Menurunkan Kolesterol – Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

ANDA ingin menurunkan kolesterol tinggi sehingga tubuh Anda bisa sehat dan nyaman? Tentu saja, semua orang yang kolesterolnya sering naik, ingin membuat kolesterolnya tetap normal. Tetapi, ternyata itu tidak mudah.

Mengapa? Antara lain karena cara Anda menurunkan kolesterol belum tepat atau belum maksimal. Saya pun pernah mengalami seperti itu. Saya pernah dua kali menderita kolesterol tinggi. Perlu upaya keras untuk menurunkan kolesterol hingga ke tingkat kolesterol normal.

Dinamakan tingkat kolesterol normal jika kadar kolesterol Anda adalah di bawah 200 mg/dL. Jika lebih dari angka itu, hati-hati. Jika kolesterol Anda tidak segera diobati hingga tuntas bisa meningkat menjadi kolesterol tinggi (240 mg/dL lebih).

Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa mengakibatkan Anda menderita jantung sakit atau stroke. Adik ipar saya, Trisjani (53 tahun) menderuta sakit kolesterol hingga 285 mg/dL. Ia terpaksa harus masuk rumah sakit untuk menurunkan kolesterolnya dan mengobati sakit jantungnya.

Salah satu cara terpenting untuk menurunkan kolesterol adalah menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Ini sangat penting karena kelompok makanan ini paling berpengaruh terhadap naiknya kolesterol Anda.

Banyak faktor penyebab kolesterol tinggi, antara lain:

1. Makanan yang mengandung lemak jenuh dengan kadar yang tinggi.

2. Kegemukan (badan terlalu gemuk).

3. Kurang olahraga

4. Suka merokok

5. Gaya hidup tidak sehat

6. Sering stres

7. Diabet mellitus

8. Sering minum kopi kental

Tetapi, artikel ini hanya akan menyoroti masalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi karena paling besar pengaruhnya terhadap tingginya kolesterol Anda.

kolesterol tinggihindari daging sapi segar karena, kolesterolnya tinggi (sumber:tribunnews.com

Menurunkan Kolesterol: Antara Lemak Jenuh dan Lemak Tidak Jenuh

Ada dua jenis lemak yang perlu Anda ketahui. Yaitu, lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak jenuh bersumber dari daging hewan, seperti daging kambing, daging sapi, daging babi, daging kerbau, dsb. Sementara, lemak tidak tidak jenuh berumber dari tumbuhan seperti buah.

Bedanya, lemak jenuh lebih banyak mengandung kolesterol dan bersifat padat. Oleh karena itu, Anda harus membatasi konsumsi daging, misalnya. Tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan kesterol Anda tinggi.

Lain halnya dengan lemak tidak jenuh. Sifat lemak dari tumbuhan adalah cair dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Lemak dari tumbuhan mengandung asam lemak dan sering dinamakan sebagai lemak baik. Atau lawan dari lemak jahat (lemak hewani).

Makanan yang mengandung lemak jenuh (lemak jahat)

Berikut ini daftar beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak jahat. Daftar ini saya kutip dari mata kuliah.net.

A. Lemak Jahat

Lemak jahat terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

I. Lemak Jenuh.

1. Daging sapi, domba/kambing, babi, jeroan, otak sapi.

2. Daging ayam dan bebek beserta kulitnya,

3. Produk susu yang tinggi lemak, seperti susu dan krim

4. Mentega

5. Keju

6. Es krim

7. Minyak kelapa

8. Palem

9. Lemak babi

10. Udang, kerang, cumi-cumi, dsb.

11. Burung puyuh dan telurnya.

II. Lemak Trans

1. Aneka kue panggang. Misalnya, donat, muffin, pizza, dan beberapa jenis biskuit

2. Makanan ringan. Misalnya, kerupuk, popcorn, keripik atau kentang goreng

3. Makanan digoreng. Misalnya, ayam goreng, nugget ayam, ikan yang dilapisi tepung roti

4. Permen batangan

5. Kerang taco

Makanan yang mengandung lemak baik untuk kesehatan

Seperti lemak jahat, maka lemak baik ini juga terbagi menjadi dua jenis. Lemak bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi, bukan sebaliknya, membuat kolesterol nai. Makanan yang mengandung lemak baik adalah:

I. Lemak Tak Jenuh Tunggal

1. Buah dan minyak zaitun

2. Minyak canola

3. Minyak dari biji bunga matahari

4. Minyak wijen

5. Minyak kacang

6. Buah alpukat

7. Aneka kacang: almond, kacang macadamia, hazelnut, pecan, kacang tanah, dan kacang mete

8. Selai kacang

II. Lemak Tak Jenuh Ganda

1. Minyak kedelai

2. Minyak jagung

3. Minyak dari biji bunga saf

4. Kacang kenari

5. Biji bunga matahari

6. Wijen

7. Labu

8. Biji rami

9. Ikan salmon, tuna, makarel, haring, trout, dan sarden

10.Susu kedelai

11. Tahu goreng

obat kolesterol alamijalan cepat, penurun kolesterol yang juga efektif (sumber: lagizi.com)

Olahraga dan Senam Juga Sangat Penting untuk Menurunan Kolesterol

Selain menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak jahat dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penurunan kolesterol.

Memang, menghindari makanan berlemak tinggi adalah salah satu cara. Cara itu sangat besar pengaruhnya. Tetapi, ia tetap memerlukan dukungan dari penggunaan metode penurunan kolesterol yang lain, termasuk mengonsumsi obat penurun kolesterol. Tujuannya supaya upaya menurunkan kolesterol berjalan cepat dan lancar. Kolesterol Anda kembali ke angka normal.

Cara menurunkan kolesterol yang penting lainnya adalah olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Banyak orang gagal menurunkan kolesterolnya karena malas melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Olahraga yang Anda pilih tidak harus olahraga berat. Bisa olahraga ringan, baik sendirian atau bersama kelompok.

Anda bisa melakukan senam, jogging, jalan kaki, bersepeda, dsb. Anda harus menyisihkan waktu setidaknya 30 menit untuk olahraga ini. Ini adalah sangat penting supaya Anda selalu sehat dengan kolesterol normal.

Berkebun juga aktivitas fisik yang bisa membuat Anda sehat. Bisa menurunkan kolesterol tinggi ataupun darah tinggi. Olahraga minimal 4 hari dalam seminggu dan tiap hari berolahraga selama 30 menit.

Jika Ada rajin berolahraga dan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, Anda akan selalu sehat. Menjalankan pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit. Yang sulit adalah bagaimana membiasakan diri untuk menjalan pola hidup sehat.

Misalnya, selalu mengonsumsi makanan sehat. Yaitu, makanan yang tidak mengandung lemak jenuh yang bisa membuat kolesterol atau darah tinggi Anda naik. Juga menghindari makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Aduuhhh… ini dilarang, itu dilarang. Kapan bisa makan enak dan nikmat? Mungkin Anda jenuh dengan larangan ini larangan itu. Oleh karena itu, siapkan diri Anda menerima kenyataan yang ada dengan senang hati.

Ini sudah hukum alam, hukum Tuhan dan hukum kesehatan. Tidak ada hasil baik tanpa usaha. Karena Anda sakit seperti sakit kolesterol atau darah tinggi, maka untuk sehat ya harus ada usaha. Yaitu, menghindari makanan yang mengandung lemak, makanan mengandung gula, garam, dan kolesterol tinggi.

Untuk menjalankan olahraga tiap hari, juga banyak orang yang gagal sehingga kolesterol dan darah tingginya sulit diturunkan. Inginnya hanya minum obat, kolesterol langsung lari terbirit-birit. Ya, sulit..

Sebab, minum obat kolesterol pun ada jenuhnya. Bahkan, makin lama kemanjuran obat juga menurun. Bukan karena kualitas obat menurun, tetapi daya tahan tubuh Anda yang menurun. Apalagi, minum obat kimia. Jika terus-menerus, efek sampingnya bisa menimbulkan sakit yang lain.

Oleh karena itu, dua solusi untuk menurunkan kolesterol tinggi seperti dibahas di atas adalah sangat penting. Itu adalah cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol tanpa menimbulkan efek samping.

Yaitu, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau makanan pantangan untuk kolesterol, perbanyak makanan untuk menurunkan kolesterol, dan rajin berolahraga.

Jika artikel ini bermanfaat, bagi ke teman-teman Anda biar mereka juga dapat manfaatnya. Bisa selalu sehat.

Save