12 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cara Membuatnya

Diposting pada

CARA mengobati asam urat secara alami. Banyak orang yang memanfaatkan tanaman obat untuk menyembuhkan asam urat mereka sebagai cara pengobatan alami. Selain murah, cara membuat obat penyakit asam urat dari tumbuhan juga tidak sulit.

Bahkan, ada yang tanpa upaya lain kecuali mereka langsung mengobati asam urat secara alami. Maksudnya, begitu Anda mendapatkan tanaman obat asam urat yang dimaksud, Anda bisa langsung mengonsumsinya.

Asam urat memang harus disembuhkan. Rasa nyeri yang sangat hebat dan terjadinya pembengkakan di daerah sendi yang menderita asam urat bisa membuat Anda harus beristirahat di tempat tidur.

Sendi yang sakit membuat Anda tidak bisa berjalan, apalagi untuk bekerja. Ketika sakit asam urat kambuh, pada sekitar sendi bisa terjadi pembengkakan yang membuat Anda tidak bisa leluasa bergerak.

Bahkan, tetangga saya Bapak Sujono harus dirawat di rumah sakit akibat asam uratnya kambuh. Ia tidak tahan atas rasa nyeri dan panas yang sangat tinggi ketika penyakit asam urat sedang kambuh.

Kata istrinya yang seorang tenaga kesehatan, Bapak Sujono memang suka mengonsumsi makanan pantangan asam urat. Oleh karena itu, asam uratnya mudah kambuh.

Pengobatan asam urat yang paling berat adalah menghindari makanan pantangan asam urat. Jika Anda bisa menghindari makanan pantangan atau makanan penyebab asam urat, maka penyakit sendi Anda tak akan kambuh lagi. Ayau katakan sebagai asam urat normal.

Asam urat Anda dikatakan normal bila tidak lebih dari 3,5–7 mg/dL untuk pria dan 2,5–6 mg/dL untuk wanita.

Risiko dari sakit asam urat yang tidak diobati dengan baik bisa membuat Anda terkena penyakit batu ginjal, kerusakan sendi, penyakit ginjal, penyakit jantung, diabetes, dsb.

cara mengobati asam urat secara alami

12 Cara Mengobati Asam Urat secara Alami dari Tumbuhan

Sesungguhnya mengobati asam urat secara alami dari tumbuhan dan cara membuatnya sangat mudah. Baik untuk menyembuhkan asam urat ataupun mencegah asam urat kambuh lagi.

Pengobatan asam urat secara alami dengan memanfaatkan tumbuhan atau bahan herbal asam urat dari tumbuhan sesungguhnya sangat mudah. Anda pun bisa memperoleh bahannya dengan murah.

Bahkan, ada yang tanpa biaya apa pun. Bahan herbal asam urat alami itu bisa Anda peroleh dari tanaman obat.

Di mana mendapatkan tanaman herbal asam urat? Ya, di mana saja. Bisa di pekarangan, samping rumah, di dapur atau beli di pasar tradisional atau swalayan. Ya, itu adalah bahan herbal asam urat tradisional.

Berikut ini adalah 12 bahan herbal atau bahan obat asam urat alami dari tumbuhan dan cara membuatnya. Ke-12 tumbuhan atau tanaman obat itu adalah:

1. Daun Mangga Muda Pelarut Zat Purin

Tentu saja, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan daun mangga. Usahakan bisa mendapatkan daun mangga muda dengan tekstur kasat dan mengandung pelarut zat purin yang bisa mengurangi kristal-kristal dalam darah.

Konsumsi makanan dengan kandungan zat purin tinggi adalah penyebab utama penyakit asam urat.

Dalam pembuatan herbal asam urat, siapkan 5 lembar daun mangga muda ditambah dengan daun bondotan, sidaguri, dan daun salam.

Cara ke-1: bersihkan daun mangga lalu direbus hingga warna daun menjadi kecoklatan. Setelah air rebusan agak dingin, Anda bisa meminumnya. Minumlah rebusan daun mangga 2 kali sehari hingga asam urat Anda sembuh.

Cara ke-2: siapkan daun mangga yang telah dikeringkan, daun salam, tanaman sidaguri, dan daun bondotan.

Semua bahan direbus dan setelah dingin, bisa Anda minum sehari dua kali, pagi dan malam. Itulah salah satu cara mengobati asam urat secara alami dengan bahan tumbuhan dan cara membuatnya. Tidak sulit kan??

2. Daun Salam Segar Herbal Asam Urat

obat asam urat alami dari tumbuhan dan cara membuatnya

Daun salam memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat untuk pengobatan banyak penyakit. Salah satunya untuk pengobatan tradisional asam urat.

Kandungan senyawa pada daun yang bisa untuk menyembuhkan asam urat adalah minyak atsiri, tannin, minyak esensial dan ekstrak metanol yang punya khasiat menyembuhkan asam urat.

Cara membuat bahan pengobatan asam urat secara alami dari daun salam adalah, siapkan 10 – 15 lembar daun salam segar ataupun sudah kering untuk direbus sampai airnya mendidih. Anda bisa minum hasil rebusan ini 2 kali sehari setelah airnya dingin. Ya, semoga cocok dan segera sembuh.

3. Daun Anting-anting

Pengobatan herbal asam urat dari tumbuhan dan cara membuatnya mudah adalah dari daun anting-anting. Banyak penelitian yang menyatakan anting-anting berkhasiat untuk pengobatan, salah satunya untuk menyembuhkan asam urat.

Ini tidak lain karena tanaman ini mengadung alkaloid, flavonoid, tanin, dan steroid..

Cara membuat ramuan herbal asam urat alami dari tumbuhan anting-anting adalah: sediakan 30 – 60 gram daun anting-anting kering, cuci sampai bersih, lalu direbus. Setelah airnya mendidih, Anda bisa angkat.

Anda bisa minum hebal asam urat herbal ini setelah air rebusan agak dingin. Minum obat herbal asam urat ini 2 kali sehari.

4. Daun Sirsak Efektif Mengobati Asam Urat

Daun sirsak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi Anda. Misalnya, sangat efektif untuk membasmi virus, bakteri, dan bisa membantu regenerasi sel yang rusak.

Zat-zat yang efektif menyembuhkan penyakit, termasuk asam urat adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleat.

Senyawa lain dalam daun sirsak adalah glikosida, tannin dan berbagai senyawa lain yakni alkaloid dan juga flavanoid.

Berbagai kandungan itulah yang mampu menyembuhkan asam urat.

Cara membuat pengobatan asam urat alami dari daun sirsak adalah siapkan 6 – 10 lembar daun sirsak segar. Setelah dicuci dengan air mengalir, daun sirsak dipotong kecil-kecil.

Maksudnya, biar zat dalam daun bisa keluar dan masuk ke air rebusan. Setelah air rebusan mendidih dan tinggal separohnya, api bisa dimatikan.

Anda bisa minum air rebusan setelah dingin. Anda bisa tambahkan madu biar terasa segar.

5. Kumis Kucing Menurunkan Asam Urat

Daun dan bunga kumis kucing memiliki manfaat untuk pengobatan. Salah satunya untuk menyembuhkan asam urat. Tanaman kumis kucing memiliki banyak kandungan kimia yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berbagai kandungan kumis kucing yang berefek farmakologi atau pengobatan adalah antialergi, antihipertensi (penurun tekanan darah), antiinflamasi, dan diuretik (peluruh kencing).

Kandungan orthosiponin glycosides dalam kumis kucing bisa melarut asam urat, fosfat dan asam kolat dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Cara membuat obat alami asam urat dari tanaman kumis kucing adalah ambil tanaman kumis kucing, sawi tanah, kapulaga dan jahe. Semua direbus bersama. Setelah air dingin, Anda bisa minum air rebusan kumis kucing untuk menyembuhkan asam urat Anda.

6. Sambiloto untuk Mengobati Asam Urat

Minum ramuan daun sambiloto juga merupakan cara mengobati asam urat secara alami yang sangat bagus. Tanaman ini sangat terkenal sebagai tanaman obat tradisional. Berbagai penelitian menemukan bahwa daun sambiloto memiliki kandungan zat aktif androgapholid yang sangat baik untuk pengobatan, termasuk mengobati asam urat.

Daun sambiloto mengandung senyawa laktone yang berguna untuk menghilangkan bakteri, penyakit radang, rasa nyeri, demam dan sebagai penawar racun.

Cara membuat obat alami asam urat adalah ambil 5 – 20 lembar daun sambiloto, cuci, dan rebus dengan 3 gelas air. Biarkan air mendidih hingga tinggal separohnya.

Setelah itu, air tebusan Anda dinginkan hingga siap untuk Anda minum. Bisa minum 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Minum 3 kali sehari.

7. Daun Seledri Bisa Mengobati Asam Urat dan Darah Tinggi

daun seledri

Banyak manfaat pengobatan dari daun seledri. Di antaranya untuk menurunkan darah tinggi dan mengobati asam urat. Ini terjadi karena kandungan zat pada daun seledri, seperti flavonoid, apiol, apiin, glikosida, vitamin A, B1 dan C, zat besi, dsb.

Zat glikosida sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit asam urat dan penyakit persendian lainnya. Cara memanfaat daun seledri dan buah seledri dengan langsung dikonsumsi.

