murah, tetapi segar dan manis. Yang lebih penting lagi adalah manfaatnya atau khasiatnya, yaitu bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Hanya sifat penurunan kolesterol dengan mengonsumsi makanan dan buah pada kelompok ini tidak bisa cepat seperti penurunan kolesterol menggunakan obat farmasi atau resep dokter. Tetapi, pengaruhnya besar untuk jangka panjang.

Atau setidaknya, mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol juga punya peran tidak kecil untuk membantu Anda supaya bisa lebih sehat dan bebas dari kolesterol.

Apalagi, buah rasa segar, manis dan lezat, kamu tentu saja senang mengonsumsinya. Sekali dayung beberapa pulau terlampaui.

Sekali mengonsumsi buah penurun kolesterol, Anda setidaknya akan mendapatkan dua keuntungan. Yaitu, berhasil menurunkan kadar kolesterol dan menikmati buah yang segar dan manis.

4. Minum air putih 2,5 Liter/Hari

Air putih bisa multifungsi untuk kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, sangat baik Anda minum banyak air putih. Setidaknya 2,5 liter/hari. Walaupun, Anda juga minum minuman lain, tetapi minum air putih tidak boleh terlalu sedikit. Air putih besar manfaatnya untuk kesehatan.

5. Hindari merokok dan minum alkohol

Bahaya rokok dan minuman alkohol terhadap kesehatan tak perlu dipertanyakan. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa merokok dan mengonsumsi alkohol bisa membuat kesehatan Anda terganggu, termasuk bisa kena penyakit kolesterol. Demikian pula minuman bersoda.

8 Makanan dan Buah untuk Menyembuhkan Penderita Kolesterol

Untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, Anda perlu mengonsumsi makanan dan buah penurun kolesterol.

Ya, ada banyak makanan dan buah yang berkhasiat bisa menurunkan kolesterol tinggi. Anda bisa memilih satu, dua atau lebih untuk menu setiap hari.

Berikut ini adalah 8 makanan untuk penderita kolesterol yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi.

1. Makanan Terbuat dari Kedelai untuk Penderita Kolesterol

Makanan yang mengandung kedelai juga membantu menurunkan kolesterol. Misalnya, makanan atau minuman yang terbuat dari bahan kacang kedelai.

Antara lain puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu. Makanan dan minuman yang terbuat dari kacang kedelai itu mengandung protein yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Silakan mengonsumsi setidaknya 0,5 ons dalam sehari. Anda dapat menurunkan kolesterol Anda setidaknya 6%.

penurun kolesterol tinggibeberapa buah dan makanan penurun kolesterol (sumber:imedis.com)

2. Buah dan Sayuran: Brokoli, Apel, Pir….

Banyak buah yang punya khasiat mampu membantu menurunkan kolesterol Anda. Demikian pula beberapa sayuran, sangat baik Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol.

Buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Jika Anda mengonsumsinya tiap hari, Anda bisa merasa cepat kenyang. Ini akan mengurangi konsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi.

Anda bisa mengonsumsi asupan dengan lemak jenuh maksimal 20 gr per hari untuk wanita dan 30 gr per hari untuk pria. Brokoli, apel, pir, ubi, stroberi dan terung juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol karena kaya akan serat.

3. Kacang-kacangan 1 – 2 On Menurunkan Kolesterol 5%

Mengonsumsi kacang juga bagus untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kacang mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium.

Mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari dapat menurunkan kolesterol 5 %. Cukup bagus juga.

4. Jelai dan Oat

Kedua jenis makanan ini mengandung serat yang dinamakan beta glukan. Silakan mengonsumsi 3 gram sehari untuk menurunkan kolesterol Anda.

Anda bisa membuat bubur dari bahan oat dengan dicampur pisang untuk sarapan pagi. Ini akan menambah konsumsi makanan berserat untuk Anda.

5. Mengonsumsi Buah Alpukat untuk Kesehatan Kolesterol

Mengonsumsi buah alpukat sebaiknya dalam bentuk buah. Artinya, tidak dibuat untuk makanan atau minuman seperti dibuat jus yang dicampur gula dan susu. Khasiatnya lebih tinggi untuk penderita kolesterol.

6. Beras Merah Mengandung Banyak Vitamin B

Beras merah juga termasuk makanan bagus untuk penderita kolesterol. Khasiatnya bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar lemak darah dan gula darah.

Tetangga saya sudah empat tahun mengonsumsi berat merah. Meskipun sudah berusia 75 tahun, ia masih tetap sehat dan suka naik sepeda untuk olahraga.

7. Gandum, Sereal Bergizi dan Bisa Menurunkan Kolesterol

Anda bisa mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum untuk menurunkan kolesterol. Gandum, bahkan juga baik untuk menurunkan trigliserida darah dan mengatur kadar gula dalam darah.

8. Sayur Bayam Bagus untuk Penderita Kolesterol

Bayam juga sayuran yang berkhasiat untuk kesehatan. Misalnya untuk kesehatan mata, kesehatan jantung dan penurun kolesterol tinggi dan darah tinggi. Bayam melindungi jantung dari lemak yang ada di pembuluh darah.

Tentu saja, Anda bisa membuat bayam sebagai aneka masakan untuk dikonsumsi. Dibuat sup atau jus. Silakan minum semangkuk sup bayam atau satu gelas jus bayam tiap hari untuk penurun kolesterol dan darah tinggi.

Demikian beberapa makanan untuk penderita kolesterol yang perlu Anda konsumsi sehingga bisa membuat kolesterol normal kembali.  Usaha itu harus dilakukan terus-menerus supaya tensi darah Anda bisa tetap sehat.

stres lagi stres nih yeee…..?? Ya, lagi depresi.. tolong doonngg…!!! (sumber:depresi.net)

Olahraga dan Hindari Stres Juga Penting untuk Menurunkan Kolesterol

Selain selalu mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol, hal lain yang perlu Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi atau mencegah terjadinya kolesterol tinggi adalah melakukan olahraga secara rutin paling tidak empat hari seminggu.

Tidak perlu olahraga berat. Yang terpenting bisa membuat Anda sehat. Misalnya olahraga dengan senam, jalan kaki, bersepeda, jogging, dsb.

Dokter tiap memeriksa penderita kolesterol tinggi pasti mengharuskan pasiennya untuk berolahraga, senam, jalan kaki ataupun gerakan fisik apa saja yang bisa membuat mereka sehat. Lakukan tiap hari minimal 30 menit.

Kalau belum bisa 30 menit, ya kurang sedikit nggak apa. Yang penting harus berolahraga, senam, jalan kaki atau lainnya, biar tidak mudah dijangkiti penyakit, termasuk penyakit kolesterol tinggi. Pilih olahraga mana yang Anda bisa lakukan.

Olahraga dan sejenisnya juga bisa menghilangkan atau menghindarkan Anda dari stres. Dengan mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol dan ditambah olahraga, Anda akan mencapai hidup sehat. Yakni, hidup tanpa sakit darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, dsb.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.