Connect with us

Hipertensi

8 Manfaat Semangka untuk Kesehatan: Turunkan Darah Tinggi, Hindari Sakit Jantung …

Published

on

WOWW.. manfaat semangka untuk kesehatan ternyata banyak sekali. Semangka bukan hanya  buah dengan rasa segar dan manis sehingga sangat cocok dihidangkan dalam acara apa pun.  Khasiat buah semangka memang banyak sekali, termasuk untuk menjaga kesehatan.

Buah semangka merupakan saudara sepupu dari buah mentimun dan melon. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris, semangka diterjemahkan menjadi watermelon.

Anda semua tentu saja sudah kenal dengan semangka. Semangka adalah buah yang sangat merakyat. Harganya murah, tampilan menarik, dan rasa segar plus manis.

Buah ini pantas disajikan dalam acara apa pun. Di banyak tempat, semangka telah menggeser posisi pisang sebagai pencuci mulut selesai acara makan-makan.

Ya, kelebihan semangka dibandingkan dengan pisang adalah rasanya yang segar. Sementara, keunggulan pisang hanya pada rasa manis. Tentu saja, rasa manis semangka tidak bisa disamakan dengan rasa manis pisang.

Tetapi, keunggulan dari pisang adalah memiliki banyak jenis (varian). Masing-masing menampilkan bentuk dan rasa yang berbeda-beda.

Bahkan, ada pisang dengan nama kedaerahan seperti pisang ambon. Bentuknya panjang dan besar. Setelah matang, ia tampil menarik yang bisa menggoda calon pembeli.

Yang jelas, banyak manfaat semangka untuk kesehatan, termasuk menurunkan darah tinggi yang bisa Anda coba terapkan pada diri Anda sehingga Anda selalu sehat. Sehat adalah nyaman dan nikmat.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Beberapa Kandungannya

Apa saja kandungan buah semangka sehingga punya banyak manfaat untuk kesehatan?

Semangka memang kaya akan nutrisi. Misalnya, karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air segar. Selain itu, semangka juga mengandung banyak vitamin. Yaitu, vitamin B1 yang meliputi batakaroten dan tiamin.

manfaat semangka untuk kesehatan wahh…segar tenannn dan sehat (sumber:manfaat.com)

Kandungan lain adalah vitamin B2 (riboflavin), B3 (niacin), vitamin B5, asam pantotenant, vitamin B6, folat dan vitamin C.

Adapun mineral yang terkandung di dalam buah semangka adalan kalsium, fospor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi.

Dengan berbagai kandungan seperti itu, tidak aneh jika manfaat buah semangka untuk kesehatan sangat banyak. Banyak penyakit bisa dicegah atau diturunkan dengan mengonsumsi buah semangka. Ingin coba?

Berikut ini beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan Anda:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jika tekanan darah Anda tinggi, coba konsumsi semangka untuk menurunkannya. Anda membutuhkan senyawa kateronid untuk menurunkan tensi darah Anda. Senyawa kateronid bisa Anda temukan pada buah semangka.

Dengan konsumsi semangka, pengerasan pada dinding arteri atau pembuluh vena bisa dihindari. Ini akan membuat diri Anda terhindar dari kemungkinan terkena sakit stroke atau sakit jantung.

2. Penyembuh Sakit Sariawan

Jika Anda sering sakit sariawan, Anda bisa mengonsumsi buah semangka untuk mengatasinya. Sakit sariawan ditandai dengan adanya benjolan atau luka kecil di lidah atau bibir. Penyebab sakit ini karena Anda kekurangan asupan vitamin C dan kehilangan banyak cairan.

Kandungan vitamin C dan banyak air dalam semangka bisa membantu penyembuhan sariawan Anda. Vitamin C akan membunuh banyak bakteri di mulut Anda. Selain itu, semangka juga mengatasi masalah bibir kering.

3. Menghilangkan Jerawat

Manfaat semangka untuk kesehatan lainnya adalah bisa menghilangkan atau menyembuhkan jerawat. Oleh karena itu, anak-anak muda, terutama cewek, jika punya banyak jerawat, tenang saja. Anda bisa menyembuhkan jerawat Anda dengan cara yang sangat mudah, murah dan menyegarkan.

Caranya, gunakan buah semangka. Tetapi, semangka bukan untuk dimakan. Anda hanya perlu airnya dengan cara dibuat jus. Setelah itu, ambil kapas. Kapas Anda celupkan di air jus semangka, dan kemudian tempelkan pada seluruh wajah yang terdapat jerawat.

Setelah 15 menit, ambil semua kapas yang menempel di wajah. Langkah selanjutnya, bilas wajah Anda dengan air dingin. Lakukan beberapa kali hingga muak Anda kembali mulis tanpa jerawat. Mudah, kan cara mengatasinya !!

Manfaat buah semangka untuk kesehatan memang josss.. Anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua, semua bisa mendapatkan manfaatnya.

4. Terhindar dari Sakit Jantung dan Kanker

Dengan mengonsumsi semangka, Anda kemungkinan besar tidak akan terkena sakit kanker. Tidak percaya? Logikanya begini. Semangka memiliki kandungan likopen cukup banyak. Fungsinya untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, makanan, dan melemahnya sistem imun. Polusi udara terutama yang diakibatkan oleh asap knalpot motor.

Dampaknya adalah Anda bisa terjangkiti sakit kanker. Tetapi dengan memanfaatkan khasit buah  semangka, Anda kemungkinan besar bisa terhindari dari sakit kanker dan sakit jantung. Caranya, sering mengonsumsi semangka.

5. Membuat Kulit Anda Tampak Mulus

Bagi Anda yang telah berusia setengah baya, mengonsumsi semangka akan membuat kulit Anda tetap mulus. Ini akibat zat gizi yang terkandung dalam buah semangka.

Tentu saja, Anda tidak cukup hanya mengonsumsi buah semangka sekali lantas kulit Anda menjadi mulus. Anda perlu rutin mengonsumsi semangka untuk menghindari kulit berkerut dan Anda tampak tua.

Buah semangka akan membuat kulit muka Anda dan juga bagian tubuh lainnya menjadi lebih kencang dan segar. Ini akan membuat Anda tetap tampak cantik atau ganteng, meski berusia tua.

jus semangkajus semangka (sumber:merdeka.com)

6.  Menyehatkan Mata dan Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat semangka untuk kesehatan lainnya adalah membuat mata Anda selalu sehat. Sebab, zat betakaroten yang dikandung semangka akan diubah menjadi vitamin A yang bisa berfungsi untuk menyehatkan mata.

Vitamin C yang Anda dapatkan dari konsumsi semangka juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Ini berarti tubuh Anda tidak akan mudah sakit dalam kondisi apa pun, termasuk dengan cuaca yang sangat ekstrem.

7. Terhindar dari Sakit Batu Ginjal

Dengan mengonsumsi semangka, aliran urin akan lebih lancar. Ini akan membuat organ ginjal Anda lebih sehat. Tak akan ada yang namanya sakit batu ginjal atau kencing batu.

Kencing batu? Uhh…, sakitnya bukan main. Apalagi, bentuk batunya lebih besar. Perlu usaha keras untuk menghancurkannya sehingga bisa keluar bersama urin. Anda pun kembali sehat.

8. Menurunkan Tumpukan Lemak

Banyak lemak dalam tubuh bisa mengakibatkan kesehatan terganggu seperti menderita penyakit kolesterol tinggi. Atau, Anda mengalami kegemukan (obesitas) sehingga rentan terjangkiti penyakit jantung atau stroke.

Buah semangka mengandung banyak citruline yang mampu mengurangi tumpukan lemak di dalam tubuh Anda. Dengan demikian, sering mengonsumsi semangka akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Terbebas dari kemungkinan kena kolesterol tinggi dan kegemukan.

Demikian artikel mengenai manfaat buah semangka untuk kesehatan. Anda sehingga Anda tidak mudah terkena berbagai penyakit berat. Semangka berharga murah, menyegarkan, tetapi sekaligus bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan ke teman dan kenalan Anda jika artikel ini dinilai bermanfaat !!




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.