Connect with us

Herbal

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Menyembuhkan 25 Penyakit

Published

on

ANDA suka buah sirsak? Jika Anda suka, teruskan kebiasaan Anda menikmati buah sirsak. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan sangat besar. Setidaknya ada 25 jenis penyakit yang bisa Anda cegah atau sembuhkan dengan mengonsumsi buah sirsak.

Tidak percaya? Sebuah riset yang dilakukan oleh sebuah pabrik obat di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa buah sirsak bisa digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker. Bahkan, khasiat sirsak bisa menyembuhkan kanker itu telah dibuktikan secara medis.

Tidak hanya menyembuhkan penyakit kanker, buah sirsak juga bisa digunakan sebagai obat anti bakteri, anti jamur (fungi), melawan parasit, menurunkan hipertensi (darah tinggi), depresi, stres, membuat sistem syaraf yang kurang baik menjadi normal, dsb.

Buah sirsak, terutama jus sirsak, sanga bermanfaat bagi ibu hamil. Kata dr Retno melalui blognya, ibu-hamil.web.id, wanita hamil yang minum jus sirsak justru lebih sehat.

Health Science Institute di Amerika menyebutkan, sirsak yang banyak tumbuh di hutan Amazon akan mengubah cara berpikir Anda, dokter, bahkan dunia mengenai proses penyembuhan penyakit kanker dan harapan kesembuhan yang luar biasa.

Tumbuhan sirsak memang awalnya banyak terdapat di Karibia, Amerika Tengah dan juga di Amerika Selatan.

Di Indonesia, tumbuhan dan buah sirsak juga bisa ditemukan di banyak daerah. Tetapi, namanya beda-beda.

Di Jawa, nama buah sirsak dikenal dengan nama nangka sebrang, nangka landa. Di Sunda dengan nama nangka walanda dan sirsak. Nangka buris, nangkelan (Bali), srikaya jawa (Bali), duri ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), jambu landa (Lampung), nangko belanda (Palembang), dsb.

Diduga tanaman sirsak masuk Indonesia di zaman penjajahan Belanda. Maka, ada daerah yang menamakan buah sirsak dengan jambu landa dan nangko belanda. Orang Belandalah yang membawa tanaman sirsak masuk ke Indonesia.

Daya Kerja Ekstrak Buah Sirsak Lebih Kuat Dibandingkan dengan Kemo untuk Terapi Kanker

manfaat buah sirsak untuk kesehatanTidak hanya untuk dinikmati. Anda juga bisa menemukan banyak manfaat buah sirsak untuk kesehatan atau menyembuhkan banyak penyakit.

Ada yang menyatakan baha buah sirsak bisa Anda konsumsi untuk mengobati atau mencegah setidak 25 jenis penyaktit.

Ya, Anda tidak harus mengonsumsi setiap hari. Anda bisa mengonsumsi secara berkala atau berapa hari sekali. Tentu saja, konsumsi buah sirsak sebaiknya Anda posisikan sebagai pelengkap untuk pengobatan suatu penyakit.

Kecuali buah sirsak sudah diolah sedemikian rupa dengan konsep pengobatan yang komprehensif. Artinya, sudah diolah sebagaimana dilakukan oleh perusahaan obat.

Jika Anda membuat sendiri seperti membuat jus sirsak atau mengonsumsi langsung setelah buah sirsak masak, tentu tak bisa dijadikan sebagai obat utama. Tetapi, jika Anda rajin mengonsumsi buah sirsak, Anda bisa terhindar dari banyak penyakit.

Yang perlu diingat, buah sirsak mengandung rasa asam. Maka, Anda yang punya penyakit maag, tentu sebaiknya tidak mengonsumsi buah sirsak. Dikhawatirkan penyakit maag Anda bisa kambuh atau menjadi lebih parah.

Ya, sebaiknya dites dulu sebelum mengonsumsi buah sirsak dalam jumlah banyak. Jika dari mengonsumsi sedikit buah sirsak membuat lambung Anda terasa perih, ya konsumsi buah sirsak harus Anda hentikan. Jika tidak terasa perih berarti Anda bisa menambah konsumsi sirsak.

Dari hasil riset di Amerika Serikat diketahui bahwa buah dan daun sirsak bermanfaat untuk:

1. Melawan sel kanker dengan aman dan efektif secara alami. Anda tak akan merasa mual, berat badan turun atau rambut rontok setelah mengonsumsi buah sirsak.

2. Bisa melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah infeksi mematikan.

3. Anda akan merasa lebih sehat dan kuat setelah mengonsumsi buah sirsak.

4. Energi Anda akan meningkat dan penampilan fisik membaik.

Bahkan, riset itu juga menguji daya sembuh ekstrak buah sirsak untuk penderita berbagai kanker. Misalnya, kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas.

Hasilnya sangat menakjubkan. Daya kerjanya untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker lebih kuat dibandingkan dengan kemo adriamicin. Ini benar-benar menakjubkan.

Manfaat buah sirsak benar-benar luar biasa. Lebih kuat dibandingkan dengan kemo. Kemo biasa digunakan oleh para dokter Indonesia untuk terapi penderita kanker.

25 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Anda

Sebelum membahas manfaat buah sirsak, ada baiknya Anda ketahui dulu apa kandungan buah ini sehingga punya khasiat obat yang begitu banyak. Buah sirsak antara lain mengandung serat, karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalium dan sedikit lemak.

Selain itu, juga mengandung serat yang cukup tinggi, yakni dari konsumsi 100 gram daging sirsak, Anda bisa memenuhi 13% dari serat yang Anda butuhkan dari konsumsi buah sirsak. Kandungan lain berupa fosfor 27 mg dan kalsium 14 mg untuk tiap 100 gram daging sirsak.

Biji sirsak juga bisa untuk insektisida alami untuk melawan hama. Biji sirsak yang warna hitam itu memang mengandung racun sehingga harus Anda buang dari buah sirsak yang akan Anda konsumsi.

Ke-25 manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah:

1. Mencegah Risiko Kena Diabetes

Rasa buah sirsak adalah manis asam. Maksudnya, manis tetapi asam. Meskipun demikian, rasa manis dari buah sirsak tidak akan menyebabkan Anda kena diabetes (kencing manis).

Justru mengurangi risiko kena diabetes karena kadar gulanya rendah. Tetapi, jika Anda sudah punya penyakit diabetes, ya hindari aneka makanan yang dibuat dari buah sirsak. Biasanya, aneka makanan itu ditambahi banyak gula.

2. Mencegah Penyakit Katarak

Mengonsumsi buah sirsak tiap hari bisa mencegah Anda dari penyakit katarak. Bahkan, mata Anda juga terhindar dari penyakit yang membuat pandangan kabur.

3. Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Manfaat buah sirsak lainnya adalah bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit kanker. Dari hasil penelitian, konsumsi buah sirsak bisa mengobati kanker usus besar (colon), kanker paru-paru, kanker pankreas, kankers prostat, dan kanker payudara.

Itu kata dr Hardhi Pranata SpS, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia. Tak hanya buah. Daun dan batang sirsak juga bermanfaat untuk pengobatan penyakit. Buahnya bisa dimakan langsung setelah masak, dibuat jus, atau daunnya direbus.

Yang istimewa, pengobatan dengan buah sirsak tidak membunuh sel-sel kanker yang sehat. Buah sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal atau sel-sel spesifik seperti radikal bebas yang ada sel kankernya.

4. Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Dengan mengonsumsi buah sirsak, Anda bisa menghindarkan terjadinya sakit jantung. Sebab, buah sirsak mampu memperbaiki arteri jantung yang makin menebal dan mengakibatkan aliran darah ke jantung terhambat. Konsumsi buah sirsak yang mengandung vitamin C bisa menghilangkan aterosklerosis yang menghambat pasokan darah pembawa oksigen ke jantung.

5. Menghindarkan Anda dari Sembelit

Buah sirsak juga berkhasiat bisa membuat sistem pencernaan Anda tetap lancar. Anda bisa terhindar dari sembelit atau diare. Vitamin B2 yang terkandung dalam buah sirsak bisa melindungi membran mukosa sehingga pencernaan tetap bisa berfungsi dengan lancar.

6. Meningkatkan Produksi Hemoglobin

Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin bisa membuat Anda terkena sakit anemia atau kekurangan darah. Mengonsumsi buah sirsak yang mengandung ribiflavin bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin sehingga Anda kembali sehat karena kebutuhan sel darah merah bisa tercukupi dengan baik.

7. Pemasok Energi untuk Tubuh Anda

Konsumsi buah sirsak bisa membantu tubuh Anda untuk mendapatkan energi yang cukup. Sebab, kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Selain itu, kandungan vitamin B1 juga menambah pasokan energi yang mampu mengoptimalkan fungsi paru-paru, jantung, otak dan ginjal.

8. Meningkatkan Konsentrasi dan Memori

Dengan kandungan tiamin, konsumsi buah sirsak bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat atau memori dan daya konsentrasi otak. Dengan demikian, otak bisa berpikir dengan baik dan bebas dari stres.

9. Kekebalan Tubuh Meningkat

Biar selalu sehat, Anda sebaiknya sering mengonsumsi buah sirsak. Buah ini mengandung senyawa acetogenins hingga muricapentocin yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Anda akan selalu dan tidak mudah terkena penyakit.

10. Mengatasi Darah Tinggi

Mengonsumsi buah sirsak secara rutin tiap hari juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ya, coba saja. Tidak hanya buah sirsak. Daun sirsak juga bisa menurunkan darah tinggi. Anda bisa memilih salah satu: buah atau daun.

Buah sirsak dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Daun sirsak bisa direbus dan air rebusan diminum setelah disaring. Atau dibuat seperti teh. Setelah dikeringkan, daun sirsak bisa dibuat minuman segar dan menyehatkan.

11. Menyembuhkan Sakit Migrain

Anda pernah sakit migrain? Yaitu, sakit kepala sebelah. Saya pernah mengalaminya. Sakit di kepala terus-menerus. Ya, sakit migrain bisa membuat Anda tidak. Tetapi, Anda bisa menyembuhkan sakit migrain dengan mengonsumsi buah sirsak.

12. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Buah sirsak bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, buah ini mengandung banyak serat yang bisa menyerap kolesterol jahat. Mengonsumsi 100 gram daging sirsak, Anda bisa memenuhi 13% kebutuhan akan serat untuk mengenyahkan kolesterol tinggi. Hebat kan?

13. Mengobati Penyakit Asam Urat

Anda punya penyakit asam urat. Coba sembuhkan dengan mengonsumsi buah sirsak. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah sirsak secara rutin, asam urat segera meninggalkan Anda alias tidak kambuh lagi.

14. Mengatasi Penyakit Ambien (Wazir)

Anda juga menyembuhkan penyakit wazir (ambien) dengan mengonsumsi buah sirsak. Siapkan buah sirsak yang matang, lalu dikupas dan diambil dagingnya. Anda bisa memeras buah sirsak yang sudah dikupas dan dibuang bijinya.

Air perasan (ekstrak) buah sirsak yang harus diminum untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita, khususnya ambien. Tentu cara ini lebih murah daripada melakukan operasi dokter.

15. Mengobati Diare pada Anak

Jika anak Anda menderita diare, Anda bisa menyembuhkannya dengan memberi minuman dari ekstrak buah sirsak. Atau, Anda bisa kupas buah sirsak dan buang isi (bijinya). Hasil ekstrak buah sirsak diberi air dan jadilah pengobatan diare anak Anda.

Manfaat lain dari daun sirsak adalah sebagai berikut:

16. Menaikkan metabolisme tubuh sehingga Anda merasa tubuh lebih segar dan tidak mudah lelah.

17. Meredakan penyakit demam dan panas akibat virus seperti virus tipus, DBD, dan lainnya.

18. Mencegah berjangkitnya tumor ganas. Selain mengonsumsi buah sirsak Anda juga bisa  memanfaatkan daun sirsak untuk tambahan sehingga hasilnya sangat baik. Lakukan rutin tiap hari.

19. Mengatasi risiko penuaan dini akibat kekurangan pigmen kulit yang disebabkan fokus kerja dalam tekanan yang tinggi.

20. Membuat kulit tubuh Anda tampak bersih dan putih. Tetapi, proses untuk membuat kulih putih bersih cukup lama. Bisa satu tahun lebih, Anda baru bisa melihat hasilnya.

21. Mengurangi rasa sakit pada perut akibat penyakit maag kronis kambuh.

22. Mengurangi kulit keriput pada usia lanjut.

23. Memperkuat tulang dan mencegah terjadi tulang keropos (osteoporosis).

24. Menyehatkan paru-paru, khususnya buat Anda yang selalu merokok tiap hari. Bahkan, sehari tidak hanya sekali merokok.

25. Otak lebih cerdas. Dengan mengonsumsi buah sirsak, peredaran darah ke berbagai organ tubuh Anda lebih lancar, termasuk otak sehingga otak akan lebih cerdas.

Demikian beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Antara lain bisa mencegah dan menyembuhkan 25 penyakit Anda. Ingin mencoba?

Tidak hanya buahnya. Daun sirsak, kulit batang sirsak dan akar dari pohon sirsak juga mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Obat herbal dari daun sirsak juga cukup banyak tersedia di pasar dalam berbagai merek. Anda bisa memilih obat herbal dari daun sirsak mana yang Anda suka.

Tetapi, pengobatan menggunakan daun sirsak memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan minum obat farmasi buatan pabrik. Anda harus bersabar. Obat alami dari tumbuhan umumnya bebas dari efek samping.

Semoga Anda selalu sehat dengan mengonsumsi buah sirsak.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.