Manfaat Jus Sirsak untuk Ibu Hamil, Mitos atau Nyata?

Posted on

SAMPAI sekarang masih ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa manfaat jus sirsak untuk ibu hamil hanyalah mitos. Manfaat yang sebenarnya tidak ada. Tetapi, benarkah pernyataan itu? Atau, itu hanya pernyataan dari orang yang tidak sukses menyehatkan dirinya dengan mengonsumsi jus sirsak?

Ya, untuk membuktikan bahwa buah sirsak sangat bermanfaat bagi ibu hamil tentu saja perlu penelitian. Tak bisa hanya berdasarkan dugaan atau perkiraan.

Berdasarkan hasil penelitian, konsumsi buah sirsak (Annona muricata L) memang sangat besar manfaatnya untuk ibu hamil. Yaitu bisa mencegah anak Bunda lahir cacat atau mencegah terjadinya keguguran.

Ini bisa terjadi karena buah sirsak mengandung folat. Konsumsi folat atau asam folat bagi ibu hamil bisa mencegah defisiensi. Kekurangan folat selama kehamilan bisa menyebabkan bayi yang dikandungnya akan mengalami cacat lahir. Misalnya, kepala agak membesar, spina bifida (cacat lahir dan mental), dsb.

Umumnya wanita hamil mengalami kekurangan asam folat. Asupan harian yang direkomendasikan atau disarankan untuk mereka adalah setidaknya 600 mikrogram (mcg) folat per hari. Saat tidak hamil, seorang wanita memerlukan setidaknya 400 mikrogram folat.

Untuk membantu peningkatan konsumsi folat, ibu hamil perlu tambahan konsumsi suplemen harian yang mengandung 0,5 mg asam folat. Misalnya, suplemen herbal Nutrimax Osteo Gard 60’s, Synplus Royal Jelly 500 Mg Yeast Free 30’s, dsb.

Buah sirsak dikenal juga sebagai buah nangka sabrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), durian betawi (Minangkabau, Padang), jambu landa (Lampung), dsb.

dr Retno: Jus Sirsak untuk Ibu Hamil Justru Membuat Lebih Sehat

jus sirsak
 sumber:hamilplus.com
Dalam blognya ibu-hamil.web.id, dr Retno menyatakan bahwa manfaat buah sirsak cukup banyak. Tidak seperti mitos yang berkembang dalam masyarakat. Mengkonsumsi buah sirsak dalam jumlah cukup selama hamil justru baik untuk kesehatan kehamilan si ibu.
Dokter lain, dr Arnold Fernando, dalam blognya alodokter.com juga menyatakan hal yang sama. Konsumsi jus sirsak atau mengonsumsi buah sirsak bagi ibu hamil tidak dilarang. Sebab, buah sirsak mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
Hanya saja, minumnya jangan berlebihan karena bisa meningkatkan asam lambung dan membuat sakit maag. Rasa asam yang membuat konsumsi buah sirsak bisa menyebabkan maag.

Buah sirsak memang kaya dengan zat-zat tertentu yang punya khasiat untuk pengobatan. Misalnya, zat anti-kanker, vitamin C dan vitamin B yang cukup tinggi, dan mampu meningkatkan energi.

Tidak hanya buahnya. Daun sirsak, biji sirsak, akar dan kulitnya punya manfaat kesehatan. Anda bisa mencoba mengonsumsi mana yang Anda inginkan. Jika tidak ingin membuat sendiri ramuan dari buah sirsak, Anda bisa membeli obat herbal dari sirsak yang sudah jadi.

Apa saja manfaat jus sirsak untuk ibu hamil? Ya, manfaat itu antara lain:

1. Mencegah Mual dan Muntah di Awal Kehamilan

Hampir semua wanita sering mual atau muntah pada bulan-bulan awal kehamilan. Rasa mual dan muntah sebenarnya bisa dicegah dengan konsumsi buah sirsak. Dengan rasa asam manis, konsumsi buah sirsak bisa mencegah mual dan muntah karena rasa itu merangsang produksi air liur.

Selain itu, rasa asam manis buah sirsak juga bisa meningkatkan nafsu makan. Ini sangat baik bagi Bunda pada awal kehamilan. Sebab, saat awal kehamilan, banyak wanita yang malas makan. Tentu saja, malas makan bisa berakibat tidak baik bagi siapa pun. Jus buah sirsak akan membantu mengatasi hal itu.

Tetapi, mengonsumsinya jangan berlebihan. Cukup satu minggu sekali.

2. Merangsang Produksi ASI

Bagi ibu muda, apalagi yang baru pertama kali punya anak, terkadang air susu ibu (ASI) sangat sulit keluar. Atau keluar tetapi hanya sedikit sehingga tidak mencukupi untuk menyusui bayinya. Manfaat buah sirsak, seperti halnya daun katuk, bisa merangsang keluarnya ASI yang lebih banyak.

Mengonsumsi buah sirsak bisa mulai Bunda lakukan sebelum bayi Anda lahir. Ya, biar si kecil tidak menunggu sampai aliran ASI lancar setelah bayi lahir. Anda bisa mulai mengonsumsi buah sirsak saat usia kehamilan menginjak bulan ke-7. Ya, konsumsi satu minggu sekali.

2. Memperkuat Tulang Janin dalam Kandungan

Manfaat jus sirsak untuk ibu hamil yang lain adalah menguatkan pertumbuhan tulang bayi yang masih di dalam kandungan. Untuk pertumbuhan tulang janin, Bunda memerlukan banyak kalsium, mineral, dan vitamin. Mengonsumsi buah sirsak secara rutin akan membuat tulang janin makin kuat. Selain itu, juga bisa menghindarkan janin dari kecatatan. Bayi Anda akan lahir sempurna dengan mengonsumsi buah sirsak.

3. Bisa Mencegah Bayi Lahir Cacat atau Keguguran

pemeriksaan kehamilan

memeriksakan kehamilan (sumber:ibudanmama.com)

Ibu hamil sangat membutuhkan zat folat. Kekurangan zat folat bisa berakibat buruk pada kehamilan Bunda seperti lahir cacat atau mengalami keguguran. Sirsak merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat tinggi, yakni 14 mg. Asam folat, folat atau vitamin B9 sangat diperlukan untuk pertumbuhan pertumbuhan bayi dalam kandungan, bayi yang telah lahir atau masa remaja. Folat penting untuk sintesis DNA dan RNA.

4. Mengurangi Risiko Kena Diabetes selama Kehamilan

Risiko terkena sakit diabetes (kencing manis) selama kehamilan terjadi akibat peningkatan gula darah, terutama setelah makan. Apalagi jika saat hamil sering ngidam (rasa ingin mengonsumsi makanan tertentu) makanan-makanan manis. Peningkatan gula darah tinggi ini dinamakan gestational diabetes.

Manfaat jus sirsak untuk ibu hamil adalah bisa mentralisir kadar gula yang terlalu tinggi sehingga terhindar dari risiko sakit diabetes atau sakit gula.

Buah sirsak juga bisa membantu merampingkan proses pencernaan dan menghentikan sembelit. Dengan kandungan serat yang tinggi, buah sirsak bisa membantu perampingan dan penurunan berat badan.

5. Manfaat Lain: mengatasi Peradangan Uretra, Sakit Liver, dsb.

Manfaat lain dari ekstrak buah sirsak adalah mengatasi peradangan uretra, sakit liver, kusta, menghambat pertumbuhan sel kanker yang kebal terhadap obat-obatan, membasmi virus, mengatasi peradangan, menurunkan gula darah, hingga membantu mengatasi masalah keracunan.

Cara Membuat Jus Sirsak

Bagaimana cara membuat jus sirsak? Ini adalah salah satu cara membuat jus sirsak:

Pertama: belah buah sirsak dan pisahkan daging sirsak dari kulitnya. Lalu, bersihkan daging sirsak dari bijinya.

Kedua: Masukkan daging sirsak ke blendar dengan tambahan air dan sedikit gula

Ketiga: Hidupkan blender hingga daging sirsak menjadi jus yang halus.

Keempat: Sajikan jus sirsak dalam gelas untuk Anda minum.

Tetapi, Anda tidak harus mengonsumsi buah sirsak dengan dibuat jus. Dikonsumsi langsung juga bermanfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Ya, itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil. Ini sungguhan bukan mitos. Bayk dokter menganjurkan pasiennya ibu hamil untuk mengonsumsi jus atau buah sirsak.

Manfaat Lain dari Konsumsi Buah Sirsak

Tentu saja, manfaat konsumsi buah sirsak atau jus sirsak untuk Anda yang tidak hamil cukup banyak, baik untuk wanita ataupun lelaki. Setidaknya ada 29 manfaat dari jus sirsak. Di sini hanya akan disebutkan beberapa saja, yaitu:

Mengurangi Bakteri Jahat

Ada baiknya Anda mengonsumsi buah sirsak secara rutin. Sebab, konsumsi buah sirsak dapat mengurangi jumlah bakteri jahat dalam pencernaan. Sebab, buah sirsak mempunyai sifat antbakteri dan mengandung tinggi vitamin c.

Bisa Mencegah Hipertensi

Buah sirsak mengandung bioaktivitas tinggi. Dengan mengonsumsi buah sirsak, Anda bisa melebarkan pembuluh darah. Otomatis membuat peredaran darah berjalan lancar sehingga Anda bisa terhindar atau mencegah dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi Anda bisa turun.

Mencegah Penyakit Kanker

Sirsak memiliki sifat antikanker. Ini membuat konsumsi sirsak bisa menghambat pengiriman adinosin trifosfat untuk sel-sel kanker.

Acetogenin adalah zat yang terkandung dalam sirsak dan mampu mengenali mana sel-sel yang sehat, sel-sel kanker dan menghambat pertumbuhannya.

Demikian artikel mengenai manfaat jus sirsak untuk ibu hamil. Manfaat itu nyata, bukan mitos lagi. Tentu saja, ada aturan khusus bagaimana membuat jus sirsak bisa bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Sebab, konsumsi buah sirsak secara berlebihan juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan ibu maupun kesehatan bayi yang dikandungnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *