9 Tips Mencegah Darah Tinggi dan Penyakit Stroke

PENYAKIT darah tinggi jangan ditoleransi. Mengapa? Darah tinggi bisa menyebabkan terjadinya penyakit yang lebih berat seperti stroke, sakit jantung, dsb. Mencegah darah tinggi sejak dini adalah cara terbaik, termudah dan lebih murah dibandingkan dengan mengobatinya.

Tidak percaya? Tanya saja kepada mereka yang sekarang telah menderita darah tinggi atau hipertensi bertahun-tahun. Atau tanya kepada mereka yang telah menderita stroke atau sakit jantung, terutama stroke berat.

Waduhh, kehidupan mereka sangat menyedihkan. Mereka yang terkena stroke harus selalu berada di kursi roda. Apalagi stroke berat. Anggota keluarga atau siapa yang ditunjuk harus selalu mendampinginya.

Mereka selalu minta bantuan untuk aktivitas apa pun. Makan, mandi, mengenakan pakaian, atau ingin bergerak ke mana pun, harus selalu dibantu. Kondisi itu akan berjalan bertahun-tahun. Bukan hanya satu dua tahun. Bisa belasan tahun.

Tidak hanya mereka yang sakit stroke yang repot. Keluarga juga sangat repot. Bahkan, seorang istri terpaksa mengundurkan diri dari pegawai negeri karena ingin mendampingi sang suami yang menderita stroke. Padahal, dia masih sangat muda. Baru berusia 50-an tahun.

Ya, itulah suami isteri yang selalu setia dalam keadaan suka maupun duka seperti diungkapkan saat memadu cinta. Banyak penderita stroke yang harus selalu didampingi oleh anggota keluarga atau orang lain yang ditugasi untuk itu.

Tetapi, umumnya pendamping adalah anggota keluarga.

Oleh karena itu, cara terbaik yang harus Anda lakukan adalah mencegah darah tinggi jika belum terkena darah tinggi. Atau mengobati penyakit darah tinggi jika sudah kena penyakit mematikan itu. Mencegah atau mengobati darah tinggi berarti sekaligus mencegah stroke.

mencegah darah tinggi

Mencegah Darah Tinggi: Batasi Konsumsi Roti, Saus Tomat, Saus Sambal, dan Kerupuk

Bagaimana cara menghindari stroke? Atau, bagaimana cara mencegah darah tinggi hingga tidak terjadi stroke? Atau, bagaimana mencegah Anda dari penyakit darah tinggi?

Ya, salah satu cara untuk menghindari stroke adalah mencegah terjadinya penyebab stroke. Apa saja penyebab stroke? Yang paling banyak terjadi adalah darah tinggi yang tidak diturunkan atau diobati sampai tuntas. Yaitu, sampai Anda memiliki tekanan darah normal.

Stroke terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi menuju ke otak tidak bisa berjalan lancar akibat banyak plak yang menghambat. Bahkan, banyaknya plak di dinding arteri bisa membuat pembuluh darah pecah.

Jika sudah demikian, banyak sel-sel otak mulai mati. Oleh karena itu, pertolongan terhadap penderita stroke harus cepat. Penderita harus segera dilarikan ke rumah supaya cepat ditangani dokter.

Dengan cepat mendapat penanganan dari dokter, maka kerusakan sel-sel otak bisa segera dihentikan. Jika penderita stroke tidak segera mendapatkan pertolongan dokter, kerusakan sel-sel otak bisa meluas.

Bahkan, bisa mengancam jiwa penderitanya. Pertolongan yang cepat bisa menyelamatkan jiwanya.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya penyakit stroke, Anda harus menurunkan tensi darah tinggi hingga normal. Anda harus berusaha keras untuk itu. Penyakit darah tinggi jangan dianggap sepele dan dibiarkan tanpa upaya penyembuhan yang serius.

Bagi Anda yang belum terkena darah tinggi, Anda harus berusaha mencegahnya sejak dini. Jangan karena merasa sehat, Anda tidak pernah cek tensi darah. Lakukan cek tekanan darah lima tahun sekali.

Saya kira ini bukan pekerjaan berat. Cek darah 5 tahun sekali. Jika dari cek tensi darah diketahui tekanan darah telah menunjukkan lebih dari 130/85 mmHg, Anda harus berusaha menurunkannya. Inilah cara mencegah darah tinggi yang baik dan benar.

Anda harus menormalkan tensi darah Anda menjadi 120/80 mmHg. Ini adalah cara yang sangat dianjurkan sehingga Anda bisa bebas dari penyakit darah tinggi, termasuk penyakit stroke. Jangan menunggu tensi darah sampai 140/90 mmHg atau lebih baru berusaha menurunkannya.

Ini menjadi tidak mudah karena Anda telah terjangkit penyakit darah tinggi.

Daftar 9 Tips Mencegah Penyakit Darah Tinggi dan Stroke

Berikut ini 9 tips cara mencegah penyakit darah tinggi. Lakukan tips ini dengan baik sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit darah tinggi. Sekali lagi, jangan anggap sepele penyakit darah tinggi.

Pesan ini saya sampaikan berulang-ulang karena masih banyak orang yang tidak pernah berpikir tentang kemungkinan dirinya menderita darah tinggi. Mereka tidak berusaha apa pun untuk mencegah darah tinggi.

Akibatnya, mereka pun terkena darah tinggi. Sampai di sini, masih banyak juga orang yang tidak berusaha menyembuhkan atau menurunkannya supaya menjadi tensi darah normal. Akibatnya, mereka terkena stroke.

Ke-9 Tips untuk mencegah darah tinggi adalah:

cek tekanan darah tinggicek tekanan darah periodik 5 tahun sekali (sumber:health.detik.com)

1. Lakukan cek tekanan (tensi) darah setidaknya 5 tahun sekali. Ini jika dari hasil cek tensi, tekanan darah Anda masih normal (di bawah 120/80 mmHg).

2. Hindari konsumsi berlebihan atas makanan yang bisa menyebabkan darah tinggi. Misalnya, garam dapur, gula pasir, kulit ayam, jeroan ayam, jeroan kambing dan jeroan sapi, kuning telur, telur burung puyuh, santan kelapa, dsb.

3. Lakukan olahraga rutin setidaknya 4 hari tiap minggu. Tiap kali olahraga setidaknya 30 menit. Jika belum terbiasa, latih mulai tempo yang pendek-pendek. Jika tak biasa olahraga berat, bisa olahraga ringan seperti senam, jalan cepat, bersepeda, dsb.

4.Perbanyak minum air putih. Setidaknya dua setengah liter tiap hari.

5. Hindari stres. Banyak cara untuk menghindari stres seperti melakukan hobi, menyibukkan diri dalam pekerjaan, berkebun, olahraga, rekreasi, dsb. Latih diri Anda untuk berpikiran luas dan selalu positif.

6. Hindari mengonsumsi minuman alkohol dan sejenisnya, termasuk mengonsumsi sabu, narkoba, dsb.

7. Perbanyak mengonsumsi buah dan makanan yang bisa membantu menurunkan darah tingg. Misalnya, semangka, jeruk, buah beri, alpukat, mentimun, blewah, pisang, melon, rotin gandum, oatmeal, ikan salmon, dsb.

8. Perbanyak teman dan aktif dalam kegiatan sosial. Selain bertambah kawan, menambah pengetahuan, dan menjadi sarana rekreasi. Tentu saja, kawan yang selalu berbuat positif untuk kemajuan diri Anda.

9. Minum obat herbal untuk kesehatan, termasuk mencegah darah tinggi, mencegah stroke, mencegah sakit jantung, asam urat, dsb. Bisa obat herbal buatan pabrik atau membuat sendiri dengan bahan dari tanaman obat.

Obat herbal, misalnya, Liza Herbal Hypertency, Obat Herbal Herba Hipernsi, Teh Tiens Obat Darah Tinggi, dsb.

Demikian beberapa informasi mengenai cara mencegah darah tinggi dan kemungkinan terjadi penyakit lain yang lebih berat akibat darah tinggi yang tidak diobati seperti stroke. Umumnya darah tinggi tanpa memberikan tanda-tanda atau gejala sehingga banyak orang tidak mengerti dirinya sakit darah tinggi.

Tahu-tahu, darah tingginya sudah berlangsung lama dan menyebabkan terjadinya stroke. Salah satu cara untuk mencegah darah tinggi sekaligus mencegah stroke adalah Anda harus aktif memeriksakan tekanan darah setidaknya 5 tahun sekali.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk selalu hidup sehat.

***

Silakan share artikel ini kepada teman dan relasi biar mereka juga bisa terhindar dariĀ  darah tinggi dan stroke dengan klik tombol twitter cs di bawah ini.