Makanan yang Dilarang bagi Penderita Asam Urat Tinggi

ANDA ingin bebas dari penyakit asam urat? Cara dan syaratnya mudah. Asal Anda bersedia menghindari makanan yang dilarang bagi penderita asam urat tinggi, otomatis Anda bebas dari gangguan penyakit sendi ini.

Mudah kan? Ya, sesungguhnya menyembuhkan penyakit sendi ini tidak sulit. Asalkan Anda punya kemauan kuat untuk sembuh dari penyakit asam urat dengan cara menghindari semua makanan yang mengandung zat asam urat tinggi.

Sebaliknya, Anda harus mengonsumsi banyak makanan penurun asam urat. Baik berupa makanan, sayuran atau buah. Ditambah olahraga, menghindari stres, dan tidak mengonsumsi alkohol.

Gimana, siap untuk itu? Ini yang sulit. Banyak orang belum bisa menghindari makanan yang dilarang bagi penderita asam urat tinggi.

Walaupun, mereka sudah tahu makanan larangan atau pantangan, mereka masih juga melanggarnya. Mereka masih mengonsumsi makanan larangan. Akibatnya, penyakit asam urat kambuh kembali. Bahkan, lebih berat daripada waktu-waktu sebelumnya.

Miliki Tekad Kuat untuk Menghindari Makanan yang Dilarang bagi Penderita Asam Urat

udang lobstermakanan laut yang harus Anda hindari (sumber:railtrail200.com)

Itulah fakta yang saya temukan dari beberapa teman yang kena sakit asam urat. Selain informasi yang mereka miliki masih minim, kemauan untuk bebas dari sakit asam urat belum kuat benar.

“Bapak Muhadi sudah saya ingatkan untuk tidak mengonsumsi makanan larangan. Tetapi, dia masih saja makan makanan itu. Ya, saya biarkan saja,” kata Ibu Muhadi menceriterakan tentang suaminya yang beberapa hari lalu masuk rumah sakit karena asam uratnya kambuh.

Tentu saja, dengan fakta ini, yang harus dibangun adalah semangat dan tekad untuk sembuh dari penyakit asam urat. Para penderita harus punya kemauan tinggi untuk bebas dari asam urat dengan cara menghindari makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat.

Sebenarnya, mereka tetap boleh mengonsumsi makanan larangan, tetapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak terlalu sering. Yang penting adalah membuat asam urat Anda tetap normal. Tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Jika Anda bisa mengontrol makanan dan minuman yang Anda konsumsi, Anda bisa terhindar dari penyakit asam urat. Asam urat tidak kambuh lagi.

Ya, sama dengan penyakit kolesterol ataupun darah tinggi. Jika Anda bisa mengontrol makanan yang akan Anda konsumsi, ya Anda tetap sehat. Asam urat Anda, darah tinggi Anda ataupun kolesterol Anda tidak kambuh.

Dan, Anda harus ingat bahwa risiko dari sakit asam urat, darah tinggi dan kolesterol yang tidak diobati dengan sungguh-sungguh bisa berisiko kena penyakit yang lebih berat.

Asam urat yang tidak diobati dengan baik akan berakibat munculnya penyakit batu ginjal. Anda pun harus menjalani operasi batu ginjal untuk menyembuhkan ginjal Anda. Cara termudah adalah dengan menghindari makanan yang dilarang bagi penderita asam urat.

Daftar Makanan yang Harus Anda Hindari biar Bisa Sembuh dari Asam Urat

obat asam uratobat asam urat dari kulit mangggis (copy:khasiatkulitmanggisuntukkesehatan.blogspot.co.id)

Berikut ini adalah makanan yang dilarang untuk penderita asam urat dan harus Anda hindari. Antara lain:

1. Jeroan.

Jeroan merupakan makanan dengan zat purin yang sangat tinggi. Misalnya, rempela, hati, otak, lidah, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, dan lain sebagainya. Kandungan purin dari organ jeroan sangat tinggi. Purin nantinya akan menjadi kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Anda sebaiknya menghindari konsumsi jeroan. Ya, jeroan kambing atau domba, sapi, dan hewan lainnya, termasuk jeroan ayam.

Gimana, Anda siap menghindari konsumsi jeroan? Ini adalah makanan pertama yang harus Anda hindari karena zat purin dan kolesterolnya tinggi sekali.

2. Makanan laut (seafood)

Makanan laut atau seafood juga mengandung purin tinggi. Contoh seafood adalah ikan sarden, makerel, tuna, ikan mas, ikan kod, salmon, kakap, ikan trout, dan kerang. Demikian lobster, kepiting, udang, juga mengandung purin tinggi.

3. Daging

Anda sebaiknya juga membatasi konsumsi daging. Daging merah mengandung zat purin yang tinggi. Apabila Anda ingin mengonsumsi karena suatu hal, Anda harus membersihkan daging itu dari lemak yang menempel. Selain itu, paling banyak 4 ons per hari.

Atau, Anda memilih daging putih seperti daging ayam atau kalkun. Tetapi, Anda harus membuang kulitnya dan tidak memasaknya dengan digoreng.

4.  Kacang-kacangan

Makanan kacang-kacangan juga harus Anda hindari, terutama kacang tanah karena kandungan purinnya sangat tinggi. Demikian pula belinjo, roti gandum, sereal, semuanya juga mengandung zat purin tinggi penyebab penyakit asam urat.

5. Beberapa sayuran

Ada juga beberapa sayuran yang mengandung zat purin tinggi yang harus Anda hindari. Misalnya, asparagus, bunga kol, lentil, kacang panjang, kacang polong, dan bayam. Anda sebaiknya menghindari konsumsi sayuran ini. Ya, kecuali sedikit saja.

Anda bisa menggunakan obat herbal asam urat yang dijual di banyak toko obat, online ataupun offline. Salah satu obat herbal asam urat yang terkenal adalah obat herbal yang terbuat dari dari kulit manggis. Anda bisa mencobanya.

Obat herbal umumnya tidak mendatangkan efek samping untuk Anda. Selain itu, harganya murah. Anda bisa pilih obat herbal mana yang Anda suka.

Demikian artikel mengenai beberapa Makanan yang Dilarang bagi Penderita Asam Urat Tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Angka normal Asam Urat adalah:  3.5 – 7 mgl/dl (pria) dan 2,6 – 6 (wanita).