Obat Kolesterol Alami: Murah dan Efektif untuk Menurunkan Kolesterol Anda

Advertisement

OBAT kelosterol alami juga bagus untuk menurunkan sakit Anda. Ia bisa bekerja efektif jika Anda mampu menggunakannya dengan baik. Kemanjurannya tidak kalah dengan obat penurun kolesterol farmasi.

Tidak percaya? Ya, Anda boleh coba, terutama Anda yang punya kolesterol tinggi. Jika Anda ingin cepat, obat farmasi atau obat kimia memang terdepan. Tetapi, jika Anda ingin proses penurunan kolesterol Anda berlangsung lebih aman tanpa menimbul efek samping, ya gunakan aja obat kolesterol alami.

Kolesterol sesungguhnya juga diperlukan untuk kesehatan Anda. Jika kolesterol terlalu rendah, tubuh Anda juga akan sakit atau tidak sehat. Kolesterol berfungsi untuk membangun dinding sel, hormon, asam empedu, hormon steroid, dan vitamin D.

Tetapi, jika kadar kolesterol Anda berlebihan atau lebih tinggi dari ukuran normal, ya Anda sakit. Bahkan, risiko dari kolesterol tinggi lebih berat. Anda bisa terkena stroke atau sakit jantung.

Oleh karena, jika kolesterol Anda melebihi batasan normal, apalagi kolesterol tinggi, Anda harus segera mengobati dan menurunkannya dengan minum obat kolesterol. Dalam hal ini, Anda bisa memilih obat kolesterol alami.

makanan penyebab kolesterolbeberapa makanan penyebab kolesterol tinggi (sumber:qcjellygamat.org)

Obat Kolesterol Alami Bisa Ditemukan di Sekitar Anda

Apakah obat kolesterol alami? Bagaimana khasiat obat kolesterol alami?

Obat kolesterol alami adalah obat yang disediakan oleh alam. Banyak tumbuhan di sekitar kita yang berkhasiat obat. Bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk untuk mengobati atau menurunkan kolesterol.

Obat alami bersifat organik. Obat alami diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang berkhasiat obat. Obat alami dikenal juga dengan nama obat herbal.

Contohnya, tumbuhan kunyit, mengkudu, temu lawak, tempuyung, sambiloto, dsb. Contoh hewan berkhasiat obat adalah cicak. Bisa untuk mengobati bisul, epilepsi, stroke dan penyakit lainnya. Bahkan, kini ada yang membuat tablet dan obat berupa bubuk dengan bahan utama cicak.

Untuk obat alami dari tanaman, saya pernah mengonsumsi ekstrak mengkudu (pace) untuk darah tinggi dan kunyit untuk mengobati penyakit maag. Hasilnya sangat menakjubkan. Selain darah tinggi menjadi stabil, fisik lebih sehat dan berat badan meningkat.

Bahkan, saya menghentikan konsumsi obat maag berdasarkan resep dokter dan beralih ke obat alami kunyit. Kunyit mampu menyembuhkan penyakit maag saya. Saat masih minum obat kimia, maag saya masih sering kambuh.

Kini, banyak obat herbal dengan bahan baku tanaman dijual di toko-toko obat, khususnya toko obat herbal. Obat herbal ini telah diproduksi secara modern sehingga lebih praktis dan lebih aman.
Anda tidak perlu repot membuat sendiri seperti saya lakukan saat mengobati darah tinggi saya dengan mengkudu atau mengobati maag saya dengan kunyit.

Harga obat herbal pun tidak mahal. Obat herbal dibuat dari tanaman obat tanpa campuran bahan kimia. Karena itu, ia aman dari efek samping.

10 Tanaman Obat Kolesterol Alami yang Bisa Anda Pilih

Berikut ini 10 tanaman yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol Anda. Ya, sebagai obat kolesterol alami. Pilih mana yang cocok dan bisa Anda lakukan.

temulawakMIRIP: ini obat herbal temu lawak. tampilannya mirip kunyit

1. Kunyit

Tanaman ini juga berkhasiat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dari dalam darah. Selain itu, seperti saya singgung di atas, Anda juga bisa menggunakan kunyit untuk mengobati saki maag Anda.

2. Temulawak

Tanaman herbal ini juga mempunyai khasiat farmokologi yang disebut hepatoprotector. Ia bisa menurunkan kadar kolesterol Anda.

Selain itu, temulawak juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan radang, nyeri pada sendi dan sebagai diuretik. Bahkan, ia juga dapat melancarkan ASI pada ibu menyusui.

Hanya saja, jika Anda membuat sendiri, temu lawak ini sangat pahit. Banyak orang tidak suka karena rasanya yang sangat pahit.

Anda sebaiknya menggunakan obat herbal temulawak jadi. Bisa berupa jamu ataupun tablet.

3. Manggis

Obat herbal dari manggis sangat populer sejak beberapa tahun belakangan. Buah ini mengandung zat xanthones. Anda bisa mengonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol Anda.

4. Apel

Buah apel juga sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat Anda. Bahkan, mampu menurunkan hingga 23%. Tidak ada efek samping dari penggunaan obat herbal dari bahan buah apel.

5. Semangka

Ini buah yang murah harganya, segar rasanya dan mudah didapatkan. Buah semangka sangat baik dijajadikan cemilan. Ia membuat Anda cepat kenyang dan rendah kalori. Semangka bisa kadar kolestrol dan darah tinggi Anda.

6. Jambu biji merah

Jambu biji merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, karena jambu biji memiliki kandungan zat yang mampu mengencerkan darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

kacang tanahkacang tanah, cemilan di acara tradisional (sumber:merdeka.com)

7. Kacang Tanah

Kacang tanah juga bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol. Ia bisa mengurangi kolestrol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik Anda.

8. Kedelai

Tahu tempe juga bagus untuk Anda gunakan menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, keduanya dibuat dari bahan baku kedelai yang punya khasiat untuk menurunkan kolesterol, darah tinggi, dan risiko terkena serangan jantung.

9. Mangga

Mangga juga efektif untuk menurunkan kolesterol. Sebab, mangga memiliki serat yang tinggi, zat pectin, dan vitamin C. Manis rasanya dan besar khasiatnya untuk obat penurun kolesterol.

10. Mahkota dewa

Selain mampu menurunkan kolestero Anda, buah mahkota dewa juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan asam urat dan rematik Anda. Buah ini menganadung antioksidan yang tinggi.

Anda bisa memilih salah satu dari obat kolesterol alami di atas. Yang penting Anda perhatikan, jika Anda minum obat herbal, jangan minum obat kimia. Atau sebaliknya, jika Anda minum obat kimia, jangan minum obat herbal.

Ya, tujuannya supaya Anda aman dari kemungkinan timbulnya tidak yang membahayakan kesehatan Anda.

Kecuali yang berbentuk buah seperti buah semangka, mangga, dsb. Ya, sebaiknya saat akan minum obat, baca dulu petunjuknya. Patuhi semua petunjuk yang biasanya tertera pada kemasannya.

Cek Kelosterol Anda dan Lakukan Diet Kolesterol

penyebab kolesterol

Untuk mempercepat penurunan kolesterol, Anda sebaiknya juga melakukan diet. Itu adalah cara efektif yang pernah saya lakukan saat kolesterol saya tinggi, yaitu mencapai 253 mg/dl.

Diet berarti harus mencegah konsumsi makanan yang bisa memicu naiknya kolesterol Anda. Di antaranya gorengan, roti, otak sapi, kuning telur, hati, udang, cumi, kulit ayam, makanan cepat saji, keju, daging, dan eskrim.

Di antara makanan-makanan itu, mana makanan favorit atau kesukaan Anda?

Jika itu kesukaan Anda, ya untuk sementara Anda berpuasa dulu dari makanan pemicu kolesterol tinggi itu.

Nanti jika kolesterol Anda sudah turun pada posisi normal, Anda boleh menikmati lagi. Tetapi, konsumsinya harus dibatasi. Jangan banyak-banyak seperti sebelumnya. Ya, biar kolesterol Anda tidak mencuat lagi. Eh, tidak naik lagi.

Kolesterol tinggi itu bahaya lo. Bisa menyebabkan Anda penyakit stroke atau terkena sakit jantung. Mau?? Tentu saja jawabnya tidak.

Adik ipar saya tempo hari harus masuk rumah sakit karena kolesterol tinggi. Bahkan, dokter menyatakan kolesterolnya sudah merembet ke jantung. Untunglah, sakit jantungnya masih fase dini sehingga bisa segera disembuhkan.

Kolesterol tinggi berbahaya kan? Apalagi, jika fisik Anda gemuk. Anda harus menurunkan kegemukan Anda. Caranya, ya kurangi makanan berlemak yang membuat fisik Anda mengalami kegemukan. Atau lakukan diet obesitas atau kegemukan.

Ya, sekali lagi, cek kolesterol Anda. Sebab, banyak orang merasa selalu sehat, tetapi tiba-tiba jatuh sakit dalam kondisi kolesterol tinggi. Apalagi, sampai jantung Anda sakit gara-gara tak pernah cek kolesterol.
Jangan seperti itu yaa…

Advertisement