Tips Memilih Obat Penurun Darah Tinggi yang Aman

BAGI Anda yang baru pertama kali periksa dokter, tentu tidak bisa memilih obat penurun darah tinggi. Lain halnya dengan Anda yang sudah bertahun-tahun menderita sakit darah tinggi atau hipertensi.

Tentu saja, Anda bisa memilih obat yang Anda inginkan. Setidaknya, minta dicarikan obat pengganti yang cocok karena obat yang selama ini diminum tidak cocok lagi. Atau muncul efek samping yang merugikan.

“Dok, saya sudah lama minum obat ini. Tolong diganti dengan obat lain karena saya sering batuk. Saya menduga ini efek dari obat hipertensi yang saya minum,” kata saya kepada dokter yang memeriksa saya.

Saya menderita darah tinggi hampir 20 tahun. Beberapa tahun belakangan saya suka batuk-batuk. Tenggorokan gatal dan menyebabkan batuk-batuk.

Apalagi, saat saya berada dekat AC atau kipas angin. Wowww, saya langsung batuk-batuk. Semula, batuk satu dua. Tetapi, kian lama frekuensi batuk makin tinggi. Artinya, sebentar-sebentar batuk, sebentar-sebentar batuk.

Setelah tahu obat antihipertensi apa yang saya minum bertahun-tahun, dokter langsung membuat resep obat darah tinggi baru.

Begitu obat hipertensi baru saya minum, batuk langsung menghilang. Seketika itu, batuk tak muncul lagi hingga sekarang. Batuk akibat tenggorokan gatal adalah efek samping dari konsumsi obat penurun darah tinggi yang saya minum bertahun-tahun saat itu.

obat hipertensiobat hipertensi atau darah tinggi (copy:obatpenurundarahtinggialami.web.id)

Enam Efek Samping dari Obat Penurun Darah Tinggi

Apakah obat darah tinggi yang baru nantinya juga akan memunculkan efek samping seperti obat pertama? Tentu saja, banyak faktor yang menentukan.

Tips yang ingin saya sampaikan di sini, Anda perlu tahu karakteristik dari obat yang Anda minum. Biarpun obat yang Anda minum adalah resep dari dokter, Anda sebaiknya mendapatkan informasi yang cukup tentang obat itu.

Di era informasi sekarang ini, Anda tidak sulit untuk mengetahui informasi lengkap mengenai obat yang Anda kehendaki. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan manfaat dari obat itu.

Bahkan, Anda juga bisa menghindari kemungkinan hal-hal negatif dari penggunaan obat hipertensi yang Anda minum.

Salah satu contoh adalah apa yang pernah saya alami ketika dokter memberikan obat tekanan darah tinggi dengan dosis lebih tinggi dari apa yang saya biasa konsumsi. Akibatnya, sudah satu minggu meminum obat baru, ternyata kesehatan saya tidak kunjung membaik.

Saya, bahkan merasa kesehatan fisik turun. Pernah, satu saat merasa akan pingsan di kamar mandi. Semua itu akibat dosis obat dari dokter terlalu tinggi.

Contoh efek samping dari suatu obat darah tinggi amlodipine. Obat ini bisa diminum orang dewasa dan anak usia 6 tahun ke atas, tetapi harus berdasarkan pada resep dokter.

Menurut situs alodokter.com, ada enam 6 efek samping yang perlu Anda perhatikan jika Anda minum obat hipertensi ini.

Pertama: Bisa menyebabkan kepala pusing. Saat minum obat ini jangan mengemudi, mengoperasikan alat berat atau melakukan suatu kegiatan yang memerlukan konsentrasi, terutama bagi orang tua.

Kedua: wanita hamil dan menyusui jangan minum obat ini. Mengapa? Karena dampaknya belum diketahui secara jelas. Anda sebaiknya konsultasi ke dokter jika ingin mengonsumsi obat ini.

Ketiga: Konsultasikan ke dokter tentang dosis yang tepat untuk anak-anak. Penulis minum dengan dosis 10 mg, justru membuat fisik bertambah lemah dan tidak segera sehat.

Keempat: Jangan minum banyak jus grapefruit. Bahan kimia pada jus itu bisa meningkatkan kadar amlodipine dalam aliran darah Anda.

Kelima: Jangan berbagi obat ini dengan orang lain. Bisa jadi orang lain tak sesuai dengan obat ini, termasuk dosisnya.

Keenam: Jika terjadi alergi atau dosis terlalu tinggi (over dosis) seperti pernah saya alami, segera temui dokter.

efek samping obat darah tinggi(copy:obathipertensi.info)

Dengan mengetahui efek samping atau hal negatif dari konsumsi obat penurun darah tinggi ini, Anda bisa terhindar dari peristiwa yang tidak Anda inginkan. Anda bisa menggunakan obat ini dengan benar dan tepat untuk kesehatan.

Tidak hanya untuk obat darah tinggi. Tetapi, juga obat yang lain, termasuk obat bebas yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter atau obat herbal. Kemungkinan terjadinya efek samping harus Anda perhatikan dan jalankan dengan baik.

Walaupun, tidak semua orang akan mendapati efek samping yang sama. Semua tergantung pada daya tahan tubuh Anda.

Petunjuk minum obat biasanya tertulis di tiap kemasan obat. Anda perlu membacanya sebelum minum obat yang Anda maksud. Patuhi larangan dan sarannya sehingga obat akan bekerja dengan baik, sekaligus memperkecil efek samping.

Tetapi, jika Anda minum obat herbal darah tinggi, umumnya tanpa efek samping. Baik obat herbal buatan pabrik atau obat herbal alami buatan sendiri. Yang lebih higienis adalah obat herbal buatan pabrik.

Lakukan Perubahan Gaya Hidup dan Pola Makan Sehat

Selain minum obat penurun hipertensi, baik obat resep dokter, obat herbal atau obat alami, tips lain adalah Anda harus melakukan perubahan gaya hidup sehat dan pola makan sehat. Ini sangat penting supaya konsumsi obat darah tinggi yang Anda lakukan berjalan efektif dan mampu menurunkan tensi Anda dengan cepat dan aman.

Perubahan gaya hidup yang dimaksud di sini adalah perubahan menuju gaya hidup sehat. Bukan sebaliknya. Bagaimana gaya hidup sehat itu? Berikut ini tips tentang gaya hidup sehat yang harus Anda kembangkan.

1. Selalu Mengetahui Perkembangan Kesehatan Anda

Ya, Anda harus tahu darah tinggi Anda, kolesterol Anda, asam urat Anda, dsb. Cek di laboratirum atau menggunakan alat cek khusus digital yang Anda miliki.

Apalagi, Anda yang telah cukup lama mengidap penyakit khusus seperti darah tinggi (hipertensi), kolesterol, kanker, asam urat, diabetes, dsb.

Dengan mengetahui perkembangan kondisi kesehatan, Anda bisa mengambil langkah-langkah tertentu untuk tetap mempertahankan kesehatan Anda atau meningkatkan kesehatan jika terjadi penurunan.

2. Mengonsumsi Makanan Minuman Sehat

Anda harus memastikan bahwa makanan atau minuman yang Anda konsumsi adalah makanan minuman yang sehat. Kalau bisa, juga mengonsumsi makanan penurun darah tinggi. Bukan sebaliknya, mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi. Tentu saja, ini disesuaikan dengan penyakit yang Anda derita.

3. Menghindari Makanan Penyebab Sakit

Kebalikan dari tips kedua, Anda harus menghindari makanan dan minuman penyebab darah tinggi. Misalnya, daging kambing, santan kelapa, garam, kuning telur, kulit ayam, dsb.

berhenti merokoksorry … saya tidak merokok, kan bahaya… (sumber:obattbcparu.com)

4. Berhenti Merokok dan Berhenti dari Minuman Keras

Merokok adalah sumber penyakit, begitu pula mengonsumsi minuman keras. Efek dari dua gaya hidup itu memang tidak Anda alami seketika. Tetapi, dalam jangka panjang efek negatif itu nyata. Anda bisa mengalami problem kesehatan yang serius.

5. Selalu Melakukan Olahraga atau Senam

Ini adalah sangat penting, khususnya bagi Anda yang tiap hari kurang gerak fisik. Misalnya, pekerja kantoran yang lebih banyak duduk. Luangkan waktu untuk berolahraga atau senam minimal 4 kali per minggu. Atau berkebun dan melakukan aktivitas fisik lain. Dengan cara ini, Anda akan hidup sehat.

6. Menghindari Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab sakit Anda meningkat atau tidak bisa segera sembuh. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menghindari stres. Antara lain mengembangkan hobi, aktif dalam organisasi, baca buku atau Kitab Suci, zikir (meditasi), dsb. Yang tidak kalah penting adalah Anda harus melatih diri bagaimana bisa meminimalkan stres.

7. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Bentuk istirahat macam-macam. Misalnya, tidur, bersantai, jalan-jalan, bergurau dengan keluarga, makan bersama, dsb.

Didukung dengan pola makan sehat, Anda bisa menjauhkan diri dari berbagai penyakit. Atau setidaknya, Anda bisa menjaga agar sakit darah tinggi Anda tetap terpelihara dengan baik dan tidak menimbulkan akibat yang lebih buruk.

Itulah beberapa tips memilih obat penurun darah tinggi yang aman dan dapat membuat diri Anda selalu sehat. Staf blog ini menyampaikan terima kasih atas perhatian Anda semua yang sudi membaca artikel ini. Semoga Anda tetap hidup sehat.