1001 Manfaat Kunyit untuk Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Anda

Advertisement

WOW, manfaat kunyit untuk kesehatan ternyata luar biasa banyaknya. Bisa dibilang kunyit memiliki 1001 manfaat. Artinya, banyak sekali manfaatnya. Mungkin, puluhan, bahkan ratusan manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan. Tetapi, kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan, makanan, minuman, dsb.

Oleh karena itu, sangat sayang jika kita tidak bersedia memanfaatkan kunyit bagi kesehatan kita. Mengapa? Karena kunyit mudah ditemukan di negeri kita. Anda bisa mendapati kunyit di pasar-pasar tradisional.

Kunyit terkadang juga dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk memasak. Tetapi, yang sekarang kita bicarakan di sini adalah manfaat kunyit untuk kesehatan.

Selain mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, Anda juga bisa menemukan di apotek herbal. Di apotek, Anda bisa membeli obat herbal yang sudah jadi yang terbuat dari bahan utama kunyit.

Atau di depot-depot penjualan jamu. Anda bisa mencari jamu yang terbuat dari kunyit. Sangat baik Anda mengonsumsinya untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga Anda tak mudah dihinggapi suatu penyakit.

Ya, tubuh yang sehat mampu menangkal berbagai ancaman sakit. Sakit apa saja. Karena itu, kita harus selalu memperkuat daya tahan tubuh kita. Salah satunya dengan mengonsumsi obat herbal seperti kunyit. Tidak usah tiap hari, tetapi lakukan secara berkala.

Satu minggu sekali, setengah bulan sekali, atau satu bulan sekali. Saya kira, ini cara yang sangat baik untuk menjalani cara hidup sehat. Ya, kata-kata bijak adalah “mencegah lebih baik daripadamengobati”.

Selain kunyit mudah di temukan di negeri kita, kunyit juga murah harganya. Apalagi, jika Anda membeli bahan baku. Artinya, kunyit asli yang belum diolah menjadi jamu, kapsul atau lainnya. Wooo.. harganya sangat murah.

manfaat kunyit untuk kesehatanSegaarrr tenannn… (copy: vemale.com)

Kunyit Bisa Anda Gunakan untuk Mengobati 1001 Penyakit

Berikut ini adalah 1001 manfaat tanaman kunyit untuk kesehatan. Kunyit bisa berfungsi sebagai obat untuk berbagai penyakit yang Anda derita. Tetapi, di sini tidak akan disebutkan semuanya. Khasiat kunyit antara lain:

1. Menyembuhkan Sakit Maag

Sakit maag sembuh setelah minum obat herbal dari bahan kunyit telah saya alami. Saya menderita maag belasan tahun. Mula-mula berobat ke dokter. Tetapi, maag belum juga lenyap. Setelah mengonsumsi jamu kunyit, maag saya sembuh. Tetapi, biar sudah sembuh, tetap harus menghindari makanan-minuman penyebab maag. Yaitu, makanan rasa pedas dan asam (kecut). Manfaat kunyit untuk sakit maag selengkapnya di sini.

2. Mencegah Sakit Kanker

Ini sangat penting. Penyakit kanker menguras energi dan biaya. Saya bisa merasakan ini karena adik saya menderita kanker hidung dan adik ipar saya menderita kanker payudara. Pengobatannya sangat berat, terutama saat harus menjalani kemo.

Kandungan antioksidan kurkumin pada kunyit bisa melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas. Jika dibiarkan, radikal bebas bisa merusak DNA. Dengan seringnya terjadi pergantian yang cukup pesat, maka mutasi DNA pada sel usus bisa menyebabkan pembentukan sel-sel kanker yang lebih cepat.

Curcumin pada kunyit akan membantu penghancuran sel-sel kanker. Caranya dengan meningkatkan fungsi hati.

Penyakit kanker yang bisa dihancurkan oleh jamu kunyit adalah:

  • Kanker hati,
  • Kanker usus besar,
  • Kanker darah,
  • Kanker prostat

kapsul kunyitobat herbal kunyit (kunir) putih (dari:almisbah.net)

3. Meningkatkan Fungsi Hati

Pada poin 2 telah disebutkan bahwa zat kunyit bisa menghancurkan sel kanker berbahaya. Caranya dengan meningkatkan fungsi hati. Berbagai penelitian memang membuktikan bahwa kunyit bisa meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat antioksidan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui khasiat kunyit terhadap kemampuan hati dalam mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia.

4. Meningkatkan Antioksidan

Kandungan curcumin adalah salah satu antioksidan yang bagus untuk menetralkan radikal bebas. Ini tidak lain karena struktur kimia yang dimilikinya. Curcumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan. Dengan cara itu, curcumin bisa memberikan perlawanan / membunuh radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Lambung

Kunyit membantu lambung untuk mengurangi efek dari makanan yang bisa merusak dinding lambung. Caranya dengan meningkatkan lendir pada dinding lambung. Makanan yang kita konsumsi memang kadangkala bisa merusak sistem pencernaan. Sebab, makanan itu memiliki sifat korosif yang bisa membahayakan dinding lambung dan usus.

6. Mengurangi Risiko Wazir

Kunyit juga bisa mengurangi kemungkinan risiko terkena wazir (ambien) akibat BAB (buang air besar) tidak lancar. Jadi, kunyit di sini berfungsi menjaga kesehatan pencernaan. Gerak makanan lancar sehingga Anda bisa teratur ke belakang buang air besar.

7. Sembuhkan Penyakit Saluran Pencernaan

Kunyit bisa menyembuhkan penyakit saluran pencernaan kronis (colitis). Artinya, setelah mengonsumsi obat dari kunyit, penyakit saluran pencernaam itu jarang kambuh. Walaupun ia tidak bisa sembuh total. Colitis bisa menyebabkan Anda sakit perut dan ada darah pada tinja.

8. Anti Peradangan

Kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi (anti – peradangan) yang signifikan. Bahkan, ia lebih kuat dari minyak atsiri. Ya, ini tidak lain akibat pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut curcumin. Curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit.

9. Peradangan Sendi Kronis

Anda menderita radang sendi? Jika ya, coba konsumsi obat herbal dari kunyit. Sebab, curcumin dalam kunyit memberi efek antioksidan yang sangat kuat. Ia mampu menetralisir radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel yang ditandai dengan munculnya sakit radang sendi.

10. Mengurangi Risiko Leukimia

Mengonsumsi kunyit juga bisa membuat Anda bebas dari kemungkinan terkena leukimia. Itulah hasil penelitian Prof. Moolky Nagabhushan di London, Inggris. Kandungan kunyit bisa menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yang dihasilkan antara lain dari asap rokok.
sari kunyitobat herbal dari kunyit, cegah sakit jantung (sumber:rumahherbal.com

11. Mencegah Sakit Jantung

Khasiat kunyit lainnya, adalah bisa mencegah Anda dari sakit jantung. Sebab, zat kunyit akan mencegah kemungkinan terjadinya oksidasi kolesterol. Dengan cara itu bisa dihindari terjadinya kerusakan pada pembuluh darah akibat penumpukan plak yang bisa menyebabkan sakit jantung dan stroke.

12. Mencegah Alzaimer

Berdasarkan pada berbagai penelitian diketahui bahwa kunyit juga bisa mencegah penyakit Alzheimer (pikun) karena adanya gen yang mengkode produksi protein antioksidan.

13. Mencegah Depresi

Kunyit juga bisa mencegah terjadinya depresi berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropik dari otak dan menyusutnya hippocampus. Kunyit dengan kandungannya bisa membantu proses neurotropik sehingga mencegah terjadinya depresi.

14. Membantu Penderita Diabetes

Dari berbagai penelitian diketahui bahwa kunyit bisa menurunkan gula darah. Anda yang punya penyakit diabetes bisa mencoba menurunkan kadar gula Anda dengan mengonsumsi kunyit. Tetapi, jangan dikombinasi dengan obat. Sebab, hal itu bisa membuat penurunan gula darah dengan drastis sehingga terlalu rendah. Ini justru bisa menyebabkan hypoglycaemia.

15. Menurunkan Tekanan Darah

Konsumsi kunyit juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa ambil 50 gram daun pegagan, 300 cc madu asli, 3 ibu jari kunyit segar, dan 500 cc air. Rebus dengan air setelah bahan dicincang kecil-kecil. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing 1 sendok makan.

16. Cegah Akumulasi Lemak

Selain membantu menurunkan gula darah, kunyit bisa menurunkan berat badan. Ini bisa dicapai dengan adanya zat kurkumin. Manfaat lain dari kurkumin adalah mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh Anda. Penderita diabetes umumnya memang mengalami kegemukan.

17. Penambah Nafsu Makan

Anda ingin meningkatkan nafsu makan? Ya, konsumsi aja kunyit. Kini banyak produk berbahan dasar kunyit untuk meningkatkan nafsu makan. Tetapi, Anda bisa membuat sendiri dengan menambahkan kunyit sebagai pewarna sekaligus berguna untuk meningkatkan nafsu makan, termasuk nafsu makan si kecil. Pantangannya, dalam waktu bersamaan jangan minum obat. Bisa menyebakan toksik.

18. Melancarkan ASI

Bagi ibu-ibu yang baru pertama kali melahirkan, umumnya mengalami kesulitan memproduksi air susu ibu (ASI) pada beberapa hari setelah melahirkan. Ada ramuan tradisional bisa diminum untuk melancarkan ASI untuk si mungil. Bisa gunakan daun katuk, temu lawak, kunyit, atau lainnya.

Ya, itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan. Ada 1001 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi obat yang berbahan kunyit. Baik berupa jamu, minuman olahan sendiri, tablet (kapsul) atau lainnya.

Sangat baik minum obat herbal kunyit secara berkala untuk mencegah kemungkinan terjangkitnya beberapa penyakit lain. Tidak bisa disebutkan satu persatu dengan lengkap nama penyakit karena begitu banyak.

Demikianlah manfaat kunyit untuk kesehatan yang bisa disebutkan di sini. Lainnya akan diungkap dalam kesempatan terpisah nanti.

Sebaiknya Anda Jangan Konsumsi Kunyit Lebih dari 500 mg/Hari

Positif dan negatif selalu bergandengan atau berjodoh. Artinya, selain mengetahui sisi positif dari obat herbal kunyit, Anda juga perlu tahu sisi negatifnya. Tujuannya supaya Anda bisa terhindar dari hal-hal yang justru merugikan Anda.

Apa sisi negatifnya?

Antara lain Anda tidak boleh mengonsumsi kunyit lebih dari 500 mg perhari. Apalagi sampai 1.500 mg atau lebih per hari. Konsumsi kunyit berlebihan bisa menyebabkan detak jantung tidak normal.

Efek samping lainnya adalah gangguan pada kantung empedu, pendarahan, kontraksi uterus, gangguan hati, dan mengurangi kesuburan.

Wanita yang sedang hamil, menyusui, penderita diabetes, pria yang ingin memiliki anak, orang kekurangan zat besi, atau ingin operasi, jangan minum kunyit.

Semoga artikel mengenai 1001 manfaat kunyit beserta berbagai khasiatnya bagi kesehatan sebagai obat alternatif bisa bermanfaat bagi Anda.

Disclaimer: Artikel ini bukan nasihat dokter. Bahan tulisan dari pengalaman dan referensi lain.

Advertisement