Mencegah Diabetes – Jangan Konsumsi Nasi dalam Porsi Besar

Advertisement

MENCEGAH Diabetes – Anda biasa makan nasi dalam porsi besar? Hati-hati. Selain dapat menyebabkan Anda menderita kegemukan (obesitas), makan nasi banyak juga bisa menyebabkan Anda terkena penyakit diabetes (kencing manis).

Jika Anda sudah kena diabetes, aduhh.. pengobatannya bisa memakan waktu yang sangat lama. Bahkan, bisa sepanjang hidup. Jika Anda punya luka, pengobatannya sering tidak mudah. Bahkan, bisa makin serius sehingga harus diamputasi untuk menghindari perkembangan sakit Anda.

Berat kan akibatnya? Oleh karena itu, sejak dini hindari mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Anda sangat repot untuk menghentikan perkembangan sakit diabetes.

Diabetes atau diabetes melitus (DM) adalah penyakit di mana kadar glukosa (zat gula) dalam darah sangat tinggi akibat pangkreas tak mampu menghasilkan banyak insulin. Insulin diperlukan untuk mengalirkan gula ke sel-sel tubuh yang akhirnya dibakar menjadi energi.

Bagaimana cara menghentikan perkembangan sakit diabetes? Atau, bagaimana cara mencegah diabetes dan menyembuhkannya?

Salah satu cara mencegah diabetes adalah menghindari konsumsi gula berlebihan. Tidak hanya menghindari konsumsi gula berlebihan, makanan yang mengandung banyak zat gula juga harus Anda hindari. Atau Anda kurangi dan batasi.

Contohnya nasi beras. Jika selama ini Anda selalu makan nasi dalam porsi besar, coba atur kembali supaya tubuh Anda tetap sehat. Anda bisa terhindar dari kegemukan dan sekaligus terhindar dari penyakit diabetes. Sebab, kandungan zat gula dalam nasi cukup besar.

Wah, jika makan nasi harus dibatasi, bagaimana badan ini bisa sehat dan kuat? Bagaimana dengan produktivitas sehari-hari? Malah bisa kena penyakit karena daya tahan menurun akibat kebutuhan energi dari makanan utama nasi beras harus terkurangi, demikian tanggapan banyak orang mengenai pembatasan makan nasi.

Ya, terasa lapar dan lemas akibat mengurangi porsi makanan nasi hanyalah efek sementara. Jika sudah terlatih selama berhari-hari, perut akan terbiasa makan sesuai dengan ketentuan kesehatan. Makan nasi berlebihan bisa mendatangkan penyakit karena kelebihan konsumsi karbohidrat.

Konsumsi makanan karbohidrat yang melebihi kebutuhan bisa berakibat kadar gula darah dalam diri Anda berlebihan. Tentu saja, hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.

Tiap hari tubuh memang memerlukan pasokan karbohidrat. Dalam tubuh, karbohidrat diubah menjadi gula. Fungsinya untuk menghasilkan energi dan penyeimbang proses oksidasi lemak yang tidak sempurna. Tetapi, tidak boleh berlebihan.

kentangkentang…(sumber.paduanbertanam.blogspot.com)

Cara Melakukan Diet Karbohidrat yang Aman

Tentu saja, kelebihan karbohidrat ini bukan hanya dari nasi. Karbohidrat tinggi juga bisa dihasilkan dari makanan lain berjenis pati. Misalnya, kentang, jagung, labu, roti (khususnya roti putih), sereal, dan kacang-kacangan.

Makanan lain dengan karbohidrat tinggi adalah putih telur, biji-bijian (beras, gandum, jagung), jeruk, berri, semangka, apel, ubi jalar, kurma, kismis, kiwi, plum, pizza, pisang, sayuran hijau, dan produk susu.

Yang termasuk karbohidrat jahat adalah gula, roti putih, pasta, biskuit, dan sereal. Makanan ini mengandung indeks glikemik tinggi. Peningkatan gula darah bisa terjadi dengan mendadak dan tajam.

Kandungan gula tinggi juga ada pada madu, sirup, dan makanan manis. Untuk mencegah munculnya penyakit diabetes, Anda perlu mengatur kembali konsumsi karbohidrat yang tidak berlebihan.

Selain itu, makan berserat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, dan biji-bijian juga bisa mencegah terjadinya efek negatif dari kelebihan karbohidrat. Yakni, mencegah diabetes.

Untuk mengetahui kandungan karbohidrat dalam suatu makanan, Anda bisa membaca labelnya dalam kemasan. Biasanya tertulis di bawah label Informasi Nilai Gizi antara lain tentang kandungan lemak, protein, karbohidrat, natrium dan protein.

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi karbohidrat berlebihan, sebaiknya Anda melakukan diet secara bertahap. Jangan melakukan secara drastis serentak. Sebab, cara ini bisa membuat kekagetan yang tidak menguntungkan bagi kesehatan Anda.

Cara lain untuk membatasi konsumsi karbohidrat tinggi adalah mengonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai sebelum makan nasi. Misalnya, 2 jam sebelum mengonsumsi nasi.

Banyak jenis makanan terbuat dari kedelai. Makanan yang terbuat dari kedelai bisa membuat cepat kenyang karena mengandung serat tinggi.

Makanan dari kedelai, misalnya tahu, tempe, susu kedelai, tauco, tausi, dsb. Kedelai adalah sumber protein lengkap karena adanya asam amino esensial di dalamnya.

Makanan dari kedelai juga mengandung isoflavon. Ia bisa mencegah Anda dari sakit kanker, osteoporosis dan sakit jantung. Bahkan, makanan dari kedelai juga bisa membantu menyembuhkan gejala menopause.

Kedelai juga termasuk makanan dengan serat tinggi. Banyak manfaat dari konsumsi makanan dari kedelai. Misalnya menurunkan kolesterol tinggi, kesehatan pencernaan serta berpengaruh dalam menurunkan kolesterol darah.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama. Berkat asupan kedelai di dalam menu sehari-hari, Anda tetap dapat mengonsumsi karbohidrat tanpa berlebihan karena prosesnya membuat perut tidak cepat merasa lapar.

Otomatis, ini adalah cara mencegah diabetes dengan sangat baik. Selain ada bagian tubuhnya yang harus diamputasi, risiko terkena sakit diabetes adalah cuci darah.

Oleh karena itu, mencegah penyakit diabates adalah cara bijak untuk membuat diri Anda selalu sehat dan aman dari ancaman penyakit kencing manis.

es melones melon yang segar dan menyehatkan (sumber:dapurshopie.com)

Kurangi Makanan Minuman Manis

Cara mencegah diabetes lainnya adalah mengurangi minuman dan makanan manis yang mengandung gula atau glukosa tinggi. Misalnya sirup, teh manis, minuman bersoda, dsb. Itu harus Anda kurangi jika Anda belum terkena penyakit gula.

Jika sudah kena diabetes, ya hindari minuman-minuman manis atau makanan manis seperti roti putih, kentang goreng, dsb.  Demikian pula sereal, Anda harus menghindari karena makanan ini mengandung banyak gula dan sedikit serat.

Yang terbaik adalah Anda mengonsumsi nasi beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar dipanggang atau dibakar, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.

Selain menghindari kosumsi karbohidrat yang berlebihan, pencegahan diabetes bisa Anda lakukan dengan menghindari makanan yang mengandung protein tinggi. Contohnya daging goreng, ikan goreng, tahu goreng, tempe goreng dan makanan lain serba-gorengan.

Makanan dengan protein rendah adalah pilihan terbaik untuk penderita diabetes. Misalnya, daging dada ayam tanpa kulit, daging rebus, tahu kukus atau tahu rebus, ikan panggang, telur dan kacang-kacangan. Itu semua bisa mencegah diabetes.

Produk susu juga perlu dihindari oleh penderita diabetes. Antara lain susu full cream, keju, youghurt, fulk cream. Tetapi untuk susu skim, yoghurt rendah lemak dan keju rendah lemak adalah makanan-makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tetapi, Anda harus tahu diri. Maksudnya, ya jangan banyak dan terus-menerus. Ini bahaya…

Ya, tampaknya banyak makanan minuman yang harus Anda hindari agar Anda tidak terkena penyakit diabetes. Tetapi, Anda jangan melihat jumlah makanan yang disebutkan dalam artikel ini. Toh, tidak semua makanan itu tersedia di meja makan Anda.

Saya yakin, sebagian besar isi meja makan Anda lebih banyak tersedia makanan yang boleh dikonsumsi dan penting untuk kesehatan. Yang dilarang itu hanya sebagian kecil. Tetapi, jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa terkena diabetes atau penyakit gula.

Tetapi, selain ada makanan penyebab diabetes, Tuhan juga menciptakan banyak makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai penggantinya. Bahkan, banyak juga makanan penurun diabetes.

Kini, tergantung Anda.  Ingin lebih banyak mengonsumsi makanan yang membuat sakit diabetes atau membuat diri Anda sehat. Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Kalau saya, ya.. memilih hidup sehat dengan cara mencegah diabetes.

SIMPULAN: Hindari, kurangi, atau batasi makanan dengan kandungan (1) karbohidrat tinggi dan (2) protein tinggi. Jika Anda bisa melakukan dua hal itu, Anda akan bebas dari sakit kencing manis (diabetes).

Siaapp?? Ya, harus siap karena Anda ingin tetap hidup sehat.

Demikian artikel mengenai cara mencegah diabetes dengan menghindari makanan yang menyebabkan Anda terkena penyakit gula (diabetes). Semoga artikel sajian sehatfisik.com ini bermanfaat bagi semua pembaca. Terima kasih.

Silakan membagi artikel ini kepada teman dan relasi biar semua bisa sehat, khususnya sehat dari penyakit diabetes dengan klik tombol share di bawah ini.

Advertisement