11 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan – Cara Membuat Jus Wortel Segar

Diposting pada

Manfaat jus wortel untuk kesehatan sangat besar. Baik Anda mengonsumsi dalam keadaan mentah, dalam bentuk masakan atau dibuat jus. Semua punya manfaat besar untuk kesehatan. Yang segar memang dikonsumsi dalam jus wortel. Rasanya segar, nyaman, sekaligus bisa membuat diri Anda sehat.

Apa saja manfaat jus wortel? Bagaimana cara membuat jus wortel dengan baik dan menyehatkan?

Sangat banyak manfaat jus wortel untuk kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan mata. Manfaat wortel ataupun jus wortel sangat banyak. Bahkan bisa mencapai puluhan manfaat atau khasiat.

Kandungan vitamin dari wortel mencakup vitamin A, B9, B3, B6, B2, vitamin C dan K. Kandungan nutrisinya juga cukup tinggi. Kandungan serat mencapai 2,8 gram, tidak memiliki kolesterol, kadar karbohidrat dan kalorinya 9,58 gram, zat besi 1%, dsb.

Tidak hanya itu. Wortel juga kaya mineral, seperti tembaga 0,045 mg, fosfor 35 mg, magnesium 12 mg, selenium 12 mg, dsb. Maka, sangat baik Anda sering mengonsumsi wortel biar selalu sehat. Baik dalam bentuk jus, dikonsumsi mentah atau dibuat campuran masakan dalam kuah.

Obat Herbal dari Wortel: Tetapi, Anda juga bisa membeli produk jadi (herbal) sehingga tidak repot membuat ramuan sendiri. Selain itu, obat herbal buatan pabrik atau UMKM lebih praktis dan higienes. Harganya pun tidak mahal.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Kolesterol Tinggi

Obat herbal dari bahan wortel, misalnya, Sari Wortel Plus Madu untuk Memperbaiki Sel-sel Saraf, Minuman Herbal Wortel Al Ghuroba’, Minuman Sehat Anak-anak dari Wortel dll, Wortel Instan Minuman Herbal, dan masih banyak lagi.

manfaat jus wortel
(sumber:rahasiamami.com)

Manfaat Jus Wortel atau Mengonsumsi Wortel Mentah atau Wortel yang Dimasak

Apa saja manfaat wortel atau manfaat jus wortel?

Ya, Anda bisa mengonsumsi wortel bukan dalam bentuk jus dan bisa pula mengonsumsi dalam bentuk jus. Anda bisa memilih mana yang Anda suka. Selain itu, sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda. Jika Anda menderita diabetes atau hipertensi (darah tinggi), mengonsumsi jus wortel harus tanpa gula.

Jika Anda bukan penderita kedua penyakit itu, ya Anda bisa menambahkan gula atau madu biar jus terasa segar. Jika hanya dari wortel, tentu rasanya tidak segar. Sebagian orang mungkin kurang nyaman dengan rasa wortel.

Baca Juga: Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil biar Bayinya Jadi Anak Cerdas

Cara memilih wortel: Pilih wortel ukuran sedang dengan ujung lancip, masih muda dan rasanya agak manis. Apalagi jika pada wortel masih ada daun muda segar, wortel akan menghasilkan jus super lezat dan tinggi gizi.

Berikut ini manfaat jus wortel plus manfaat wortel, yaitu:

1. Mempertajam Penglihatan

Mengonsumsi wortel bisa membuat penglihatan mata selalu tajam. Tidak kabur. Tidak perlu mengonsumsi wortel tiap hari, tetapi seringlah.

2. Mencegah Sembelit

Jangan malas mengonsumsi wortel karena bisa mencegah sembelit atau sulit buang air besar. Wortel memang tinggi serat sehingga bisa mencegah Anda mengalami sembelit.

3. Mencegah Sakit Kanker

Dengan kandungan zat poliacetylene falcarinol, mengonsumsi wortel bisa membuat Anda terhindar dari sakit kanker. Mengonsumsi wortel bisa membuat Anda mendapatkan banyak antioksidan yang bisa mencegah terjadinya penyakit, termasuk kanker.

4. Membuat Kandung Kemih Selalu Sehat

Kandung kemih selalu sehat sehingga Anda tak akan mengalami masalah buang ari seni. Ini manfaat wortel yang perlu Anda konsumsi.

5. Mencegah Stroke

Penderita darah tinggi sangat baik sering mengonsumsi wortel, dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah, dibuat jus atau dimasak. Konsumsi wortel akan memperlancar aliran darah ke otak dan jantung sehingga Anda bisa terhindar dari kemungkinan kena stroke.

6. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Manfaat jus wortel lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda akan aman dari kemungkinan kena penyakit. Berbagai kandungan dalam wortel bisa melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit.

7. Membunuh Telur Cacing pada Anak-Anak

Anak-anak juga perlu mengonsumsi wortel biar tidak punya penyakit cacingan. Konsumsi wortel bisa membunuh telur cacing dalam tubuh sehingga anak Anda tetap sehat.

8. Meningkatkan Produksi ASI

Bunda yang masih menyusui bayinya, perlu mengonsumsi wortel atau jus wortel biar produksi ASI-nya lancar.

9. Menyehatkan Bayi dalam Kandungan

Tidak hanya ibu menyusui. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi wortel biar bayi yang dikandungnya selalu sehat. Bayi akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup.

10. Menyehatkan Pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan juga sangat penting. Caranya, antara lain dengan mengonsumsi wortel. Dengan pencernaan yang sehat, pengolahan makanan yang Anda konsumsi juga akan berjalan lancar. Anda pun selalu sehat.

Baca Juga: 11 Olahraga Terbaik untuk Mengecilkan Perut Bagian Bawah

11. Menguatkan Tulang

Manfaat wortel lainnya, termasuk jus wortel adalah menyehatkan sekaligus menguatkan tulang. Tulang tidak mudah keropos. Ini berkat vitamin K dari wortel yang Anda konsumsi.

Cara Membuat Jus Wortel dengan Berbagai Variasinya

Cara membuat jus wortel sangat mudah. Siapa pun dari Anda bisa membuatnya. Banyak cara bisa Anda lakukan sehingga bisa menghasilkan banyak variasi dari jus wortel.Yang lebih penting adalah manfaat jus wortel yang bisa membuat Anda selalu sehat.

Anda bisa membuat jus wortel dengan dicampur bahan-bahan lain, baik dengan buah atau makanan, sehingga bisa menghasilkan banyak variasi jus wortel yang nyaman, segar dan menyehatkan. Manfaat jus wortel pun menjadi makin besar.

1. Jus Wortel dan Jeruk

Bahan-bahannya terdiri dari 200 gram wortel, 100 ml air matang, 4 buah jeruk manis, gula pasir secukupnya, dan es batu secukupnya.

Cara membuatnya: wortel dikupas, dicuci bersih, potong kecil-kecil, masukkan ke blender, tambahkan air dan gula, dan air perasan jeruk, lalu diblender. Setelah selesai, tuangkan jus wortel plus jeruk ke dalam gelas dan siap diminum.

2. Jus Wortel Plus Pir dan Seledri

Bahan-bahan: 4 buah wortel, 1 buah pir, 6 lembar daun seledri, segenggam peterseli, dan air secukupnya.

Cara membuatnya: Semua bahan dikupas kulitnya dan dicuci, masukkan ke dalam blender dan blender dihidupkan. Setelah semua bahan lembut, saring dan tuangkan ke dalam gelas. Jus wortel plus pir siap disajikan.

3. Jus Wortel Plus Bit

Bahan-bahan: 1 buah bit ukuran sedang, 1 wortel segar, 2 sendok makan sirup, dan es batu secukupnya.

Cara membuat jus: Wortel dan bit dikupas kulitnya, dipotong-potong, lalu dimasukkan ke blender dan hidupkan hingga sari buahnya keluar. Setelah selesai, hasilnya Anda tuangkan ke dalam gelas dan tambahkan sirup dan es batu. Rasanya segar dan menyehatkan.

4. Jus Wortel Plus Madu

Bahan-bahannya: wortel 4 biji, air putih secukupnya dan madu murni.

Cara membuatnya: kupas wortel, cuci dengan air bersih, potong kecil-kecil dan masukkan ke blender. Tambahkan madu secukupnya dan blender dihidupkan.

Baca Juga: Manfaat Buah Sirsak Bisa Mengatasi 25 Penyakit

Setelah selesai, tuangkan jus wortel ke dalam gelas dengan penyaringan. Rasanya nikmat dan menyegarkan.

Anda tentu saja bisa membuat jus wortel variasi berbeda dengan menambahkan buah dan makanan lain. Bahkan, bisa dibuat variasi berupa mi wortel, brownies wortel, pudding wortel, dsb. Dengan cara ini, manfaat wortel ataupun manfaat jus wortel untuk kesehatan makin besar. Anda pun bisa selalu hidup sehat.

Semoga artikel dari sehatfisik.com ini bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *