12 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Cara Mengolahnya

Diposting pada

MANFAAT pisang untuk ibu hamil – Selayaknya Bunda yang sedang hamil sering mengonsumsi buah pisang karena manfaatnya sangat besar. Sementara, harga pisang tidak mahal dan cara mendapatkannya tidak sulit.

Bunda bisa mendapatkan buah pisang di pasar swalayan, pasar tradisional, toko buah di banyak tempat ataupun punya tanaman pisang sendiri. Harganya pun tidak terlalu mahal. Pisang memang makanan rakyat sehingga untuk membelinya tidak akan mengursa isi kantung.

Harga buah pisang juga tidak mahal. Kecuali Anda memilih pisang ambon. Itu pun hanya Rp 40.000 untuk satu sisir. Pisang ambon umumnya besar-besar dan rasanya sangat nyaman sehingga layak harganya lebih tinggi daripada harga pisang lainnya.

Siapa pun akan merasa senang menikmati pisang ambon. Apalagi, pisang ambon dengan kualitas super. Jika ingin murah, ya pilih pisang lainnya. Pisang raja, pisang susu, pisang kepok, pisang nangka, pisang candi, dsb. Satu sisir harga di bawah Rp 10.000 juga ada.

Untuk ibu hamil, ya sebaiknya memilih pisang kesukaan atau pisang terbaik. Semua pisang punya manfaat untuk hamil. Terbanyak memilih pisang ambon. Satu sisir bisa dikonsumsi beberapa hari karena buahnya besar.

12 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Bayi yang Dikandungnya

manfaat pisang untuk ibu hamil

pisang panggang keju (sumber:lifestyle.okezone)

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil sangat besar karena nutrisi buah pisang cukup tinggi. Bisa memenuhi kebutuhan Bunda maupun bayi yang dikandungnya.

Satu buah pisang sedang mengandung 105 kalori. Tiap hari Bunda bisa mengonsumsi 3 – 4 pisang. Jadi, cukup besar kalori yang bisa Anda dapatkan tiap hari.

Buah dengan kandungan kalori tertinggi lainnya adalah kurma. Disusul buah alpukat dan mangga.

Nutrisi apa saja yang terkandung dalam pisang sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

1. Asam folat. Bisa mencegah bayi lahir cacat dan prematur.

2. Bisa mencegah sakit anemia (kekurangan sel darah merah). Ini terjadi karena kandungan zat besi dalam buah pisang cukup tinggi, yaitu 3% dari 22g gram pisang.

3. Vitamin B6 bisa meningkatkan pengembangan sel sistem syaraf pusat pada janin. Selain itu, konsumsi vitamin B6 bisa mengurangi muntah-muntah di pagi hari pada Bunda. Tiap hari Bunda perlu mengonsumsi pisang 1,9 miligram. Pisang ukuran sedang mengandung 4 miligram vitamin B6.

4. Manfaat pisang untuk ibu hamil bisa mencegah mual dan muntah-muntah di pagi hari (morning sickness). Biasanya kondisi ini terjadi pada kehamilan trimester (tiga bulan) pertama.

5. Mencegah bibir sumbing. Mengonsumsi buah pisang dalam jumlah cukup bisa menghindarkan calon bayi menderita bibir sumbing. Buah pisang kaya protein sebagai sumber kalori dan memperkuat daya tahan tubuh, baik Bunda ataupun bayi yang dikandungnya.

6. Mencegah diare. Konsumsi pisang bisa menyerap kelebihan air dalam tubuh yang bisa menyebabkan diare. Selain itu juga bisa mencegah keram pada usus yang sering menyertai diare.

7. Mencegah sembelit. Mengonsumsi pisang bisa melancarkan buang air besar dan kemungkinan perut kembung. Kandungan serat akan membantu melancarkan proses dalam pencernaan. Tiap pisang mengandung 6 gram serat.

Manfaat Pisang untuk Meningkatkan Nafsu Makan

8. Meningkatkan nafsu makan. Manfaat pisang untuk ibu hamil yang tidak kalah pentingnya adalah  meningkatkan nafsu makan. Ini sangat penting karena Bunda memerlukan makanan lebih banyak. Buka hanya untuk kebutuhan dirinya, tetapi juga bayi yang dikandungnya. Konsumsi pisang bisa membantu Bunda meningkatkan nafsu makan akibat kandungan protein, serat, protein, vitamin dan mineral.

9. Membuat kolesterol dan gula darah selalu normal. Lebih-lebih Bunda yang menderita diabetes selama kehamilan. Usahakan selalu mengonsumsi pisang secara teratur. Demikian pula untuk Bunda yang gula darahnya rendah.

10. Meningkatkan energi dengan cepat. Konsumsi buah pisang penting untuk meningkatkan energi yang sangat diperlukan supaya selalu sehat. Akan sangat baik bila konsumsi pisang ditambah susu.

Pisang mengandung tiga gula alami, yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa. Ketiganya mudah dicerna sehingga bisa menghasilkan energi dengan cepat.

11. Mencegah pembekakan. Ibu hamil terkadang mengalami pembengkakan. Kemungkinan hal itu terjadi akibat kurang konsumsi kalium. Pisang yang mengandung kalium tinggi bisa mengah terjadinya pembengkakan pada ibu hamil.

12. Menyetabilkan tekanan darah. Mengonsumsi pisang bisa membantun Bunda mengatasi masalah darah tinggi. Kandungan kalium dalam pisang bisa menyetabilkan tekanan darah sehingga Bunda dan bayi yang dikandungnya selalu sehat.

Bunda bisa mengonsumsi buah pisang dalam bentuk atau variasi masakan apa pun. Yang penting Bunda sering mengonsumsi buah pisang untuk kesehatan Bunda dan bayi yang dikandungnya.

Tiap hari mengonsumi buah pisang bagi Bunda yang sedang hamil tentu bisa menjenuhkan. Oleh karena itu, Bunda bisa membuat variasi olahan buah pisang sehingga selalu nyaman untuk dikonsumsi. Tiap hari tidak melulu konsumsi pisang tanpa olahan.

Cara Membuat Pisang Panggang Keju

Bunda bisa membuat buah pisang alternatif. Misalnya pisang panggang keju. Manfaat pisang dalam masakan ini bertambah besar karena ada tambahan susu dan topping keju sehingga meningkatkan pemenuhan kalsium.

Bahan-bahannya: 4 lembar roti tawar yang potong-potong, 6 buah pisang raja yang masak dan dikupas, 2 sendok makan margarin, 8 sendok makan Dancow Full Cream, 300 ml air, 2 butir telur ayam, 1 sendok teh vanili bubuk, 75 gram gula pasir, 2 sendok makan kismis, topping, 100 gram keju melt/cheddar yang dipotong-potong.

Cara membuatnya: Olesi pinggan tahan panas dengan mentega, susun potongan roti di dalam pinggan, masak pisang dengan mentega leleh hingga agak kecokelatan, angkat, potong-potong.

Lalu, pisang Anda susun di dalam pinggan berisi roti. Susu diaduk dengan air, gula, telur dan vanili hingga rata. Selanjutnya, tuangkan ke dalam pinggan, taburi kismis dan beri topping.

Panggang masukkan dalam oven panas selama 30 menit hingga agak kering. Angkat dan sajikan hangat atau dingin.

Bunda bisa membuat variasi lain sehingga mengonsumsi pisang selalu nyaman. Di sisi lain, Bunda dan bayi yang dikandungnya selalu sehat.

Baca Juga: Daun Sirsak untuk Menurunkan Kolesterol

Demikian artikel mengenai Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan cara membuat variasi olahan buah pisang untuk Bunda yang hamil. Semoga artikel yang disajikan sehatfisik.com ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *