25 Tips Mengecilkan Perut dengan Cepat setelah Melahirkan

BANYAK wanita yang ingin segera tampil langsing dan menarik setelah melahirkan. Apalagi, ibu pekerja kantoran. Tentu saja, tugas utama untuk mencapai kondisi seperti itu adalah mengecilkan perut setelah melahirkan. Mampukan Anda untuk itu?

Memang ada beberapa wanita yang bisa segera tampil langsing dengan perut kencang setelah melahirkan. Tetapi, jumlah mereka sangat sedikit. Yang terbesar adalah harus bekerja keras untuk mengecilkan perut mereka.

Bahkan, tidak hanya perut. Mereka juga harus mengurangi bobot tubuhnya sehingga kembali langsing seperti sebelum mengandung.

Ini bukan pekerjaan mudah. Banyak wanita atau ibu yang memerlukan beberapa bulan untuk mencapai kondisi ideal seperti mereka harapkan. Bahkan, ada yang hingga satu atau dua tahun lebih.

Itu semua tergantung pada kondisi masing-masing Bunda. Bagaimana bentuk tubuh sebelum mengandung atau hamil.

Kalau dari sono-nya sudah tampak gemuk dengan perut buncit, ya sulit untuk segera tampil langsing pasca-melahirkan. Mereka perlu waktu agak lama.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah berapa berat badan sebelum dan selama masa kehamilan. Bagaimana aktivitas Bunda sehari-hari. Banyak bergerak atau lebih banyak duduk di atas kursi.

Bagaimana pula dengan olahraga. Sering, jarang atau tidak pernah berolahraga sama sekali.

Juga, bagaimana gen Anda. Merupakan keturunan “orang-orang besar” atau sebaliknya. Maksudnya orang-orang besar adalah mereka bertubuh besar dengan perut buncit. Bukan orang-orang yang punya jabatan tinggi.

Jika Anda memang keturunan “orang-orang besar”, ya sulit bisa cepat menjadi langsing setelah melahirkan.

Anda perlu berusaha keras untuk mengecilkan perut setelah melahirkan hingga mencapai ukuran tubuh yang ideal.

Daftar 15 Tips Mengecilkan Perut dengan Cepat dan Aman

Setelah melahirkan bayi yang Anda kandung, berat badan sesungguhnya sudah berkurang banyak. Setidaknya, berat badan Anda turun 5,4 kg dengan kelahiran si buah hati.

Hitung saja. Berapa berat bayi yang dilahirkan. Belum lagi plasenta, darah yang keluar saat melahirkan dan air ketuban. Ya, kurang lebihnya sekitar 5,4 kg.

Ditambah lagi cairan tubuh yang terbuang lewat urine dan keringat. Cairan itu bisa mencapai 1,8 – 2,7 liter selama minggu pertama pasca-melahirkan.

Tetapi, urusan mengecilkan perut buncit masih perlu usaha keras dalam beberapa waktu ke depan. Jadi, dengan lahirnya si bayi tak otomatis membuat perut Bunda langsung kempis dan rata.

mengecilkan perut buncitolahraga bersama si kecil (copy: prosesdetox.com)

Usaha mengecilkan perut pasca-melahirkan bisa memakan waktu hingga beberapa tahun. Ya, itu tergantung banyak faktor.

Meskipun demikian, Bunda tidak perlu risau. Ada beberapa tugas sebagai ibu yang sangat membantu untuk membuat tubuh Anda bisa kembali tampil langsing.

Bagi pemilik perut buncit yang tidak habis melahirkan gimana?

Ya, baca saja (1) 15 Tips Sukses Mengecilkan Perut dengan Olahraga dan Diet; (2) 5 Gerakan Ringan Sebelum Tidur untuk Mengecilkan Perut Anda; dan (3) 9 Cara Ngecilin Perut dengan Mudah dan Aman.

Anda akan menemukan solusi yang bisa membantu untuk merampingkan parut buncit.

Berikut ini adalah 25 tips untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan:

1. Aktif menyusui bayi

Ternyata, selain sebagai tugas untuk memberikan asupan gizi kepada bayinya biar tumbuh sehat, menyusui buah hati juga bisa membuat perut si ibu menjadi kecil atau ramping.

Alasannya, dengan menyusui berarti si ibu menstranfer 5.000 kalori kepada si bayi. Selain itu menyusui juga bisa membantu perangsangan kontraksi rahim yang mampu menyusutkan ukuran uterus ke posisi sebelum hamil.

Ini berarti menyusui bayi merupakan terapi alami untuk mengecilkan perut si ibu.

2. Sering menggendong bayi

Ini juga tugas yang melekat sebagai ibu dari bayi yang dilahirkan. Ternyata, hikmahnya bisa membuat si ibu kembali tampil langsing dengan perut kembali rata. Tidak buncit seperti sebelumnya.

Ya, sering-sering saja Bunda menggendong si buah hati.

3. Lakukan olahraga, senam, dll

Tentu bukan olahraga berat yang harus dilakukan oleh seorang ibu pasca-melahirkan. Jalan kaki di sekitar kampung sambil momong si kecil, senam, yoga, dsb. Tentu saja, melakukan olahraga ringan setelah Anda sehat pasca-melahirkan.

Setidaknya, setelah 6 minggu sejak melahirkan. Atau, konsultasikan dengan dokter yang memeriksa kesehatan Anda dan bayi Anda.

4. Mengurangi porsi makan

Supaya tampil langsing dengan perut rata, ya Anda perlu mengurangi porsi makan. Artinya, lebih baik makan dengan porsi kecil, walau sehari bisa makan sampai 5 kali.

Tujuannya untuk membatasi asupan lemak dan kalori biar tidak menumpuk yang membuat perut tidak segera kempis. Pembakaran lemak pun bisa stabil.

5. Mengonsumsi makanan rendah lemak dan kalori

Seimbangkan kebutuhan lemak, kalori dan nutrisi yang perlu Anda konsumsi. Ini terutama untuk ibu yang menyusui bayinya. Supaya perut tidak buncit lagi, ibu perlu mengonsumsi makanan rendah lemak.

Tetapi, supaya ASI yang dikonsumsi si buah hati juga memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhannya, ibu juga harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi cukup sehingga menghasilkan ASI berkualitas untuk si bayi.

6. Perbanyak minum air putih

Khasiat air putih bukan main besarnya untuk kesehatan umat manusia. Dari bayi sampai orang tua. Air putih akan mampu membersihkan saluran pencernaan dan peredaran darah dari macam-macam penyakit dan racun.

Air putih juga membantu proses hidrasi. Pencernaan akan bekerja dengan baik dan maksimal dengan bantuan konsumsi air putih cukup, termasuk membantu menurunkan perut buncit setelah melahirkan.

7. Mengencangkan otot perut

Cara mengencangkan otot perut sangat mudah. Lakukan tarikan pada perut menuju perut bagian dalam dengan mengontraksikan otot-otot perut. Tahan beberapa saat dan lepas ke posisi semula. Ulangi beberapa kali. Cara ini bisa Anda lakukan dengan duduk, berdiri, atau berbaring.

8. Latihan pelvic, perut dan bokong

Mengecilkan perut juga bisa dilakukan dengan latihan pelvic, perut dan bokong. Ini bisa dipadukan dengan olahraga lain yang menjadi favorit Anda. Lakukan pemanasan dengan ritme rendah, sedang dan tinggi.

9. Konsumsi buah dan sayur dengan serat tinggi

Cara mengecilkan perut pasca-melahirkan lainnya dengan mengonsumsi buah dan sayuran berserat tinggi. Tujuannya untuk mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh. Misalnya, apel, pisang, pepaya, alpukat, kacang-kacangan, kentang, dsb. Untuk sayuran, misalnya sawi, brokoli, wortel, kembang kol, buncis, kangkung, kubis, dsb.

10. Hindari tidur setelah makan

Tak baik makan lalu tidur. Bagi ibu setelah melahirkan, cara ini justru membuat perut tambah buncit. Selain itu, makanan yang Anda konsumsi tidak bisa langsung diproses oleh pencernaan dan diserap tubuh. Efeknya justru terjadi penumpukan lemak dan kalori.

11. Lakukan aktivitas fisik

menyusui bayimenyusui bayi bisa menurunkan perut buncit (copy: perempuan-kita.blogspot.co.id)

Setelah melahirkan, Anda tetap perlu melakukan kegiatan fisik seperti membersihkan rumah, memasak, dsb. Jangan istirahat terlalu lama dengan alasan pasca-melahirkan. Ini justru membuar perut Anda tetap buncit.

12. Minum rebusan kayu manis

Rebusan kayu manis sangat baik Anda konsumsi pasca-melahirkan. Khasiatnya bisa membakar lemak dalam perut secara alami. Cara membuatnya, rebus 2-3 inci kayu manis dengan 2 liter air. Tambahkan 2 – 3 cengkih. Panaskan selama 5 – 10 menit biar tak terlalu panas airnya. Bisa ditambah madu. Setidaknya, minumlah selama 40 hari, perut buncit Anda akan mengecil.

13. Konsumsi sup sayur dengan kaldu

Anda bisa mengonsumsi sup sayur dengan basis kaldu. Misalnya, sup sayur brokoli, bunga kol, kubis, dsb. Makanan atau sup berkaldu mengandung fitonutrien yang bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam perut.

14. Minum rebusan kunyit asam

Anda juga bisa minum rebusan kunyit asam untuk mengecilkan perut buncit pasca-melahirkan. Siapkan parutan 4 kunyit. Campurkan 4 gram gula jawa dan asam jawa secukupnya. Setelah mendidih, rebusan diangkat dan didinginkan. Minum tiap hari hingga perut buncit mengempis.

15. Minuman teh ditambah jeruk nipis

Coba konsumsi minuman teh dengan tambahan jeruk nipis. Jika memungkinkan, gunakan teh hijau. Jika tak ada, teh biasa juga bisa. Waktu memasukkan perasan jeruk nipis ketika air teh sudah agak dingin (hangat). Tujuannya supaya vitamin dari jeruk tidak pudar akibat air panas.

16. Konsumsi minuman teh hijau

Anda juga bisa mengonsumsi minuman teh hijau. Kandungannya bisa menurunkan kegemukan dan perut buncit. Biar kerjanya cepat, minumlah teh hijau menggunakan air hangat tanpa gula sebelum makan.

Selain itu, minum teh hijau sebelum makan juga bisa memperlancar metabolisme, utamanya untuk penghancuran lemak, termasuk lemak dalam perut buncit.

17. Melakukan yoga tiap hari

Yoga juga bisa membantu memperkecil perut buncit. Yoga selain menyehatkan fisik, juga bisa menyeimbangkan pikiran. Ini akan membuat upaya penurunan perut buncit secara alami bisa berjalan lebih cepat.

Yoga bertugas menyelaraskan gerak tubuh dan pikiran lebih santai sehingga mampu memacu keluarnya hormon untuk membakar lemak secara efektif. Lakukan yoga 10 – 20 menit per hari.

18. Melakukan Aerobic

Anda juga bisa melakukan aerobic tiap hari untuk mengecilkan perut pasca-melahirkan. Selain mampu membakar lemak, aerobic juga bisa menyehatkan hati. Pada tahap awal, Anda bisa berjalan bersama bayi yang diletakkan di atas stroller dalam beberapa menit. Setelah Anda kuat, ya lakukan aerobic. Sendirian atau dengan peserta lain.

19. Mengenakan korset

Anda bisa membeli korset di swalayan. Ini juga pelaratan yang praktis untuk mengecilkan perut usai melahirkan. Sebelum ada korset, cara tradisional menggunakan benting (stagen) atau bengking, yaitu kain panjang.

Fungsinya ya seperti korset pelangsing. Selain mengikat perut biar kembali langsing, juga mengurangi pembengkakan, mendorong otot dan jaringan agar kembali seperti semula.

mendorong strollermendorong bayi (sumber:kommunikationsforum.dk)

20. Lakukan diet seimbang

Hindari konsumsi makanan cepat saji. Sebab, makanan jenis ini justru akan membuat perut Anda buncit. Ganti saja dengan makanan tinggi vitamin dan mineral yang kaya gizi untuk mengurangi perut buncit.

Makanan kaya gizi, misalnya buah-buahan, sayuran, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan, ayam, produk susu rendah lemak, dsb.

21. Melakukan latihan kegel

Apa latihan kegel itu? Ya, latihan (senam) kegel pada dasarnya adalah latihan lantai vagina. Anda berlatih menarik otot vagina. Memegangnya dalam waktu 30 detik. Setelah itu dilepas. Cara ini bisa menurunkan lemak perut, terutama bagi Anda yang melahirkan dengan operasi caesar.

22. Bernafas dengan baik tiap hari

Apa maksudnya bernafas dengan baik bagi seorang ibu pasca-melahirkan? Ya, cara bernafas dengan baik adalah bernafas menggunakan hidung, bukan alat lain. Ini harus Anda lakukan tiap hari sampai perut Anda kembali dalam posisi normal.

Nafas seperti ini akan membuat Anda bisa rileks (santai) dan sehat. Selain itu, bernafas dengan hidung juga membuat fungsi kerja otak berjalan dengan baik, sekaligus menyehatkan tubuh.

23. Minum obat pasca-kelahiran

Minum obat pasca-kelahiran sehingga Anda bisa menentukan jenis obatnya. Obat resep dokter, obat herbal atau obat tradisional buatan sendiri.

24. Minum jamu tradisional

Minum jamu pasca-melahirkan juga bagus. Anda bisa membeli jamu di toko obat herbal atau penjual jamu gendong. Di kota-kota pun masih ada penjual jamu tradisional yang melayani ibu-ibu setelah melahirkan. Ya, tujuannya supaya cepat sehat.

Misalnya, jamu jeruk nipis, kulit Anda tampak halus dan sehat dengan mengonsumsi jamu tradisional ini.

25. Melatih postur tubuh

Banyak olahraga ringan yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan perut buncit. Lakukan rutin tanpa pernah merasa jenuh atau bosan. Anda bisa melakukan dengan duduk tegak yang bisa membantu mengecilkan perut.

Demikian 25 tips untuk mengecilkan perut buncit pasca-melahirkan. Semoga Anda sukses mengecilkan perut dalam waktu yang cepat dan sehat.