Tetapi, Anda juga bisa merebusnya atau daun seledri Anda konsumsi langsung dalam keadaan mentah. Tentu saja Anda makan setelah dicuci atau bersihkan.

Tetapi, Anda juga bisa membuat daun seledri sebagai jus. Ya, semuanya terserah kepada Anda. Ingin merebus sendiri atau meminta jasa perebusan.

8. Jus Lemon atau Jeruk Nipis

Anda bisa membuat jus lemon sebagai bahan pengobatan asam urat secara alami. Bahkan, jus lemon bisa bekerja efektif untuk menyembuhkan asam urat Anda karena mengandung vitamin dan mineral.

Selain itu, buah lemon merupakan sumber asam sitrat, kalium, kalsium, fosfor dan magnesium. Bahkan, lemon juga bisa membersihkan organ tubuh dari berbagai microba dan radikal bebas.

Cara membuat jus lemon untuk mengobati asam urat adalah peras jeruk lemon (bisa menggunakan blender). Setelah selesai, tuangkan air hangat ke dalam jus lemon. Rasanya segar dan nikmat. Minum secara rutin sehingga asam urat sembuh.

Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menyembuhkan asam urat Anda. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat pengobatan asam urat dari jeruk lemon.

9. Jahe Merah Ditambah Madu, Segarrr…

Jahe merah juga bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan asam urat. Jahe mengandung komponen aktif gingerol. Zat ini mampu mengurangi produksi enzim penyebab peradangan sendi.

Gingerol dapat membantu mencegah pengiriman sinyal ke otak yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi.

Selain itu, sebuah studi 2010 mendapati jahe juga mengandung senyawa kimia i 6-shogaol. Senyawa itu bisa mengurangi peradangan di sendi akibat kristal asam urat.

Cara membuat obat asam urat alami dari tumbuhan jahe adalah ambil dua ruas jahe, lalu potong kecil-kecil dan cuci biar bersih.

Setelah itu potongan jahe dimasukkan ke dalam air panas mendidih. Tambahkan madu biar ramuan jahe terasa segar dan manis.

Setelah air rebusan jahe dingin, Anda siap untuk meminumnya sebagai cara mengobati asam urat secara alami.

10. Buah Lobak dan Nanas

Pengobatan alami asam urat lainnya dengan mengonsumsi buah nanas dan lobak putih. Anda bisa menyediakan buah nanas, 250 gram lobak putih dan 3 kemiri.

Cara membuatnya sebagai obat herbal asam urat sangat mudah. Ke-3 bahan tersebut masukkan ke blender dan silakan memblender hingga halus/lembut. Setelah itu, ya Anda siap untuk mengonsumsinya.

Lakukan rutin tiap hari hingga sakit asam urat Anda sembuh. Setelah sembuh, Anda sebaiknya tetap minum obat asam urat alami dari tumbuhan lobak secara periodik. Misalnya, satu minggu sekali, dan seterusnya. Tujuannya menjaga agar asam urat tidak kambuh.

11. Minum Air Rebusan Sidaguri

Sidaguri juga dikenal sebagai bahan obat asam urat dari tumbuhan dan cara membuatnya tidak sulit. Yaitu, setelah sidaguri dibersihkan, Anda harus merebusnya hingga airnya mendidih.

Setelah air rebusan tinggal separo, Anda bisa matikan apinya biar air rebusan sidaguri menjadi dingin. Setelah itu, Anda siap untuk meminumnya. Minum ramuan sidaguri 3 kali sehari dan lakukan rutin sampai asam urat Anda sembuh.

12. Herbal Asam Urat dari Meniran

Cara mengobati asam urat secara alami juga bisa memanfaatkan daun meniran. Daun ini juga punya khasiat anti-piretik atau penurun panas, peluruh batuk, peluruh air seni, dan anti-hepatotoksik.

Bahkan dari penelitian terbaru dinyatakan bahwa meniran mempunyai aktivitas imunomodulator yang sangat penting untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Cara membuat obat asam urat dari meniran adalah siapkan 5 pohon meniran segar, dan 5 daun kumis kucing. Lalu, keduanya Anda rebus sampai matang. Setelah air dingin, Anda bisa minum setengah gelas. Lakukan itu dua kali per hari.

Demikian artikel mengenai 12 cara mengobati asam urat secara alami dari tumbuhan. Tetapi, jika Anda tidak ingin membuat bahan pengobatan asam urat sendiri, Anda bisa memilih obat herbal asam urat.

Obat herbal tentu lebih higienes dan aman karena buatan pabrik. Selain itu, kualitasnya juga lebih tinggi. Sekian artikel tentang cara mengobati asam urat secara alami yang bisa disajikan oleh sehatfisik.com dan semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *