Nutrisi Otak untuk Anak – 8 Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Otak Anak

Advertisement

SETIAP orang tua pasti menginginkan anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas, pintar dan lincah. Tetapi, sudahkah Bapak-Ibu memberikan nutrisi otak untuk anak secara rutin dan dalam jumlah yang cukup? Jika belum, coba usahakan biar keinginan Bapak-Ibu punya anak pandai bisa menjadi kenyataan.

Ya, sebagaimana organ-organ tubuh yang lain, otak juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh berkembang. Tanpa nutrisi yang baik, mustahil anak bisa tumbuh menjadi anak cerdas seperti Bapak-Ibu harapkan.

Tanpa nutrisi yang cukup, organ-organ lain dari setiap anak juga tidak akan tumbuh dengan baik. Peningkatan berat badan dan pertumbuhan fisik anak sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsinya.

Anak memerlukan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kecerdasan otaknya. Dengan konsumsi banyak vitamin otak untuk anak, maka anak akan mampu berkonsentrasi, berpikir dan mengingat secara baik.

Tanpa asupan vitamin dan mineral yang cukup, mustahil anak Anda akan tumbuh menjadi anak pintar. Kecuali Tuhan memberikan sesuatu keistimewaan dengan otak yang cerdas. Tetapi, ini sangat langka.

Secara umum, orang tua harus memberikan nutrisi yang diperlukan untuk peningkatan kecerdasan otak anak. Orang tua tidak bisa hanya berharap anaknya bisa menjadi anak cerdas tanpa memberikan makanan yang mengandung vitamin dan mineral untuk kecerdasan otak anak.

Bapak-Ibu harus memberikan nutrisi otak untuk anak secara teratur dan dalam jumlah yang cukup dan seimbang.

8 Makanan yang Mengandung Nutrisi untuk Kecerdasan Otak Anak

nutrisi otak untuk anak

sayur, apel, wortel sangat baik sebagai nutrisi otak untuk anak (sumber:sehatfresh.com)

Pertanyaannya, makanan apa yang yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kecerdasan otak anak Anda? Dengan kata lain, vitamin otak seperti apa yang harus diberikan kepada anak biar tumbuh menjadi anak cerdas dan pintar?

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang sangat membantu anak agar bisa tumbuh sehat dan cerdas otaknya. Anda bisa memilih nutrisi otak untuk anak yang cocok bagi Anda dan anak Anda.

1. Ikan Salmon Kaya Akan Omega 3

Ikan salmon sangat baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan dan kecerdasan otak. Selain itu bermanfaat untuk kesehatan mata, menangkal radikal bebas dan penguruh buruk dari polusi udara.

Kehebatan dari ikan salmon untuk kesehatan karena ikan ini mengandung asam lemak omega 3 DHA dan EPA.
Sayangnya, ikan salmon harus diimpor. Ini membuat harganya sangat mahal. Di Jakarta bisa mencapai Rp 165.000 per kilogram.

Padahal, seekor ikan salmon bisa berbobot 5 – 7 kg. Lalu, berapa harga satu ekor? Ya, hitung sendiri. Sangat mahal.
Yang termahal adalah ikan salmon australia. Anda bisa menemukan ikan salmon di berbagai supermarket atau pasar swalayan.

Ikan lain yang juga mengandung vitamin otak yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak adalah ikan tuna, markarel, teri, ikan sarden, kepiting, kerapu, kerang , lobster, dan ikan nila. Ya, Bunda bisa memilih ikan dengan harga murah atau sedang jika tak ingin membebani isi kantong.

2. Telur, 1 Butir Mengandun 7 Gram Protein

Jika ikan salmon sangat mahal, Bapak-Ibu bisa memilih telur untuk meningkatkan kecerdasan otak anak Anda. Telur ayam mengandung kolin yang bisa meningkatken kecerdasan otak anak, terutama untuk daya igat anak.

Telur juga mengandung protein yang tinggi dan nutrisi yang membuat anal Anda lebih berkonsentrasi. Satu butir telur yang bagus mengandung 7 – 8 gram protein berkualitas baik.

Tetapi, Bapak-Ibu sebaiknya memasaknya hingga matang dan kemudian menyimpannya dalam kulkas. Ini bisa membuat bakteri yang ada bisa mati semuanya. Satu hari dua telur bisa meningkatkan kecerdasan otak (IQ) anak.

Toto Sudargo, ahli gizi dari Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta pernah melakukan penelitian di Wonosobo dan Wonogiri. Anak-anak yang mengonsumsi 2 telur perhari bisa meningkatkan kecerdasan otaknya hingga 20%.

Selain itu, konsumsi telur bisa menurunkan kekurangan yodium. Kekurangan yodium juga bisa menyebabkan anak tidak cerdas (IQ rendah).

Studi di Universitas Boston, AS, juga menemukan bahwa orang-orang yang rajin mengonsumsi telur lebih tinggi daya ingatnya. Jadi, mengonsumsi telur rebus membuat otak anak Anda dan juga otak Anda lebih cerdas dan mampu mengingat dengan baik

3. Kacang Merah, Anak Bisa Berpikir dengan Baik

Kacang merah juga bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Anda bisa memberikan camilan kacang dalam bentuk apa pun.

Sebagaimana halnya dengan ikan salmon, kacang tanah juga mengandung asam lemak omega 3, khususnya ALA dalam jumlah lebih banyak dari kacang jenis lain.

Mengonsumsi kacang merah pada siang hari bisa membantu anak berpikir dengan baik dan meningkatkan energinya pada sore hari. Kacang juga kaya akan vitamin E dan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel otak dari radikal bebas.

Pendek kata, kacang tanah sangat baik sebagai nutrisi otak untuk anak. Anda siap mencobanya?

Manfaat lain adalah vitamin E dan thiamin dalam kacang juga bisa mengubah glukosa menjadi energi yang memperkuat tubuh anak Anda.

4. Kubis, Bayam, Wortel dan Tomat: Cegah Penyakit Lupa

nutrisi otak anak

suplemen kecerdasan otak anak “Omar Smart Brain” (sumber:jualanomarsmartbrain.com)

Anda juga bisa memberikan masakan kubis dan bayam untuk anak Anda biar memiliki otak yang cerdas. Kedua sayuran itu mengandung vitamin dan asam folat yang sangat baik untuk membantu perkembangan sel otak anak. Selain itu, juga mampu menurunkan risiko dimensia di belakang hari. Penyakit dimensia adalah penyakit suka lupa.

Sayuran lain yang kaya nutrisi dan sangat baik dikonsumsi anak-anak untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasannya adalah wortel dan tomat. Semuanya merupakan makanan yang kaya nutrisi dan mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Jika anak Anda tak suka sayuran, coba variasi menu makanan sehingga kehadiran sayuran bisa lebih menarik.

5. Susu dan Yoghurt Kaya Vitamin

Nutrisi otak untuk anak yang juga sangat bagus adalah susu dan yoghurt. Keduanya mengandung vitamin D, vitamin B, dan protein yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Bahkan, juga baik untuk enzim dan neurotransmiter anak.

Berbagai hasil penelitian menyarankan agar anak-anak dan remaja selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D lebih banyak. Mengapa? Karena makanan ini bermanfaat untuk sistem neuromuskular (syaraf dan otot) dan siklus sel-sel tubuh.

Untuk bayi di bawah usia 2 tahun, tentu air susu ibu (ASI) sangat baik untuk pertumbuhan fisik maupun otaknya. Susu bisa diberikan kepada anak dalam bentuk yoghurt ataupun keju.

sarapan dengan oatmeal

sarapan dengan oatmeal (sumber:parenting.co.id)

6. Oatmeal/Oat Bagus untuk Sarapan Pagi

Ada baiknya Bunda sering menyiapkan sarapan pagi anak-anak dengan oatmeal. Sebab, makanan ini mengandung serat, zinc, posatium, vitamin B dan vitamin E yang sangat baik untuk membuat otak anak lebih cerdas.

Sarapan pagi dengan oatmeal juga membuat si kecil selalu merasa kenyang. Dengan kondisi seperti itu, buah hati Bunda mampu berkonsentrasi dengan baik di sekolah.

7. Daging Sapi Tanpa Lemak

Anda juga bisa menyajikan daging sapi tanpa lemak untuk anak Anda biar kemampuannya untuk berkonsentrasi saat belajar meningkat. Anak Anda bisa tumbuh menjadi anak pintar. Kandungan zinc pada daging sapi tanpa lemak akan membuat daya ingat dan kecerdasan si kecil terus meningkat. Ya, anak Anda akhirnya bisa menjadi anak yang pintar dan cerdas.

8. Buah Berry, Juga Bisa Mencegah Kanker

Buah berry mengandung zat antioksidan berkadar tinggi, khususnya vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menghindari sakit kanker. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa anak yang suka minum ekstrak blueberry dan strawberry, ingatannya makin baik. Fungsi daya ingatnya makin meningkat.

Biji buah berry juga kaya akan asam lemak omega 2. Ini berarti buah berry merupakan nutrisi otak yang sangat baik untuk anak Anda.

Periode Kritis Kecerdasan Otak Sebelum Anak Berusia 2 Tahun

Yang perlu Bapak-Ibu perhatikan untuk membuat anak Anda cerdas adalah pada usia dibawah 2 tahun. Seorang dokter, yaitu dr Setyadi SpA, mengatakan bahwa pada usia awal itu merupakan masa kritis bagi pertumbuhan kecerdasan otak anak.

Sebab, pada masa itu adalah masa terjadinya pertumbuhan sel otak anak. Sel-sel otak tumbuh dengan cepat dan pada usia 2 tahun, pertumbuhan sel otak mencapai 80%.

Terjadinya gangguan pertumbuhan atau terjadinya kurang gizi dan munculnya penyakit pada usia itu akan mempengaruhi perkembangan kecerdasan otak anak. Maka, pemberian makanan dengan gizi seimbang sangat penting pada usia emas itu. Kecukupan makanan dari segi kuantitas dan kualitas perlu mendapat perhatian besar dari semua orang tua.

Ya, ini jika Bapak-Ibu ingin anaknya tumbuh sehat dan cerdas otaknya. Tentu saja, ini bukan satu-satunya faktor penentu bagi tumbuh-kembangnya kecerdasan anak. Tetapi, kecukupan makanan bergizi sangat penting bagi pertumbuhan kecerdasan otak anak, khususnya anak usia di bawah 2 tahun.

Semoga artikel tentang nutrisi otak untuk anak ini bermanfaat bagi semua orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

 

Advertisement