17 Manfaat Buah Kersen – Turunkan Darah Tinggi, Asam Urat, Diabetes…

Posted on

KENAL buah kersen? Ohh, tentu kenal. Pohon kersen bisa tumbuh di mana-mana. Di pekarangan, depan rumah, samping rumah, bahkan di pinggir jalan. Ternyata, buah kersen bisa Anda gunakan untuk menurunkan hipertensi, asam urat, diabetes, kolesterol, dsb.

Setidaknya ada 17 penyakit yang bisa diturunkan dengan mengonsumsi buah kersen. Tidak hanya buahnya, daunnya juga bisa Anda konsumsi untuk pengobatan berbagai penyakit.

Ini benar-benar karunia Tuhan yang amat besar buat kita semua yang ingin selalu hidup sehat. Kita wajib bersyukur dengan karunia alam yang amat besar. Sekarang tinggal kita. Bersedia memanfaatkan pemberian Tuhan yang tanpa kita minta atau tidak.

Dulu, buah mengkudu (pace) juga tidak ada yang memperhatikan bahwa itu merupakan buah dengan khasiat kesehatan yang sangat tinggi. Apalagi, rasa dan bau buah mengkudu sangat tidak nyaman.

Banyak orang menjauhi buah mengkudu. Tetapi, menjelang tahun 2010 buah mengkudu menjadi sangat populer sebagai buah obat. Saya pun pernah mengonsumsinya dengan membuat jamu atau obat dari rebusan mengkudu.

Hanya efek sampingnya membuat bobot badan saya menjadi bertambah. Ya, jadi lebih gemuk. Sebab, nafsu makan saya meningkat tajam.

Ya, tak hanya buah kersen dan mengkudu, banyak buah lain yang juga punya khasiat menurunkan darah tinggi.  

Kandungan Gizi Buah Kersen Sangat Tinggi

kersenbuah kersen (copy: tribunnews.com)

Tanaman kersen bisa tumbuh di mana-mana. Bahkan, buah yang berjatuhan karena sudah masak pun bisa menghasilkan bibit tanaman kersen.

Ya, pembiakan tanaman kersen adalah sangat mudah. Tanpa perlu budidaya dari tangan-tangan manusia, tanaman kersen bisa berkembang biak menjadi banyak.

Sayangnya, banyak orang yang belum memanfaatkan khasiat buah dan daun kersen, terutama untuk obat. Menurut seorang peneliti, Julia F. Morton, dalam bukunya berjudul “Fruits of Warm Climates”, kandungan senyawa buah kersen sangat penting dan baik untuk kesehatan.

Buah kersen mengandung vitamin, mineral, serat, karbohidrat, lemak, beta-karoten, fosfor, protein, kalsium, zat besi, niacin, riboflavin, thianin, dan banyak lagi kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan.

Ahli tanaman obat, Drs Suhardjono Apt MSi menyatakan bahwa kandungan gizi buah kersen cukup tinggi. Misalnya, kandungan vitamin C buah mangga adalah 30 mg. Buah kersen 80,5 mg. Kandungan kalsium mangga 15 miligram, kandungan kalsium buah kersen 124,6 miligram.

Buah kersen juga mengandung zat-zat yang sangat penting untuk kesehatan. Tiap 100 gram kersen mengandung air 77,8 gram, protein 0,384 gram, lemak 1,56 gram, karbohidrat 17,9 gram, serat 4,6 gram, abu 1,14 gram, kalsium 124,6 gram, fosfor 84 miligram, besi 1,18 miligram, karoten 0,019 gram, vitamin C 80,5 miligram, nilai energinya 380 KJ/100 garm, dsb

Tidak hanya buahnya. Daun kersen, bunga kersen, bahkan akar tanaman kersen juga berkhasiat sebagai obat. Banyak penelitian yang telah membuktikan hal itu.

Baca Juga:

Nah, kini tinggal Anda, saya dan kita semua. Silakan untuk mencoba. Tentu saja, daya pengobatannya tidak seperti obat farmasi. Diperlukan ketekunan dan kesabaran untuk menyehatkan diri dengan mengonsumsi obat alami ini.

Namun,  jika tanaman obat itu digunakan dengan tepat bisa juga menyembuhkan penyakit.

Saya sendiri pernah belasan tahun mengalami sakit maag. Saya terus-menerus minum obat maag dari resep dokter. Tetapi, maag tak kunjung sembuh. Maag sering kambuh. Berkat informasi teman, akhirnya maag saya sembuh setelah minum jamu kunyit.

Bahkan, dalam 4 tahun terakhir, maag tak pernah lagi kambuh. Tentu saja, saya sangat bersyukur dengan kesembuhan maag saya ini. Tetapi, saya tidak ingin sembrono dengan mengonsumsi makanan minuman pedas dan asam tanpa tes lebih dulu.

Saya tidak ingin pengalaman buruk saat sakit maag kembali terulang. Saya ingin selalu sehat karena sehat itu sangat nyaman.

17 Manfaat Buah, Daun dan Bunga Kersen

Setidaknya ada 17 manfaat buah, daun dan bunga kersen untuk obat. Ke-17 manfaat itu adalah:

1. Antibaketeri

Dengan mengonsumsi buah kersen, tubuh Anda mampu menangkal serangan berbagai bakteri. Jadi, buah kersen sebagai buah anti-bakteri. Banyak peneliti mendapati adanya sifat antibakteri dari buah kersen. Ini membuat tubuh Anda selalu sehat.

2. Antioksidan

Kandungan lain dari buah kersen adalah senyawa antioksidan yang tinggi. Ini akan membuat pertahanan tubuh Anda menjadi lebih kuat sehingga mampu menangkal radikal bebas dan Anda pun terhindar dari kemungkinan kena kanker.

3. Obati Asam Urat

Anda juga bisa menurunkan kadar asam urat dengan mengonsumsi buah kersen.

4. Anti-inflamasi

Tidak hanya buahnya. Daun kersen juga punya khasiat kesehatan. Di antaranya anti-inflamasi atau peradangan. Ya, radang apa saja. Dengan minum seduhan daun kersen (seperti seduhan teh), Anda bisa terhindar dari sakit radang.

5. Antiseptik

Rebusan daun kersen juga mampu membunuh mikroba atau antiseptik. Ini terjadi karena daun kersen mengandung senyawa seperti tanin, flavonoid, dan saponin.

6. Antitumor

Anda bisa mencegah sakit tumor dengan minum seduhan daun kersen. Ya, kandungan flavonoid mampu menghambat pertumbuhan sakit kanker.

7. Antiseptik dan Obat Perut

Tak hanya buah dan daunnya. Bunga kersen juga dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus bunga kersen dan meminum airnya.

Selain beberapa khasiat di atas, tanaman kersen juga punya khasiat obat untuk:

8. Menurunkan penyakit hipertensi.
9. Menjaga agar jantung Anda tetap sehat
10. Menurunkan gejala flu
11. Mengatasi kejang di bagian saluran pencernaan
12. Mennurunkan kadar penyakit diabetes
13. Menurunkan kolesterol dalam darah
14. Membuat daya tahan tubuh lebih kuat sehingga tidak mudah kena sakit
15. Mengurangi sakit kepala
16. Membuat kulit Anda tetap segar
17. Menyembuhkan sakit batuk

Obat Herbal Terbuat dari Daun Kersen

manfaat daun kersenteh dari daun kersen (sumber:bukalapak.com)

Jika Anda ingin obat herbal jadi yang dibuat dari daun kersen, Anda bisa memilih antara lain Sirup Daker – Daun Kersen. Obat herbal ini merupakan pemenang lomba kreasi dan inovasi Balitbang Jawa Tengah tahun 2016.

Obat ini berkhasiat untuk mengendalikan penyakit asam urat, diabetes atau gula darah, dan kolesterol. Harga tiap botol obat herbal ini cukup murah. Tidak sampai Rp 100 ribu.

Anda juga bisa membeli Teh Pucuk Daun Kersen. Anda bisa membuat minuman dengan daun kersen yang sudah jadi. Khasiat teh pucuk daun kersen ini adalah mencegah dan mengobati diabetes, mengobati hipertensi/darah tinggi, kanker, asam urat, tumor, radang, demam, dsb.

Ya, modelnya memang hampir sama dengan bahan teh untuk minuman. Ya, sekarang Anda tidak harus mencari daun kersen sendiri, menyeleksi sendiri. Di toko obat herbal telah dijual obat herbal dari buah atau daun kersen.

Demikian artikel mengenai manfaat buah kersen untuk kesehatan, seperti mengatasi sakit darah tinggi, kolesterol tinggi, diabates, dll. Ada belasan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pohon kersen, baik dari buah, daun ataupun bunga kersen.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi penjagaan kesehatan Anda. Bagi penderita darah tinggi, silakan mencobanya.

***

Serbarkan artikel ini kepada teman dan relasi Anda biar mereka juga terhindar dari berbagai penyakit dengan klik twitter cs di bawah ini. Semoga Allah selalu membuat diri Anda sehat. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *