29 Manfaat Jus Sirsak untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Posted on

MANFAAT Jus Sirsak. Tuhan memang Maha Hebat. Banyak tumbuhan punya 101 khasiat untuk kesehatan, kecantikan, dan lainnya, termasuk buah sirsak. Tidak hanya buahnya. Daun sirsak juga bisa Anda gunakan untuk mengobati banyak penyakit.

Tidak percaya? Coba saja Anda membuat jus sirsak. Anda akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Misalnya, meningkatkan kolesterol baik, mencegah kanker, mencegah kurang darah (anemia), menyembuhkan penyakit liver, mengobati penyakit kandung empedu, dsb.

Tentu saja, jangan samakan antara obat farmasi yang diresepkan oleh dokter atau Anda beli di apotek. Obat farmasi mengandung bahan kimia sehingga kerjanya lebih cepat. Kelemahannya, obat farmasi memiliki efek samping yang bisa merugikan kesehatan Anda di masa depan.

Lain halnya dengan obat tradisional atau obat herbal seperti jus sirsak. Ia tak memiliki efek samping. Hanya saja, pengaruhnya tidak secepat obat farmasi.

Oleh karena itu, menurut saya, obat tradisional dari tumbuhan lebih baik digunakan untuk pencegahan atau memperkuat daya tahan tubuh. Atau, untuk menyembuhkan penyakit yang tidak terlalu berat. Belum mencapai stadium tinggi.

Pengalaman Mengonsumsi Obat Tradisional Darah Tinggi & Maag

manfaat jus sirsaksumber: jussehat.com

Seperti halnya yang saya lakukan untuk menurunkan darah tinggi. Untuk penyembuhan jangka panjang, saya lebih mengandalkan obat tradisional ataupun obat herbal.

Mengapa? Karena untuk jangka panjang lebih aman. Tidak memiliki efek samping yang bisa menimbulkan penyakit baru.

Setelah saya mengutamakan obat tradisional atau herbal, saya lebih sehat. Darah tinggi saya jarang kambuh.

Apalagi, saya juga melakukan diet hipertensi (darah tinggi).

Hasilnya lebih bagus dibandingkan saat saya masih mengandalkan obat resep dokter. Ya, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Saya tetap masih minum obat resep dokter, tetapi bukan yang utama. Yang utama adalah obat herbal atau obat tradisional dan diet.

Hal yang sama terjadi pada pengobatan sakit maag saya. Bertahun-tahun saya minum obat anti-maag resep dokter. Tetapi, maag saya tak hilang juga.

Setelah berganti minum obat tradisional, maag saya mulai reda. Terkadang masih muncul tetapi jaraknya sangat lama. Akhirnya, maag saya sembuh total setelah saya melakukan diet dan selalu makan sebelum pukul 19.00. Kalau tidak karena terpaksa seperti menghadiri suatu acara, saya tidak pernah makan malam lebih dari pukul 19.00.

Ya, itulah pengalaman saya tentang penggunaan obat resep dokter, obat herbal dan diet. Ketiganya saling mendukung. Saat mengobati kolesterol tinggi, dokter meminta saya untuk diet dan berolahraga. Eh, benar-benar pengobatan yang efektif. Dalam waktu singkat, yakni 21 hari, kolesterol tinggi langsung ke posisi kolesterol normal. Berarti saya telah kembali sehat.

Rincian 29 Manfaat Jus Sirsak untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Banyak nama untuk buah sirsak (annona muricata). Beberapa daerah memberi nama khusus untuk buah sirsak ini. Misalnya, nangka landa, nangka sebrang (Jawa), sirsak, nangka walanda (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), dsb.

manfaat buah sirsakobat herbal berupa jus sirsak (sumber:hemat.id)

Setidaknya ada 29 manfaat jus sirsak yang bisa Anda dapatkan jika Anda rajin meminumnya. Ya, harus rajin. Ini persyaratan supaya juice sirsak yang Anda minum benar-benar bisa mencegah atau menyembuhkan sakit Anda.

Atau, benar-benar bisa membuat Anda sehat. Ya, sehat dari berbagai penyakit seperti disebutkan di atas. Jika Anda tidak rajin, ya pengaruhnya tak akan besar dan tidak akan Anda rasakan secara nyata.

Akhirnya, Anda bilang minum jus sirsak percuma. Tak ada hasilnya.

Yang benar, bukan tidak ada hasilnya. Tetapi, belum membuahkan hasil karena cara minum Anda tidak sesuai dengan aturan. Waktunya juga belum nyampai.

Obat dokter pun harus diminum sampai habis. Jangan merasa penyakitnya sudah sembuh, lalu sisa obat resep dokter ditinggalkan. Padahal, ada kemungkinan penyakitnya belum sembuh total. Baru 85%. Ketika obat tidak dihabiskan, penyakit bisa kambuh lagi.

Nah, sekarang rincian 29 manfaat jus sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit, yaitu:

1. Menyembuhkan Penyakit Liver

Mendapatkan buah sirsak tidak sulit. Dijual di pasar tradisional ataupun swalayan/supermaket. Rasanya asam manis dan segar. Tetapi, khasiat buah sirsak sangat banyak.

Salah satu manfaat jus sirsak adalah menyembuhkan sakit liver (hati). Organ vital ini memiliki peran besar untuk membantu fungsi ginjal memecahkan senyawa-senyawa dalam tubuh yang bersifat racun.

Jika ada tanda-tanda Anda terkena sakit liver, Anda segera ke dokter supaya secepatnya dilakukan pengobatan. Selain obat medis, bisa dibantu dengan obat alami seperti minum jus sirsak, jus tomat, jus pepaya, dsb.

2. Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Daun dan buah sirsak bisa menyembuhkan kanker. Bahkan, kekuatan penyembuhan buah sirsak 10 ribu kali dibandingkan dengan kemo. Ini berdasarkan penelitian di Amerika.

Jus atau ekstrak buah sirsak bisa membunuh sel jahat dari 12 jenis kanker. Antara lain kanker usus besar, kanker payudara, prostat, paru-paru, dsb.

Tetapi, tak seperti kemo. Ekstrak sirsak hanya membunuh kanker jahat. Sel-sel kanker sehat tetap dibiarkan. Buah sirsak mengandung banyak zat fitokimia yang selalu melawan kanker.

Dr dr Lili Indrawati MKes dari Universitas Indonesia Jakarta pernah melakukan penelitian tentang manfaat buah sirsak untuk pengobatan kanker. Penelitian dilakukan terhadap 30 pasien kanker kolorektal stadium dini. Dari 30 orang, 15 di antaranya diberi minum teh dari daun sirsak 7 gelas per hari.

Setelah dua bulan, hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang minum teh daun sirsak, pertumbuhan sel kankernya terhambat 17%. Dengan ini, ekstrak daun sirsak bisa dijadikan sebagai obat herbal penyembuhan penyakit kanker.

Tetapi bukan obat utama, melainkan sebagai obat tambahan atau pelengkap. Obat utama adalah dari obat resep dokter.

penyakit anemia

menderita penyakit anemia (sumber:spesialiasanemia.web.id)

3. Mencegah Kurang Darah (Anemia)

Penyakit anemia atau kurang darah sering dialami wanita yang tiap bulan mengeluarkan banyak darah (menstruasi, haid) atau saat hamil dan melahirkan. Penyakit ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami kecelakaan dan mengeluarkan banyak darah.

Penyakit anemia terjadi karena kekurangan zat besi. Minum jus sirsak bisa membantu menurunkan sakit anemia karena kandungan zat besi pada sirsak cukup tinggi.

4. Mencegah Osteoporosis (Tulang Keropos)

Buah sirsak juga bisa bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Sebab, buah sirsak mengandung mineral, yaitu fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g.

Kedua mineral itu penting untuk pembentukan massa tulang. Jadi, jus sirsak bermanfaat untuk membentuk tulang yang kuat sekaligus menghambat osteoporosis atau tulang kropos.

5. Jus Sirsak untuk Melawan Radikal Bebas

Manfaat jus sirak lainnya adalah melawan radikal bebas. Sirsak memang kaya vitamin C yang mampu berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, jus sirsak bisa memperkuat kekebalan tubuh.

6. Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Dengan kandungan serat larut dan serat tidak larut, jus sirsak ini bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi (sembelit).

Oleh karena itu, ada baiknya Anda sesekali minum jus sirsak. Tujuannya mencegah terjadinya sembelit yang sangat menjengkelkan dan mencegah berbagai penyakit lainnya.

Ya, saya pernah satu kali mengalami sembelit dan tidak ingin mengalami lagi hal serupa. Maka, saya menjaga pola makan yang baik dan sehat serta minum banyak air putih. Minum jus sirsak juga sangat membantu.

7. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik (HDL) atau Menurunkan Kolesterol Tinggi

Buah sirsak mengandung niacin yang cukup tinggi, yaitu nutrisi yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan kadar kolesterol baik (HDL) yang meningkat, maka penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah bisa dihindari.

Ini membuat kadar kolesterol baik lebih tinggi daripada kolesterol jahat (LDL) yang harus Anda lawan. Dengan minum jus sirsak, Anda akan selalu sehat.

8. Mencegah Sakit Migrain

Migrain adalah nyeri pada kepala, dari migrain ringan sampai migrain parah. Migrain hanya terjadi pada kepala sebelah, kiri atau kanan. Sebagian besar penderita adalah kaum wanita. Artinya, migrain lebih banyak menyerang wanita daripada lelaki.

Penyebab migrain antara lain konsumsi kafein, coklat, keju, penyedap masakan (bumbu dapur), dan minum alkohol.
Jus sirsak mengandung banyak riboflavin yang berfungsi mencegah terjadinya migrain.

9. Jus Sirsak Mencegah Kram Otot

Manfaat jus sirsak lainnya adalah mencegah terjadinya kram otot. Sebab, buah ini mengandung kalium yang bisa berfungsi membantu kontraksi otot. Kekurangan kalium bisa membuat otot lemah dan terjadilah kram otot.

Selain kram otot, kesemutan juga sering merepotkan. Walaupun, hal itu tidak berlangsung lama dan sering berhenti sendiri. Tetapi, jika itu sering terjadi, ya sangat merepotkan dan menjengkelkan. Anda sebaiknya melakukan pencegahan seperti minum juice sirsak.

10. Jus Sirsak Membuat Otak Lebih Sehat

Dengan kandungan folat, buah sirsak bisa menjadi salah satu nutrisi otak. Sangat baik untuk menyehatkan dan mencerdaskan otak Anda. Selain itu, dengan kandungan zat fitokimia, daun sirsak sangat baik untuk pengobatan kanker otak.

11. Menguatkan Tulang Janin

Ibu-ibu yang sedang hamil juga bagus minum jus sirsak. Buah atau jus sirsak untuk ibu hamil bisa memperkuat tulang janin. Pertumbuhan tulang pada janin memerlukan banyak kalsium, mineral dan vitamin. Minum jus buah sirsak tiap hari bisa membuat tulang janin bayi tumbuh sehat dan kuat. Selain itu, juga menghindari kecacatan.

Manfaat jus sirsak dan jus daun sirsak lainnya adalah:

12. Membunuh Cacing Parasit dalam Tubuh
13. Sumber Zat Antibakteri
14. Menjaga Keseimbangan Jaringan Saraf Tubuh
15. Mengobati Penyakit Batu Empedu
16. Anti-Sembelit (Melancarkan Buang Air Besar)
17. Zat Antivirus
18. Menyembuhkan Sakit Pinggang
19. Mengobati Bayi Mencret
20. Menyembuhkan Sakit Ambien
21. Menyembuhkan Anyang-anyangan
22. Sakit Kandung Air Seni
23. Eksim dan Rematik
24. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
25. Menormalkan Kembali Saraf yang Tidak Baik
26. Mengatasi Depresi dan Stres
27. Meningkatkan Kerja Otak
28. Memperlancar Pencernaan dan Meningkatkan Nafsu Makan
29. Menjaga Kekuatan Gigi dan Tulang
30. Mengobati Asam Urat
31. Meningkatkan Nafsu Makan

Resep Membuat Jus Sirsak, Jus Sirsak Dicampur Buah Lain

Berikut ini resep membuat jus sirsak atau jus sirsak dipadu dengan buah lain. Anda bisa mencoba semuanya, mana yang paling segar dan menyembuhkan penyakit Anda.

1. Pembuatan Jus Sirsak:

Bahan pembuatan jus sirsak: 1 buah sirsak matang, susu kental manis 5 sendok makan, gula pasir 3 sendok makan, air putih 250 ml, dan es batu.

Cara membuatnya: buah sirsak dikupas dan pisahkan bijinya. Semua bahan dimasukkan ke blender, lalu hidupkan blender. Jus sirsak jadi dan silakan minum.

2. Jus Sirsak dan Buah Naga:

Bahan: 75 gram daging buah sirsak, 75 gram buah naga putih, 1 sendok makan sirup gula dan ¾ gelas air putih.

Cara membuatnya: masukkan buah sirsak dan buah naga yang sudah dikupas dan diiris kecil-kecil ke dalam blender. Tambahkan bahan lainnya. Setelah semuanya tercampur lembut, jus bisa dikonsumsi.

3. Jus Sirsak, Semangka, dan Stroberi

Bahan-bahan: 75 gram semangka, 40 gram stroberi, 40 gram daging buah sirsak, dan ½ gelas air putih.

Cara pembuatan: Masukkan semua bahan ke dalam blender dan hidupkan blender. Setelah semua bahan tercampur dengan baik, tuangkan ke dalam gelas. Jika ingin jus terasa dingin, masukkan dulu ke kulkas. Setelah dingin, jus sirsak untuk dinikmati. Minuman terasa segar dan fisik Anda menjadi sehat.

Demikian artikel tentang manfaat jus sirsak yang ternyata mampu menyembuhkan atau mencegah berbagai penyakit. Dari penyakit ringan, sedang sampai sakit berat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda atau keluarga dan teman Anda agar selalu menjaga kesehatan dan membuat diri tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *