Connect with us

Ibu Hamil

Manfaat Kunyit: Obat Sakit Maag Paling Manjur untuk Saya

Published

on

KALI ini saya ingin bercerita tentang manfaat kunyit untuk maag. Kunyit adalah obat maag paling manjur untuk saya. Benar. Ini bukan promosi. Juga tidak bohong, tetapi kenyataan yang saya alami.

Saya menderita sakit maag (dispepsia) selama belasan tahun. Tentu saja, untuk mencari kesembuhan dari penyakit maag, saya periksa dokter. Tidak hanya pada satu dokter. Tetapi periksa pada tiga dokter.

Masalahnya, tiap obat sakit maag yang saya konsumsi berdasarkan resep dokter habis, dua atau tiga minggu kemudian, sakit maag saya muncul kembali.

Lambung saya kembali terasa perih, yang tentu saja membuat saya tersiksa. Itu berlangsung sampai bertahun-tahun. Terkadang, saya pun harus beristirahat atau tidak masuk kerja karena sakit maag kambuh.

Deraan sakit lambung berkurang saat saya mulai minum obat maag tradisional kunyit. Saya minum obat maag kunyit setelah menerima informasi dari seorang teman tentang manfaat kunyit untuk sakit lambung.

Ia meminta saya untuk rajin minum jamu kunyit. Obat tradisional maag dari kunyit bisa dibikin sendiri. Istri saya yang kemudian membuatkan jamu kunyit untuk saya. Terkadang, seduhan jamu kunyit ditambah dengan sebutir telur ayam atau madu.

Ya, ini menambah segar rasa obat maag tradisional dari kunyit. Saya merasa nikmat mengonsumsi jamu kunyit. Tak hanya rasa, tetapi khasiatnya juga sangat hebat. Mampu menghentikan sakit maag saya.

Ia lebih manjur dibandingkan dengan obat kimia yang saya minum setelah periksa dokter. Ini adalah pengalaman nyata.

Terkadang, penyakit maag atau penyakit asam lambung saya kambuh lagi. Tetapi, itu umumnya akibat kesalahan saya. Saya kembali mengonsumsi makanan atau buah yang seharusnya saya hindari.

Misalnya, saya makan dengan menambahkan sedikit sambal atau sejenisnya. Atau, mengonsumsi buah yang rasa dasarnya kecut atau asam seperti mangga.

Ya, terpaksa saya harus kembali minum obat maag tradisional kunyit. Setelah 5 – 7 kali minum, sakit asam lambung saya kembali sembuh. Atau, setidaknya lambung tidak terasa perih lagi.

Entah berapa kali saya lalai dan harus kembali minum jamu kunyit. Semua saya jalani dengan senang hati. Tak pernah mengeluh.

Hari bahagia pun akhirnya tiba. Tanpa saya sadari, penyakit maag saya ternyata telah sembuh total sejak empat tahun lalu. Dalam arti, ia tidak pernah kambuh lagi. Itulah manfaat kunyit untuk sakit maag saya.

Dua Penyebab Utama Manfaat Kunyit untuk Kesembuhan Maag Saya

Terapi apa yang membuat penyakit maag saya akhirnya bisa  sembuh?

Penyakit maag terjadi karena organ lambung Anda memproduksi asam HCI berlebihan. Kondisi itu di antaranya dipicu oleh pola makan yang tidak teratur. Saat perut kosong, lambung memproduksi asam berlebihan.

Sakit maag dimulai dengan radang pada dinding lambung bagian dalam. Radang yang sering terjadi, apalagi terjadi terus menerus, akan mengakibatkan lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis.

Akibatnya, lambung bisa luka. Atau sering disebut tukak lambung. Gejala umum dari penyakit maag ini adalah rasa perih atau panas dari leher hingga perut bagian tengah.

Ini adalah gejala umum yang dialami oleh mereka yang menderita sakit maag. Tidak hanya orang tua yang menderita sakit maag,  anak-anak dan orang lanjut usia juga bisa terkena maag.

Menurut saya, ada 2 penyebab yang membuat sakit maag saya akhirnya, alhamdulillah sembuh, yaitu:

Pertama: Saya selalu menjaga kesehatan lambung. Caranya, saya selalu menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu datangnya maag.

Misalnya, tidak makan dan minum sesuatu yang terasa asam atau kecut. Bahkan, makanan yang secara lahiriah terasa manis tetapi rasa dasarnya asam, saya pun tidak mengonsumsinya.

Contohnya mangga. Saat masak, umumnya mangga akan terasa manis. Tetapi, kalau saya mencoba makan, lambung saya bisa kambuh lagi. Ini berarti rasa asamnya masih melekat pada buah mangga. Walaupun secara lahiriah, mangga itu manis karena sudah masak. Ya, ini berdasarkan pengalaman.

Kedua: Puasa. Seperti disabdakan oleh Nabi Muhammad saw, yakni: puasalah engkau dan engkau akan sehat.

Dari pengalaman berpuasa Ramadhan sejak masih remaja hingga sekarang, saya meyakini Hadis Nabi adalah betul 100%. Meskipun, pernyataan Nabi itu tidak didasari oleh penelitian ilmiah.

Tetapi, hadis Nabi datangnya dari Allah dan Allah Maha Mengetahui.

Buktinya (menurut saya), meskipun saya sakit maag hingga belasan tahun, saya tak pernah meninggalkan puasa Ramadhan. Saat Ramadhan tiba, saya lupakan sakit maag dan saya bertekad menjalankan ibadah puasa hingga selesai.

Betul juga. Selama ini saya tidak pernah meningglkan puasa Ramadhan karena maag. Justru selama puasa Ramadhan, sakit maag tidak menghampiri saya. Entah pergi ke mana.

Ketika saya merasa kesehatan lambung saya sudah lebih baik lagi, saya memenuhi ajakan istri untuk puasa sunnah seperti Senin Kamis, puasa menjelang Idul Adha (Hari Raya Kurban), dsb.

Tanpa saya sadari, ternyata itu membuat sakit saya sembuh total. Maag saya tak pernah lagi kambuh selama tiga – empat tahun belakangan. Tetapi, baru pertengahan tahun 2016 saya menyadari kebenaran nyata dari Hadis Nabi di atas. Atau, tepatnya saya menyadari hal itu baru bulan Ramadhan lalu.

Selama ini saya meyakini Hadis Nabi itu hanya karena iman. Iman (percaya) kepada semua apa yang diajarkan Nabi.

Kini, saya juga meyakini kebenaran Hadis Nabi itu berdasarkan pengalaman yang saya alami bertahun-tahun. Keyakinan saya kepada Hadis Nabi kian bulat 100% lebih karena iman dan kenyataan atau pengalaman.

Berbagai penelitian juga memperkuat bukti bahwa kunyit mampu menyembuhkan atau mencegah banyak penyakit, termasuk maag dan kanker. Dan saya telah menikmati kenyataan itu. Yakni, menikmati manfaat kunyit untuk maag saya bisa sembuh.

World Alzheimer Report dalam laporannya tahun 2009 menyatan bahwa penderita dimensia di Asia Tenggara hanya 3,6% dari jumlah penduduk. Sementara, di Australia penderita dimensia 6,4% dan Eropa Utara 7,2%.

Penderita dimensia di Asia Tenggara sangat rendah karena banyak penduduk yang mengonsumsi kunyit. Dimensia adalah kemampuan otak mengalami kemunduran. Ya, seperti pikun.

manfaat kunirbanyak khasit minum jamu kunyit (foto:health.detik.com)

Zat Kandungan Kunyit untuk Berbagai Penyakit

Sebenarnya zat apa yang terkandung dalam kunyit sehingga cocok untuk mengobati sakit maag?

Kunyit adalah tanaman herbal tradisional yang memiliki rimpang paling familiar dengan kita. Ia adalah tanaman obat sekaligus rempah-rempah.

Dalam bahasa Latin, nama tanaman ini adalah Curcuma domestica Val. Sementara, nama kunyit itu dalam bahasa daerah di Indonesia berbeda-beda.

Misalnya, ada yang menamakannya kakunye (Sumatra, Enggano), kunyet (Adoh), kuning (Gayo), kunyet (Alas), hunik (Batak), odil (Simalur), undre, (Nias), dan kunyit (Lampung).

Kunyir (Sunda), kunir (Jawa Tengah), temo koneng (Madura), kunit (Banjar), henda (Ngayu), kunyit (Olon Manyan), cahang (Dayak Panyambung), dio (Panihing), kunyit (Tidung), kunyit (Sasak), huni (Bima), kaungi (Sumba Timur), kunyi (Sumba Barat), kewunyi (Sawu), koneh, (Flores), kuma (Solor), kumeh (Alor), kunik (Roti), hunik kunir (Timor), dsb.

Rimpang kunyit mengandung empat jenis zat kimia, yaitu:

a. zat warna kurkuminoid.

Ini merupakan senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

b. Minyak atsiri 2-5%.

Terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.

c. Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar

d. Mineral.

Yaitu, magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth.

Dengan berbagai kandungan seperti dijelaskan di atas, kunyit bisa digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Tidak hanya penyakit ringan, kunyit juga digunakan mengobati penyakit berat seperti kanker dan penyakit pikun.

Kunyit juga bisa menyembuhkan diare, obat sakit maag (lambung), asma, usus buntu, rematik, dan masih banyak lagi. Ia juga bermanfaat untuk ibu hamil, ibu menyusui, dsb.

Ada yang menyebut bahwa kunyit mempunyai 79 manfaat. Ya, sangat banyak. Tidak hanya untuk pengobatan seperti disebutkan di atas. Ibu-ibu yang suka memasak juga sangat akrab dengan rempah ini.

Bahkan, juga sangat bermanfaat untuk kecantikan seperti membersihkan wajah, mengobati jerawat, menghilangkan noda bekas jerawat, kulit wajah tambah halus, kulit wajah lebih kencang dan tak ada kerutan, dsb.

Ibu-ibu dan gadis remaja bisa mencobanya. Jika ingin tidak repot, ya beli aja produk buatan pabrik. Kini, banyak produk kecantikan terkenal yang bahan bakunya dari rempah-rempah. Salah satunya dari kunyit. Itulah manfaat kunyit untuk maag dan beberapa penyakit lain.

obat sakit maagobat maag dari kunyit buatan pabrik (foto:obatmaagsakit.com)

Cara Membuat Jamu Kunyit untuk Sakit Maag

Bagaimana cara membuat jamu dari bahan kunyit untuk penyakit maag?

Cara membuat jamu atau obat tradisional maag dari bahan kunyit adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa mengambil beberapa rimpang kunyit
  • Bersihkan dan kupas kulit arinya
  • Parut serta peras airnya (gunakan air hangat untuk memeras airnya)
  • Minum air perasan kunyit tersebut (jamu kunyit) dengan rutin pagi dan sore hari.

Saya biasanya minum jamu kunyit ini selama satu minggu. Kalau ingin tidak repot, ya membeli obat maag di depot penjual jamu.

Tentu saja, Anda perlu memilih penjual jamu yang seduan jamunya berkualitas. Artinya, bahan jamu yang sudah jadi memiliki kualitas terbaik.

Atau, membeli jamu atau obat herbal kunyit produksi pabrik. Itu lebih dijamin kualitasnya, selain lebih higienis. Ya, semua terserah Anda. Pilih membuat (menyedu) sendiri, membeli di penjual jamu, atau membeli obat maag buatan pabrik.

Tetapi, Anda bisa membuat sendiri dengan cara yang lebih mudah. Caranya, setelah dipotong-potong, kunyit direbus. Air rebusan kunyit itulah yang kemudian Anda minum pagi dan sore.

Berapa kali?

Ya, sampai sakit maag Anda terasa nyaman (sembuh). Jika suatu saat kambuh lagi, ya coba membuat lagi. Buatlah berulang-ulang sampai sakit maag Anda benar-benar sembuh.

Tetapi, selain minum jamu kunyit, Anda perlu menghindari makanan atau minuman pemicu sakit maag. Ya, lakukan dietlah. Diet terhadap makanan dan minuman yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit maag.

Hindari Maag Akut, Bisa Akibatkan Kanker Lambung

Pengobatan maag perlu terus dilakukan sampai sembuh. Jangan anggap penyakit maag itu sepele. Walaupun, terkadang itu tidak mudah. Pengobatan tidak segera bisa menyembuhkan. seperti pernah saya alami.

Tetapi, Anda harus terus berupaya. Jika dengan obat maag yang Anda beli secara bebas tidak mampu menyembuhkan penyakit asam lambung Anda, cepatlah periksa dokter. Patuhi segala petunjuk dokter.

Anda juga bisa menggunakan obat maag herbal seperti kunyit. Baik membuat sendiri maupun beli obat maag buatan pabrik. Semua terserah Anda. Pilih mana yang cocok dan bisa menyembuhkan maag Anda.

Yang penting Anda sudah berupaya. Jika Anda membiarkan penyakit maag tanpa pengobatan, dikhawatirkan maag Anda bisa menjadi maag akut atau kronis (tukak lambung).

Misalnya, Anda sibuk kerja. Anda selalu mengabaikan makan siang. Bahkan, sudah sakit pun masih membiarkan sakit Anda tanpa pengobatan. Atau pengobatan tetapi tidak serius atau tidak sampai tuntas.

Beberapa akibat buruk dari penyakit maag yang dibiarkan tanpa pengobatan segera adalah:

  1. mudah terjangkit penyakit hepatitis A
  2. daya tahan fisik sangat lemah, mudah kena penyakit
  3. sembelit dan pendarahan
  4. gejala kanker lambung

Gejala terjadinya maag akut adalah rasa mual, kembung, nafsu makan menurun, cepat merasa kenyang, mudah terkena diare, dan muntah.

Anda merasakan gejala-gejala seperti ini?

Ya, segera obati. Jangan biarkan tanpa pengobatan. Efeknya bisa berat seperti disebutkan di atas. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Apa pun metode pengobatan yang Anda pilih.

Obat Herbal Lain untuk Sakit Maag

Selain kunyit, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal lain. Banyak tersedia tumbuhan yang bisa Anda jadikan sebagai obat maag. Atau, Anda beli obat maag herbal yang sudah jadi di toko-toko obat, baik online atau offline.

lidah buayaobat herbal untuk maag dari lidah buaya (foto:lidah-buaya.com)

Obat herbal maag yang mudah Anda siapkan adalah:

1. Lidah buaya.

Seperti halnya kunyit, lidah buaya juga bisa digunakan untuk pengobatan kesehatan dan kecantikan. Ia mengandung minyak atsiri yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, ia mampu memperlancar sistem pencernaan. Sebab, ia mengandung zat aloebarbadiod dan aloemoedin.

Lidah buaya sekitar 500 gram Anda potong-potong kecil dan cuci hingga bersih. Lalu, blender dan diberi campuran madu. Hasilnya, jus lidah buaya yang segar manis dan menyehatkan lambung Anda,

2. Buah Alpukat

Buah alpukat juga mudah Anda dapatkan di pasar atau supermarket. Anda bisa mengonsumsi langsung atau dibuat jus seperti jus lidah buaya.

Dengan kandungan vitamin A, B komplek, D dan E, alpukat sangat baik Anda gunakan sebagai obat maag. Anda membuatnya dalam bentuk jus, tetapi tak perlu tambahan gula. Biar alami.

Tak hanya buahnya. Daunnya juga bisa Anda gunakan untuk pengobatan maag. Ambil 5 lembar daun alpukat, potong kecil-kecil dan rendam pada air panas hingga warna air berubah.

Setelah itu, minum air daun alpukat. Anda sebaiknya minum saat air masih hangat.

Mana yang terbaik di antara keduanya? Ya, pilih salah satu. Obat herbal maag dari bahan kunyit, lidah buaya atau buah alpukat. Mana yang paling manjur, saya mendapati obat maag herbal dari kunyit sangat manjur untuk saya.

Yang sangat penting untuk diketahui, setelah penyakit maag Anda sembuh, Anda harus selalu menghindari makanan pedas, asam (kecut), dan makanlah secara teratur pada waktunya.

Jika Anda melanggar, maag Anda bisa kambuh. Atau kalau ingin mencoba, Anda bisa tes. Tetapi, sedikit saja. Mengapa? Jika ternyata maag Anda kambuh akibat mengonsumsi makanan terlarang, sakitnya ringan. Karena ringan, penyembuhannya mudah.

Ya, saya pun telah mencoba sekali pada bulan Ramadhan lalu. Di kulkas tersedia buah mangga yang siap disantap. Mangga arumanis tentu sangat manis.

Saya coba ambil dua potong kecil. Di hari berbeda, saya makan lagi satu potong kecil. Eh, lain hari terasa gejala maag pada lambung saya. Selain itu, kerap terasa ingin ke belakang (WC).

Baca Juga: 7 Tips untuk Tetap Hidup Sehat

Ya, saya tidak lagi mengonsumsi buah mangga dan makanan larangan lainnya. Selain itu, saya selalu makan tepat waktu. Kini, gejala sakit maag sudah hilang tanpa harus minum obat apa pun.

Jangan Sering Stres

Satu lagi yang harus Anda lakukan. Anda jangan sering stres. Stres memang sulit dihilangkan dari kehidupan kita. Tetapi, kita harus mampu menekannya hingga tidak mengganggu kehidupan kita, termasuk menyebabkan terjadinya sakit maag.

Banyak cara untuk menghindari atau melepaskan diri dari stres. Olahraga, jalan-jalan, rekreasi, beribadah, baca kitab suci sesuai agama Anda, semua bisa membantu menghilangkan stres.

Bahkan, bisa membuat Anda tidak mudah stres. Hidup tanpa stres akan lebih sehat, termasuk sehat lambung.

* * *

Ya, kini pilihan cara sembuh dari sakit maag ada pada Anda.  Ingin pilih cara yang mana, terserah kepada Anda. Yang terpenting, Anda harus mencegah penyakit maag Anda menjadi maag akut.

Anda harus bebas dari deraan sakit maag. Sebab, risikonya bisa sangat berat. bisa mengganggu sukses Anda. Khasiat kunyit untuk maag benar-benar nyata.

Demikian artikel mengenai Manfaat Kunyit: Mengobati Sakit Maag Paling Manjur untuk Saya. Semoga mampu membantu penyembuhan sakit Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.