Manfaat Vitamin E: Bisa Mencegah Kanker, Stroke, Jantung, Darah Tinggi

Diposting pada

MENGONSUMSI makanan, buah atau lainnya yang kaya vitamin E sangat penting. Vitamin E adalah zat yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja tubuh. Vitamin E, bahkan bisa mencegah Anda dari penyakit stroke, kanker, jantung dan darah tinggi.

Selama ini, yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah manfaat vitamin E untuk kulit dan kesuburan. Ini pengaruh dari gencarnya promosi atau iklan produk-produk kecantikan.

Tentu saja, tidak ada yang salah dengan hal itu. Bahkan sangat penting bagi sebagian orang. Misalnya, konsumsi suplemen vitamin E untuk mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan mata, dsb.

Tetapi, sesungguhnya banyak manfaat lain yang perlu Anda perhatikan. Baik untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit maupun kesehatan mata.

Mengosumsi vitamin E juga bisa membuat Anda terhindar dari penyakit berat seperti penyakit stroke, kanker, jantung dan darah tinggi. Setidaknya, risiko terkena penyakit-penyakit itu sangat kecil.

Itulah sebabnya, Anda perlu mengonsumsi makanan, buah atau lainnya yang mengandung vitamin E. Tujuannya biar Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti disebutkan di atas.

Anda punya ketahanan fisik yang tinggi sehingga bisa terhindar dari banyak penyakit. Apalagi bagi Anda yang berusia lanjut, mengonsumsi vitamin E akan membuat Anda tidak mudah sakit.

Tidak hanya itu. Konsumsi vitamin E juga akan membuat Anda terhindar dari kerusakan sel akibat radikal bebas seperti asap rokok, sinar UV, dsb.

Di bawah ini adalah daftar 30 manfaat dari konsumsi vitamin E yang dikutip dari manfaat.co.id. Uraian berikutnya adalah makanan dan buah apa saja yang mengandung vitamin E dan beberapa suplemen vitamin E yang bisa Anda konsumsi.

Daftar 30 Manfaat Vitamin E untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Berikut ini daftar tentang 30 manfaat vitamin E untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Anda bisa mengonsumsi tiap hari atau secara periodik, tergantung pada kebutuhan Anda.

Ke-30 manfaat vitamin E adalah:

1. Mengencerkan darah kental agar Anda tak kena stroke dan darah beku
2. Mengobati diabetes dan komplikasinya
3. Mencegah kanker paru-paru, pankreas, lambung, prostat, dsb.
4. Mencegah penyakit syaraf dan otak
5. Melawan efek negatif penggunaan obat obatan
6. Mencegah komplikasi pada kehamilan karena tekanan darah tinggi (pre-eklampsia)
7. Mencegah dan mengobati sindrom pramenstruasi (PMS)
8. Mencegah sindrom menopause
9. Hot flashes terkait dengan kanker payudara
10. Kista payudara.
11. Mengobati dan mencegah penyakit kanker otak dan sistem saraf, termasuk penyakit parkinson, pikun, demensia, dsb.
12. Mengatasi efek samping dari penggunaan obat.
13. Mengatasi berbagai masalah kesehatan khusus untuk wanita. Misalnya, sakit diabetes waktu hamil, sindrome menopause, dsb.
14. Meningkatkan ketahanan fisik, meningkatkan energi, mencegah kerusakan otot, dsb.
15. Mencegah dan menyembuhkan sakit katarak
16. Mencegah dan menyembuhkan sakit asma
17. Mencegah dan mengatasi infeksi pernafasan
18. Mencegah dan mengatasi gangguan kulit
19. Mencegah dan mengobati penuaan kulit
20. Sunburns
21. Cystic fibrosis
22. Mengatasi masalah infertilitas
23. Mengatasi masalah impotensi
24. Mengatasi sindrom kelelahan kronis (CFS)
25. Mengatasi dan menyembuhkan tukak lambung (maag).
26. Mengatasi penyakit keturunan
27. Mencegah alergi.
28. Mengatasi berbagai masalah penyakit kulit seperti keriput
29. Perawatan kulit pada malam hari
29. Mengatasi guratan di wajah
30. Mengurangi bintik coklat di kulit

11 Makanan dan Buah yang Kaya Vitamin Evitamin e

(sumber:familyfarmacybh.com)

Pertanyaannya, makanan dan buah apa saja yang kandungan vitamin E-nya tinggi dan bisa mencegah kemungkinan terkena berbagai penyakit?

Berikut ini beberapa makanan dan buah yang kaya dengan vitamin E dan bisa Anda pilih untuk mengkonsumsinya. Tiap orang memerlukan vitamin E per hari 15 mg. Anak-anak membutuhkan 4 – 11 vitamin E/hari.

Berikut ini beberapa contoh makanan dan buah yang kaya dengan vitamin E. Fungsi vitamin E sangat besar untuk kesehatan Anda.

1. Kacang Almond

Anda bisa mengonsumsi kacang almond untuk menambah asupan vitamin E. Satu ons kacang almond mengandung 7,4 mg vitamin E. Kandungan lain dalam kacang almond adalah vitamin B kompleks, kalium dan zat besi.

Produk olahan dari kacang almond antara lain susu almond dan minyal almond.

2. Minyak Biji Gandum

Kandungan vitamin E pada minyak biji gandum merupakan yang tertinggi. Dengan mengonsumsi satu sendok minyak biji gandum, Anda telah memenuhi 100% kebutuhan akan vitamin E/hari.

3. Minyak Zaitun

Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun untuk mendapatkan manfaat vitamin E. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun juga cukup tinggi. Yakni 5 mg.

4. Kuaci/Biji Semangka

Anda juga bisa mengonsumsi kuaci atau biji semangka, biji wijen atau biji labu juga sangat tinggi kandungan vitamin E. Cuma sayang. Yang disukai oleh kebanyakan masyarakat kini adalah semangka besar dengan sedikit biji.

Selain itu, cemilan kuaci juga hampir punah karena tergeser oleh nyamikan modern.

5. Paprika Hijau

Ada tiga jenis paprika, yaitu paprika hijau, merah dan kuning. Paprika yang kandungan vitamin E tinggi adalah paprika warna hijau, yakni 7, 4 mg dan paprika merah 1,5 mg. Paprika kuning tidak mengandung vitami E.

6. Lobak Hijau.

Sayur ini agak pahit rasanya. Tetapi, kandungan vitamin E cukup tinggi, yakni 12% dari kebutuhan harian Anda. Jadi, sangat baik untuk Anda konsumsi.

7. Kacang Hazelnut

Kacang ini juga mengandung vitamin E cukup tinggi. Satu ons kacang hazelnut bisa memenuhi 12% dari kebutuhan harian Anda. Kacang bisa dikonsumsi langsung atau Anda jadikan campuran kopi.

8. Alpukat

Separoh dari buah alpukat mengandung vitamin E sebanyak 2 mg. Anda bisa mengonsumsi buah alpukat langsung atau dibuat jus. Tentu saja setelah dikupas kulitnya.

9. Brokoli

Sayuran ini sangat terkenal punya khasiat menyehatkan. Satu cangkir brokoli bisa memenuhi 4% kebutuhan vitamin E Anda.

10. Mangga

Suapa tidak suka mangga? Mengonsumsi secangkir jus mangga setera dengan 1,5 mg vitamin E. Mangga juga kaya kalium dan serat.

11. Tomat

Selain mengandung vitamin E, buah tomat juga mengandung vitamin A dan kalium. Secangkir jus tomat sama dengan 1 mg vitamin E.

Suplemen Vitamin E untuk Pembersih Kulit, Wajah, dan Kesuburan

manfaat vitamin e

salah satu suplemen vitamin E (sumber:tempatjual.site)

Jika Anda ingin lebih nyaman mengonsumsi vitamin E, Anda bisa memilih suplemen untuk itu. Banyak produk suplemen vitamin E yang dijual di toko-toko online, toko herbal atau apotek. Mungkin juga di toko-toko lain.

Berikut ini daftar beberapa jenis suplemen vitamin E yang bisa Anda konsumsi supaya Anda selalu sehat dan tidak mudah kena penyakit. Hanya saja, Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen berlebihan.

Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen vitamin E sesuai dengan aturan yang berlaku. Maka, baca aturan sebelum minum/makan suplemen/obat. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin E dengan baik dan benar.

1. Tiens Vitaline – Vitamin E Pembersih Flek & Jerawat

Suplemen Tiens Vitaline terbuat dari bahan kecambah gandum. Produk Tiens ini ada yang bisa dioleskan, digunakan sebagai masker wajah, dan dikonsumsi.

Suplemen dioleskan, misalnya dioleskan pada payudara biar sehat dan kencang. Atau dibuat masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat, wajah keriput, atau noda lainnya.

Dikonsumsi antara lain untuk peremajaan kulit, kesehatan mata, mencegah stroke, sakit jantung koroner, kesehatan syaraf, menjaga kesehatan otak, liver, mencegah kanker, dsb. Harganya adalah Rp 333.000

2. Happy Green Minyak Vitamin E

Suplemen vitamin E ini berkhasiat untuk mengatasi kulit keriput, kulit terbakar sinar matahari, dan menghilangkan bekas luka setelah operasi. Harganya Rp 60.000.

3. Natur E Natural Vitamin E 100 IU

Diproduksi dari bunga matahari yang kaya vitamin E dan minyak biji bunga matahari yang mengandung asam linoleat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ditambah lagi ekstrak biji gandum yang juga kaya vitami E.

Manfaat lain menurunkan risiko kena kanker, katarak dan gangguan saluran pencernaan. Harganya adalah Rp 32.000.

4. Ever E 250 Vitamin E untuk Kulit dan Kesuburan

Anda hanya perlu mengonsumsi satu kapsul Ever E 250 tiap hari untuk membuat kulit Anda selalu sehat dan halus. Ever E ini mengandung 250 IU d-alpha tocopherol tunggal. Fungsinya untuk meregenerasi atau meremajakan kulit dari dalam dan kesuburan.

Dibuat dari bahan rumput laut dan 100% alami sekaligus halal. Harganya cukup murah, yaitu Rp 67.500.

Demikian artikel mengenai manfaat vitamin E untuk kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *