Manfaat Buah Tomat untuk Mencegah Darah Tinggi dan Kanker

ANDA semua pastinya sudah tahu tentang buah tomat. Bahkan, tiap hari mengonsumsinya. Tetapi, tahukah Anda tentang manfaat buah tomat yang bisa mencegah sakit darah tinggi, kanker, dan banyak penyakit lain?

Ternyata, buah tomat tidak hanya penting bagi ibu-ibu yang menyiapkan makanan di dapur atau para koki di restoran. Dengan tambahan tomat, masakan akan terasa lebih sedap karena tomat mengandung rasa asam dan manis.

Tidak hanya itu. Buah tomat juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan Anda. Ada 101 manfaat buah tomat untuk memelihara kesehatan Anda. Maksudnya, tomat memiliki berbagai manfaat untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit Anda.

Ada baiknya Anda mulai mengonsumsi buah tomat dengan tujuan mencegah berbagai penyakit. Tidak seperti sekarang, hanya menggunakan buah tomat sebagai penyedap masakan Anda.

Harga tomat juga tidak mahal sehingga tidak akan memberatkan anggaran Anda. Yang lebih penting, Anda bisa tetap sehat. Terhindar dari berbagai penyakit.

Tetapi, dalam kesempatan ini tidak akan dibahas semua manfaat buah tomat untu kesehatan. Hanya akan dibahas beberapa saja, khususnya sebagai penangkal sakit darah tinggi, kanker, jantung, diabetes, dsb.

Buah tomat kaya akan vitamin A dan C, serta asam folat. Semua itu akan membuat ketahanan tubuh Anda sangat baik sehingga mampu menangkal berbagai gangguan penyakit.

Apalagi, tomat juga menyediakan berbagai ragam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh Anda. Misalnya, antioksidan asam alfa lipoic, likopen, kolin, asam folat, beta-karoten dan lutein.

Apa manfaat asam alfa lipoic? Ia bisa mengubah glukosa dalam tubuh Anda menjadi energi. Bahkan, asam alfa-lipoic juga terbukti bisa membantu mengontrol glukosa darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi dari retinopati pada pasien diabetes.

Selain itu, juga meremajakan otak dan jaringan saraf. Bukan main hebatnya manfaat buah tomat. Sementara, lycopene menyediakan 80 % untuk kebutuhan likopen pada tubuh Anda sehari-hari.

Kolin juga tak kalah penting. Ia bisa membuat Anda mudah tidur, otot menjadi elastis, meningkatkan fungsi belajar dan memori pada otak.

Kolin juga bermanfaat untuk mempertahankan struktur membran sel, mengirim impuls saraf, menyerap lemak, dan mengurangi peradangan kronis. Itulah beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan Anda.

manfaat tomataduhhh… segarnya minum jus tomat. bisa mencegah sakit darah tinggi, kanker, dsb. (sumber:health.dekiben.com)

Daftar Manfaat Buah Tomat untuk Berbagai Penyakit

Berikut ini beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi tiap hari.

1. Mencegah Tekanan Darah dan Kolesterol Naik

Konsumsi tomat bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol Anda. Sebab, dengan mengonsumsi tomat, asupan natrium pada diri Anda menjadi rendah.

Pada sisi lain, buah tomat memasok asupan kalium yang tinggi, yang tidak saja mampu mencegah tensi Anda naik, tetapi juga bisa menurunkan 20% risiko kematian karena banyak penyebab.

Bahkan, juga mencegah kadar kolesterol Anda naik. Ya, tekanan darah tinggi dan kolesterol sangat berhubungan. Makan makanan penyebab darah tinggi atau hipertensi juga menjadi penyebab kolesterol naik.

Ketika saya melakukan diet karena kolesterol saya tinggi, yaitu 253 mg/dL, maka tensi darah saya juga ikut turun bersamaan dengan turunnya kolesterol saya. Dalam satu bulan diet, kolesterol saya turun dari 253 mg/dL menjadi 191 mg/dL.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menghindari Stroke

Dengan kemampuannya mengendalikan tensi darah Anda, maka otomatis buah tomat juga bisa mendukung kesehatan jantung Anda. Tomat mengandung serat, kalium, vitamin C, dan kolin, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Apalagi, jika bersamaan dengan konsumsi buah tomat, Anda juga mengurangi konsumsi garam. Ini bisa menjadi bentuk pola makan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Selain itu, asupan kalium yang tinggi juga bisa mengurangi risiko terkena stroke, mencegah terjadinya kehilangan massa otot, mempertahankan kepadatan mineral tulang, dan mencegah sakit batu ginjal. Ya, sekali dayung beberapa pulau terlampaui.

3. Mencegah Sakit Diabetes

Mengonsumsi buah tomat juga mencegah terjadi sakit diabetes atau gula darah. Sebab, buah tomat adalah sumber alami kromium yang bisa membuat gula darah Anda tidak naik atau stabil. Dalam buah tomat terdapat serat yang bisa membuat kadar gula Anda rendah. Satu cangkir tomat mengandung 2 gram serat.

4. Membersihkan Radikal Bebas

Manfaat buah tomat lainnya adalah bisa mencegah terjadinya sakit kanker. Tomat merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang bisa memembersihkan dan mencegah radikal bebas pada tubuh Anda. Radikal bebas bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kanker.

Manfaat lain dari konsumsi buah tomat adalah untuk kecantikan, nyeri punggung, mengencangkan pori-pori wajah, mencerahkan kulit, memutihkan kulit, mencegah kerusakan sel, dsb.

Penderita Sakit Maag, Hindari Makan Rasa Pedas dan Asam

Jika Anda tidak ingin repot membuat jus tomat atau mengonsumsi langsung buah tomat, Anda bisa membeli obat herbal dari bahan tomat. Anda tinggal mengonsumsinya.

Kelebihan lain dari obat herbal adalah ramuannya lebih komplet. Tidak hanya dari satu bahan herbal, tetapi juga ditambah dengan bahan lain sehingga lebih manjur. Kemampuannya menyembuhkan atau mencegah suatu penyakit lebih nesar.

Tetapi, bagi penderita sakit maag sebaiknya tidak mengonsumsi buah tomat. Sebab, hakikatnya rasa tomat adalah asam. Rasa asam dan pedas adalah pantangan bagi penderita sakit maag.

Jika Anda merasa aman untuk mengonsumsi obat dari buah tomat karena Anda merasa telah sehat, Anda sebaiknya mencoba dulu dalam jumlah sedikit. Ini sebagai tes, apakah lambung Anda sudah aman untuk mengonsumsi makanan pedas dan asam.

Jika terasa lambung perih, berarti Anda harus menghentikan konsumsi makanan pantangan untuk penyakit maag. Walau rasa perihnya masih ringan. Anda harus segera berhenti dari mengonsumsi makanan asam dan pedas seperti buah tomat.

Dalam waktu cepat, lambung Anda akan kembali sembuh. Anda tidak akan merasa perih lagi di lambung.

Semoga artikel mengenai manfaat buah tomat untuk mencegah sakit darah tinggi dan kankerĀ  bermanfaat dan Anda bisa menyehatkan diri sendiri dan kelarga yang tercinta.