Mencegah Asam Urat dengan Cara yang Sangat Mudah

Posted on

PERNAH menderita sakit asam urat? Aduh, sakit asam urat sangat menjengkelkan. Rasa nyeri di sendi bisa membuat Anda tidak tenang. Saat malam tidak bisa tidur nyenyak. Bahkan, tidak bisa pergi kemana-mana karena kaki tak bisa digerakkan. Bagaimana cara mencegah asam urat?

Ya, mencegah lebih baik daripada pengobati. Kata pepatah ini menganjurkan sebaiknya Anda dan kita semua mencegah terjadinya sakit asam urat. Jangan membiarkan diri Anda dihinggapi penyakit asam urat dan setelah sakitnya parah baru berusaha mengobatinya.

Sebab, penderitaan akibat penyakit asam urat benar-benar menyiksa. Anda pun harus beristirahat di rumah beberapa hari karena kaki tak bisa untuk jalan. Bahkan, teman saya harus masuk rumah sakit gara-gara asam uratnya kambuh.

Tempat sendi yang terkena asam urat akan tampak memerah. Bahkan disertai bengkak dan rasa panas. Bagian tubuh yang sering terkena penyakit asam urat adalah jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan.

Asam urat sebenarnya punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Asam urat adalah zat antioksidan yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel yang rusak.

Tetapi, jika jumlah asam urat pada tubuh Anda terlalu banyak, ya akibatnya terjadi penyakit asam urat. Penyakit yang sangat menyiksa dan menjengkelkan.

Untuk itu, Anda harus mencegah asam urat menyerang sendi-sendi pada tubuh Anda supaya Anda tetap sehat.

Lakukan Cek Kadar Asam Urat Periodik

mencegah asam uratsumber:caramengatasiasamurat.com

Dari mana datangnya zat asam urat yang berlebihan?

Ya, datangnya asam urat adalah dari makanan yang Anda konsumsi, yaitu makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi. Dengan zat purin tinggi, maka ginjal tak mampu memproses seluruhnya. Zat purin yang telah diproses oleh ginjal akan dibuang melalui kotoran dan urin (air seni).

Zat purin dalam darah yang tidak mampu diproses oleh ginjal akhirnya menumpuk di beberapa persendian kaki atau bagian tubuh lain menjadi kristal asam urat. Setelah tumpukan kristal asam urat makin tinggi, maka terjadilah penyakit asam urat.

Untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat, Anda perlu cek asam urat periodik di laboratorium seperti di Puskesmas, di laboratorium klinik, atau rumah sakit. Misalnya cek tiga tahun sekali. Dari cek asam urat, Anda bisa tahu berapa kadar asam urat Anda. Normal atau tinggi.

Kadar asam urat normal adalah 3,5 – 7 mg/dl untuk lelaki dan 2,6 – 6 mg/dl untuk wanita. Lebih dari angka itu berarti Anda menderita sakit asam urat tinggi.

Cek kadar asam urat ini sangat penting. Selain untuk mengetahui kadar asam urat Anda, cek juga penting untuk memastikan apakah sakit yang Anda derita adalah asam urat atau rematik. Gejala penyakit asam urat dan rematik hampir sama.

Salah satu cara untuk membedakan adalah tes atau cek kadar asam urat, baik di laboratorium atau Anda menggunakan alat cek digital. Anda bisa memiliki alat cek asam urat digital. Harganya juga tidak mahal.

Tetapi, jika Anda punya dana, ya pilih saja yang terbaik. Anda bisa pilih alat tes asam urat multifungsi. Misalnya, selain untuk cek asam urat, alat ini juga bisa Anda fungsikan untuk cek darah tinggi, kolesterol, gula darah, dsb.

Jika dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa asam urat Anda melebihi angka normal, Anda harus segera menurunkannya. Anda harus membuat kadar asam urat Anda selalu normal. Penyakit asam urat yang tidak diobati bisa menyebabkan penyakit batu ginjal.

Siapa saja yang bisa terkena serangan penyakit asam urat?

Ya, asam urat bisa menimpa lelaki atau perempuan, tetapi terbanyak adalah lelaki. Mulai usia 20 tahun, 30 tahun, 40 tahun, dsb. Anda sebaiknya berusaha mencegah asam urat sebelum penyakit itu menimpa Anda. Caranya???

Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat

makanan penyebab asam uratmakanan penyebab asam urat yang harus Anda hindari (sumber:penyebabasamurat.com)

Salah satu cara mencegah asam urat yang terpenting adalah Anda harus menghindari makanan dan minuman dengan kadar purin yang tinggi. Makanan dan minuman dengan kandungan zat purin tinggi menjadi penyebab terjadinya sakit asam urat.

Kandungan purin tiap makanan atau minuman tidak sama. Anda harus menghindari makanan dan minuman penyebab asam urat. Atau dengan kata lain, Anda harus menghindari makanan pantangan asam urat.

Ya, lakukan bertahap. Setelah meninggalkan satu dua makanan berlangsung baik, Anda bisa menambah jumlah makanan dan minuman yang Anda hindari supaya Anda tidak terkena asam urat.

Dengan cara ini, diet asam urat dengan menghindari makanan dan minuman penyebab asam urat tidak akan merasa berat. Anda tetap merasa nyaman seperti kondisi sebelum menghindari makanan dan minuman penyebab asam urat.

Dulu, saat awal diet terhadap aneka gorengan sebagai upaya menurunkan darah tinggi, saya juga merasa berat. Seharian tanpa makanan gorengan seolah ada yang kurang dalam hidup ini. Sebab, konsumsi aneka gorengan telah menjadi bagian menu keseharian sejak lama.

Tetapi, dengan tekad dan semangat untuk bebas dari darah tinggi, saya akhirnya bisa meninggalkan aneka gorengan dengan baik. Jika ingin makan aneka gorengan, ya sesekali saja. Misalnya, tiap minggu sekali dalam jumlah sedikit.

Ini membuat saya benar-benar sehat. Tensi darah saya bisa stabil normal. Saya merasa, sekarang lebih sehat dibandingkan waktu muda saat belum banyak pengalaman menghadapi deraan darah tinggi atau hipertensi. Dokter pun memuji cara hidup saya menghadapi penyakit darah tinggi.

A. Makanan Minuman yang Harus Dihindari

Makanan minuman berikut ini harus mendapat prioritas untuk Anda hindari. Anda tak boleh main-main dengan makanan minuman ini. Menghindari makanan minuman ini adalah cara ampuh mencegah asam urat.

Makanan minuman itu adalah jeroan, makanan laut, minuman kopi, bir, alkohol, minuman bersoda, dan ikan asin.

Zat purin dalam jeroan, misalnya, tiap 100 gram adalah usus 854 mg, limpa kambing/domba 773 mg, hati sapi 554 mg, babat 470 mg, paru 398 mg, dan ginjal sapi 269 mg.

B. Sayuran dengan Zat Purin Tinggi yang Harus Anda Hindari

Sayuran ini juga harus Anda hindari untuk mencegah asam urat. Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, ya sedikit saja dan jangan sering-sering. Katakanlah beberapa hari sekali saja.

Yaitu, jamur kuping (448 mg), daun melinjo (366 mg), kangkung dan bayam (290 mg), asparagus, dan biji melinjo. Kandungan zat purin di dalam asparagus paling tinggi di antara sayuran lain.

C. Ikan dengan Zat Puring Tinggi yang Harus Anda Hindari

Ya, hampir sama dengan sayuran penyebab sakit asam urat. Beberapa ikan laut berikut ini juga harus Anda hindari. Anda boleh makan tetapi sedikit saja dan jangan terlalu sering.

Yaitu, ikan sarden (485 mg), ikan salmon (170 mg), lobster (118 mg), ikan teri (239 mg), ikan bandeng, tongkol, ikan haring, ikan tuna, udang, cumi, kepiting, lobster, kerang, kepiting, ikan kakap, halibut, ikan kod, bluefish, makarel, trout, dan tiram.

D. Kacang-kacangan dengan Zat Purin Tinggi yang Harus Anda Hindari

Kacang-kacangan sebaiknya Anda hindari karena kandungan zat purinnya lumayan tinggi. Walaupun, tidak setinggi dengan makanan, sayuran dan ikan seperti disebutkan di atas. Jika dari hasil cek asam urat Anda masih tercatat agak tinggi, ya hindari kacang-kacangan ini.

Tetapi, jika sudah normal, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan. Tetapi, sebaiknya dibatasi supaya asam urat Anda tidak kambuh lagi.

Makanan pantangan asam urat dari kacang-kacangan adalah buncis (78 mg), kacang hijau, mete dan kedelai.

E. Daging yang Mengandung Zat Purin Tinggi

Anda juga harus menghindari daging dengan kandungan purin tinggi sehingga Anda bisa bebas dari sakit asam urat. Yaitu, daging merah seperti limpa kambing/domba (773 mg), hati sapi (554 mg), limpa sapi (444 mg), paru-paru sapi (339 mg), ginjal sapi (269 mg), jantung sapi (256 mg), hati ayam (243 mg), daging ayam (175 mg), jantung domba/kambing (241 mg), daging bebek (138 mg), daging kalkun, daging sapi, dan kulit ayam, daging kuda, dan hati ayam.

F. Mengonsumsi Obat Herbal Asam Urat

Anda juga bisa mengonsumsi obat asam urat, baik obat resep dokter, obat herbal asam urat ataupun obat tradisional asam urat. Pilih mana Anda. Obat herbal asam urat, misalnya, Kumis Kucing Herba Tunggal, Kumis Kucing dr Liza, Kumis Kucing Prima, Kapsul Kumis Kucing, Teh Celup Kumis Kuning, Kapsul Kumis Kucing Java Tea, dsb. Masih banyak nama obat herbal kumis kucing yang dijual di pasar.

G. Makanan Olahan dengan Kandungan Zat Purin Tinggi

Ada beberapa makanan olahan yang juga harus Anda hindari sebagai cara mencegah asam urat. Makanan olahan yang kandungan zat purinnya tinggi adalah teobromin atau kafein coklat (2300 mg), kornet sapi, ikan kering, minuman manis, ragi, roti manis (100 – 1.000 mg) dan tempe (141 mg).

H. Mengonsumsi Makanan dan Buah Penurun Asam Urat

Cara mencegah asam urat yang Anda lakukan akan lebih efektif jika Anda juga mengonsumsi makanan dan buah penurun asam urat. Ataupun sayuran penurun asam urat.

Siapa pun pasti suka dengan anjuran ini. Yang berat adalah menghindari berbagai makanan, sayuran dan daging seperti disebutkan dari poin A sampai E.

Untuk rincian lengkap tentang makanan dan buah penurun asam urat, Anda bisa kunjungi artikelnya: 17 Makanan dan Buah Penurun Asam Urat secara Rutin.

Lakukan Olahraga dan Banyak Minum Air Putih

Selain menghindari berbagai makanan dan minuman yang mengandung zat purin tinggi, cara mencegah asam urat lainnya adalah selalu melakukan olahraga dan minum air putih. Banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, termasuk senam, jalan kaki, lari pagi, jogging, bersepeda, dsb.

Pilih jenis olahraga mana yang Anda suka dan tidak memberatkan. Yang terpenting mampu membuat diri Anda sehat. Lakukan setidaknya 4 hari dalam satu minggu.

Minum air putih juga merupakan terapi banyak penyakit yang ampuh tetapi sangat murah. Karena harga yang sangat murah itu, banyak orang mengabaikan minum air putih.

Yang terpenting adalah Anda membiasakan diri sering minum air putih. Misalnya, siapkan air putih dan bawa ke mana saja. Saat bekerja, sediakan air putih di meja kerja. Saat dalam perjalanan, siapkan minuman air putih di dalam tas Anda.

Ya, seperti orang yang di kantongnya selalu ada permen. Mereka akan sering mengonsumsi permen di mana pun berada. Jika di kantong baju selalu tersedia rokok, ya mereka akan selalu merokok.

Sekarang banyak penjualan air minum dalam botol atau gelas plastik. Ini adalah cara praktis untuk menyediakan minuman air putih di mana saja. Ternyata, manfaat air putih untuk kesehatan sangat besar, termasuk mencegah asam urat.

Ya, sekali lagi, biasanya untuk minum air putih minimal 2,5 liter per hari untuk mencegah asam urat Anda kambuh. Atau, mencegah terjadinya sakit asam urat pada diri Anda.

Demikian artikel tentang cara mencegah asam urat dengan sangat mudah. Lakukan dengan baik, maka Anda bisa menghindarkan diri dari penyakit yang suka menjengkelkan ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *