Connect with us

Kolesterol

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol – Cara Mudah Mengobati Kolesterol

Published

on

MANFAAT daun sirsak untuk kolesterol. Ya, Anda bisa mengobati atau menurunkan kolesterol dengan minum rebusan daun sirsak. Banyak orang mampu menyembuhkan kolesterol tingginya setelah beberapa kali minum rebusan daun sirsak.

Apa saja kandungan daun sirsak sehingga mampu menyembuhkan sakit kolesterol? Dari hasil penelitian diketahui bahwa daun sirsak mengandung zat antioksidan yang tinggi. Zat ini mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh Anda sehingga Anda bisa kembali sehat.

Anda pernah menderita kolesterol tinggi? Saya pernah sekali akhir tahun 2014. Saya merasakan sakit kolesterol lebih berat darpada darah tinggi (hipertensi). Gejala kolesterol memang mirip gejala darah tinggi. Misalnya, kepala pusing, tengkuk kencang, dsb.

Saya pun akhirnya periksa dokter. Saya diminta melakukan diet oleh dokter, selain minum obat kolesterol.  Hasilnya adalah kadar kolesterol saya kembali turun menjadi 188 mg/dl setelah 30 hari minum obat antikolesterol.

Ini berarti kolesterol saya kembali sehat atau normal. Kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dl. Jika lebih dari 200 sampai 239 adalah pra-kolesterol tinggi. Lebih dari 240 mg/dl adalah kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati atau diturunkan, Anda bisa kena sakit jantung atau stroke. Ipar saya pernah menderita kolesterol tinggi sampai 285 mg/dl dan sudah 2 tahun ini dia harus rutin periksa dokter di rumah sakit untuk menyembuhkan sakit jantungnya.

Saya bersyukur. Dalam waktu satu bulan, kolesterol saya turun dari 254 menjadi 191 mg/dl. Dua tahun kemudian saya periksa lagi dan turun menjadi 188 mg/dl.

Sampai kini saya terus menjaga agar kolesterol saya tidak naik melebihi angka 200 mg/dl. Tepatnya dalam kisaran 170-an – 180-an. Sebab, saya tidak ingin sakit, apalagi sakit jantung akibat kolesterol tinggi yang tidak segera diturunkan.

manfaat daun sirsak untuk kolesterol

sumber: jingajuice.com.au

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol – Rasanya Tidak Terlalu Pahit

Kolesterol tinggi harus segera diturunkan. Jika tidak, maka bisa timbul penyakit lain yang lebih serius atau berat. Misalnya, sakit jantung, asam urat, stroke atau diabetes.

Kolesterol tinggi juga bisa mengakibatkan pasokan oksigen ke seluruh jaringan tubuh terhambat.

Jelas kondisi ini akan membuat Anda tidak sehat. Selain itu, kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Ini akan menyebabkan suplai darah pembawa oksigen terhambat.

Oleh karena itu, Anda harus segera menurunkan kolesterol hingga ke kondisi kolesterol normal (sehat). Salah satu caranya dengan minum obat kolesterol alami, yaitu minum rebusan daun sirsak.

Manfaat daun sirsak untuk kolesterol cukup bagus. Pengelola blog buahseri.blogspot.com menceritakan pengalaman temannya yang minum rebusan daun sirsak.

Dia sendiri minum rebusan daun sirsak bukan untuk menyembuhkan sakit kolesterol, melainkan untuk menyembuhkan batuk menahun. Hasilnya sangat baik. Ia kembali sehat dan batuknya bisa sembuh. Itulah manfaat daun sirsak secara nyata.

Ia memilih rebusan daun sirsak karena rasanya tidak terlalu pahit. Tidak seperti rebusan daun sambiloto atau daun sirih merah, yang pahitnya luar biasa. Maka, ia memilih minum rebusan daun sirsak.

Untuk menyembuhkan kolesterol tinggi, dia punya teman yang meminum rebusan daun sirsak. Dengan minum rebusan daun sirsak 2 – 3 kali sehari, dalam tiga hari kolesterolnya telah turun banyak. Ya, manfaat rebusan daun sirsak cukup besar dan nyata.

Sayangnya ia tidak menceritakan berapa penurunannya. Misalnya dari 200 sekian turun menjadi sekian seperti yang pernah saya alami.

Manfaat Rebusan Daun Sirsak dan Cara Membuatnya

Bagaimana cara membuat rebusan daun sirsak untuk kolesterol?

Ada dua langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat rebusan daun sirsak yang dapat menurunkan kelosterol tinggi Anda.

Pertama Cara Memilih Daun Sirsak

Ada beberapa cara untuk memetik daun sirsak atau cara menyiapkan daun sirsak untuk minuman berkhasiat obat. Antara lain:

1. Pilih daun sirsak yang masih segar. Yaitu, daun urutan ke 4 dan ke-5. Daunnya tidak terlalu tua atau tidak terlalu muda.
2. Anda sebaiknya memetik daun sirsak pagi hari sebelum matahari terbit.
3. Disarankan memilih daun yang sering terkena sinar matahari. Walaupun, Anda merebus daun sirsak yang lebih tua juga tidak apa-apa.

Kedua Cara Merebus Daun Sirsak

1. Siapkan 5 lembar daun sirsak
2. Silakan daun sirsak dicuci dengan air mengalir sampai bersih
3. Rebus daun sirsak dengan 1 gelas air sampai airnya mendidih
4. Sisakan air rebusan daun sirsak setengahnya
5. Setelah airnya agak dingin, Anda bisa minum hasil rebusan daun sirsak 2 kali sehari sampai kolesterol turun.

Semoga Anda sukses menurunkan kolesterol Anda berkat manfaat rebusan daun sirsak.

Obat Herbal dari Daun Sirsak

Tetapi, jika Anda tidak ingin membuat sendiri rebusan daun sirsak, Anda bisa membeli obat herbal kolesterol dengan bahan pembuatan dari daun sirsak.

Misalnya, Kapsul Daun Sirsak Ekstrak (Annona Muricata Oil), Obat Herbal Ekstrak Manggis & Daun Sirsak – Natural Remedies; Ace Max’s Ace Max Antioksidan Obat Herbal Kulit Manggis dan Daun Sirsak Anti Kanker; HIU Herba Tunggal Obat Herbal Daun Sirsak – 60 Kapsul; Daun Sirsak (Obat Kanker Diabetes), dsb.

Demikian artikel mengenai manfaat daun sirsak untuk kolesterol. Manfaat daun sirsak memang sangat besar untuk kesehatan. Saya berharap, semoga Anda juga bisa menurunkan kolesterol tinggi hingga ke posisi kolesterol normal yang berarti Anda dalam kondisi sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.